Kelengkapan Fasilitas Perpustakaan Unpad

Universitas Padjajaran memiliki beberapa fasilitas penunjang bagi para Mahasiswanya. Fasilitas tersebut tentunya disediakan untuk para mahasiswanya sebagai sarana pengembangan potensi diri. Fasilitas yang disediakan oleh Universitas Padjadjaran bagi mahasiswanya untuk memenuhi segala kebutuhan mengenai berbagai ilmu adalah perpustakaan Unpad.

Perpustakaan Unpad memiliki banyak buku yang dapat dijadikan acuan bagi para mahasiswanya. Universitas Padjadjaran memiliki 16 Fakultas. Masing-masing fakultas tersebut memiliki perpustakaan dengan berbagai ilmu berbeda di dalamnya.

Mulai dari Ilmu Hukum, ilmu kedokteran, ilmu sosial dan politik, ilmu komunikasi, ilmu peternakan, ilmu pertanian, ilmu farmasi, ilmu tentang kejiwaan, ilmu ekonomi, ilmu keperawatan, ilmu kedokteran gigi, ilmu perikanan dan kelautan, ilmu untuk teknologi pertanian dan geologi, dan ilmu tentang matematika dan alam, hingga buku sumbangan dari Wing Kardjo yang jumlahnya ribuan.

Buku sumbangan dari Wing Kardjo ini bisa dinikmati bila kita berkunjung ke Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran.

Walaupun demikian, tidak jarang juga mahasiswa yang berlainan referensi kelimuan saling berkunjung ke perpustakaan fakultas yang berbeda. Bukan hanya itu, perpustakaan Universitas Padjadjaran juga memperbolehkan mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari luar lingkungan kampus Unpad untuk bisa menikmati sarana yang telah disediakan.

Namun, tentu saja dengan ketentuan dan syarat berbeda dengan yang berlaku pada mahasiswa Universitas Padjadjaran itu sendiri. Hal ini berlaku guna menjaga keberlangsungan perpustakaan yang terdapat di Universitas Padjadjaran.

Perpustakaan dari masing-masing fakultas memiliki jumlah referensi yang sangat banyak, jumlahnya bisa mencapai puluhan ribu. Referensi keilmuan tersebut juga disediakan dalam berbagai bentuk, seperti buku, tesis, skripsi, dan jurnal yang bisa diakses hanya dengan menggunakan layanan internet.

Selain buku-buku dan keperluan lain mengenai materi perkuliahan, fasilitas lain yang disediakan perpustakaan yang terdapat di Universitas Padjadajaran adalah gedung yang memadai, dan berbagai ruangan penunjang lainnya.

Seperti, ruang baca, ruang administrasi untuk melayani peminjaman buku oleh para mahasiswanya , ruang referensi buku, serta ruang yang disediakan untu berdiskusi. Bahkan, ada beberapa perpustakaan yang terdapat di Universitas Padjadjaran yang sudah dilengkapi dengan fasilitas layanan internet dan ruangan ber-AC.

Universitas Padjadjaran juga memiliki beberapa perpustakaan penunjang, selain perpustakaan utama yang biasanya terdapat dalam lingkungan kampus. Seperti yang terdapat pada Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

Fakultas ini juga memiliki tempat lain untuk menambah referensi keilmuan mengenai ilmu-ilmu kedokteran di Gedung Teaching Hospital, serta di Rumah Sakit Hasan Sadikin.

Semua fasilitas yang telah disediakan oleh perpustakaan milik Universitas Padjadjaran bertujuan untuk berlangsungnya segala macam kegiatan perkuliahan bagi para mahasiswanya. Hingga kini perpustakaan Unpad terus berupaya untuk menambah koleksi referensinya dalam berbagai ilmu.

Speak Your Mind

*