Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Mendapatkan Iklan Gratis Tanpa Bayar

Ilustrasi Iklan Gratis Tanpa BayarSalah satu cara paling efektif agar suatu produk dikenal oleh orang lain dan tingkat penjualannya bisa meningkat yaitu dengan cara memasang iklan di berbagai jenis media. Untuk saat ini, selain media konvesional seperti majalah dan koran, terdapat media lain yang bisa digunakan secara maksimal, yaitu internet. Dengan fasilitas ini, kita dapat memasang iklan gratis tanpa bayar satu rupiah saja.

Kelebihan Iklan Gratis Tanpa Bayar

Selain tidak perlu mengeluarkan dana sedikit saja, iklan gratis tanpa bayar di internet ini punya beberapa kelebihan yang lain, seperti:

1. Iklan itu akan lebih mudah dan cepat dikenal orang lain yang tempat tinggalnya tidak saja hanya di sekitar kita namun bisa berada di daerah lain bahkan luar negeri sekalipun. Jadi, secara otomatis produk yang dijual juga makin banyak yang mengetehuinya.

2. Cara dan teknik pemasangannya jauh lebih mudah, efektif dan efisien serta tidak butuh waktu yang terlalu lama. Bagi orang awam sekalipun, apabila mau berlatih, dalam kurun waktu beberapa jam saja sudah bisa melakukannya sendiri. Selain itu pekerjaan ini dapat dilakukan dari rumah saja, tanpa perlu pergi ke suatu tempat dan bertemu dengan orang lain.

3. Dapat dilakukan di mana saja sepanjang di tempat tersebut ada jaringan internetnya. Hal ini sangat berbeda dengan pemasangan iklan di media konvesional sebab pemasang iklan harus pergi pada agen iklan atau tempat lain untuk menyerahkan materi iklan tersebut.

4. Demikian pula dengan waktunya. Bila memasang iklan konvesional harus menyesuaikan dengan jam kerja, namun untuk iklan gratis di internet dapat dilakukan kapan saja tanpa mengenal batas waktu, bahkan pada malam hari,

5. Apabila telah terpasang, maka hanya dalam hitungan detik saja iklan tersebut sudah dapat terbaca orang lain meski jaraknya jauh dalam waktu yang bersamaan. Dan iklan itu tidak hanya dibaca oleh satu atau dua orang saja namun bisa mencapai ribuan bahkan jutaaan pembaca pada saat itu juga.

Kekurangan Iklan Gratis Tanpa Bayar

Namun, di balik beberapa kelebihan yang dimilik, iklan gratis tanpa bayar juga punya kelemahan yang antara lain:

1. Karena tidak bayar maka biasanya fasilitas yang didapat juga terbatas saja. Misalnya kita tidak boleh atau tidak bisa mencantumkan alamat email atau alamat kedudukan usaha kita dengan lengkap. Fasilitas seperti ini biasanya hanya diperuntukan bagi mereka yang mau memasang iklan dengan cara membayar. Jadi bila ada calon pembeli yang tertarik untuk melakukan komunikasi atau transaksi, kadangkala hal tersebut bisa menimbulkan suatu permasalahan tersendiri.

2. Penyedia iklan gratis ini kadangkala juga sering membatasi waktu pemuatannya misalnya hanya satu atau dua minggu saja. Setelah itu iklan tersebut akan hilang dan tidak terbaca lagi. Bila terdapat orang yang sebelumnya tertarik pada produk kita namun belum sempat mengadakan komunikasi kemudian ingin menjalin hubungan, oleh karena iklan itu sudah hilang maka transaksi batal dilakukan.

3. Jika iklan tersebut tetap dimuat dalam jangka waktu yang lama, namun tetap saja muncul masalah yang lain. Misalnya iklan yang kita pasang dalam waktu yang singkat akan ada di posisi bawah. Hal ini sering terjadi karena selalu muncul iklan baru yang dibuat oleh pemasang lain. Karena muncul iklan baru, maka iklan yang lama kedudukannya langsung tergeser.

4. Selama ini banyak pandangan yang muncul dan menyatakan bahwa pemasang iklan tidak berbayar atau gratis adalah orang yang tidak serius dalam bekerja atau sekedar iseng dan bersifat untung-untungan saja. Masalahnya adalah, bila orang itu menjalankan bisnis atau usahanya dengan serius tentu tidak akan merasa segan mengeluarkan sejumlah dana demi keperluan promosi termasuk memasang iklan. Jadi intinya mereka hanya memandang sebelah mata saja pada iklan gratis.

Cara Mendapatkan Iklan Gratis Tanpa Bayar yang Baik

Melihat beberapa uraian di atas, dapat diambil suatu kesimpulan jika iklan berbayar sebenarnya jauh lebih menguntungkan dibanding dengan iklan gratis. Namun perlu diketahui juga jika biaya yang membayar iklan berbayar kadangkala mahal juga, apalagi jika memasang iklan pada situs yang sudah terkenal.

Untuk mengatasi masalah ini terutama bagi pelaku bisnis yang modalnya masih terbatas maupun yang baru saja menjalankan usahanya, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Pemasangan iklan harus dilakukan lebih sering. Tujuannya yaitu agar selalu muncul iklan yang baru dari kita sendiri. Sehingga jika iklan yang lama sudah tergeser oleh iklan baru dan posisinya ada di bawah, maka iklan yang baru ini akan berada di atas kembali. Hal ini perlu dilakukan secara terus menerus setiap hari.

2. Jangan hanya memasang iklan pada satu atau dua situs saja, namun di beberapa website sekaligus. Sehingga meski sudah ada iklan yang telah tergeser di tempat bawah, namun masih terdapat iklan lain yang posisinya ada di atas. Bahkan jika perlu serta punya waktu yang lebih, pemasangan iklan bisa dilakukan pada puluhan situs sekaligus. Saat ini telah banyak situs yang menyediakan pemasangan iklan tidak berbayar yang bisa digunakan.

3. Karena jumlah kata atau karakternya dibatasi, maka gunakan bahasa yang sesingkat dan sepadat mungkin namun tetap mudah dipahami oleh orang yang membaca iklan tersebut. Pengguanaan bahasa yang singkat dan padat juga bisa memberi keuntungan lain karena pada umumnya orang tidak terlalu suka membawa tulisan yang panjang dan bertele-tele.

Cara Lain yang Bisa Dilakukan

Di luar tips tersebut di atas, masih ada satu metode khusus lain yang bisa diterapkan. Misalnya membuat artikel yang berkaitan dengan produk yang kita jual lalu artikel itu kita kirim kepada sebuah situs tertentu. Misalnya, jika ingin menjual pakaian, maka bikin artikel tentang bagaimana cara memilih model pakaian yang baik dan sesuai dengan bentuk tubuh dan sebagainya.

Biasanya, situs yang menerima artikel ini akan memberi imbal balik berupa fasilitas pemasangan banner atau alamat maupun hal lain yang membuat kita lebih mudah untuk melakukan jalinan komunikasi dengan calon pembeli atau orang lain yang tertarik produk yang ingin kita tawarkan.

Mungkin bagi yang tidak terlalu pintar dalam membuat artikel, hal ini bisa merepotkan. Namun hasil yang didapat juga jauh lebih maksimal jika dibanding dengan memasang iklan saja, tanpa ada keterangan yang lebih detail dan lengkap.

Kemudian, jika sudah terampil, tidak ada salahnya untuk membuat blog. Fungsi blog ini sangat besar. Kita bisa lebih leluasa menawarkan produk yang mau dijual dan jauh lebih gampang jika mau melakukan komunikasi dengan calon pembeli. Bahkan dalam blog ini pemasang iklan dapat memberi informasi secara lebih lengkap dan detail pada hal-hal yang berkaitan dengan kelebihan produk yang dimiliki atau menerangkan bagaimana cara melakukan transaksi.

Setelah blog ini dibuat dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah tinggal memasang iklan gratis sesuai dengan petunjuk yang telah diuraikan di atas.

Speak Your Mind

*