Keistimewaan Al-Quran dalam Hidup

Ilustrasi keistimewaan alqur anAl-Quran yang merupakan kitab suci agama islam. Bagi umat islam kaum muslimin dan muslimat mereka memegang teguh kepercayaan bahwa Al-Quran adalah penutup dar kitab-kitab lain dan merupakan penyempurna dari kitab-kitab yang sebelumnya, dan merupakan dari rukun iman , yang disampaikan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan dengan malaikat jibril lah perantaranya. Wahyu yang diterima Rasulullah saw yang pertama yaitu surat al-alaq (1-5) yang artinya bacalah.

Dilihat dari isinya bila kita lihat secara benar dan dipahami alquran adalah gambaran dari realita yang terjadi pada sat sekarang ini. Faktanya dalam kenyataan ialah kecanggihan teknologi bisa menemukan berbagai penemuan baru pada abad ke 20 padahal dalam alquran telahy dijelaskan dalam beribu-ribu tahun yang lalu.

Dengan munculnya fakta-fakta ini belum tentu dapat diketahui masa Al-Quran diwahyukan, dan ini semakin memperjelas untuk membuktikan bahwa alqur an adalah firman Allah.

Sejatinya kita perlu tidak ragu ketika membaca Alqur an (benar: alqur an). Allah Swt. berfirman, “Kitab (Al-Quran) Ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi  mereka yang bertaqwa” (QS Al-Baqarah [2]: 2). Makna yang terkandung di dalamnya, sangat mencerahkan sekali.

Nama surat yang terdapat pada alquran ada sebanyak 114 banyaknya. Pada setiap surat memiliki jumlah ayat yang beragam mulai dari surat yang terpanjang yaitu al-baqarah dengan jumlah ayat 286, namun ada juga surat yang paling pendek yaitu hanya terdiri dari 3 ayat saja yaitu Al Kautsar, An-Nasr dan Al-‘Ashr.

Berikut adalah daftar nama surat alqur an beserta jumlah ayatnya

  • Al-Kitab QS(2:2),QS (44:2)
  • Al-Furqan (pembeda benar salah): QS(25:1)
  • Adz-Dzikr (pemberi peringatan): QS(15:9)
  • Al-Mau’idhah (pelajaran/nasihat): QS(10:57)
  • Al-Hukm (peraturan/hukum): QS(13:37)
  • Al-Hikmah (kebijaksanaan): QS(17:39)
  • Asy-Syifa’ (obat/penyembuh): QS(10:57), QS(17:82)
  • Al-Huda (petunjuk): QS(72:13), QS(9:33)
  • At-Tanzil (yang diturunkan): QS(26:192)
  • Ar-Rahmat (karunia): QS(27:77)
  • Ar-Ruh (ruh): QS(42:52)
  • Al-Bayan (penerang): QS(3:138)
  • Al-Kalam (ucapan/firman): QS(9:6)
  • Al-Busyra (kabar gembira): QS(16:102)
  • An-Nur (cahaya): QS(4:174)
  • Al-Basha’ir (pedoman): QS(45:20)
  • Al-Balagh (penyampaian/kabar) QS(14:52)
  • Al-Qaul (perkataan/ucapan) QS(28:51)

Al-Quran Petunjuk Hidup

Dijelaskan pula bahwa mukjizat terbesar untuk manusia di bumi ialah alquran. Tapi dalam kehidupan alqur an hanya dinyanyikan dengan lagu padahal yang terpenting ialah mengaplikasikan isi nya ke dalam kehidupan sehari-hari. bukan hanya sebagai kitab suci alquran juga sebagai sumber untuk menambah wawasan kita dalam berbagai hal.

Keseimbangan Padanan Kata dalam Al-Qur’an

Al-Qur’an diturunkan dengan Bahasa Arab yang fasih, sehingga sejak masa turunnya sampai sekarang tidak ada yang dapat menandingi ketinggian dan keindahannya bahasanya. Al-Qur’an berisi 77.439 kata, 323.015 huruf yang seimbang jumlah kata-katanya, baik antara kata dan padanannya, maupun kata dengan lawan kata dan dampaknya. Misalnya kata “Hayat”, yang artinya “hidup” terulang sebanyak 145 kali, sama dengan berulangnya kata “maut” yang artinya “mati”. Kata “akhirat” terulang sama dengan kata “dunia” sebanyak 115 kali. Kata “malaikat” terulang 88 kali, sama dengan terulangnya kata “setan”. Demikian pula kata “yaum” yang artinya “tahun” terulang sebanyak 365 kali, yaitu jumlah hari dalam setahun. Kata “yahr” yang artinya bulan, di ulang sebanyak 12 kali, yakni sama dengan jumlah bulan dalam setahun.

Menembus Seluruh Waktu, Tempat dan Sasaran

Dari segi Waktu, alqur an berbicara tentang masa lampau, masa kini dan masa yang akan datang. Kisah umat dan nabi jaman dahulu baik itu kesuksesan dan kegagalannya menjadi pelajaran untuk umat sekarang dan masa yang akan datang. Lihatlah contoh kisa Fir’aun yang menyombongkan diri lalu mati mengenaskan di laut merah, sedangkan tubuhnya diselamatkan Allah sebagai pelajaran bagi umat sesudahnya. Simaklah ayat berikut:

Maka pada hari ini Kami selamatkan badanmu[704] supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan Sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan kami. (QS Yunus, 10:92)

Keterangan:

[704] Yang diselamatkan Allah ialah tubuh kasarnya, menurut sejarah, setelah Fir’aun itu tenggelam mayatnya terdampar di pantai diketemukan oleh orang-orang Mesir lalu dibalsem, sehingga utuh sampai sekarang dan dapat dilihat di musium Mesir, Berhias, atau bepergian, atau menerima pinangan.

Dari segi materi, alqur an berbicara tentang segala segi kehidupan manusia. Seluruh aspek hidup disentuh Al-Qur’an, dan manusia diberi pengarahan dan bimbingan tentang prinsip-prinsip dasar yang dapat dijadikan pijakan utama.

Al-Quran merupakan satu-satunya kitab suci yang paling banyak dibaca orang dalam sejarah kehidupan manusia dari berbagai masa dan bangsa. Dikumandangkan setiap waktu oleh milyaran orang diseluruh dunia dengan bacaan yang teratur dan tertib.

Alquran tidak akan pernah berubah karena isinya sudah sangat kekal tidak akan berevolusi seiring perkembangan zaman.

Dari segi ruang, alqur an berbicara mengenai semua wilayah di daratan, lautan maupun angkasa raya. Yang mendorong para ahli untuk mengeksplorasinnya. Khusus untuk mengenai bahasan angkasa raya, anda dapat mengupasnya di sini

Dari segi ilmu pengetahuan, cobalah simak saja beberapa ayat yang menerangkan proses terjadinya manusia sejak dalam kandungan hingga menjadi terlahir dengan sempurna berikut ini:

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الإنْسَانَ مِنْ سُلالَةٍ مِنْ طِينٍ (١٢)ثُمَّ جَعَلْنَاهُ نُطْفَةً فِي قَرَارٍ مَكِينٍ (١٣)ثُمَّ خَلَقْنَا النُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا الْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا الْمُضْغَةَ عِظَامًا فَكَسَوْنَا الْعِظَامَ لَحْمًا ثُمَّ أَنْشَأْنَاهُ خَلْقًا آخَرَ فَتَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ (١٤)

12. Dan Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah.

13. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim).

14. Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. kemudian Kami jadikan Dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta yang paling baik.

Percayalah alquran akan membawamu kejalan yang diridhai oleh allah. Dan hidup Anda akan lebih terang dengan berpegang teguh pada pedoman kitab suci alquran

Jangan karena bahasa alqur an sulit untuk dipahami menjadikan halangan Anda untuk lebih memahami akan arti kandungan alquran tersebut. Tapi carilah orang yang mengerti sehingga dapat membantu Anda.

 “Apakah belum tiba waktunya bagi orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan mengingat kebenaran apa yang diturunkan-Nya (al-Qur’an) dan janganlah mereka seperti ahli kitab sebelum mereka, telah lama mereka berpisah dari ajaran Nabinya, sehingga hati mereka menjadi kasar (tidak tembus cahaya kebenaran), dan kebanyakan mereka menjadi orang fasik.” (QS Al-Hadid: 16).

Al-Quran sebagai mukjizat tidak akan bisa dikalahkan oleh kitab mana pun. “Kami bukan menurunkan al-Qur’an kepadamu untuk menyusahkan dirimu. Melainkan menjadi peringatan bagi orang yang takut Tuhannya. Dia turun dari dzat yang menciptakan bumi dan langit yang tinggi Ar-Rahman (Allah) itu bersemayam di atas singgasana ‘arsy.

Kepunyaan-Nya segala apa yang ada di antara keduanya, dan apa-apa yang ada di bawah petala (lapisan) bumi. Jika engkau keraskan perkataan, Dia mengetahui apa yang dirahasiakan dan apa yang lebih tersembunyi. Allah, tidak ada tuhan kecuali Dia. Bagi-Nya ada beberapa nama yang indah.” (QS Thaha: 1-8).

Jangan memandang remeh alqur an karena ini kan menjadi bekal baik untuk kehidupan di dunia maupun untuk kehidupan akhirat yang kekal nanti

Tips Mengistimewakan Al-Quran

  1. Mulailah mengambil wudhu untuk membersihkan diri Anda baik dari hadast kecil maupun besar
  2. Mulailah membaca sesuai aturan (tartil)
  3. Mulailah Anda pahami maknanya dari tiap ayat yang Anda baca
  4. Coba kaitkanlah makna ayat tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari
  5. Aplikasikanlah pengertahuan yang kita dapat dari alquran tersebut

Cobalah mulai sekarang Anda memperlakukan alqur an sebagai sumber pengetahuan yang akan mengantarkan diri Anda meraih ridha-Nya.

Speak Your Mind

*