Kulit Alat Pelindung Terbaik

Ilustrasi Kulit PelindungKulit merupakan sesuatu yang berada dalam tubuh kita, bahkan membungkus tubuh kita seutuhnya. Kulit merupakan pelindung pertama kali yang akan melindungi tubuh kita dari benda asing untuk masuk kedalam tubuh kita, kulit selalu menjaga temperature tubuh kita agar tetap berada pada suhunya, sehingga kita tidak mudah sakit

Epidermis tersusun atas lapisan tanduk (lapisan korneum) dan lapisan Malpighi. Lapisan korneum merupakan lapisan kulit mati, yang dapat mengelupas dan digantikan oleh sel-sel baru. Lapisan Malpighi dibagi menjadi dua, yaitu lapisan spinosum dan lapisan germinativum.

Fungsi dari lapisan spinosum adalah untuk menahan gesekan dari luar, sedangkan lapisan germinativum mengandung sel-sel yang aktif membelah diri, menggantikan lapisan sel-sel pada lapisan korneum. Lapisan malpighi mengandung pigmen melanin yang memberi warna pada kulit.

Lapisan ini mengandung pembuluh darah, akar rambut, ujung saraf, kelenjar keringat, dan kelenjar minyak. Kelenjar keringat menghasilkan keringat. Banyaknya keringat yang dikeluarkan dapat mencapai 2.000 ml setiap hai, tergantung pada kebutuhan tubuh dan pengaturan suhu.

Keringat mengandung air, garam, dan urea. Fungsi lain sebagai alat ekskresi adalah sebgai organ penerima rangsangan, pelindung terhadap kerusakan fisik, penyinaran, dan bibit penyakit, serta untuk pengaturan suhu tubuh.

Pada suhu lingkungan tinggi (panas), kelenjar keringat menjadi aktif dan pembuluh kapiler di kulit melebar. Melebarnya pembuluh kapiler akan memudahkan proses pembuangan air dan sisa metabolisme.

Kelenjar keringat yang aktif mengakibatkan ekskresi keringat ke permukaan kulit dengan cara penguapan. Hal ini mengakibatkan suhu di permukaan kulit turun sehingga kita tidak merasakan panas lagi. Sebaliknya, saat suhu lingkungan rendah, kelenjar keringat tidak aktif dan pembuluh kapiler di kulit menyempit.

Di sini suhu tubuh tetap dan tubuh tidak mengalami kendinginan karena darahnya tidak membuang sisa metabolisme dan air, akibatnya penguapan sangat berkurang di mana hipotalamus yang mengatur keluarnya keringat

Kulit walaupun sebagai pelindung yang terbaik tetapi tetap saja rentan terhadap penyakit kulit. Dan hal ini harus di jaga baik-baik agar pelindung kita ini tidak rusak dan tetap selalu dalam keadan bisa melindungi kita.

Adapun hal-hal yang perlu di perhatikan dalam memelihara kulit ialah:

  1. Perhatikan segala sesuatu yang tidak normal pada kulit
    • Luka-luka yang membusuk
    • Ruam (bintik-bintik merah) atau bilur-bilur
    • Luka-luka
    • Goresan
    • Noda-noda, bercak, atau setiap tanda yang tidak wajar
    • Peradangan (tanda-tanda radang, yaitu kemerah-merahan, panas, sakit, dan pembengkakan)
    • Pembengkakan
    • Terdapat benjolan
    • Kelenjar getah bening yang membengkak (benjolan kecil pada leher, lipat ketiak atau lipat paha)
    • Rambut yang rontok atau menipis, atau warnanya menjadi suram
    • Rontoknya alis mata
  2. Perhatikan kebersihan perorangan. Mandi dan mengganti pakaian setiap hari. Cuci semua pakaian serta perlengkapan tempat tidur dan jemur di bawah sinar matahari.
  3. Periksakan diri dan berkonsultasi dengan petugas kesehatan.

Sebaiknya untuk penyakit kulit ini tidaklah di anggap remeh karena bisa saja menyebabkan akibat fatal bagi kita, karena tentu saja akan mempengaruhi penampilan seseorang. Walaupun begitu kita bisa melakukan pencegahan minimal dengan rajin menjaga kebersihan kulit kita dan apabila kita melihat sesuatu yang mencurigakan pada kulit kita maka ada baiknya kita langsung mengobatinya.

Dengan menjaga alat pertahanan tubuh kita, yang merupakan alat pertahanan yang pertama maka bisa menjaga kesehatan kita menjadi lebih baik. Sehinggga kita tidak mudah untuk terkena penyakit ataupun hal-hal lainnya yang berpotensi menggangu kesehatan kita.

Minimal ialah menjaga kebersihan dengan rajin menggunakan alat pembersih kulit, dan memakan makanan yang sehat. Agar kulit kita terjaga fungsinya dan tetap telihat sehat. Khususnya makan makana yang mengandung sayuran segar, jika kulit anda terlihat cerah maka tentu saja anda akan telihat menjadi lebih menarik, benar kan?

Speak Your Mind

*