Kelebihan Nokia E63 Dibanding Nokia C3

Ilustrasi kelebihan nokia e 63Awal Juni 2010, Nokia Indonesia resmi meluncurkan ponsel seri C3 yang mirip dengan Nokia e 63 (Selanjutnya, E63). Promosi besar-besaran dilakukan oleh Nokia sehingga harga Nokia C3 yang dibanderol Rp1.159.999 naik menjadi Rp1.250.000. Padahal dari segi kinerja Nokia E63 masih lebih unggul. Tentu saja, hal yang mengakibatkan naiknya harga Nokia C3 ini adalah promosi gencar yang dilakukan oleh pihak Nokia. Dan bila Anda ingin membeli Nokia C3 ini, setidaknya bandingkan terlebih dahulu dengan Nokia E63 yang lebih dulu beredar di pasar Indonesia karena walaupun dikeluarkan jauh lebih dulu dibandingkan Nokia C3, Nokia E63 mempunyai banyak sekali keunggulan.

Lantas, apa saja kelebihan Nokia E63 dibandingkan Nokia C3?

Jaringan Data

Meskipun Nokia C3 dilengkapi berbagai aplikasi jejaring sosial, Nokia C3 tidak didukung dengan jaringan 3G. Maka dari itu koneksi internet hanya mengandalkan GPRS kelas A, EGPRS kelas A, dan WLAN IEEE 802.11b/g dengan kecepatan paling optimal hingga 11 Mbps/54 Mbps.

Sedangkan Nokia E63 sudah mendukung jaringan data 3G sehingga dapat dijadikan sebagai modem. Tentu saja ini akan sangat berguna ketika Anda membutuhkan jaringan internet untuk mengirimkan data pekerjaan yang ada di laptop dan tidak ada modem USB yang bisa digunakan. Dengan settingan yang cukup mudah, membuat hp Nokia E63, jauh lebih baik daripada C3 dari segi jaringan data dan konetivitas.

Ukuran Layar

C3 mempunyai layar lebih luas (2,4 inci) daripada Nokia E63 (2,36 inci). Namun, soal warna E63 lebih unggul karena dapat menghadirkan 16 juta warna. Bandingkan dengan Nokia C3 yang hanya mampu memberikan 256 ribu warna. Kualitas foto dan gambar akan lebih bagus ditangkap oleh Nokia E63. Ini tidak bisa dipungkiri karena memang Nokia E63 saat pertama kali diluncurka menyasar kelas eksekutif yaitu dengan lamban E di depannya. Sehingga tentu saja layanan yang diberikan akan jauh lebih unggul.

Kapasitas Memori

Bagi Anda yang suka berfoto, kapasitas memori ponsel yang besar menunjang kegiatan foto tersebut. Nokia C3 mendukung slot kartu memori microSD dan memori internal sampai 55MB. Sedangkan dan Nokia E63 dapat menyimpan data menampung kartu memori microSD sampai 8 GB dan memori internal sebesar 120 MB. Kapasitas sebesar ini bukan hanya bisa digunakan untuk menampung foto saja, tetapi juga file-file musik kesukaa Anda. Bahkan, juga bisa digunakan untuk menampung berbagai file video ke dalam handphone.

Jika dibandingkan, kapasitas memori internal Nokia E63 dua kali memori Nokia C3. Selain itu, dalam paket penjualan Nokia E63 disertai dengan kartu memori 1GB, sedangkan Nokia C3, tanpa kartu memori apapun.

Kualitas Kamera

Baik Nokia C3 maupun Nokia E63 dilengkapi dengan kamera 2 MP. Hanya saja Nokia C3 tidak dilengkapi dengan auto flash seperti pada Nokia E63. Sehingga kualitas foto Nokia C3 di dalam ruangan tidak sebagus Nokia E63. Kamera Nokia C3 cukup bagus hanya di luar ruangan atau pada ruangan yang cukup cahaya saja. Pada Nokia C3 juga tidak terdapat cermin pemantul yang berguna apabila kita ingin membuat foto diri tanpa bantuan orang lain.

Auto flash ini akan sangat membantu ketika mengambil gambar di dalam ruangan. Sama halnya dengan lampu blitz di dalam kamera. Selain itu, juga terdapat layanan sequence yang akan mengambil beberapa gambar dalam sekali tekan.

Sangat menarik saat menggunakan nokia E63 untuk mengabadikan berbagai momen istimewa. Karena cukup praktis dengan kualitas yang tidak kalah dengan kamera saku. Memang, untuk pengambilan gambar dalam jumlah yang besar, akan terlihat kurang detail, tetapi untuk pengambilan foto per orangan, kamera Nokia E63 ini sudah cukup bisa diandalkan.

Merekam Video

Nokia C3 memiliki kualitas rekaman QCIF yang sama dengan kualitas perekaman ponsel tipe lama. Rekaman video akan disimpan dalam format file .mpg atau .3gp dan WMV dengan resolusi maksimal 320 x 240. Sedangkan Nokia E63 mampu merekam dengan kualitas QVGA dan menyimpan dalam format file mp4, .3gp; codecs: H.263, MPEG-4 VSP. Nokia E63 juga mampu melakukan video calling yang tidak bisa dilakukan dengan Nokia C3.

Hasil video yang didapat saat menggunakan Nokia E63 ini cukup bening dan bisa dipakai dalam durasi yang lumayan panjang. Tentu saja panjangnya durasi ini tergantung dari besarnya memori yang ada di handphone. Semakin besar memori, akan semakin lama durasi yang dapat digunakan untuk pengambilan video. Momen-momen spesial tentu saja bisa diambil menggunakan fungsi dari video ini.

Daya Tahan Baterai

Nokia C3 umumnya hanya mampu bertahan untuk bicara selama 7 jam. Sedangkan Nokia E63 dapat digunakan untuk bicara sampai 11 jam. Sayangnya, Nokia jarang menjelaskan bagaimana kondisi sinyal saat uji coba bicara tersebut. Asumsi waktu bicara tersebut biasanya untuk sinyal yang stabil dan normal.

Jika dalam pemakaian normal, bisa dibilang Nokia E63 ini cukup awet dari segi baterai karena bisa digunakan sampai 3 hari tanpa dicharge. Tentu saja ketahanan yang cukup lama ini akan sangat membantu ketika Anda bepergian dan tidak bisa menemukan sumber daya listrik untuk melakukan pengecasan. Dan memang jika harus pergi dalam waktu beberapa lama, bisa membawa baterai cadangan agar tidak kehilangan komunikasi dengan orang-orang terdekat ataupun dengan rekan pekerjaan Anda.

Sistem Operasi

Nokia E63 sudah dilengkapi dengan perangkat lunak S60 Edisi 3.1, E-series Symbian Os 9.2. Sedangkan Nokia C3 hanya ponsel java sehingga tidak mendukung aplikasi yang membutuhkan semacam prosessor. Maka dari itu Nokia C3 tidak dapat digunakan untuk pemasangan quickoffice untuk pengolahan dokumen format doc, xls, dan ppt. Berbagai aplikasi untuk Nokia E63 juga telah beredar luas di internet, baik gratis maupun berbayar.

Kemudahan untuk menginstall aplikasi ini tentu sangat berguna bagi Anda yang ingin memaksimalkan fungsi hp. Karena selain berfungsi sebagai alat komunikasi, ponsel Nokia E63 juga bisa menjadi perangkat yang menunjang pekerjaan. Terutama jika Anda adalah seorang penulis yang membutuhkan alat untuk menulis ide yang tiba-tiba muncul di kepala. Nokia E63 adalah solusi yang tepat karena menyediakan quick office dan file yang dibuat dalam Nokia E63 ini bisa dipindahkan ke komputer menggunakan kabel data, bluetooth, ataupun dengan mengirimkan email melalui internet.

Layanan lain yang merupakan kelebihan Nokia E63 adalah adanya GPS data yang bisa digunakan sebagai alat penunjuk arah perjalanan. Sangat menyenangkan menggunakan Nokia E63 ini dengan berbagai aplikasi yang bisa dibenamkan.

Dari segi harga Nokia E63 memang lebih mahal sekitar 500 ribu. Bagi Anda yang ingin mendapatkan kinerja ponsel lebih, namun dengan harga cukup terjangkau, Nokia E63 patut untuk dipilih. Apalagi saat ini Nokia E63 telah dilengkapi dengan berbagai aplikasi menarik, seperti Facebook, Myspace, dan Youtube.

Speak Your Mind

*