Komputer

Komputer adalah peralatan canggih yang terus berkembang dengan pesatnya. Teknologi yang satu ini digunakan dalam mempermudah pekerjaan manusia. Anda pun pasti pernah melihat komputer, baik di rumah maupun di tempat kerja. Pernahkah terlintas dalam benak Anda, apa isi dari sebuah komputer? Mari kita bedah komputer dan lihat isinya.

Secara garis besar, komputer terdiri dari dua bagian utama, yaitu hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Kedua komponen ini harus bekerja sama supaya komputer dapat berfungsi dengan baik. Tanpa salah satu komponen, komputer hanya akan menjadi rongsokan saja.

Hardware Komputer

Bagian pertama yang akan kita bahas adalah hardwareHardware merupakan bagian fisik komputer yang bisa kita lihat secara langsung dengan mata. Bentuknya jelas dengan fungsi masing-masing bagian yang berbeda-beda. Hardware terbagi dalam 3 kelompok besar yaitu:

  • Input, merupakan bagian komputer yang berfungsi untuk memasukkan data untuk diolah. Contoh dari bagian ini adalah keyboard, mouse, joystick, gamepad, scanner danwebcam.
  • Processing Unit, merupakan bagian komputer yang melakukan proses komputasi. Bagian ini menjadi pusat pengatur seluruh tugas komputer. Di dalam processing unitterdapat banyak komponen dengan tugasnya masing-masing, diantaranya power supply, motherboard, processor, memory, kartu grafis, sound card, hard disk, DVD/CD drive, dan kartu jaringan.
  • Output, merupakan bagian yang bertugas memberikan tampilan keluaran dari komputer baik berupa gambar, suara maupun hasil cetak. Contoh bagian ini adalah monitor, speaker dan printer.

Setiap komputer wajib memiliki 3 bagian utama hardware ini. Paling tidak, sebuah komputer standar harus memiliki processing unit, keyboard,, mouse dan sebuah monitor. Supayahardware bisa bekerja sama dengan baik, diperlukan pengatur, yaitu software.

Software Komputer

Software adalah program komputer yang bertugas menjadi penghubung antara pemakai komputer dan hardwareSoftware menjadi penerjemah input yang dilakukan user untuk diproses oleh komputer dan menghasilkan output. Ada 3 bagian besar software berdasarkan tugasnya, yaitu:

  • Sistem operasi, merupakan software dasar yang harus dimiliki setiap komputer. Tugas dari sistem operasi adalah melakukan manajemen terhadap kerja masing-masinghardware. Sistem operasi juga memastikan aplikasi yang ada di dalam komputer dapat berjalan dengan baik. Beberapa sistem operasi yang sering digunakan adalah Microsoft Windows XP, Windows Server, Windows Seven, Linux, MacOS, dan lain-lain.
  • Aplikasi, yaitu software komputer yang berfungsi melakukan tugas tertentu, misalnya pengolahan kata, gambar, pemutar media suara, dan lain-lain. Software aplikasi dapat dikembangkan sesuai kebutuhan. Beberapa contoh aplikasi adalah Microsoft Office, Media Player, Winamp, Quicktime, Adobe Photoshop, Coreldraw, Accpac, dan lain-lain.
  • Driver, merupakan software yang tak kalah pentingnya dalam sebuah komputer. Driver menjadi jembatan penghubung antara hardware dan sistem operasi. Dengan adanya driver, hardware dalam komputer dapat bekerja dengan baik sesuai dengan fungsinya. Pada dasarnya dalam suatu sistem operasi sudah terdapat driver standar yang diperlukan suatu komputer. Driver ini harus di-install ke dalam komputer. Biasanya saat kita membeli hardware baru, disertakan juga CD yang berisi driver hardware tersebut.

Demikianlah bedah singkat kita tentang isi dari sebuah komputer. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.

***

Dulu, komputer punya arti dan fungsi yang sangat penting bagi orang yang bekerja, terutama untuk membantu dalam pengolahan data serta hal lain yang berhubungan dengan kecepatan serta ketelitian. Namun, saat ini fungsi tersebut mulai tergeser oleh kehadiran benda hasil teknologi modern lain yang bernama laptop.

Sebenarnya antara komputer dengan laptop punya fungsi yang sama. Demikian pula dengan alat alat yang digunakan. Meski sekarang tingkat kepopulerannya lebih tinggi, namun sebenarnya laptop juga  tidak sepenuhnya bisa menggantikan kedudukan dari benda sebelumnya itu.

Karena ada beberapa hal yang dipunyai oleh komputer, namun tidak terdapat di dalam laptop. Demikian sebaliknya, ada kelebihan yang dimilki oleh laptop dan tidak bisa ditemukan pada pendahulunya tersebut. Hal ini kadangkala membuat masyarakat jadi bingung dalam menentukan pilihan, terutama ketika mau membeli. Apakah dia sebenarnya membutuhkan laptop atau yang satunya.

Melihat keterangan yang telah diuraikan di atas, sebenarnya kebingungan yang timbul tidak perlu terjadi. Karena, antara laptop dan komputer masing masing punya kegunaan serta fungsi tersendiri. Juga,  punya kelebihan serta kekurangan yang kadang cukup mencolok. Sehingga bila sudah mengetahui tujuan serta keperluan yang dibutuhkan, maka masyarakat tentu tidak perlu menghadapi masalah seperti ini lagi.

Perbedaan Laptop dan Komputer

Berikut ini beberapa perbedaan mencolok yang dipunyai oleh laptop dan komputer.

1. Sistem perakitan

Pada umumnya komputer yang beredar di Indonesia adalah hasil rakitan dalam negeri. Ini akan memudahkan konsumen untuk membeli sesuai dengan keperluannya. Demikian pula jika ingin mengubah atau mengganti spesifikasinya (up grade). Sedangkan untuk laptop hampir semuanya didatangkan ke Indonesia dalam kondisi yang sudah dirakit (bulit up). Sehingga konsumen akan kesulitan jika ingin mengganti spesifikasi sesuai yang diinginkan.

2. Harga

Untuk masalah ini terdapat perbedaan yang cukup mencolok. Karena meski punya spesifikasi yang sama, harganya bisa terpaut cukup jauh. Harga komputer jauh lebih murah dibanding dengan harga sebuah laptop. Bahkan harganya bisa selisih dua kali lipat.

3. Kemampuan kerja

Pada umumnya komputer lebih mampu untuk melakukan pekerjaan yang kadangkala laptop tidak mampu. Ini berhubungan dengan kecepatan serta besarnya ruang data yang dibutuhkan. Untuk masalah ini, laptop posisinya berada di bawah.

4. Energi yang dibutuhkan

Kalau untuk masalah ini, komputer membutuhkan energi yang lebih besar bila sedang digunakan. Jadi, daya listrik yang dibutuhkan juga harus lebih kuat. Sementara untuk laptop, energi listrik yang dibutuhkan relatif lebih irit, sehingga dana untuk membayar ongkos ini juga jauh lebih murah.

5. Kepraktisan

Ini juga merupakan perbedaan yang cukup mencolok. Komputer tidak bisa dibawa ke mana-mana, karena ukurannya yang begitu besar serta memang didesain untuk ditempatkan di rumah atau kantor saja. Sedangkan laptop, lebih praktis karena ukurannya juga lebih kecil. Sehingga bila dibutuhkan benda ini bisa dibawa kemana saja.

6. Keawetan

Sebenarnya untuk masalah ini sangat tergantung pada pemakainya. Namun demikian, menurut pengalaman yang sudah ada, keawetan komputer lebih terjamin dibanding dengan laptop. Sedangkan untuk perawatannya sama saja, butuh ketelitian dan kedisiplinan dari pengguna.

Cara Merawat Perangkat Keras Komputer

Debu merupakan musuh utama komputer PC Anda. Debu yang menepel pada PC akan memperlanbat proses pelepasan panas yang kurang optimal. Hal ini akan mengakibatkan suhu tinggi pada PC Anda yng rawan kerusakan. Nah, berikut ini cara membersihkan perangkat keras dari debu.

  • Buka PC menggunakan obeng yang tepat. Obeng yang tidak pas bentuk dan ukurannya akan merusak mur pada PC Anda.
  • Lepas komponen pada bagian dalam PC, gunakan pula obeng yang tepat. Sebelumnya, Anda harus mengenali atau menandai posisi kabel yang saling menancap itu.
  • Setelah itu, semprot komponen yang sudah dilepas dengan menggunakan hair dryer. Gunakan mode angin saja, jangan pakai panas karena akan merusak komponen.
  • Bersihkan casing atau wadah PC dengan penyedot debu, lalu lap hingga bersih.
  • Setelah itu, pasang kembali semua komponen seperti semula.

Nah, itulah penjelasan mengenai komputer. Semoga bermanfaat bagi Anda.

 

Speak Your Mind

*