Kisah Artis Korban Tsunami

Ilustrasi kisah artis2004 merupakan tahun duka bagi bangsa Indonesia. Amuk lautan menghantam Aceh, termasuk pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya. Ribuan korban jatuh, gedung dan rumah-rumah hancur, miliaran harta melayang karena bencana tsunami itu.

Kengerian bencana tersebut bukan hanya dialami rakyat Aceh, artis Hollywood, Jet Li pun ikut mengalaminya. Kisah artis kelahiran Cina ini, sangat mendebarkan. Saat tsunami terjadi, dia bersama keluarganya sedang liburan di Pulau Maladewa.

Li Lian Jie, nama asli Jet Li, hampir kehilangan nyawanya. Hotel yang ditempati bersama keluarganya hancur dihantam tsunami. Dia berlari berusaha menyelamatkan keluarganya dari air laut yang terus menggulung pulau tersebut.

Mendirikan Yayasan

Pengalaman ini sangat memilukan baginya. Hatinya terketuk untuk ikut membantu. Dia pun menyumbang US$158.000 untuk para korban bencana di Maladewa. Setelah itu, pemeran film Shaolin Tample ini pun mendirikan yayasan One Foundation pada 2007 untuk membantu korban tsunami.

Menurut Li, daripada satu orang menyumbang banyak, akan jauh lebih baik jika banyak orang dapat menyumbang walaupun jumlahnya sedikit. Jika satu orang memberikan sumbangan satu yuan atau satu dollar per bulan, sumbangan itu akan sangat berharga dan berguna untuk membantu orang-orang yang membutuhkannya.

Atlet Wushu

Lahir di Beijing 26 April 1963, Li memulai karirnya sebagai atlet wushu. Dia mulai bergabung di Beijing Wushu Academy pada usia 8 tahun. Dia pernah mendapatkan lima mendali emas untuk cabang bela diri wushu di ajang Chinese Championships.

Prestasi Li tidak sampai di sana. Ketika remaja, dia sudang menjadi pelatih nasional wushu. Dan, sebelum usianya genap 20 tahun, dia mulai membintangi film Shoa Lin Thus (Shoalin Temple) pada 1982.

Pada 1997, dia mengejutkan dunia perfilman dan para penggemarnya. Dia memutuskan untuk meninggalkan dunia hiburan yang telah membesarkan namanya. Apakah ini ada hubungannya dengan bencana yang dialami di Maladewa? Bisa ya, bisa tidak.

Yang jelas, Li berkata kepada guru spiritualnya, Lho Kunsang Rinpoche dari Tibet, bahwa dia ingin berhenti dari dunia hiburan dan mulai mendalami agama Buddha. Namun, atas nasihat Rinpoche, Li akhirnya terus melanjutkan karirnya sebagai artis papan atas Hollywood.

Bagi Anda penggemar Jet Li, jangan lewatkan film terbarunya The Expendables (2010). Sebuah film bertabur bintang. Dia bermain bersama Sylvester Stallone, Bruce Willis, Arnold Schwarzenegger, Jason Statham, juga Mickey Rourke. Karakternya yang kuat sebagai pria tenang, dingin, dan bersahaja, membuat akting Li sangat menawan, terlebih pad afilm ini.

Speak Your Mind

*