Kenali Ciri Ciri Penyakit Jantung

Ilustrasi ciri ciri penyakit jantungPenyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling berbahaya di dunia, selain kanker. Sebagian orang tidak tahu bahwa dirinya menderita penyakit jantung karena tidak tahu ciri ciri penyakit jantung, sehingga terlambat untuk diatasi. Hal ini memang dapat terjadi karena pada beberapa kondisi ada penderita yang tidak merasakan gejala apapun.

Untuk mempercepat tindak keselamatan bagi penderita sakit jantung, seseorang harus tahu gejala atau ciri ciri penyakit jantung. Dengan demikian, pengobatan dapat dilakukan segera.

Jantung di dalam Tubuh Manusia

Di dalam tubuh manusia, jantung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Jantung adalah sebuah rongga organ yang berotot untuk memompa darah melalui pembuluh darah dengan cara kontraksi berirama secara berulang-ulang.

Jantung berfungsi untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Jantung mempunyai ukuran sebesar kepalan tangan. Jantung terdiri atas lapisan endothelium yang merupakan satu otot tunggal. Letak jantuk di balik tulang dada dan strukturnya berbelok ke bawah dan sedikit ke arah kiri.

Jantung tertutup oleh selaput ganda perikardium yang tertempel pada diafragma, meskipun sepenuhnya diselubungi oleh paru-paru. Lapisan pertama pada jantung menempel sangat erat pada jantung dan lapisan luarnya lebih longgar dan berair karena untuk menghindari gesekan antarorgan dalam tubuh akibat gerakan memompa konstan jantung.

Di dalam tempatnya, jantung dijaga oleh pembuluh darah yang berada di daerah jantung dengan merata di daerah dasar dan samping. Pada lapisan luar jantung ada dua garis pembelah yang menunjukkan dinding pemisah antara serambi dan bilik jantung.

Pada dinding serambi lebih tipis dibandingkan dengan dinding bilik karena dinding bilik harus melawan gaya gravitasi bumi untuk memompa dari bawah ke atas dan juga memerlukan gaya yang lebih besar untuk menyuplai peredaran darah, khususnya pembuluh aorta yang berfungsi untuk memompa darah ke pembuluh darah di seluruh tubuh.

Dua garis pembelah antara serambi dan bilik disambungkan oleh sebuah katup. Katup tersebut di belahan bagian kanan adalah katup trikuspidalis atau katup berdaun tiga. Di belahan bagian kiri, yaitu katup mitralis atau katup bikuspidalis atau katup berdaun dua.

Ciri Ciri Penyakit Jantung

Nyeri di bagian dada termasuk salah satu ciri ciri penyakit jantung. Namun, beberapa orang justru hanya menganggapnya sebagai rasa sakit biasa. Kelelahan juga termasuk salah satu ciri-cirinya, namun hal ini juga sering dianggap remeh karena sudah dianggap biasa.

Rata-rata orang bekerja pasti sering mengalami kelelahan, sakit kepala, nyeri, dan gejala lain. Namun, banyak yang mengabaikan kesehatan mereka sehingga terlambat untuk melakukan pencegahan.

Ciri-ciri awal seseorang mengalami sakit jantung adalah sebagai berikut.

  • Jantung berdebar-debar atau terasa sakit seperti diremas-remas.
  • Mengeluarkan banyak keringat.
  • Mendadak pusing.
  • Badan terasa lemas.
  • Mual dan muntah.
  • Napas pendek.
  • Sesak napas.

Jantung yang terasa sakit seperti diremas-remas merupakan akibat dari kurangnya oksigen pada bagian otot jantung. Setelah itu, nyeri akan menjalar ke bagian kepala, leher, dan tangan atau lengan.

Nyeri yang dirasakan dapat berbeda-beda pada setiap penderita. Sesak napas juga dapat dirasakan oleh penderita sakit paru-paru. Hal ini dapat terjadi apabila otot kekurangan oksigen.

Aktivitas aliran darah yang kurang lancar sehingga otot jantung tidak dapat memompa secara maksimal menyebabkan badan terasa lemas. Oleh karena itu, apabila seseorang yang mengalami gejala sakit jantung merasa kelelahan setelah beraktivitas, ada kemungkinan ia benar-benar mengalami sakit jantung.

Mendadak pusing yang kemudian disusul pingsan juga dapat terjadi pada seseorang yang mengalami gejala sakit jantung. Aliran darah yang kurang lancar menyebabkan hal itu dapat terjadi.

Selain ciri-ciri tersebut, ciri ciri penyakit jantung juga bisa tidak terduga. Ciri-cirinya hampir sama seperti gejala masuk angin. Namun, untuk memastikannya, apabila Anda merasa tidak kuat beraktivitas seperti olah raga, kemungkinan Anda menderita sakit jantung. Apabila itu terjadi, Anda harus segera konsultasi dengan dokter.

Ciri-ciri sakit jantung seperti sesak napas, berkeringat banyak, atau bahkan pingsan hampir sama dengan gejala sakit ringan. Apabila Anda mengalaminya, jangan langsung panik dan memiliki persepsi sendiri sebelum memastikannya ke dokter.

Ciri-ciri yang paling utama tentunya ada pada bagian jantung. Namun, hal ini juga perlu Anda pastikan ke dokter. Pencegahan perlu dilakukan secepat mungkin pada penderita sakit jantung karena akibatnya berujung pada kematian.

Hidup Sehat dengan Pola Hidup Sehat

Saat ini banyak sekali beredar jenis makanan instan atau cepat saji. Jenis makanan yang satu ini paling banyak diminati karena cara memasak yang praktis dan mudah didapat di mana-mana. Makanan seperti ini banyak sekali dikonsumsi oleh orang-orang sibuk yang mengaku tak punya banyak waktu luang untuk memasak atau makan.

Makanan instan dan cepat saji seperti itu sebenarnya bukan termasuk jenis makanan sehat yang aman untuk dikonsumsi karena tidak meningkatkan kesehatan, sebaliknya makanan ini bisa menyebabkan tingginya resiko terkena penyakit.

Pola hidup manusia semakin hari semakin sibuk menjadi salah satu penyebab makanan instan banyak beredar. Karena tidak ada waktu untuk memasak lama, maka orang yang sibuk lebih baik memakan makanan yang cepat saji atau instan.

Padahal dengan pola hidup yang seperti itu, menjadi salah satu faktor penyebab hidup tidak sehat. Pola hidup yang tidak teratur dan jarang berolah raga menjadikan seseorang mudah terserang penyakit.

Dalam keadaan dunia yang mengalami perkembangan yang sangat cepat, tentu saja mempengaruhi pola hidup manusia juga. Kemajuan teknologi menjadi pemicu manusia lebih mudah dan sibuk. Kesibukan karena terlena dengan kemajuan teknologi menyebabkan manusia menjadi malas.

Apabila manusia malas untuk bergerak, malas untuk makan, dan malas untuk berinteraksi, maka pola hidupnya akan kacau dan tidak sehat. Karena kurang gerak dan jarang olah raga, maka tubuh akan terasa epat lelah dan capek. Di tambah dengan memakan makanan yang cepat saji, sehingga tubuh kurang menerima asupan gizinya. Selain itu, malas berinteraksi dengan orang lain membuat hati dan pikiran tidak nyaman dan stress.

Apabila semuanya terjadi, maka tubuh kita lama-lama akan sakit. Tubuh dan pikirannya mengalami gangguan kesehatan. Hal tersebut bukan hal yang baik untuk menciptakan pola hidup yang sehat.

Walaupun manusia hidupnya sibuk, itu bukan alasan untuk tidak bisa hidup sehat. Semua orang dapat hidup sehat tergantung kepada dirinya sendiri. Apakah orng itu dapat mengatur waktunya untuk membuat pola hidupnya sehat dan teratur.

Pola hidup yang tidak sehat dan tidak teratur bukan hanya dialami oleh kaum dewasa saja, tapi anak-anak juga dapat mengalami hal tersebut. Kegiatan seorang anak sekarang ini sangat padat. Waktu pergi dan pulang ke rumah bisa sama dengan kegiatan orang dewasa yang pergi bekerja, yaitu pergi pagi dan pulang sore.

Kegiatan yang padat tersebut, dapat menyebabkan pola hidup anak tersebut tidak teratur dan tidak sehat. Akibatnya sang anak lebih mudah sakit dan pertumbuhannya terganggu.

Kegiatan yang padat harus tetap didukung oleh pola hidup yang sehat juga, agar pola hidupnya seimbang. Dengan kegiatan yang padat, hidup sehat melalui makanan dapat terlaksana, yaitu dengan memilih jenis makanan sehat untuk sang anak atau diri sendiri.

Jenis makanan sekarang ini banyak macamnya, terutama makanan untuk anak-anak. Selektif dalam memilih makanan sangat diperlukan. Makanan yang dijual tanpa komposisi yang jelas lebih baik jangan dikonsumsi. Kandungan yang ada di dalam makanan tersebut tidak jelas, apakah sehat atau malah membuat tubuh kita sakit.

Kesadaran akan hidup sehat memang harus dimulai dari diri sendiri dan harus berkelanjutan, sehingga pola hidup sehat menjadi kebiasaan. Meskipun kegiatan padat, karena sudah terbiasa dengan pola hidup yang sehat, maka hidupnya akan sehat dan teratur. Terbiasa meluangkan waktu untuk berolah raga, memilih jenis makanan sehat, dan bersosialisasi dengan orang lain, itu sudah menjadi pola hidup sehat.

Dengan pola hidup yang sehat, manusia sesibuk apa pun akan selalu sehat jasmani da rohani. Kesadaran mengenai hidup sehat juga dapat menjadikan lingkungan disekitar menjadi sehat dan teratur. Hidup akan terasa nyaman dan aman.

Demikian penjelasan mengenai ciri ciri penyakit jantung yang dapat terjadi pada siapa saja. Untuk itu, pencegahan awal dari penyakit jantung adalah dengan cara pola hidup yang sehat dan teratur. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Speak Your Mind

*