Langkah-Langkah Mengganti Ban Mobil

Ilustrasi Mengganti Ban MobilPenggantian ban pada mobil biasanya dilakukan bila ban mobil mengalami: kebocoran, kempes, atau meletus. Sebagai pengendara, kita dituntut untuk sedikit banyak tahu tentang bagaimana cara-cara mengganti ban mobil. Kita, sebagai pengendara tidak hanya bergantung pada bengkel saja.

Bila insiden tersebut jaraknya dekat dengan bengkel mungkin bisa diatasi dengan mudah. Tapi bagaimana bila kondisinya jauh? Tentunya pengendara akan mengalami kesulitan. Oleh sebab itu, sebagai pengendara mobil, kita hendaknya mengerti paling tidak dasar-dasar mengganti ban mobil.

Langkah-langkah mengganti ban mobil bila insiden tersebut terjadi, adalah:

    1. Mengambil peralatan mobil yang sekiranya bisa membantu dalam mendongkrak mobil. Oleh sebab itu, sebagai pengendara kita juga harus siap dengan berbagai macam peralatan, agar sewaktu-waktu mobil kita mengalami masalah atau kendala bisa segera diatasi.
    1. Langkah-langkah mengganti ban mobil selanjutnya adalah mencoba melepaskan empat mur mobil untuk kemudian mencoba mendongkraknya dan menggantinya dengan ban cadangan yang akan selalu kita siapkan sebelumnya.
    1. Bila pengendara tersebut adalah wanita yang kemungkinan besar tidak terlalu kuat mendongkrak mobil agar berada di posisi lebih ke atas, maka ada baiknya bila pengendara tersebut meminta tolong kepada orang yang berada di sekitar lokasi kejadian untuk membantu.
    1. Gantilah ban mobil yang bermasalah tersebut dengan yang baru, yang tentunya lebih aman.
  1. Setelah mengganti ban mobil lama dengan yang baru, maka hal yang perlu kita lakukan adalah memasang lagi mur. Dalam memasang mur, yang dilakukan adalah tidak terlalu kencang, secukupnya saja. Bila posisi ban sudah tidak lagi terdongkrak maka kita bisa mengencangkannya.

Langkah-langkah tersebut biasa dilakukan bila mobil mengalami insiden yang berhubungan dengan ban baik di jalanan maupun di rumah.

Padahal sebenarnya, penggantian ban mobil tidaklah harus menunggu ban mobil tersebut aus sendiri. Pada dasarnya ban mobil memiliki keterbatasan umur sesuai dengan sering tidaknya pemakaian mobil. Semakin sering dipakai maka ban mobil akan semakin sering diganti, begitu pula sebaliknya.

Oleh sebab itu sangatlah bijak bila penggantian ban mobil tidak harus menunggu kondisi mobil tersebut rusak atau terjadi sesuatu, karena memang wajibnya secara berkala ban mobil harus diganti.

Adapun, langkah-langkah mengganti ban mobil adalah:

    1. Periksa kondisi ban mobil secara berkala untuk mengecek tentang kesehatan ban mobil itu sendiri. Ibarat seorang manusia yang secara berkala harus melakukan general check up, begitu pula mobil. Mobil, terutama pada bagian ban nya yang digunakan sebagai tumpuan, harus sering-sering diperiksa untuk menjaga keamanan pengendaranya. Ingatlah, bahwa setiap ban memiliki masa pakai yang berbeda-beda. Tentunya berhubungan dengan jenis mobil dan sering tidaknya digunakan.
  1. Gantilah ban mobil di bengkel yang sudah kita percaya.

Karena penggantian mobil tidak dalam keadaan urgent atau tidak terkena insiden tertentu atau berdasarkan keinginan sendiri, maka penggantian ban mobil bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan bengkel. Pemilik mobil bisa pergi ke bengkel untuk mengganti ban mobil, bila dirasa ban mobil yang lama tersebut sudah tidak lagi berfungsi dengan baik.

Langkah-langkah mengganti ban mobil bisa kita terapkan baik pada saat mobil dalam keadaan normal maupun tidak. Normal dalam artian, kita sendiri yang menginginkan penggantian ban mobil karena dirasa umur dari ban mobil tersebut tidak layak pakai lagi atau istilahnya sudah kadaluwarsa.

Tidak normal artinya, bahwa penggantian ban mobil dilakukan juga pada saat mobil mengalami insiden yang tak terduga-duga di jalan. Pada kondisi ini, pengendara dituntut untuk membenahi mobilnya sendiri. Langkah-langkah mengganti ban mobil harus kita kuasai sekalipun kita tidak berencana atau tak ada bayangan untuk mengganti ban sendiri. Namun tak ada salahnya bila kita berjaga-jaga dengan bersikap konservatif terhadap ban mobil milik kita.

Speak Your Mind

*