Kucing Dipelihara: Mencegah Kehamilan Kucing Anda

Ilustrasi kucing dipeliharaApakah Anda termasuk penggemar kucing? Pernahkah Anda  dipusingkan dengan kehamilan kucing peliharaan Anda? Mungkin, saat kucing yang Anda miliki hanya satu ekor, itu terasa menyenangkan.

Akan tetapi, jika kucing Anda hamil dan melahirkan, tak ayal kesenangan itu berubah menjadi penderitaan. Pipis sembarangan, buang air besar di karpet kesayangan. Pasti suasananya akan sangat tidak mengenakkan.

Jika kucing itu adalah kucing mahal, misalnya kucing persia atau anggora, mungkin kelahiran anak kucing bukan masalah. Toh, mereka bisa dijual karena nilai jualnya memang tinggi.

Namun, bagaimana jika kucing Anda adalah kucing kampung? Anak-anak kucing kampung sama sekali tidak memiliki nilai jual. Anda bagikan kepada teman-teman pun jarang ada yang mau menerima.

Mencegah Kehamilan

Cara pencegahan kehamilan bagi kucing Anda adalah mencampurkan sedikit ragi pada makanannya. Jika Anda biasa memberi makan kucing dengan nasi dan campuran pindang tongkol, maka kali ini campurkan sedikit ragi di dalamnya.

Jika Anda biasa memberi makan kucing kepala ayam, maka rebus kepala ayam tersebut dan campurkan ragi saat merebusnya. Pokoknya, Anda harus mencampur ragi pada makan kucing Anda bagaimana pun caranya.

Namun, jangan sekali-sekali Anda mencampur ragi pada makanan kucing yang sedang hamil. Hal ini bisa memimbulkan bayi kucing Anda terlahir cacat. Atau, memimbulkan keguguran yang membahayakan nyawa si ibu kucing.

Suntik KB

Jika merasa repot dengan tips tradisional tersebut, Anda tinggal datang ke dokter hewan dan minta kucing Anda untuk disuntik KB setiap enam bulan sekali.

Atau, jika Anda tidak mau direpotkan lagi dengan rutinitas itu, Anda bisa meminta dokter hewan untuk meminta kucing Anda dimandulkan atau diangkat rahimnya. Namun, biayanya memang cukup mahal.

Jika kesulitan menemukan dokter hewan, Anda bisa datang ke dokter umum atau puskesmas. Tentu saja, suntik KB di puskesmas tidak sama dengan di dokter hewan. Di sini, kucing Anda akan disuntik dengan suntik KB bagi manusia.

Hal ini tidak akan menimbulkan efek apa pun bagi kucing Anda. Asal, dosisnya sedikit dikurangi dari dosis manusia.

Jika dokter umum tidak mau melakukannya, Anda bisa membeli pil KB pencegah kehamilan dan berikan pada kucing Anda secara berkala, seperti pada manusia. Jika hal itu dilakukan secara intensif selama satu tahun, dijamin kucing Anda akan menjadi mandul dan Anda tidak perlu khawatir dengan kehamilannya.

Speak Your Mind

*