Lagu Kegemaran Yang Ditentukan Oleh Latar Belakang

Ilustrasi Lagu kegemaranLagu merupakan salah satu karya seni yang disukai oleh hampir semua orang. Dengan keindahan barisan nada dipadu dengan kata – kata puitis, semua orang dapat terhibur dengan mendengar beberapalagu; apalagi bila lagu tersebut digarap dengan musik kegemaran mereka.

Selain itu, sebuah lagu dengan deretan kata – kata puitisnya juga dapat menghipnotis banyak orang. Ketika sebuah lagu diciptakan dalam karakter ceria dengan musik penuh energy; orang – orang yang mendengarkannya pun akan ikut merasakan keceriaan tersebut; bahkan akan ikut berdendang dan bergoyang.

Begitu juga ketika sebuah lagu di garap dengan nada dan lirik yang menyentuh; menceritakan sebuah kepatahhatian dan kekecewaan, orang – orang yang mendengarkan pun akan terbawa suasana kesedihan tersebut apalagi ketika lagu tersebut relevan dengan cerita patah hati yang mereka alami.

Begitulah, lagu yang sejatinya merupakan keindahan karya seni dapat menghipnotis banyak orang dengan paduan keindahan nada dan liriknya. Di Indonesia, terdapat beberapa jenis musik yang diciptakan dan dinikmati oleh masyarakat luas.

Ternyata, jenis – jenis musik yang berbeda tersebut juga membedakan karakter orang – orang yang menyukainya itulah mengapa banyak orang mengatakan bahwa selera musik dapat menentukan kelas seseorang dalam status social. Namun, hal itu tidak selalu benar karena banyak juga orang – orang yang menyukai sebuah jenis musik karena keindahan atau keunikannya.

Lagu dangdut atau musik dangdut merupakan salah satu jenis musik yang ada banyak di Indonesia. Dangdut yang sejatinya merupakan salah satu jenis musik asli Indonesia malah terkadang dianggap norak bagi sebagian orang.

Keberadaan lagu dangdut yang biasanya merakyat dan sangat disukai oleh masyarakat kelas menengah ke bawah merupakan salah satu penyebab utama mengapa lagu dangdut sering dianggap jenis musik yang norak.

Jenis lagu atau musik kedua yang banyak beredar di Indonesia adalah jenis musik pop. Jenis musik ini juga telah lama masuk ke Indonesia dan disukai oleh cukup banyak orang Indonesia, terutama mereka yang tak suka lagu – lagu dangdut.

Deretan lagu pop telah merajai musik Indonesia selama bertahun – tahun sehingga Indonesia juga memiliki beberapa maestro dengan karya – karya musik popnya yang fantastis. Lagu rock juga merupakan jenis musik lainnya yang cukup popular di Indonesia. Jenis musik ini merupakan jenis musik yang identik dengan anak muda yang suka kebebasan.

Perkembangan musik rock tidak begitu melejit di Indonesia saat ini karena kurangnya masyarakat yang menyukai aliran musik cadas tersebut serta jenis musik yang keras tersebut tidak bisa dinikmati oleh banyak orang. Namun, jenis musik rock yang sedikit pelan atau juga disebut slow rock, masih memiliki banyak penikmat.

Satu jenis musik yang cukup berkembang baik saat ini adalah jenis musik Melayu. Ada banyak lagu dengan musik Melayu yang justru disukai banyak orang terutama anak – anak muda di masyarakat. Fenomena ini mungkin juga disebabkan oleh musik Melayu yang juga musik dengan karakter bangsa Indonesia.

Ada banyak lagu dengan musik Melayu yang masuk pada tangga lagu terbaik dengan jumlah penikmat yang sangat banyak. Bahkan, beberapa pencipta lagu dengan jenis musik Melayu juga mendapatkan beberapa penghargaan atas tingginya angka penjualan yang mereka raih.

Beberapa lagu lainnya dengan jenis musik seperti reggae dan jazz juga merupakan jenis lagu yang dibawakan oleh beberapa pemusik di Indonesia. Meski ada banyak juga penikmat musik seperti ini, namun jenis lagu seperti ini memiliki penggemar yang tidak sebanyak penggemar lagu – lagu Melayu atau dangdut.

Ya, ternyata bagaimana seseorang menikmati sebuah lagu atau musik juga ditentukan oleh asal daerah atau masyarakat dimana ia menetap serta jenis musik apa yang biasa ia nikmati sejak lama atau semasa hidupnya.

Speak Your Mind

*