Kutipan Bijak Pembangkit Semangat

Ilustrasi kutipan bijakSebenarnya, adakah manfaat dari kata-kata bijak atau sekedar penggalan dan kutipan bijak bagi hidup kita? Lantas, bagaimana pula cara mengaplikasikan kutipan bijak tersebut pada hidup kita? Untuk mengetahui cara mengaplikasikan kebijaksanaan, perhatikanlah sejenak tulisan berikut.

Namun, pada sisi lain, ada pula orang-orang yang mampu bertahan walaupun dengan tubuh penuh luka. Dengan gagah berani ia arungi semua kesulitan tersebut, dia daki gunung tantangan sehingga berhasil menancapkan bendera kemenangan di puncak tersebut. Apa yang membedakan kedua kelompok orang tadi, di mana yang satu berhasil dan yang satunya lagi gagal, padahal tantangan yang dihadapinya sama? Kekuatan tekad yang diaplikasikan dalam perbuatan! Inilah yang membedakannya.

Semakin kuat tekad, semakin terbuka peluang untuk sampai ke tempat tujuan. Namun sebaliknya, semakin lemah tekad, semakin jauh pula seseorang yang suatu pencapaian.

Tekad sendiri berawal dari adanya harapan yang melahirkan semangat. Semangat yang dipupuk selanjutnya melahirkan tekad untuk mewujudkan apa yang ada dalam benak, sehingga lahirlah tindakan yang berkesinambungan. Bagaimana cara membangkitkan harapan, semangat, dan tekad dalam diri sehingga berujung pada tindakan yang terarah? Ada banyak cara, salah satunya adalah dengan belajar dan merenungkan perjalanan orang-orang sukses atau mereka yang memiliki energi besar dalam meraih suatu cita-cita.

Kita tidak harus selalu membaca kisah perjalanan hidupnya secara keseluruhan. Kita pun bisa merenungkan pengalaman hidup mereka yang terangkai indah dalam kutipan-kutipan bijak. Kutipan ini terbilang efektif untuk memantik semangat dan memperkuat tekad untuk menjadi lebih baik.

Kutipan Bijak Pembangkit Semangat

Berikut ini beberapa kutipan bijak yang dapat kita renungkan dan kita jadikan sebagai pemantik api semangat dalam diri.

    • Yang paling dibutuhkan tubuh adalah udara. Yang paling dibutuhkan hati manusia adalah merasa dipahami, dihargai, dan dihormati. Mendengarkan dengan empati yang tulus bisa memuaskan kebutuhan tersebut. Ingatlah, bagi manusia, dalam soal-soal yang berat, cepat itu lambat dan lambat itu cepat. (kutipan Stephen Covey)
    • Saya tidak tahu apa takdir Anda, tetapi yang saya tahu: mereka yang akan benar-benar bahagia adalah mereka yang mencari dan menemukan cara-cara untuk melayani. (kutipan Albert Schweitzr)
    • Takdir bukanlah masalah kebetulan, ia adalah masalah pilihan. Takdir bukanlah sesuatu yang harus ditunggu, ia merupakan sesuatu yang harus dicapai. (kutipan William Jennings Bryan)
    • Tujuan akhir hidup manusia bukan sosial sifatnya, akan tetapi spiritual. (kutipan Nicolas Alexandrovitch Berdyaev)
    • Apa pun yang dapat engkau lakukan atau impikan dapat engkau lakukan, lakukanlah itu! Keberanian itu punya kuasa, keajaiban, serta kejeniusan di dalamnya. (kutipan Friederick Goethe)
    • Aku mengangkatmu dan kamu mengangkatku, dan kita akan naik bersama-sama. (kutipan John Greenleaf Whittier)
    • Tidak banyak yang dapat kita lakukan sendirian, sangat banyak yang dapat kita lakukan bersama-sama. (kutipan Helen Keller)
    • Kalau kita selalu baik dan menjadi rahmat bagi sesama, maka kebaikan dan rahmat akan selalu bersama kita. (kutipan Kenosuke Matshusita)
    • Inilah gunanya ingatan: untuk pembebasan, bukan untuk memperkecil cinta, tetapi justru membesarkan cinta melewati hasrat dan membebaskan dari masa depan serta masa lalu. (kutipan TS Eliot)
    • Jika aku bangun pagi-pagi dan merasakan bahwa kakiku masih menjejak bumi, hal itu sudah cukup menjadi alasan untuk bersuka cita sepanjang hari. (kutipan Anthony Robbins)
    • Apabila engkau mati tanpa meninggalkan apa-apa untuk keturunanmu kecuali antusiasme, sesungguhnya, engkau sudah mewariskan harta pusaka yang teramat penting. (kutipan Thomas Alfa Edison)
    • Teori hanya berguna pada saat persiapan. Perjuangan yang maha penting terletak pada tindakan. (kutipan Nikos Kazantzakis)
    • Tanpa disiplin, kita tidak bisa menyelesaikan apa-apa. Dengan beberapa disiplin kita bisa menyelesaikan hanya beberapa masalah. Dengan disiplin total kita bisa menyelesaikan seluruh masalah. (kutipan M. Scott Peck)
    • Penemuan sejati bukanlah menemukan tempat-tempat baru, akan tetapi melihat dengan cara pandang baru. (kutipan Marcel Proust)
  • Penderitaan berhenti menjadi penderitaan ketika orang memiliki gambaran yang jelas mengenainya. (kutipan Baruch Spinoza)

Kutipan Bijak Mario Teguh

Siapa yang tidak kenal dengan Mario Teguh? Pria ini dikenal sebagai seorang motivator Indonesia yang sering memberikan kutipan bijak bagi penggemarnya dan semua orang yang mengaguminya. Mario Teguh mulai dikenal luas karena kutipan-kutipan bijaknya sering ia keluarkan di acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV. Karena kutipan-kutipan bijaknya, ia kemudian dinobatkan sebagai motivator termahal di Indonesia saat ini.

Selain kutipan-kutipan bijaknya diucapkan lewat televisi, Mario Teguh juga menuangkan kutipan-kutipan bijaknya lewat buku. Berikut buku-buku karya Mario Teguh yang juga berisi kutipan bijak.

  1. Becoming a Star (2006)
  2. One Million Second (2006)
  3. Life Changer (2009)
  4. Leadership Golden Ways (2009)

Berikut beberapa kutipan bijak dari Mario Teguh.

    • Jika Anda sedang benar, jangan terlalu berani dan bila Anda sedang takut, jangan terlalu takut. Karena keseimbangan sikap adalah penentu ketepatan perjalanan kesuksesan Anda.
    • Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba karena di dalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil.
    • Anda hanya dekat dengan mereka yang Anda sukai. Dan seringkali Anda menghindari orang yang tidak tidak Anda sukai. Padahal dari dialah Anda akan mengenal sudut pandang yang baru.
    • Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan.
    • Tinggalkanlah kesenangan yang menghalangi pencapaian kecemerlangan hidup yang diidamkan. Dan berhati-hatilah, karena beberapa kesenangan adalah cara gembira menuju kegagalan.
    • Jangan menolak perubahan hanya karena Anda takut kehilangan yang telah dimiliki, karena dengannya Anda merendahkan nilai yang bisa Anda capai melalui perubahan itu.
    • Anda tidak akan berhasil menjadi pribadi baru bila Anda berkeras untuk mempertahankan cara-cara lama Anda. Anda akan disebut baru, hanya bila cara-cara Anda baru.
    • Ketepatan sikap adalah dasar semua ketepatan. Tidak ada penghalang keberhasilan bila sikap Anda tepat, dan tidak ada yang bisa menolong bila sikap Anda salah.
    • Orang lanjut usia yang berorientasi pada kesempatan adalah orang muda yang tidak pernah menua, tetapi pemuda yang berorientasi pada keamanan, telah menua sejak muda.
    • Hanya orang takut yang bisa berani, karena keberanian adalah melakukan sesuatu yang ditakutinya. Maka, bila merasa takut, Anda akan punya kesempatan untuk bersikap berani.
    • Kekuatan terbesar yang mampu mengalahkan stres adalah kemampuan memilih pikiran yang tepat. Anda akan menjadi lebih damai bila yang Anda pikirkan adalah jalan keluar masalah.
    • Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui mengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan yang kemudian Anda dapat.
    • Seseorang yang menolak memperbarui cara-cara kerjanya yang tidak lagi menghasilkan, berlaku seperti orang yang terus memeras jerami untuk mendapatkan santan.
  • Bila Anda belum menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bakat Anda, bakatilah apapun pekerjaan Anda sekarang. Anda akan tampil secemerlang yang berbakat.

Itulah kutipan-kutipan bijak dari para tokoh terkenal dan tentu saja hero motivator lokal Anda, Mario Teguh. Semoga bermanfaat!

Speak Your Mind

*