Kumpulan Puisi Sedih

Ilustrasi kumpulan puisi sedihPerasaan sedih itu harus dirasakan walau tak boleh terlalu lama. Lakukan banyak aktivitas agar luka yang begitu menyakitkan dalam hati itu menjadi sediki demi sedikit tak lagi menyelimuti hati. Bila semua aktivitas itu masih tak mampu menyingkirkan kerikil tajam kesedihan dalam hati dan agar tak berlarut dalam kesedihan, tuangkan dalam puisi. Puisi-puisi itu nantinya bisa menjadi kumpulan puisi sedih.

Kumpulan Puisi Sedih – Pembangkit Semangat Bangkit

Ada yang berpendapat bahwa nostalgia atau memori indah itu adalah racun kehidupan. Bagaimana memori indah yang begitu menyenangkan untuk dikenang itu menjadi racun? Ketika mengingat memori indah itu, biasa tak ada rasa ingin menatap masa datang dan mensyukuri masa kini. Maunya kembali ke masa belakang yang dirasa lebih indah dan lebih menyenangkan. Hal ini berbeda dengan memori atau kenangan kurang baik di masa lalu.

Kenangan kurang indah itu malah akan menjadi salah satu tonggak terus melangkah maju agar mendapatkan masa depan yang lebih indah dan lebih baik. Kumpulan puisi sedih bisa menjadi salah satu hal yang akan membuat orang yang mengalami kesedihan di masa lalunya menjadi pribadi baru. Pengalaman yang menyakitkan itu dijadikannya sebagai sandaran untuk tidak melakukan hal yang sama. Saat memori yang kurang baik itu terus dijadikan referensi saja dan tidak terus dirasakan sebagai satu hal yang menyakitkan, maka saat itulah memori yang tak ingin diulangi itu akan memacu dan membangkitkan semangat.

Kumpulan puisi sedih ini bahkan bisa terkesan lucu dan membuat derai tawa pecah ketika mengingat betapa konyol dan tidak masuk akalnya perbuatan di masa lalu yang menyebabkan kesedihan itu datang. Tetapi kalau tak mampu membuat kenangan masa lalu yang yang menyakitkan itu sebagai referensi saja dan malah terus terbayang yang membuat kesedihan semakin menumpuk, maka kumpulan puisi sedih ini harus dihanguskan dan dikubur agar hilang ditelan bumi.

Memang terasa sayang untuk melakukannya apalagi kalau kumpulan puisi sedih itu begitu indah dan bisa dimanfaatkan oleh orang lain. Kumpulan puisi sedih itu malah bisa menjadi sumber pendapatan bila ada penerbit yang mau membuatkan buku untuk puisi-puisi itu. Bahkan siapa tahu, kumpulan puisi sedih itu bisa dijadikan lirik lagu.

Tetapi kekecewaan akan semakin menumpuk gara-gara kumpulan puisi sedih yang tak diminati oleh siapa pun. Kalau dirasa tak sanggup mengalami kesedihan dan kekecewaan lagi akibat dari kumpulan puisi sedih yang menyayat hati, sebaiknya memang dibakar saja dan tak perlu diingat-ingat lagi. Yang lalu biarlah berlalu. Songsong masa depan dengan dada membusung dan kepala tegak.

Semua orang pasti pernah sedih dan mengalami kesusahan. Tetapi yang membedakan adalah bahwa begitu banyak orang yang terjatuh dan langsung bangkit tanpa merasakan rasa sakit ketika terjatuh. Mereka tak ingin meratapi kesakitan ketika jatuh itu. Meraka tak mau menangis dan terduduk lemas dan lesu karena telah jatuh dan seolah tak ada pegangan untuk bangkit. Mereka memilih terus bangkit walau tertatih. Sikap inilah yang mungkin malah akan menjadi inspirasi untuk pembuatan puisi tentang hidup yang bersahaja setelah terjatuh.

Kumpulan Puisi Sedih yang Menyayat Hati

Mudahkah membuat kumpulan puisi sedih? Tentu tidak susah. Yang harus dilakukan adalah hanya membuat puisi sedih yang banyak. Setelah itu satukan puisi-puisi sedih itu dalam satu file. Setelah itu berilah judul ‘Kumpulan Puisi Sedih Tahun …’ itu kalau begitu banyak mempunyai puisi sedih. Memang ada orang yang sangat senang menuangkan kesdihannya dalam bentuk puisi sehingga ia mempunyai kumpulan puisi sedih yang disusun berdasarkan angka tahun ketika ia mengalami kesedihan itu.

Tetapi kalau hanya memiliki beberapa puisi saja, cukup diberi judul ‘Kumpulan Puisi tanpa harus menyebutkan sebagai ‘Kumpulan Puisi Sedih’. Kata ‘sedih’ memang terkesan bernada negatif yang akan mempengaruhi kondisi psikologis ketika membacanya lagi. Namun ada juga orang yang mental dan jiwanya sangat kuat sehingga kesedihannya malah dianggapnya sebagai satu amunisi yang luar biasa yang membangkitkan gelora membangun batin yang jauh lebih kuat lagi.

Orang-orang seperti ini memang luar biasa dan tahan banting. Tidak mudah menajdi seperti ini. Perjuangan dan keinginan yang kuat untuk merubah nasib adalah dorongan yang sangat kuat agar terus tegak dan tak tertunduk oleh kesedihan yang menyayat hati.

Contoh Puisi dalam Kumpulan Puisi Sedih

Berikut terdapat beberapa kumpulan puisi sedih yang mungkin bisa Anda jadikan contoh untuk membuat puisi sejenis. 

Membelai Hatimu

Malam ini rembulan sepertinya tak ingin berbicara dengan bintang.
Tapi aku yakin rembulan hanya bersembunyi di balik awan.
Besok malam dia pasti akan menemui bintang lagi.
Akupun berharap bahwa kau akan menemui aku dan mengobrol lagi denganku besok. Sekarang, tidurlah, Kasih.
Tidurlah dalam kemanjaan yang dijanjikan oleh Allah.
Mudah-mudahan esok setelah semua tenang, kita bisa bicarakan masalah ini sekali lagi tanpa percikan emosi.

***

Asaku

Asa ini begitu kuat kepadamu.
Tak mungkin rasanya melabuhkan asa kepada orang lain ketika asaku telah tersangkut kuat di relung hatimu.
Bila kupaksakan, mampukah aku bersandiwara selamanya?
Mampukah aku berpura-pura dan terus-menerus menggerus dan mengikis dinding hatiku?
Tak sanggup rasanya menyakiti hati yang lain.
Tak sanggup rasanya mengungkapkan asa palsu kepada yang lain.
Tak sanggup melihat orang lain mengalami getir asa yang tercabik lalu membeku dalam air cuka.
Tak akan kubiarkan orang lain merajut asa dalam angan seperti aku.
Akankah asa kita bersatu disaat kau mungkin tak tahu bahwa aku tetap menunggumu dan akan terus menunggumu?
Haruskah kau tahu tentang asaku disaat kau telah melabuhkan asamu kepada yang lain?
Mengapa sulit kuubah asaku?
Mengapa tak mampu kualihkan asaku kepada yang lain?

***

Getir Jiwa

Mata sayu itu menatap bayang semu sang pujaan hati.
Ingin berlari dan menjauh.
Ingin pergi dan meninggalkan semua kenangan yang terbangun hanya sebatas mimpi.
Namun, batin menjerit dan terus menerus memanggil namanya.

***

Melepasmu Tanpa Air Mata

Tak bisa lagi melihatmu dari sisi kasihku.
Kau kikis hatiku dengan tuduhan dan hujatan.
Tak mampu lagi melihatmu sebagai yang layak dikasih.
Lepaskan ikatanmu.
Kebahagiaanmu tak bersamaku lagi.

***

Andai Aku Pelupa

Andai aku pelupa, aku tak akan merasa sakit hati saat ada yang ingkar janji.
Andai aku pelupa, aku tak akan sungkan memaafkanmu yang telah menyakitiku.
Andai aku pelupa, aku akan terus bersamamu.
Andai aku pelupa, aku tak akan mempunyai bayang masa lalu yang menarikku memasuki gerbang baru di masa kini.
Andai aku pelupa, aku hanya akan membiarkan cinta yg keluar dari diriku.
Andai aku pelupa, tak akan ada harapan-harapan yg sering kali kubangun pada saat hati menyelami relung-relung kehidupan.
Andai aku pelupa, tak akan aku analisa setiap kata dan kalimat yg telah kau ucapkan.
Andai … andai aku pelupa, tak akan hati ini terasa galau, perih, hancur terlindas kata-katamu.

***

Cinta Kedua

Kau beri dia cintamu, tapi kau beri aku juga cintamu.
Kau beri dia kasihmu, tapi kau juga beri aku kasihmu.
Kau beri dia yang dia butuhkan, kau pun beri  yang aku butuhkan.
Tapi aku inginkan dirimu seutuhmu. Ku tak ingin berbagi lagi.
Katamu tak mungkin kau lepaskan dia. Bagaimana denganku?
Ku tak rela kau berbagi. Tapi ku tak berdaya. Aku cinta kau.

***

Bodohnya Aku

Bodohnya aku menggantungkan harapan pada manusia.
Bodohnya aku menyiksa diri dengan bayangan masa depan yang tak tentu.
Bodohnya aku melupakan pijakan landasanku sendiri.
Bodohnya aku melangkah dengan kaki orang lain.
Bodohnya aku menjadi bodoh.

***

Bagaimana, sudahkah Anda terinspirasi untuk mulai menuangkan kesedihan Anda dalam sebuah puisi? Jangan memaksakan diri. Aliran kata dalam kumpulan puisi sedih tersebut adalah benar-benar ungkap rasa yang sedang terjadi saat kesedihan melanda. Mungkin akan cukup sulit membuat satu puisi sedih yang sangat sederhana sekali pun kalau tak mampu menyelami kesedihan yang dialami baik oleh diri sendiri maupun oleh orang lain. Tingkat sensitivitas menjadi satu kunci yang sangat dibutuhkan dalam menyusun satu kumpulan puisi sedih.

Speak Your Mind

*