Kriteria Makanan Sehat yang Menyehatkan Tubuh

Ilustrasi kriteria makanan sehatMakanan adalah asupan yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan kegiatan hidup. Dengan makanan yang kita makan, maka metabolism tubuh berlangsung maksimal dan efektif. Makanan inilah yang memberikan tenaga, kalor, dan berbagai hasil lain yang terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

 

Untuk dapat lebih efektif dan maksimal, maka ada Kriteria Makanan Sehat yang harus dipenuhi. Dalam hal ini, kita tidak asal makan. Kriteria makanan sehat memang harus kita perhatikan agar kebutuhan unsur-unsur penting untuk perkembangan dan pertumbuhan tubuh kita dapatkan secara maksimal.

 

Dalam hal yang lainnya, kita berharap agar makanan yang kita konsumsi benar-benar efektif untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Oleh karena itulah, maka kita perlu memilih dan memilah berbagai makanan yang kita konsumsi.

 

Penyeleksian makanan ini terutama diarahkan untuk menentukan makanan yang benar-benar dibutuhkan tubuh. Untuk menentukan makanan yang akan kita konsumsi, maka kita harus mengetahui kriteria makanan sehat. Hal ini sangat penting sebab makanan sehat sangat menentukan kesehatan tubuh.

 

Dan, di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat. Ini merupakan konsep yang sejak lama kita jadikan pedoman hidup sehat. Untuk mengkondisikan hal tersebut, selain olahraga yang rutin, kita juga perlu menjaga kesehatan makanan yang kita konsumsi.

 

Kesehatan Berawal dari Makanan

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa kesehatan seseorang berawal dari makanan yang sehat pula. Banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat yang dilakukan oleh penderitanya.

 

Terlalu sering mengkonsumsi jajanan makanan yang kurang sehat menyebabkan seseorang menjadi tidak sehat pula. Bahkan dalam jangka waktu tertentu mampu menimbulkan penyakit yang tentunya akan membuat seorang penderitanya menjadi sangat kesakitan.

 

Berbagai nikmat hidup yang ada di dunia ini tidak lagi bisa dinikmati karena pola dan gaya hidup yang salah. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita jaga kesehatan kita dengan memiliki pola makan yang sehat.

 

Makanan yang terlalu banyak mengandung kolesterol juga tidak baik bagi tubuh karena mampu menyebabkan berbagai penyakit pad organ vital. Seperti penyakit pada jantung. Makanan lainnya adalah yang mengandung zat asing berbahaya yang juga mampu menyerang kesehatan tubuh.

 

Zat asing tersebut menyerang sel yang akhirnya menyebabkan terjadi tumor ataupun kanker pada diri seseorang. Jadi berhati-hatilah terhadap apa saja yang dikonsumsi oleh tubuh kita karena kesehatan berawal dari makanan yang kita makan.

 

Kriteria Makanan Sehat

 

Makanan yang sehat bukanlah makanan yang mahal tetapi makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan yang sehat juga tidak mengandung berbagai zat yang sangat membahayakan bagi tubuh.

 

Terlalu banyak zat asing dan berbahaya yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan seseorang terkena berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang paling sering didiagnosa karena zat asing masuk ke dalam tubuh adalah kanker.

 

Penyakit ini merupakan penyakit berbahaya yang bisa mengakibatkan kematian pada diri seseorang. Jadi sudah saatnya kita untuk berhati-hati terhadap makanan yang kita makan karena kesehatan begitu berharga dan baru akan terasa ketika kita sudah jatuh sakit.

 

Ada baiknya mengikuti pepatah yang mengatakan sedia payung sebelum hujan. Mempersiapkan segal hal yang dibutuhkan lebih baik dari pada harus kebingungan ketika hal tersebut sudah terjadi.

 

Beberapa kriteria makanan sehat ada beberapa macam. Berikut ini adalah kriteria makanan sehat yang perlu kita perhatika.

 

1. Tidak mengandung zat kimia berlebihan

 

Peranan zat kimia dalam masalah makanan sudah tidak dapat dielakkan lagi. Hal ini dapat kita lihat dari semakin banyaknya pemakaian zat kimia dalam pengelolaan makanan, dari bidang pertanian sampai pada pengolaan hasilnya. Kita tidak dapat menghindar dari kondisi ini sebab perkembangan teknologi memaksa seperti itu. Tentunya kondisi ini berdampak pada pemenuhan kriteria makanan sehat yang kita konsumsi.

 

Meskipun demikian, agar makanan dapat masuk dalam kriteria makanan sehat, maka prosentase zat kimia yang terkandung didalamnya perlu diperhatikan. Memang, zat kimia ini tidak memberikan dampak pada waktu yang singkat. Tetapi ketika jumlah zat kimia tersebut sudah mencapai titik kejenuhan, maka zat kimia tersebut justru tidak baik bagi tubuh kita. Zat kimia ini dapat merusak organ tubuh.

 

Ada banyak zat kimia yang sekarang ini dipergunakan untuk makanan sehingga banyak yang melanggar kriteria makanan sehat yang layak dikonsumsi. Berbagai jenis makanan yang kita konsumsi setiap hari tidak lepas dari campuran zat kimia di dalamnya sehingga sangat riskan terhadap tubuh kita. Oleh karena itu, jika kita ingin sehat, maka kita harus mampu memilah makanan yang sedikit zat kimia.

 

Makanan yang mengandung zat kimia berbahaya paling banyak didapati pada makanan yang beredar di tempat yang kurang kondusif. Seperti yang telah ditayangkan di salah satu acara televisi di sebuah stasiun televisi swasta bahwa banyak sekali beredar makanan mengandung zat berbahaya beredar di tengah masyarakat.

 

Kebanyakan makanan yang mengandung bahan berbahaya tersebut adalah bersifat jajanan. Jajanan yang beredar tersebut memang secara sengaja diberikan zat tambahan berbahaya dengan tujuan untuk meraih untung yang berlimpah. Tidak ada pedangang yang menginginkan kerugian, makanya berbagai macam cara pun dilakukan agar meraih untung yang lebih banyak.

 

Ada baiknya sebagai langkah antisipasi untuk membuat jajanan makanan di rumah sendiri. Selain bisa melakukan kontrol kualitas juga bisa sangat terjaga dari faktor keamannya untuk dikonsumsi.

 

2. Tidak mengandung zat pewarna kimia

 

Kadangkala, makanan yang kita konsumsi mempunyai warna tertentu. Warna dalam masalah makanan memegang peranan penting sebab dapat dijadikan sebagai pemikat minat konsumen. Biasanya, makanan yang mempunyai warna mencolok mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat, terutama anak-anak. Dalam kriteria makanan sehat, warna makanan juga perlu diperhatikan agar kita tidak terjebak pada kondisi negative.

 

Pada umumnya untuk mewarnai makanan kita dapat menggunakan pewarna alami, misalnya warna hijau dengan daun pandan betawi. Warna-warna ini sangat aman dipergunakan untuk mewarnai makanan sebab alami. Tetapi karena warnanya yang kurang menarik, kusam, walaupun sudah masuk dalam kriteria makanan sehat, maka oleh para produsen dipergunakan warna buatan.

 

Pewarna buatan yang banyak dipergunakan adalah pewarna kain. Sungguh sangat riskan dan memilukan jika kita telaah kondisi ini. Bagaimana tidak jika ternyata untuk menghasilkan warna yang cerah, maka makanan diberi pewarna kimia yang sebenarnya tidak diperuntukkan bagi makanan. Apa yang kita rasakan saat mengetahui bahwa makanan ini diberi pewarna kain, wenter? Tentunya kriteria makanan sehat tidak akan terpenuhi sebab makanan dengan pewarna buatan ini justru membahayakan tubuh kita.

 

3. Tidak mengandung zat pengawet makanan

 

Kadangkala, kita membeli makanan tetapi tidak langsung habis kita makan pada saat tertentu. Jika kita simpan, maka akibatnya makanan tersebut menjadi basi dan tidak layak konsumsi lagi. Jika hal ini terjadi pada produk sebuah perusahaan, maka mereka akan merugi sebab masyarakat tidak akan mengkonsumsi makanan tersebut. Masyarakat sudah sangat memahami kriteria makanan sehat untuk kesehatan tubuh mereka.

 

Oleh karena itulah, maka perusahaan mempergunakan zat pengawet agar makanan produk mereka tidak gampang rusak, basi dan masih dapat dikonsumsi untuk jangka waktu yang lama. Tetapi, dalam hal ini yang penting bagi kita adalah makanan yang kita konsumsi sudah sesuai dengan kriteria makanan sehat. Jika tidak, lebih baik kita tidak membeli produk tersebut dan memenuhi sendiri makanan yang kita butuhkan untuk kesehatan tubuh kita.

 

4. Memiliki Kandungan yang Dibutuhkan Tubuh

 

memakan makanan yang sehat adalah dengan menjaga kandungan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak sekali makanan yang memiliki kandungan yagn sangat bergizi untuk tubuh kita. Seperti yang telah diajarkan di dalam sekolah dasar bahwa makanan yang sehat adalah empat sehat lima sempurna.

 

Selain itu, kita juga harus benar-benar tahu tentang kandungan makanan yang kita makan meskipun sudah termasuk ke dalam empat sehat lima sempurna. Dengan mengetahui kandunga gizi yang dimiliki oleh suatu makanan maka kita bisa memilah dan memilih mana makanan yang terbaik utnuk tumbuh kembang anak dan keluarga dan mana makanan yang kurang baik.

 

Jadi tidak asal makan saja, bahkan jika bisa juga menghindari makanan yang mampu menyebabkan seseorang menjadi sakit jika mengkonsumsinya terlalu banyak.

Speak Your Mind

*