Kompres File dengan Winrar Terbaru

Sudah adakah versi winrar terbaru saat ini? Sebagai salah satu program software yang bisa mengehemat ukuran sebuah file di komputer atau laptop, pastilah kita sudah pernah mencoba winrar. Sebuah produk yang telah memulai perjalanannya pada 1995. Setahun kemudian winrar mulai meluncurkan versi resminya yang diberi nama winrar 2.0.

Fungsi WinRar

WinRar adalah sebuah aplikasi yang sering digunakan untuk memadatkan file. Memadatkan di sini berarti file dapat dikompres sehingga menjadi lebih ringan. Selain itu, winrar sering digunakan untuk menyerdehanakan banyak file sehingga dapat disatukan dalam satu file. Ada banyak fungsi dari Winrar. Namum, biasanya pengguna komputer sering memanfaatkan Winrar untuk melakukan beberapa hal sebagai berikut.

  • Memadatkan file. Jika terdapat banyak file kecil yang akan dikirimkan atau di-copy (biasanya lewat email atau flashdisk) dapat memangkas waktu dengan menyatukan file tersebut dalam bentuk Winrar. Jadi, kita tidak repot dengan banyak file kecil-kecil yang akan dikirimkan atau di-sharing.
  • Winrar juga sering digunakan untuk ‘mengkerdilkan’ fileFile ketika ukurannya diubah menjadi winrar, maka ukurannya akan menjadi lebih ringan atau kecil.
  • Lebih membuat file menjadi aman. Dalam winrar terdapat sebuah menu password, sehingga ketika file diubah menjadi winrar kita dapat menggunakan menu password. Ketika akan membuka file winrar tersebut kita harus memasukkan password-nya. Dengan demikian tidak semua orang dapat membuka file winrar tersebut. Hanya kita saja yang bisa.
  • Membagi atau memecah file. Jika terdapat sebuah file besar yang akan kita simpan, namun space kita terbatas, maka dengan winrar kita dapat memecahnya atau membaginya. Misalkan, kita memiliki file dengan kapasitas 4 giga. Namun, media penyimpanan kita cuma 2 giga. Dengan winrar kita dapat memecahnya menjadi dua bagian file tersebut, sehingga masing-masing file akan berukuran 2 giga.
  • Winrar dapat digunakan untuk mengekstrak file atau memecah paket file winrar. Maksudnya adalah, ketika terdapat file yang berekstensi winrar (biasanya file unduhan dari internet), maka untuk membukanya kita menggunakan winrar dan file tersebut akan dipecah menjadi beberapa bagian.
  • Winrar juga dapat menghindarkan file kita dari ancaman virus komputer. Bisanya file yang berekstensi winrar akan sangat jarang tertular virus komputer. Hal ini akan berbeda dengan file asli yang tidak dikompres ke winrar, seperti file-file aplikasi.

Salah satu kelebihan winrar yang lain adalah, aplikasi ini dapat Anda dapatkan secara gratis alias cuma-cuma.  Kita dapat mengunduhnya di internet dengan mencarinya di Google dengan kata kunci “Winrar”. Masuk pada situs tersebut dan download aplikasi winrar untuk di-instal ke komputer Anda.

Aplikasi serupa yang mirip dengan winrar dan mempunyai fungsi yang hampir serupa adalah winzip. Aplikasi winzip secara keseluruhan memiliki fungsi serta kegunaan yang tidak jauh berbeda dengan winrar.

Namun, secara keseluruhan, para pengguna komputer lebih condong memakai winrar dari pada winzip. Meskipun fungsinya sama, dengan winrar dirasa lebih nyaman plus menu yang disajikan lebih bervariasi daripada winzip.

Pada dasarnya, semua file bisa dikompres, mulai dari film, musik, e-book, software, dan sebagainya. Ini tentunya sangat memudahkan Anda yang mau tidak mau sering mengirimkan file dalam ukuran besar.

Data yang sudah dikompres, misalnya dengan WinRAR tidak akan mengalami perubahan apa pun, apalagi sampai menyebabkan kerusakan karena tujuan utamanya tidak lain mengurangi sedikit ukuran data. Tapi, setelah Anda ekstrak kembali, ukurannya akan sama seperti semula.

Inilah yang membuat banyak orang yang merasa terbantu dengan adanya WinRAR. Dengan dukungan jaringan internet yang stabil, maka pengiriman berbagai data tentu tidak akan menemui hambatan.

Tampilan WinRAR terbilang sederhana tidak berlapis-lapis. Setidaknya, yang akan paling sering Anda pilih adalah Add (untuk mengkompres data) dan Extract (untuk mengembalikan data kompres ke bentuknya semula). WinRAR mampu mengekstrak sejumlah file berbentuk TAR, ACE, bz2, JAR, ISO, dan ZIP.

Jika Anda merasa kurang puas dengan kinerja WinRAR, ada banyak pilihan compression tools yang telah dikembangkan sedemikian rupa. Selain, WinZIP, Anda boleh-boleh saja mencoba 7-Zip, ALZip, BitZipper, IZRac, dan PeaZip.

Semua software tersebut merupakan pesaing WinRAR yang menjadi rekomendasi sebuah situs review internasional dan juga diakui para penggunanya memiliki kinerja yang baik dan mampu mengkompres data jauh lebih ringan ketimbang WinRar. Berikut ini beberapa tips mengompres data dengan menggunakan WinRar.

  • Organisir data serapi mungkin dalam folder. Jika Anda mengkompres data untuk tujuan menghemat ruang pada hard disk, inilah langkah yang tidak boleh Anda lewatkan.
  • Pastikan data yang akan Anda kompres terbebas dari virus berbahaya.
  • Setelah file dikompres, jangan buang file asli Anda. Jika ternyata komputer Anda sudah terlalu penuh, simpanlah ke dalam CD/ DVD dan simpan file compress di dalam komputer.
  • Jika Anda akan mengkompres program dalam ukuran besar, misalnya Office 2007, pastikan program tersebut tidak mengalami kerusakan atau terinfeksi virus. Tentu tidak akan ada gunanya menyimpan program yang sudah rusak, kan?
  • Jika Anda akan mengirim data yang sudah dikompres melalui jaringan internet, pastikan jaringan Anda stabil. Jika Anda memakai situs sharing seperti 4shared yang gratis, pastikan Anda tidak melanggar batas kuota yang ditentukan.
  • Jika Anda tidak yakin dengan jaringan internet pribadi Anda stabil ataukah tidak, cobalah mengirim data melalui warnet yang biasanya memiliki akses cepat sepanjang waktu.

Perkembangan WinRar

WinRar adalah sebuah produk yang telah memulai perjalanannya pada 1995. Setahun kemudian winrar mulai meluncurkan versi resminya yang diberi nama winrar 2.0.

Pengembangan demi pengembangan dilakukan oleh winrar, sehingga pada 2010 ini sudah ada dua versi winrar terbaru, yaitu winrar 3.93 yang dirilis pada Maret 2010 dan winrar 4.0 beta 2, yang merupakan penyempurnaan dari versi terdahulunya yang baru saja dirilis pada November 2010.

Winrar memang mampu membuat sebuah ukuran dokumen menjadi kecil tergantung seberapa besar yang kita inginkan. Pada pengoperasianya, kita bisa membuat dokumen yang ukurannya megabite menjadi kilobite. Keuntungannya adalah hardisk di laptop atau komputer kita masih menyisakan banyak kapasitas, begitu pula ketika kita menyimpan sebuah data dalam flashdisk.

Selain itu, bagi kita yang hobi melakukan pendownloadan lewat internet, dengan mengoperasikan winrar, maka ukuran file atau data yang kita download menjadi lebih kecil, dan proses pendownloadan pun menjadi lebih cepat, meskipun salah satu proses utama dalam pendownloadan adalah koneksi internet.

Tak hanya itu, kita juga bisa melakukan pengecilan file dengan dua folder sekaligus. Dalam winrar, untuk menghasilkan data yang sudah dikecilkan atau dikompres, kita bisa melihat hasilnya melalui dua versi, yaitu RAR dan juga ZIP. Selain itu, winrar juga menyediakan pilihan kualitas kompres yang akan dihasilkan.

Tipe-tipe normalgood, dan best disediakan untuk menghasilkan kualitas yang baik. Selain itu, winrar juga menyediakan kapasitas penyimpanan hasil kompresnya sesuai dengan yang kita inginkan. Kita bisa mendapatkan hasil dan kualitas yang sesuai dengan format CD-R atau DVD-R, atau juga otomatis dengan apa yang kita inginkan melalui pilihan “auto detect-nya.”

Tapi, meskipun merupakan sebuah software yang praktis dan terlihat mudah, serta efisien, berhati-hatilah saat menggunakan password pada winrar. Ada beberapa kasus ketika kita ingin membuka file yang sudah dalam format rar itu, winrar meminta kembali password dengan mengatakan password kita salah. Biasanya hal ini teridentifikasi jika file yang sudah diformat dalam winrar itu corrupted.

Jadi, berhati-hatilah, jika ingin memformat sebuah file dengan winrar dan membuat passwordnya. Hal tersebut bisa saja terjadi karena file yang kita format dalam winrar terlalu besar. Jadi, sebisa mungkin pisahkan file menjadi satu bagian saja jika dasar kapasitas awalnya besar.

Hal ini mungkin belum tentu terjadi pada semua winrar. Hal ini terjadi pada winrar 3.9. Sedangkan saat ini, winrar terbaru mengeluarkan dua edisi yang cukup ringan, yaitu winrar portable yang diklaim mampu mengecilkan file sekitar 10% dari winrar lainnya. Dan, juga winrar yang baru saja dirilis, yaitu versi 4.0 beta 2, yang telah melakukan penyempurnaan dan pengembangan lebih matang lagi.

Demikian informasi mengenai perkembangan WinRar terbaru yang dapat Anda dapatkan melalui internet. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan memudahkan Anda dalam mengompres file. Selamat mencoba.

Speak Your Mind

*