Kekuatan Istighfar yang Dahsyat

Ilustrasi kekuatan istighfarKekuatan Istighfar luar biasa. Sebelum mengkajinya, ada baiknya dikajid terlebih dahulu apa itu istighfar.

Istrigfar diambil dari bahasa Arab yang berarti memohon ampunan kepada Allah. Istighfar ibarat obat mujarab bagi dosa dan sebagai penebus kesalahan. Bukankah setiap hari kita tidak pernah lepas dari dosa? Setiap hari, dosa kita bertambah.

Bayangkan, seandainya setiap berbuat kesalahan dan dosa, kita meletakkan sebutir batu di depan rumah, bukankah batu-batu tadi akan membentuk gunung yang tinggi menjulang. Bayangkan juga seandainya setiap kali berbuat kesalahan, kita melemparkan sebutir batu ke sungai, bukankah lama-kelamaan batu tadi bisa membendung aliran sungai?

Istighfar adalah kalimat penyesalan alias taubat kita kepada-Nya atas segala kesalahan yang pernah dilakukan. Dengan mengucapkan kalimat tersebut, setiap kali berbuat dosa, berarti kita tengah memadamkan api yang menyala di jiwa.

Bertaubat sangat disukai Allah Swt. karena di dalamnya terkandung kepasrahan terhadap-Nya. Allah pernah berfirman:….Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang selalu beristighfar dan selalu bersuci (QS. Al-Baqarah [2] : 222).

Kekuatan Istighfar -Manfaat Istighfar

Membaca istighfar itu banyak manfaatnya. Nabi SAW juga setiap hari selalu membaca istighfar tujuh puluh kali, bahkan sampai seratus kali. Nabi Muhammad SAW Bersabda, ”Barangsiapa yang membaca istighfar dengan tekun, Allah akan memberinya jalan keluar dari segala kesusahan dan kesempitan hidupnya, dan Allah pasti memberinya rezeki secara tidak terduga-duga” (HR Abu Daud).

Pilihlah bacaan istighfar apa saja. Istighfar yang paling pendek ialah astaghfirullah (aku minta ampun pada Allah). Ini sering diucapkan secara spontan saat kita lupa sesuatu, atau melihat hal yang tidak layak disaksikan.

Dosa bisa menjadi penghalang berdatangannya rezeki. Rasulullah bersabda, “Seseorang diharamkan dari rezeki karena dosa yang dilakukannya” (HR Ibnu Majah, Hadits Hasan). Selain itu, dosa mendatangkan bencana. Seorang ulama gara-gara berkata kepada seseorang, ”Hai orang yang tidak punya uang”, empat puluh tahun kemudian dirinya terlilit utang.

Hidup kita tidak akan terlepas dari salah dan dosa. Karenanya, bacalah istighfar dan bertaubatlah. Yakinlah bahwa, “Allah senantiasa menerima tobat hamba-Nya selama nyawa belum sampai pada ujung tenggorokannya” (HR Tirmidzi, hadits hasan).

Kekuatan Istighfar -Tips Taubatan Nasuha

Taubat adalah langkah yang harus ditempuh seorang muslim. Taubat nasuha berarti kita bertaubat dan bersumpah tidak akan mengulangi perbuatan yang terkategori dosa. Berikut ini disertakan tips bertaubat yang baik dan benar.

  1. Tidak pernah kembali melakukan perbuatan tercela ketika telah bertaubat.
  2. Mengucapkan istighfar ketika kita telah melakukan dosa kecil.
  3. Terus rajin beribadah kepada Allah.
  4. Selalu berbuat baik kepada sesama.
  5. Selalu mencintai Nabi dan Allah dalam hidupnya.
  6. Takut ketika dirinya berbuat dosa tidak akan dimaafkan oleh Tuhan.

Setelah kita melakukan apa yang terdapat dalam tips di atas, pantas kiranya apabila seseorang disebut sebagai orang yang bertakwa. Mudah-mudahan kita termasuk dari golongan yang bertakwa.

Kekuatan Istighfar- Dapat Mendatangkan Anak

Di dalam kitab “At-tadaawa bil istighfar” yang dikarang oleh Hasan bin Ahmda bin Hasan Hamam dijelaskan bahwa salah satu kekuatan istighfar bisa menjadi mediasi untuk mendatangkan keturunan atau anak.

Di dalam kitab “Musnad Abu Hanifah” dimaktubkan bahwa riwayat yang bersumber dari Jabir bahwa datang seorang laki-laki menemui Rasulullah Saw. dan berkata kepadanya, “Ya Rasul, Aku tidak memiliki keturunan, dan bagaimana caranya agar aku bisa memiliki keturunan. Lalu Rasulullah Saw. bersabda, “Jika kamu menjadi orang yang rajin istighfar dan rajin bersedekah, maka kamu akan mendapatkan apa yang kamu inginkan.” Lalu pemuda tersebut rajin beristighfar dan bersedekah, dalam hari yang kesembilan setelah bertemu Rasulullah isterinya hamil.

Dari sini, dapat dipahami bahwa bisa jadi Allah tidak memberikan rezeki keturunan lantaran kita masih memiliki dosa. Dosa tersebutlah yang menjadi penghalang untuk datangnya rezeki tersebut. Setelah menyadari dan bertaubat kepada Allah dengan rajin beristighfar dan bersedekah, akhirnya Allah mengampuni dosa dan memberikan apa yang diinginkan.

Bagaimana sobat Ahira, apakah Anda seperti mengalami hal yang sama seperti apa yang termaktub di dalam hadis Rasulullah Saw. di atas?

Jika iya, segeralah perbanyak istighfar dan bersedekah.

Nasehat yang sama juga pernah disampaikan Syeikh ‘Aid al-Qarniy ketika ada seorang laki-laki datang menemuinya menanyakan bagaimana mendapatkan keturunan. Ia sudah letih berobat ke pelbagai dokter dan sudah meminum obat yang diberikan dokter, namun hingga kini tak juga mendapatkan anak.

Lalu Syeikh ‘Aid al-Qarniy menyuruhnya untuk rajin membaca istighfar di pagi dan sore hari sebanyak-banyaknya. Karena Allah mengatakan kepada orang yang rajin beristighfar, “Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu”. (QS. Nuh [71]: 12)

Tak sampai dua minggu, Syeikh ‘Aid al-Qarniy mendapat kabar dari pria tersebut bahwa isterinya saat ini sedang hamil. Bahkan diceritakan ia akhirnya memiliki tiga orang anak.

Kisah-kisah tentang istighfar bisa menghadirkan anak ini memang hanya orang yang memiliki iman yang kuat saja yang mempercayainya. Karena menurut logika, bingung mencari jawabannya.

Tetapi jika dengan menggunakan metode keimanan, bahwa semua itu sangat mungkin terjadi. Karena Allah yang mengizinkan seseorang bisa mengandung dan mempunyai anak. Ketika Allah belum mengizikannya, maka ia tak memiliki anak. Namun jika Allah mengizinkan, maka ia segera punya anak.

Karena itu, istighfar bisa menjadi media untuk ‘membujuk’ Allah agar membukakan pintu kemurahan rezeki memiliki keturunan. Pasalnya, rumah tangga tanpa keturunan pasti dirasakan adanya kekurangan.

Maka dari itu, perbanyaklah istighfar buat yang sudah berkeluarga namun belum memiliki anak. Semoga kisah dan nasehat yang menceritaka tentang istighfar bisa menghadirkan anak terjadi pada sobat Ahira yang hingga kini belum memiliki anak.

Kekuatan istighfar- Keberkahan Rezeki

Masih bersumber dari kitab “At-Tadawa bil Istighfar”dikisahkan, ada seorang pedagang mendagangkan barang dagangannya di pasar. Dari pagi tak ada seorang pun membeli dagangannya. Sudah ada yang lihat-lihat tapi tetap saja tak jadi membeli barang dagangannya. Menjelang shalat Zhuhur ada ceramah di mesjid dekat tempatnya berdagang. Ia mendengar ustadz yang berceramah mengatakan,

“Rasulullah Saw. bersabda, ‘Siapa yang memperbanyak membaca istighfatr maka Allah menghilangkan segala kesulitannya, memberikan jalan keluar atas segala permasalahannya dan memberinya rezeki yang tak disangka-sangka.”

Kemudian ia pun setelah itu membaca istighfar tak putus-putusnya, tak sampai setengah jam ada seseorang membeli barang dagangannya seluruhnya. Ia sujud syukur kepada Allah, karena ia mendapatkan rezeki yang tak disangka-sangkanya.

Maka sejak saat itu, setiap kali menggelar dagangannya ia tak luput memperbanyak istighfar sambil menunggu pembeli barang dagangannya. Sejak itu, dagangannya jarang sekali sepi dan bahkan ia lebih sering mendapatkan rezeki yang tak disangka-sangka.

Dari sini dapat dipahami, bahwa istighfar tak sekedar berfungsi sebagai permohonan ampun kepada Allah saja. Tapi juga sebagai pembuka rezeki.

Sayangnya, kita terkadang kurang merasa Allah dekat dengan kita. Ketika ada masalah bukan Allah yang kita cari, tapi mahluk Allah. Seharusnya, ketika sesuatu menimpa kita maka dekatkanlah diri kepada Allah dengan memperbanyak istighfar.

Istighfar yang dibaca bisa menjadi jalan untuk Allah menghadirkan rezeki meski dengan mekanisme adanya usaha yang dilakukan. Usaha yang dilakukan adalah sunnatullah. Karena sekiranya Allah langsung menghadirkan rezeki tanpa ada sunnatullah, maka manusia bakal menjadi congkak.

Dengan mekanisme sunnatullah saja, manusia sudah bisa sombong. Apalagi jika Allah menghadirkan rezeki langsung tanpa ada sunnatullah.

Oleh karena itu, perbanyaklah istighfar. Bila perlu ketika akan memulai pekerjaan atau membuka usaha dengan memperbanyak istighfar. Ini memang jarang dilakukan kebanyakan orang. Tapi jika berpegang pada hadis yang menyatakan bahwa dengan membaca istighfar, Allah akan mendatangkan rezeki yang tak disangka-sangka.

Inilah artikel seputar kekuatan istighfar. Semoga bermanfaat untuk sobat Ahira.

Speak Your Mind

*