Kolom Tutorial Membuat Blog Cara Cepat 30 Menit

Kolom tutorial membuat blog merupakan petunjuk praktis cara membuat blog di blogger.com dan wordpress.com. Tidak semua yang terdapat dalam Kolom Tutorial bisa diaplikasikan ke dalam berbagai blog. Contoh sederhana: template yang ada untuk wordpress.com tidak selalu bisa diterapkan ke blogspot.com [blogger.com].

kolom tutorial membuat blog

Begitu pula dengan fungsi item lain seperti cara membuat banner animasi, mengganti template, membuat link, membuat read more pada blogger, teks berjalan atau fungsi lainnya. Karena itulah dibutuhkan Kolom Tutorial agar setiap pemula dapat dengan mudah belajar membuat blog.

Perlu diperhatikan, tidak ada keharusan membuat blog di blogger.com. Boleh-boleh saja membuat blog di wordpress, multiply, blogsome, dan seterusnya. Saat ini, penyedia jasa layanan blog gratis yang paling populer adalah blogger dan wordpress.

Membuat blog atau web, kini sudah menjadi kebutuhan sekunder bagi institusi atau individu. Membuat blog memiliki berbagai tujuan, baik untuk tujuan bisnis maupun untuk tujuan pribadi seperti menyalurkan hobi menulis dan sharing berbagi pengalaman hidup. Pada umumnya dan kebanyakan orang lebih memilih membuat blog karena gratis dan tidak berbayar.

Sementara, membuat website harus mengeluarkan uang dalam jumlah tertentu. Manakah yang lebih mudah membuat website atau blog? Jawabannya membuat blog. Blog adalah dasar untuk mengerti cara membuat website. Dengan membaca Kolom Tutorial hanya dalam waktu kurang dari 30 menit, Anda bisa membuat blog gratis atas nama sendiri. Menarik, bukan?

Menurut pemantauan netcraft.com yang berpusat di London, “dalam hitungan detik bermunculan blog baru dan dalam hitungan detik pula blog tersebut “ditelantarkan.” Pembuat blog [blogger] tumbuh pesat lantaran memang pembuatannya lebih mudah dari website. Kita tidak perlu mengerti bahasa HTML, PHP, C++, Java. Hanya dengan membaca dan mengerti petunjuk dari Kolom Tutorial, kreasi blog sudah tercipta.

Masih menurut netcraft.com, pertumbuhan blog tidak sebanding dengan perkembangan website yang relatif lebih lambat. Barang, lebih lambat karena orang enggan mengeluarkan biaya. Memang, secara prinsip fungsi website dan blog sudah sulit dibedakan. Ada blog yang bagus dan ada blog yang buruk.

Buruk konten dan buruk secara tampilan. Begitu pula dengan situs website ada yang bagus dan ada pula yang jelek. Kolom Tutorial benar-benar menuntun blogger [pembuat blog] untuk bisa membuat blog yang baik dan bagus secara tampilan. Tampilan bisa dengan cara mengganti template [cetakan] blog.

Isi Kolom Tutorial

Kolom Tutorial tidak ubahnya buku manual [buku petunjuk] untuk membuat blog. Pada umumnya dalam Kolom Tutorial terdapat:

    • Kolom Tutorial Cara membuat blog di blogger.
    • Kolom Tutorial Mendapatkan free template blogger.
    • Kolom Tutorial Cara membuat read more.
    • Kolom Tutorial Membuat iklan blog.
    • Kolom Tutorial Meningkatkan traffic visitor blog.
    • Kolom Tutorial Membuat teks berjalan marquee.
    • Kolom Tutorial Membuat kalender dan jam digital.
    • Kolom Tutorial Cara memposting artikel.
    • Kolom Tutorial Cara mendapatkan dolar dari adsense blog. Khusus yang ini Anda belajar di www.asianbrain.com.
    • Kolom Tutorial Cara mengganti template blog.
    • Kolom Tutorial Cara membuat link.
    • Kolom Tutorial Cara membuat banner animasi.
    • Kolom Tutorial Cara mengetahui posting entri populer.
    • Kolom Tutorial Cara ganti domain blogspot dengan nama domain sendiri.
    • Kolom Tutorial Cara memposting artikel.
    • Kolom Tutorial Cara membuat text area.
    • Kolom Tutorial Cara membuat menu dropdown.
    • Kolom Tutorial Cara membuat Icon Yahoo Messenger.
    • Kolom Tutorial Cara memasang Video.
    • Kolom Tutorial Pelacak IP Address.
  • Kolom Tutorial Cara memasang jadwal shalat.

Isi Kolom Tutorial ini bisa apa saja dan banyak lagi. Pendek kata, kita akan dimanjakan untuk mengerti semudah mungkin tanpa harus susah-payah memahami bahasa pemograman seperti laiknya membuat website.

Bayangkan sebelum ada blog. Setiap programmer harus terlebih dahulu mengerti bahasa pemrogaman. Sekarang, siapa pun bisa membuat blog, bahkan anak kecilpun bisa membuat blog.

Kolom Tutorial Blog Lengkap

Blog merupakan sigkatan dari “Web log” yakni sejenis aplikasi web berupa tulisan yang di-posting sebagai halaman web. Pada umumnya, posting-an yang terpublikasikan terlebih dahulu diurut berdasarkan dari yang terbaru, lama, lalu kemudian sampai yang terlama [lawas].

Dengan menggunakan aplikasi blog berdasarkan petunjuk Kolom Tutorial, membuat blog tidak perlu repot-repot harus memahami bahasa pemograman seperti HTML, PHP, CSS. Panduan ini mungkin kelihatannya random [acak]. Hal ini untuk introducing terlebih dahulu. Kalau Anda membuka situs www.blogger.com, Anda akan langsung dituntun secara berurutan untuk membuat blog. Berikut ini adalah panduan membuat blog:

1. Kolom Tutorial – Ide

Pikirkan sebuah nama blog. Sebelum memulai membuat blog, pikirkan nama blog Anda. Pilihlah nama yang berkualitas. Jangan asal-asalan, kecuali hanya ingin trial and error. Coba-coba terlebih dahulu. Nanti juga mengganti nama blog [rename] bisa sangat mudah. Jangan khawatir, yang penting memulai saja!

2. Kolom Tutorial – Email

Syarat utama membuat blog. Anda harus punya email terlebih dahulu. Email ini ibarat KTP di dunia maya. Kalau Anda belum punya email, segeralah buat email, bisa di Gmail, Yahoo, Hotmail, atau terserah Anda. Tidak sampai 5 menit, email pun sudah jadi dan siap digunakan untuk keperluan membuat blog.

3. Kolom Tutorial – Registrasi Blog

Kunjungi alamat website www.blogger.com. Di sini kita bisa memilih bahasa yang diinginkan apakah bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Saat ini blogger.com sudah tersedia dalam 41 bahasa. Setelah itu bisa langsung masuk/login sesuai email dan password akun email yang kita miliki.

Isi formulir seperti nama tampilan blog, profil, dan seterusnya. Ikuti petunjuk selanjutnya seperti “Blog Baru.” Di sini Anda bebas ingin menamakan blog Anda dengan nama apa. Kemudian pilih template sesuai selera. Tidak perlu khawatir, di internet ada ratusan template gratis yang bagus-bagus.Template bisa diganti-ganti dengan mudah.

4. Kolom Tutorial – Posting

Mulailah posting sesuatu. Tulislah apa saja. Jangan takut gagal atau takut mencoba. Lalu setelah itu “Publikasikan.” Selamat kini blog Anda sudah mendunia dan bisa diakses.

Pada saat langkah-langkah dasar membuat blog sudah terselesaikan. Kita bisa menambahkan laman, gadget, teks, gambar, dan lain sebagainya. Tambahan itu bisa berupa. Di bawah ini merupakan satu contoh saja di antara sekian banyak aplikasi Kolom Tutorial yang bisa diterapkan dalam pembuatan blog:

5. Kolom Tutorial – Bagikan ke Google+

Jika kita memilih “Ya,” file akan tersebar melalui jejaring sosial Google +. Google+ ini adalah jejaring sosial mirip Facebook produk dari google.
Istimewanya lagi memakai aplikasi blogger.com. Kita bisa mem-posting file melalui email atau dari ponsel kita langsung. Lantaran kemudahan itulah blog pun bisa dibuat anak kecil sekalipun.

Kolom Tutorial hanya petunjuk, lebih baik praktik langsung. Kalau salah atau merasa sulit saat membuat blog. Jangan menyerah, belajar lagi dan lagi karena itulah tujuan blogger.com yang sebenarnya yakni memberikan pelayan dan kemudahan agar siapa saja bisa punya blog. Hidup para blogger sedunia!

Speak Your Mind

*