Koleksi Puisi Penyair Terkenal Jalaludin Rumi dan Kahlil Gibran

Koleksi Puisi

Cinta dan persahabatan adalah dua hal yang saling mengikat. Cinta dan persahabatan mampu mengadirkan banyak konflik. Senang dan susah saling melengkapi di setiap jengkal perjalanannya.

Cinta atau hubungan percintaan sewajarnya terjalin antara laki-laki dan perempuan. Setiap percintaan, menghadirkan banyak ketidakwajaran. Orang yang tadinya galak, bahkan preman sekalipun, bisa lunak di depan orang yang dicintainya. Jatuh cinta bisa membuat seseorang jadi ‘gila’ dalam arti yang tidak sebenarnya.

Cinta memang gila. Tak kenal kompromi. Itulah sebuah lirik lagu yang mengisyaratkan sedikit tentang sebuah kata cinta. Faktanya, cinta memang gila dan tak kenal kompromi. Cinta selalu datang tanpa permisi. Cinta selalu tidak ingin tahu dengan apa yang tengah dialami orang yang dikenainya.

Persahabatan adalah bagian dari cinta. Berbeda dengan cinta, persahabatan adalah satu bentuk relasi yang bisa terjalin antara laki-laki dengan perempuan, laki-laki dengan laki-laki, dan perempuan dengan perempuan. Uniknya, persahabatan tidak membatasi anggota relasi layaknya sebuah percintaan yang mengharuskan keterikatan antara seorang laki-laki dan seorang perempuan saja.

Persahabatan bisa terjalin dengan jumlah anggota yang tidak terbatas. Intinya, setiap orang yang merasa memiliki kecocokan dengan satu orang atau sekelompok orang akan melibatkan diri untuk menjalin persahabatan.

Persahabatan antara seorang laki-laki dan perempuan biasanya menghadirkan rasa yang lebih dari sekadar sahabat. Mereka biasanya terjebak dalam rasa cinta. Tidak jarang pasangan yang terlahir berawal dari jalinan persahabatan. Baiknya, mereka sudah saling tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga percintaan akan terjalin dalam keterbukaan.

Koleksi Puisi Cinta Karya Jalaludin Rumi

Cinta dan persahabatan merupakan hubungan yang bersifat simbiosis mutualisme (saling menguntungkan). Ketika seseorang bermasalah dengan percintaan, ia akan curhat pada sahabatnya. Sebaliknya, jika bermasalah dengan sahabat, ia bisa curhat pada pacarnya.

Namun, persahabatan dan cinta bisa berdampak parasitisme (hubungan yang merugikan salah satu pihak). Hal semacam ini sering terjadi ketika pacar kita direbut oleh orang yang sangat kita percaya, yaitu sahabat.

Cinta dan persahabatan tidak bisa lepas dari rangkaian kata-kata indah, seperti puisi, dalam pengungkapannya. Orang yang sedang jatuh cinta akan dengan sendirinya senang berpuisi. Segala hal yang berkenaan dengan perasaan ia tuangkan lewat puisi. Puisi-puisi itu akan bertambah banyak tanpa disadarinya sehingga ia pun seolah beralih profesi jadi pengumpul koleksi puisi cinta.

Tidak cukup dengan puisi karangan sendiri, orang yang tengah jatuh cinta kerap mencari puisi-puisi cinta para penyair terkenal, lokal sampai internasional. Setiap langkahnya seolah berpuisi. Kegombalan meraja di tengah perasaan yang kian tak terlukiskan.

Jatuh cinta memang mampu menghadirkan banyak keanehan dan kelainan sikap pada orang yang dihinggapinya. Seseorang yang tadinya cuek tiba-tiba pandai berpuisi. Setiap kata yang diucapkan mengandung unsur-unsur puitis. Cinta bisa datang kapan saja dan pada siapa saja. Orang yang tengah dimabuk cinta biasanya menyenangi hal-hal yang berbau gombal.

Berikut ini merupakan salah satu contoh koleksi puisi cinta yang bisa kita jadikan referensi.

Seharusnya Tidak

Aku takmau mengukur jarak.

Takingin pula aku menghitung corak.

karena kita bukan deretan angka.

Meski aku dapat dengan mudah menghitung dari nol sampai takhingga.

Tapi denganmu, aku takmau mengukur apapun.

Takmesti pula menghitung apapun.

Selain puisi tersebut, mungkin kita juga ingin mencontoh puisi yang dibuat oleh penyair terkenal sekelas Jalaludin Rumi. Sufi yang terkenal dengan karya puisinya itu mampu memikat jutaan pembaca di dunia untuk senantiasa membaca, mendengarkan, bahkan menjadikan puisinya sebagai salah satu hal untuk bisa memahami kehidupan.

Berikut adalah salah satu contoh puisi yang berasal dari koleksi puisi karya Jalaludin Rumi.

Cinta

“Dia adalah, orang yang tidak mempunyai ketiadaan,

Saya mencintainya dan Saya mengaguminya,

Saya memilih jalannya dan Saya memalingkan muka ke jalannya.

Setiap orang mempunyai kekasih, dialah kekasih saya,

Kekasih yang abadi. Dia adalah orang yang Saya cintai,

Dia begitu indah, oh dia adalah yang paling sempurna.

Orang-orang yang mencintainya adalah para pecinta

yang tidak pernah sekarat. Dia adalah dia dan

dia dan mereka adalah dia.Ini adalah sebuah rahasia

Jika kalian mempunyai cinta, kalian akan memahaminya.

Puisi Sahabat Bagian dari Koleksi Puisi Kahlil Gibran

Sebuah persahabat selalu dibingkai dengan sesuatu yang manis, yakni harapan bahwa hubungan persahabatan tersebut akan abadi dan sejati. Menjadi sahabat sejati yang dibutuhkan oleh banyak orang, mungkin adalah salah satu impian dalam hidup manusia.

Ketika seorang manusia tumbuh dan berkembang menjadi remeja, maka ia akan menemukan sebuah kehidupan berbentuk persahabatan. Melalui hubungan ini, manusia menangkap berbagai corak dan makna kehidupan yang tengah dijalani oleh sahabatnya.

Dengan begitu, bukan hanya rasa sayang, simpati, dan empati yang muncul pada saat seseorang menjadi sahabat bagi yang lainnya. Akan tetapi, ada hal lain yang lebih krusial daripada itu, yakni hakikat kehidupan yang membuat seseorang tidak akan pernah bisa hidup sendirian.

Pada masa-masa tersebut, para remaja juga biasanya dihadapkan pada situasi untuk bisa membuktikan jati diri yang sebenarnya dari mereka sehingga mereka merefleksikan diri mereka melalui hubungan persahabatan dan hubungan pertemanan.

Hal tersebut disebabkan oleh anggapan bahwa situasi persahabatan mampu membuat seseorang merasa dihargai, dipercayai, dan dibutuhkan. Dan ketiga hal tersebut merupakan pencapaian yang diinginkan oleh para remaja yang memang sedang masanya mencari jati diri.

Namun, tidak jarang orang dewasa pun memberikan kado spesial pada orang terdekat mereka dengan memberikan sebagain dari koleksi puisi mereka mengenai puisi persahabatan. Dengan puisi tersebut, persahabatan yang tengah dijalin diharapkan mampu menjadi pelipur lara saat ada suatu peristiwa yang tidak mengenakkan dalam kehidupan mereka.

Lantas, puisi sahabat seperti apa yang bisa kita jadikan referensi untuk bisa diberikan kepada sahabat? Salah satu penyair terkenal bernama Kahlil Gibran memberikan satu contoh puisi persahabatan yang membuat kita semakin memahami apa itu hakikat persahabatan. Berikut adalah salah satu contoh puisi persahabatan dari sekian banyak koleksi puisi karya Kahlil Gibran.

Dan seorang remaja berkata, Bicaralah pada kami tentang Persahabatan.
Dan dia menjawab:
Sahabat adalah keperluan jiwa, yang mesti dipenuhi.
Dialah ladang hati, yang kau taburi dengan kasih dan kau tuai dengan penuh rasa terima kasih.
Dan dia pulalah naungan dan pendianganmu.
Kerana kau menghampirinya saat hati lupa dan mencarinya saat jiwa mahu kedamaian.

Bila dia berbicara, mengungkapkan fikirannya, kau tiada takut membisikkan kata “Tidak” di kalbumu sendiri, pun tiada kau menyembunyikan kata “Ya”.
Dan bilamana dia diam,hatimu berhenti dari mendengar hatinya; kerana tanpa ungkapan kata, dalam persahabatan, segala fikiran, hasrat, dan keinginan dilahirkan bersama dan dikongsi, dengan kegembiraan tiada terkirakan.
Di kala berpisah dengan sahabat, tiadalah kau berdukacita;
Kerana yang paling kau kasihi dalam dirinya, mungkin kau nampak lebih jelas dalam ketiadaannya, bagai sebuah gunung bagi seorang pendaki, nampak lebih agung daripada tanah ngarai dataran.

Dan tiada maksud lain dari persahabatan kecuali saling memperkaya roh kejiwaan.
Kerana cinta yang mencari sesuatu di luar jangkauan misterinya, bukanlah cinta , tetapi sebuah jala yang ditebarkan: hanya menangkap yang tiada diharapkan.

Dan persembahkanlah yang terindah bagi sahabatmu.
Jika dia harus tahu musim surutmu, biarlah dia mengenali pula musim pasangmu.
Gerangan apa sahabat itu jika kau sentiasa mencarinya, untuk sekadar bersama dalam membunuh waktu?
Carilah ia untuk bersama menghidupkan sang waktu!
Kerana dialah yang bisa mengisi kekuranganmu, bukan mengisi kekosonganmu.
Dan dalam manisnya persahabatan, biarkanlah ada tawa ria dan berkongsi kegembiraan..
Kerana dalam titisan kecil embun pagi, hati manusia menemui fajar dan ghairah segar kehidupan.

Speak Your Mind

*