Kiat Membuat Belajar Renang Menyenangkan

Ilustrasi Belajar RenangKita tahu bahwa olah raga renang merupakan sebuah olah raga yang sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh. Olah raga ini memungkinkan semua anggota tubuh untuk bergerak sehingga akan ada lebih banyak kalori yang terbakar serta lebih mendukung terbentuknya otot–otot tubuh.

Untuk itu, olah raga renang sangat baik untuk dilakukan oleh anak – anak di usia pertumbuhan, karena seperti yang kita ketahui, untuk mempercepat pertumbuhan anak – anak memerlukan makanan bergizi dan cukup berolah raga. Dengan berenang, otot dan tulang di dalam tubuh anak – anak akan lebih cepat tumbuh

Itulah mengapa semua orang perlu belajar berenang. Olah raga renang akan menjadi sebuah olah raga yang menyenangkan dan memberikan manfaat besar untuk kesehatan dan pertumbuhan pada anak – anak. Meski demikian, bukan berarti bahwa orang dewasa sudah terlambat untuk belajar berenang. Ketika keinginan dan keberanian dimiliki, olah raga renang akan sangat mudah dipelajari dan menjadi olah raga yang menyenangkan untuk dinikmati kapanpun.

Untuk membuat olah raga renang tersebut lebih menyenangkan, Anda perlu mengetahui beberapa tips berikut;

Untuk Anak – Anak:

– Agar anak Anda dapat menyukai olah raga renang, tentunya Anda harus membuat olah raga tersebut cukup menyenangkan bagi anak Anda sejak awal. Tentu saja Anda harus memastikan bahwa instruktur renang yang Anda pilih dapat mengajarkan mereka dengan baik serta memberikan kesan aman dan nyaman kepada anak Anda yang sedang mencoba belajar renang.

– Apabila Anda memiliki cukup waktu dan kemampuan yang memadai untuk mengajarkan anak Anda berenang, akan menjadi ide bagus bila Anda dapat mengajarkan anak Anda sendiri. Tentunya proses belajar tersebut akan terasa lebih nyaman karena anak Anda pastinya akan sepenuhnya mempercayakan keselamatannya pada Anda.

– Lengkapi perlengkapan berenang dan keselamatan, seperti pelampung dengan berbagai bentuk; pelampung dada, pelampung lengan, pelampung berbentuk ban dan sebagainya sehingga anak Anda akan lebih merasa aman dan tertarik untuk belajar berenang.

– Pilihlah tempat belajar berenang yang menyenangkan. Apabila Anda tidak memiliki kolam renang pribadi, memilih kolam renang umum dengan berbagai fasilitas anak–anak yang menarik merupakan ide brilian untuk membuat proses belajar lebih menarik dan menyenangkan.

Water Boom yang menjadi tempat wisata air terpopuler sekarang ini merupakan salah satu pilihan tepat. Namun, sebaiknya jangan memilih hari libur untuk belajar berenang karena pastinya obyek wisata tersebut akan sangat ramai.

– Dampingi anak Anda selama ia belajar berenang. Meski Anda tidak ikut mengajarinya, Anda dapat mengawasi di pinggiran kolam renang sehingga Anda dapat merasa lebih nyaman dan percaya diri untuk bisa berenang lebih cepat.

Untuk Dewasa:

Banyak orang berkata bahwa ketika seseorang telah dewasa, akan lebih sulit baginya untuk belajar berenang. Namun, tidak sepenuhnya anggapan tersebut benar. Kendala utamanya hanyalah kemauan dari orang tersebut. Meski Anda terbilang terlambat untuk belajar berenang, bukan berarti Anda telah terlambat.

Dengan kemauan belajar tinggi, Anda pasti bisa berenang dengan cepat; bahkan dalam waktu beberapa minggu. Sedangkan tips untuk belajar berenang yang menyenangkan, Anda membutuhkan beberapa hal berikut;

– Pastikan bahwa Anda dapat merasa cukup nyaman dengan memperhatikan beberapa faktor, seperti pakaian renang yang Anda kenakan, instruktur renang yang dapat membuat Anda cukup nyaman, serta tempat dimana Anda belajar. Ketika Anda cukup nyaman, Anda akan lebih menikmati proses belajar tersebut dan bisa menguasai lebih cepat.

– Agar proses belajar berenang berjalan cukup cepat, Anda harus mengetahui beberapa tips untuk membuat teknik berenang tersebut lebih mudah Anda kuasai. Dengan membuat tubuh Anda rileks, tubuh Anda akan lebih mudah mengapung

– Apabila memang dirasa perlu ajaklah teman Anda yang juga membutuhkan pelatihan berenang. Kebersamaan yang ada akan mengurangi perasaan “kaku” karena mungkin malu, tidak nyaman, dsb.

Belajar Teknik Bernafas

Hal ini penting untuk belajar bagaimana bernapas dengan benar dan ritme untuk membuat aktivitas berenang lebih mudah. Teknik pernapasan yang tepat untuk berenang sangat membantu dalam meningkatkan kecepatan dan stamina. Untuk bernapas dengan benar saat berenang kebutuhan praktik

Namun, setelah Anda menguasai teknik pernapasan dengan efisien, dan kinerja yang ditingkatkan. Teknik-teknik pernapasan berikut akan memungkinkan perenang untuk bergerak cepat melalui air tanpa melanggar irama dan kehilangan keluar pada faktor ‘waktu’ yang sangat penting dalam berenang kompetitif atau profesional. Di antaranya :

1. one-arm drill: Dalam teknik pernapasan, kita harus bernapas jauh dari lengan membelai. Sambil melakukan latihan yang satu ini harus membayangkan bahwa salah satu tangannya mengatakan yang benar disimpan lurus tanpa gerak. The membelai harus dilakukan dengan hanya tangan kiri. Dagu harus terjebak ke bahu kanan.

Orang harus terus melihat dari atas bahu kanan sedangkan lengan kiri sedang pulih. Dalam posisi ini, wajah akan ke bawah, menghadap ke bagian bawah kolam renang. Setelah tahap pemulihan, lengan memasuki air. Tubuh harus berbalik dan berguling ke sisi kiri, sementara lengan memasuki air.

Wajah berputar keluar dari air selama fase ini dan udara harus dihirup. Lengan kiri mencapai bagian belakang pinggul setelah menyelesaikan stroke. Wajah kembali di bawah air dan udara harus dihembuskan pada tahap ini.

2. Sidekick drill: Dalam drill ini, kita harus berbaring di sisi kiri dengan lengan diperpanjang atas kepala. Lengan kanan harus beristirahat di samping. Kepala harus berubah sedemikian rupa sehingga seseorang melihat melewati kiri lengan-lubang ke bagian bawah kolam renang.

Tubuh harus dijaga sedemikian posisi yang perut menghadap dinding sisi kolam renang dan bukan bagian bawah. Para sidekicks dilakukan untuk mencegah pinggul dari jatuh ke bawah dan menekan lengan pit-kiri ke bawah secara bersamaan.

Ketika wajah memasuki air yang harus mulai membuang udara dan putar kepala ke arah kanan ketika membutuhkan udara. Drill harus dilakukan sambil berbaring di sisi kiri sampai akhir kolam tercapai. Drill yang sama harus diulang dengan sisi kanan.

  • Pernapasan untuk Gaya Renang Berbeda Gaya Bebas: Selama merangkak depan, cara terbaik untuk bernapas adalah ketika kepala miring. Pernapasan dilakukan sementara salah satu tangan sudah mulai pulih dari stroke. Inhalasi dilakukan dengan hidung serta mulut. Udara harus dihembuskan sambil menghadap ke bawah.
  • Gaya Kupu-kupu: Waktu yang disediakan untuk bernapas dalam berenang gaya kupu-kupu kurang dibandingkan dengan teknik lain. Dalam gaya berenang, ketika tangan bergerak ke bawah, bawah dada, tubuh secara otomatis terangkat ke atas. Salah satu harus bernafas saat kepala sedang diangkat dan menghembuskan napas saat menurunkan tubuh.

Teknik Sederhana untuk Bernafas dalam Renang

  • Teknik-teknik berikut akan membantu dalam bernapas secara efektif tanpa kehilangan irama.
  • Mulut harus ditutup sementara wajah dalam air. Satu bisa menghembuskan napas dengan bantuan hidung sementara di air Namun, seseorang tidak harus membuka mulut.
  • Sebagai wajah dimasukkan ke dalam air, sejumlah kecil udara harus dilepaskan sehingga untuk menghindari air masuk ke hidung.
  • Ketika wajah ternyata berada di samping setelah diangkat dari air, seseorang harus napas sebanyak mungkin dengan bantuan hidung dan mulut. Hal ini karena udara di paru-paru dihembuskan sepenuhnya sementara wajah direndam dalam air.
  • Air harus dihembuskan sedikit demi sedikit sambil di dalam air sebagai lawan pernafasan terus menerus udara.

Berlatih teknik / latihan akan membantu dalam meningkatkan stamina dan membawa ritme untuk proses pernapasan dalam belajar renang Anda, dan selalu ingat untuk tidak berenang sendirian kecuali dibarengi dengan seseorang yang ahli.

Speak Your Mind

*