Kesegaran Jus Jambu Merah untuk Kesehatan

Ilustrasi jus jambu merah

Daftar Isi

  1. Kandungan Gizi
  2. Minuman jus Jambu
  3. Membuat Jus Jambu
  4. Atasii Demam Berdarah

Jus jambu merah? Hmmm kesegarannya pasti sudah langsung terbayang bukan? Rasanya yang manis, warnanya yang menggoda, dan aromanya yang segar pasti langsung membuat Anda terhipnotis oleh minuman segar yang satu ini.

Bayangkan saat ini Anda menyesap pelan-pelan segelas minuman jus buah dingin di udara yang kadangkala panas akhir-akhir ini. Jus buah selalu menjadi minuman hampir semua orang. Termasuk jus jambu merah. Jika Anda bahkan tidak menyukainya, mungkin satu atau dua kali, Anda pernah minum segelas es jeruk yang rasanya tak jauh dari jus jeruk.

Minuman yang satu ini memang sudah cukup familiar di kalangan masyarakat. Karena saking seringnya “beredar” di masyarakat, jus bukan lagi dianggap minuman yang aneh. Kita bisa mendapatkan jenis minuman ini, mulai dari harga dua ribu satu gelas hingga puluhan ribu. Terserah pada pilihan cita rasa dan kantong, bahkan prestise Anda. Jika pilihan Anda jatuh pada jus jambu merah, jangan khawatir, karena harga yang dibandrolkan biasanya akan cukup murah.

Jus jambu merah merupakan salah satu pilihan minuman jus. Sesuai namanya, jus jambu merah tentunya terbuat dari buah jambu merah. Kesegaran buah jambu, aroma khasnya, ditambah warna merahnya yang alami memikat, membuat jus jambu merah banyak digemari.

Citarasa dan rasa manis yang dimiliki oleh jus jambu merah benar-benar bisa dinikmati oleh siapapun. Tua dan muda, laki-laki atau perempuan. Jus ini juga terbilang merupakan salah satu jus buah yang paling segar, selain jus jeruk dan strawberry. Sensasi rasa asam yang sedikit dimiliki jus jambu merah justru menambah kesegaran tersendiri. Dan pasti akan membuat Anda ketagihan.

Jambu Merah dan Kandungan Gizinya

Atasi Demam Berdarah

Jus jambu merah kerap diberikan pada pasien demam berdarah. Memang belum ada penelitian ilmiah yang mendukung kebenaran bahwa jus jambu merah dapat mengobati penyakit tersebut.

Tapi, adanya kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi, membuat jus jambu merah dikatakan dapat meningkatkan jumlah trombosit tanpa efek samping pada pasien demam berdarah.

Kandungan vitamin C dalam jus jambu merah juga akan membantu pulihnya stamina dan ketahanan tubuh.

Selain untuk meningkatkan ketahanan, vitamin C dalam jambu merah juga dipercaya bermanfaat untuk kapiler agar tidak terjadi kebocoran dalam aliran darah.

Pecahnya kapiler akan mengakibatkan timbulnya bintik-bintik merah pada kulit.

Bahan utama dalam pembuatan jus jambu merah tentu saja adalah buah jambu merah. Jenis buah yang satu ini cukup mudah didapatkan. Jambu merah adalah jambu biji yang warna biji dan dagingnya merah. Buah ini banyak mengandung serat, juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap.

Selain vitamin A dan C, jambu merah mengandung mineral potasium, mangan, dan tembaga. Karenanya jambu merah rendah kalori, sangat cocok dikonsumsi oleh siapa pun. Karena kandungan kalori yang rendah, mengonsumsi jus jambu merah tanpa banyak tambahan gula bagus untuk pemenuhan gizi bagi Anda yang tengah diet.

Kadar vitamin C yang terdapat pada jambu merah banyaknya tiga sampai enam kali lipat daripada yang terdapat pada jeruk, dengan kandungan terbanyak ada pada daging buahnya. Tak ketinggalan, kandungan vitamin C juga terdapat dalam bijinya. Sehingga, jus jambu merah sebenarnya jauh lebih baik dibandingkan dengan jus jeruk.

Selain itu, jambu merah sebagai bahan utama pembuatan jus jambu merah ini juga mengandung zat lain, seperti arotenoid dan polifenol. Kedua kandungan itu merupakan kandungan penting lainnya yang terdapat dalam jambu merah. Kedua jenis kandungan jambu merah tersebut adalah jenis antioksidan penting (zat penangkal racun dalam tubuh), menjadikan jambu merah memiliki kandungan antioksidan paling tinggi di antara buah-buahan.

Jika kita rutin mengkonsumsi jambu merah atau jus jambu merah, kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam jambu merah memberikan manfaat penting bagi tubuh. Di antaranya adalah meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mempercepat proses penyembuhan luka, serta memperlancar tekanan darah karena kandungan potasium yang terdapat di dalamnya.

Jambu merah sebagai bahan utama pembuatan jus jambu merah sendiri merupakan varian dari jambu biji. Tanaman buah berbiji ini berasal dari Brazil. Jambu ini menyebar dari Thailand hingga Indonesia.

Selain jambu merah yang biasa diolah menjadi jus jambu merah, jambu biji masih memiliki beberapa varian. Diantaranya yang cukup populer adalah jambu “susu putih”. Jambu biji ini memiliki daging yang lebih tebal dibanding jambu merah, dengan warna biji yang putih. Jambu jenis ini cenderung lebih pas jika dimakan secara langsung, berbeda dengan jambu merah.

Daging jambu merah yang tidak terlalu tebal, serta rasa yang cenderung sedikit asam membuat jambu merah memang lebih cocok jika diolah menjadi jus. Dicampur dengan sedikit gula, rasanya pasti akan sangat nikmat. Menyegarkan badan saat kondisi cuaca tengah terik.

Minuman Jus Jambu Merah

Saat ini kita pun dapat menikmati minuman jus jambu merah yang sudah banyak dijual dalam kemasan praktis. Bahkan ada beberapa yang menyatakan produknya tidak menggunakan bahan pengawet. Jus jambu merah dalam kemasan tetap efektif sebagai penyedia vitamin C yang berlimpah.

Berdasarkan penelitian para ahli, meskipun kehilangan hampir seperempat kandungannya, jus jambu merah kemasan tetap mengandung kadar vitamin C cukup tinggi. Jadi, jangan khawatir, jika Anda tidak sempat membuat jus jambu merah sendiri, jus jambu merah dalam kemasan juga masihcukup baik.

Tak bisa dipungkiri, kalau jus jambu merah sangat penting untuk dikonsumsi. Sebaiknya kita melakukannya secara rutin, dengan memilih meminumnya dalam bentuk jus segar atau dalam kemasan. Tapi, memang alangkah baiknya jika jangan terlalu banyak mengonsumsi jus jambu merah dalam kemasan. Bagaimanapun juga, zat pengawet tetap menjadi bagian dari jus jambu merah dalam kemasan, meskipun kadarnya tidak terlalu banyak.

Pilihlah minuman jus jambu merah yang masih dalam keadaan segar. Minuman jus jambu merah segar, dapat diperoleh di mana pun, dengan beragam harga yang ditawarkan, pun dapat dikemas dalam gelas-gelas plastik. Pastikan Anda melihat bagaimana jus jambu merah itu diolah. Pedagang jus semacam itu saat ini sudah sangat menjamur.

Membuat Jus Jambu Merah

Jika kebetulan sedang tidak ada aktivitas, ada baiknya jika Anda membuat sendiri jus jambu merah.  Tentunya bahan dasar yang terlebih dahulu harus Anda sediakan adalah buah jambu merah. Selain itu, sediakan alat penghalus makanan (blender) untuk membuat jus favorit Anda tersebut.

Dengan membuat sendiri jus jambu merah, Anda bisa menjamin kebersihan dan penyesuaian terhadap rasa yang diinginkan. Selain itu, Anda juga dapat menikmati segelas minuman jus jambu merah, kapan pun Anda inginkan. Perhatikan langkah-langkah pembuatannya berikut ini.

Bahan :
2 buah jambu merah
Gula pasir atau susu kental manis putih, secukupnya sesuai selera Anda
300 ml air es
Es batu secukupnya
Cara membuat:
Potong-potong buah jambu menjadi bagian-bagian yang lebih kecil (potong menjadi 8 bagian).
Masukkan potongan buah jambu, air es, gula atau susu kental manis, dan es batu ke dalam blender. Tunggu hingga campuran ini menjadi halus.
Setelah campuran halus, tuangkan ke dalam gelas, setelah sebelumnya disaring terlebih dahulu.

Speak Your Mind

*