Kiat-Kiat Untuk Liburan Yang Aman

Ilustrasi Kiat LiburanLiburan telah datang. Tentu Anda sudah mempersiapkan dengan baik kemana tujuan yang menjadi tempat Anda akan bersenang-senang dalam liburan yang aman.. Rencana-rencana sudah disiapkan agar hari bebas itu menjadi momen yang indah dan berkesan.

Hari libur yang sangat bermanfaat agar otak Anda lebih fresh saat nanti kembali ke rutinitas. Selama menikmati liburan, tentu Anda jangan lengah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan saat perjalanan.

Perjalanan Menggunakan Kendaraan Darat

Ketika Anda merencanakan liburan perjalanan, melibatkan pertimbangan cermat dari peralatan, jalan keselamatan kendaraan dan perencanaan, bagasi dan ruang yang tersedia di dalam kendaraan, kondisi cuaca, rute alternatif terbuka bagi Anda untuk mengambil dan sedikit penting untuk menjaga suasana liburan . Liburan perjalanan bisa sangat besar tanpa perencanaan.

Cuaca dan Kondisi

Hal ini sangat penting untuk mempertimbangkan kondisi cuaca, baik kembali di rumah dan di tempat tujuan Anda. Mengingat kondisi cuaca juga memiliki banyak hubungannya dengan kemasan dan berat bagasi.

Sementara pada liburan musim panas, pakaian dan aksesoris selalu di minimal, kebalikannya selama musim hujan akan benar-benar sangat lengap di. Anda harus merencanakan liburan dan berangkat sepagi mungkin selama musim kemarau, untuk menghindari panas dan debu, sedangkan selama musim hujan, Anda bisa merencanakan keberangkatan dan kedatangan yang Anda inginkan, dan objek wisata yang tidak terlalu berefek dari musimnya.

Makanan dan jumlah air juga berbeda sesuai dengan musim. Selama bulan-bulan hangat, air kemasan sekali pakai membantu meringankan bagasi saat Anda bergerak bersama. Perencanaan untuk tambahan tuck selalu membantu, terutama ketika anak-anak di sekitar. Ini juga membantu Anda untuk menyimpan makanan secara bijaksana, dan bukan pada berhenti di restoran untuk setiap kali makan.

Pertolongan Pertama

Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa kendaraan ini dilengkapi dengan kit pertolongan dasar pertama. Anda harus berbelanja secara lokal untuk persediaan perban, penghilang rasa sakit dan solusi umum untuk masalah kesehatan kecil yang selalu diatur dalam selama perjalanan, seperti diare.

Jika ada anggota keluarga atau kelompok yang memiliki penyakit jangka panjang, Anda harus memastikan bahwa obat yang tepat diambil bersama dan dokter keluarga yang berkonsultasi sebelum perjalanan. Anda juga harus mempertimbangkan alergi dan dan penyakit khas orang tua semisal arthritis, serta keamanan air. Perhatian ini membuat perjalanan lebih menyenangkan untuk semua orang, ketika ‘awak’ adalah perasaan yang sehat.

Dalam kasus Anda memiliki anggota tertua dari keluarga yang menggunakan kursi roda, Anda harus mempertimbangkan penyesuaian kendaraan untuk mengakomodasi dengan baik peralatan dilipat atau versi, terbuka digunakan. Keduanya mungkin, dengan bantuan montir. Hal yang sama berlaku untuk perjalanan hewan peliharaan.

Pilihan Rute

Indonesia adalah negara dengan mobil  yang tumbuh, dan jalan yang berkekurangan. Maka apabila bicara tentang kemacetan satu saja pesannya, bertahan! Jika tujuan liburan Anda adalah salah satu yang memiliki rute alternatif banyak, maka sesekali mengambil cuti dengan pasangan atau teman-teman lain bepergian bersama untuk mengasimilasi peta rute dan memilih setiap dua yang tidak berjauhan. Ya, dua jalan saja! Sekedar cari tahu bila kelak Anda terjebak macet Anda tahu rute alternatifnya.

Perencanaan rute sebelum perjalanan juga membantu untuk memanfaatkan potensi jarak tempuh yang tepat dan waktu tempuh. Ini membantu banyak untuk merancang mental membentuk kelompok perjalanan dan pengeluaran anggaran bahan bakar.

Peta rute yang paling tersedia secara online maupun offline sangat fleksibel dan juga menawarkan ide-ide rinci jalan perjalanan liburan dengan informasi di jalan raya alternatif, rute dalam kota untuk memotong lalu lintas, informasi demografis dan informasi di hotel dan motel perjalanan, serta tips perjalanan .

Beberapa Tips Liburan Aman

Berikut adalah kiat-kiat agar Anda dapat menikmati liburan yang aman.

1. Kendaraan Hal yang paling patut Anda ingat mengenai keamanan saat berlibur adalah kendaraan yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan mobil pribadi, wajib hukumnya untuk mengecek ‘kesehatan’ mobil Anda tersebut. Kondisi mesin, ban, karburator, bensin, dan sebagainya. Simpan juga alat-alat mekanik standar yang dapat Anda gunakan jika mobil Anda butuh pengecekan ulang saat dalam perjalanan.

Jika Anda menggunakan kereta api atau bus umum, jangan lupa untuk selalu menjaga barang bawaan Anda. Ketika menggunakan pesawat, tandai tas Anda dengan sesuatu yang mencolok dan unik agar mudah dikenali saat pengambilan travel bag. Hal ini untuk mengantisipasi puncak liburan yang pasti dipenuhi banyak orang.

2. Makanan Anda yang paling mengetahui kondisi tubuh Anda sendiri. Ketika Anda berlibur ke tempat yang baru pertama kali Anda kunjungi, rajin-rajinlah bertanya setiap Anda selesai makan. Jangan sampai Anda memakan makanan yang mengandung bahan-bahan yang membuat alergi kambuh.

Tentu Anda tidak ingin liburan indah menjadi mimpi buruk hanya karena alergi yang kambuh. Anda harus teliti mana makanan yang bisa Anda makan atau tidak. Bagi yang muslim mungkin akan menghindari daging babi dan anjing. Sehingga Anda harus aktif bertanya tentang makanan yang Anda pesan.

3. Ransel dan Travel Bag Liburan ke tempat yang jauh dari rumah Anda pasti akan membutuhkan travel bag dan ransel. Pilih travel bag dan ransel yang kuat dan muat untuk menampung seluruh barang bawaan Anda. Kalau perlu, sisakan ruang untuk diisi oleh-oleh.

Travel bag dan ransel yang kuat sangat berguna agar tidak mudah jebol saat perjalanan. Lalu, simpan barang-barang penting seperti uang, perhiasan, kartu identitas dalam ransel yang selalu menempel pada tubuh Anda. Sehingga Anda dapat mengontrolnya selalu.

Simpan juga uang dan fotokopi kartu identitas dalam travel bag Anda, sehingga ketika Anda kehilangan salah satunya (semoga tidak terjadi), Anda masih memiliki cadangan uang dan gampang untuk melapor polisi untuk berita kehilangan.

Untuk menyimpan barang elektronik penting seperti handphone dan kamera, simpan semua barang tersebut pada tempat yang anti air lalu masukan ke dalam ransel.

4. Obat-obatan Penting bagi Anda untuk membawa obat-obatan pribadi. Apalagi yang memiliki alergi tertentu dan sulit mencari obatnya. Sebelumnya, Anda dapat berkonsultasi pada dokter pribadi mengenai kondisi tubuh Anda apakah memadai untuk melakukan perjalanan liburan. Bawalah obat-obatan standar yang dapat sejenak meredakan rasa sakit sebelum Anda diharuskan pergi ke dokter terdekat.

5. Daftar nomor telepon. Buatlah daftar nomor telepon penting yang dapat Anda hubungi jika terjadi sesuatu pada diri Anda. Tulis atau ketik pada sehelai kertas dan masukkan ke dalam saku atau dompet atau agenda yang tidak pernah lepas dari diri Anda. Simpan di tempat yang aman dan Anda mudah menemukan. Sehingga jika terjadi hal darurat, Anda dapat langsung berkomunikasi secepat mungkin dengan cara yang paling memungkinkan.

6. Rumah aman. Jika Anda liburan dan meninggalkan rumah untuk jangka waktu cukup lama, periksa seluruh rumah sebelum Anda berangkat. Matikan gas dan listrik yang kira-kira tidak perlu demi menghindari bahaya. Lapor pada satpam setempat agar rumah Anda tetap dijaga dan tidak menjadi incaran pencuri.

 

Speak Your Mind

*