Kiat Memilih Guru Renang Yang Baik

Ilustrasi Guru RenangMemilih guru renang yang baik adalah sebuah kewajiban orang tua kepada anaknya bila menginginkan anaknya pintar berenang. Berenang merupakan keahlian yang penting untuk dikuasai oleh setiap orang, khususnya mereka yang masih muda. Sebab berenang akan terasa lebih sulit untuk dipelajari saat orang telah memasuki usia dewasa. Jadwal kuliah yang sibuk atau urusan kerja dan rumah tangga akan menyita waktu orang dewasa.

Setiap anak kecil akan menyukai bermain dengan air. Maka jangan marah bila menemui anak sendiri atau keponakan yang senang bermain air hingga basah kuyup. Alangkah baiknya kesenangan mereka tersebut disalurkan dengan cara yang tepat, yakni mengajak mereka ke kolam renang sekaligus belajar dari ahli renang yang terpercaya.

Saat baru tiba di kolam renang sebaiknya memberikan informasi kepada anak tentang area kolam renang dengan detail. Setiap kolam renang pasti mempunyai beberapa kolam yang terbagi menurut kedalaman. Peringatkan dengan keras agar anak menjauhi kolam dengan kedalaman yang melebihi tinggi tubuh mereka. Sebab sewaktu kolam renang telah dipenuhi oleh pengunjung, orang tua akan kesulitan mengawasi terus anaknya yang berbaur dengan anak-anak yang seumuran dengan mereka. Kesadaran mereka yang paling efektif untuk menyelamatkan anak dari kejadian yang tidak diharapkan.

Guru renang tidak bisa didapatkan dari sembarang tempat. Sebagai orang tua, sudah menjadi tanggung jawab merekalah memilihkan guru renang yang baik dan kompeten. Berikut ini adalah beberapa kiat memilih guru renang yang baik.

Tips Memilih Pelatih Renang

Kiat memilih guru renang yang baik untuk anak adalah:

1. Guru renang tersebut memiliki pengalaman yang bagus dan memadai

Renang adalah salah satu cabang olahraga yang membutuhkan kebiasaan dan bukan hanya teori. Apa gunanya teori tanpa praktek. Teori tentang renang bisa saja bagus. Tapi apalah artinya semua itu bila tidak diimbangi dengan praktek yang juga bagus.

Oleh sebab itu mencari guru renang yang memiliki pengalaman yang bagus dan memadai adalah salah satu syarat bagi orang tua yang menginginkan anaknya untuk bisa renang dengan baik. Bila guru renang tersebut memiliki pengalaman yang bagus dan memadai, maka guru renang tersebut akan lebih mengerti apa yang dibutuhkan oleh anak-anak.

Karena bagaimanapun juga mengajar renang anak-anak tentunya berbeda dengan mengajar renang orang dewasa. Dari segi pertahanan, orang dewasa lebih memiliki pertahanan yang bagus dibandingkan dengan anak-anak. Oleh sebab itu, anak-anak tentunya harus mendapatkan perlakukan khusus dalam berlatih renang.

Anak-anak tidak bisa begitu saja dilepaskan pada saat praktik berenang. Mereka tak seperti orang dewasa, anak-anak harus ditunggui hingga latihan renang selesai. Hal tersebut untuk memastikan bahwa keselamatan anak les renang terjaga.

2. Guru renang tersebut menyukai anak-anak

Tentunya salah satu syarat lain adalah guru renang tersebut menyukai dunia anak-anak. Percuma saja bergaul dengan anak-anak bila tidak menyukai dunia anak-anak. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa anak-anak tentunya berbeda dengan orang dewasa. Anak-anak membutuhkan perhatian khusus, sedangkan orang dewasa sudah bisa menjadi penyeimbang bagi diri mereka sendiri.

Seorang anak akan belajar cepat bila diajari oleh orang yang sabar dan menyayangi mereka. Anak bukanlah kaum dewasa yang akan dapat belajar dengan sistem bentak-bentakan alam militer. Perhatikan perlakuan dari para pelatih renang kepada anak-anak yang mereka latih. Bila dia dipandang tidak cukup sabar, maka segera pilihlah pelatih lain yang tampak telaten dalam mengurusi anak-anak.

Cara lain yang praktis yakni dengan menanyakan langsung kepada anak tentang pelatih mana yang dia sukai. Sebab anak kecil dapat menilai langsung siapa yang cocok dengan dirinya, walaupun itu hanya pertemuan yang singkat. Mungkin mereka menilai dari penampilan, tingkah laku, dan gaya bicara orang dewasa.

3. Guru renang tersebut disiplin

Kedisiplinan adalah kunci dari kesuksesan. Murid atau siswa biasanya meniru tingkah laku guru, sedikit atau banyak. Bila guru tersebut adalah orang yang baik, maka siswa tersebut juga akan menjadi baik, sebaliknya.

Apa hubungannya dengan renang?

Tentu ada. Berenang juga membutuhkan tingkat kedisiplinan yang tinggi. Bilamana kita tidak disiplin maka nyawa kita yang akan menjadi taruhannya. Misalnya: seseorang yang tidak terlalu mahir dalam berenang, mencoba berenang dengan gaya yang sama sekali tidak ia kuasai. Maka yang terjadi adalah dia akan mengalami insiden kecil atau cidera yang bisa membuat nyawa melayang.

Bila saat ini anak Anda dilatih oleh pelatih renang yang sering terlambat, atau banyak melakukan kesalahan maka mintalah kepada dia untuk memperbaiki sikapnya. Utarakan bahwa hal tersebut dapat berdampak kepada anak secara perilaku atau psikologis. Namun ucapkan dengan kata yang halus dan tidak melukai perasaan, kemungkinan besar seorang pengajar yang profesional dapat menerima kritikan yang membangun.

4. Guru renang tersebut sebaiknya sejenis dengan murid les renang

Zaman sekarang ini banyak sekali penyimpangan-penyimpangan yang terjadi akibat perilaku kurang peduli dan tidak selektif. Usahakan para orang tua mencarikan anaknya guru les renang yang memiliki jenis kelamin yang sama. Hal tersebut untuk meminimalisir adanya penyimpangan-penyimpangan yang mungkin terjadi.

Banyak sekali kejadian yang berawal dari kegiatan yang setiap hari dilakukan bersama lalu berbuah menjadi tindakan yang tidak terpuji atau merugikan salah satu pihak. Untuk itu untuk mencegah hal-hal yang tidak ingin terjadi, sebaiknya pemilihan guru les renang juga tidak hanya dilihat dari pengalamannya tapi juga gendernya. Lebih bagus bila gendernya sejenis.

Nilailah seorang pelatih dari akhlak dan agamanya, karena hal inilah yang dapat menjadi sandaran bagi kita dalam menilai orang lain. Cobalah meminta informasi yang lebih lanjut kepada petugas resepsionis kolam renang tentang pelatih mana yang sopan, dan rajin beribadah. Kemungkinan besar resepsioni tersebut akan merekomendasikan pelatih yang mendekati standar yang diajukan.

Pelatih yang sudah menikah dan keluarganya tidak mengalami masalah merupakan guru yang terbaik bagi anak kita. Keluarga yang baik mencerminkan seorang suami yang baik juga, begitu pula dengan pasangan wanitanya. Maka tanyakanlah pelatihnya sudah menikah atau belum?? Awas sang resepsionis bisa-bisa salah sangka. 😀

5. Guru renang tersebut tidak terlalu mahal bayarannya

Yang terakhir adalah masalah honor dari guru les. Tentunya sebagai orang tua kita menginginkan harga yang pas untuk dibayarkan pada guru les renang. Namun biasanya guru renang sudah menetapkan tarifnya di depan.

Oleh sebab itu sebelum terjadi deal sebaiknya ditanyakan masalah honor. Berapa bayaran atau honor per jam yang diminta dan apa saja yang akan diberikan oleh guru renang tersebut. apakah sesuai dengan honor yang diberikan atau tidak.

Sebagian besar memang ditentukan seberapa besar anggaran danan yang dimiliki. Bila uang yang dimiliki cukup terbatas, maka tugas orang tua yang menjadi pelatih renang bagi anak sendiri. Sekaligus menjadi acara rekreasi bersama semua anggota keluarga. Asyikkan??!

Speak Your Mind

*