Langkah Positif dalam Mencari Duit

Ilustrasi cari duitSaat ini, di berbagai belahan dunia sudah banyak perubahan yang mengatasnamakan keinginan, salah satunya keinginan cari duit. Dampak dari berbagai keinginan tersebut adalah banyak beredarnya sejumlah uang untuk dibelanjakan. Banyak orang yang melakukan apa saja untuk mendapatkan nominal yang diinginkan dan banyak manusia yang siap dengan segala risiko untuk cari duit tersebut.

Uang atau yang biasa dikenal dengan sebutan duit itu memang sudah banyak mengatur pola pikir sebagian masyarakat. Banyak di antara mereka yang kalap dengan hadirnya duit tersebut dalam kehidupannya. Jika bisa dikatakan, manusia sekarang sudah banyak yang menjadi budak untuk duit. Hanya satu tujuan mereka, yakni mendapatkan kekayaan sebanyak mungkin.

Kita tidak perlu untuk mencari seperti apa contohnya manusia yang diperbudak oleh duit. Banyak sekali beredar di masyarakat kita sekarang ini, sebut saja pencuri, pencopet, koruptor, dan masih banyak lagi. Itu yang bisa dikatakan profesi cari duit dengan cara yang tidak benar.

Akan tetapi, duit bukanlah sesuatu yang bisa menyebabkan kita menjadi manusia yang buta. Duit pun bisa diatur dengan sedemikian rupa. Maka dengan begitu, ada istilah “Kita yang mengatur duit, bukan duit yang mengatur kita.”

Istilah tersebut memang benar adanya jika saja kita dapat melakukan hal yang benar dalam memosisikan diri kita sebagai raja bagi keuangan. Dengan kuat menahan segala godaan yang datang, maka raja untuk duit akan dengan mudah kita dapatkan. Cara itulah yang bisa disebut ampuh dalam mengelola keuangan yang telah kita dapatkan.

Langkah Cari Duit

Kembali kepada permasalahan dalam mencari duit. Jika telah disimak berbagai contoh yang beredar di masyarakat, mana yang perlu dicontoh dan mana yang tidak layak ditiru, kita sebagai orang pintar tentu bisa mengambil keputusan. Langkah ini patut dicermati karena akan berhubungan dengan masa hidup kita di dunia. Salah dalam melangkah, tentu akan berakibat pada masa depan yang akan kita tuju nanti.

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan sejumlah duit dengan cara yang seharusnya. Bahkan, langkah-langkah ini bisa tergolong mudah untuk ditiru karena sudah lekat dengan masyarkat.

1. Bisnis

Bisnis adalah salah satu langkah yang bisa diaplikasikan oleh banyak orang. Bisnis merupakan media untuk membuat setiap manusia bisa bergerak lebih maju. Namun, terkadang melakukan bisnis pun bisa membuat bingung kepada kita karena tidak sedikit yang merasa tidak pede bisnis apakah yang akan digeluti.

Banyak peluang cari duit yang efektif untuk mengisi dompet kita. Sebut saja melakukan bisnis kuliner, bisnis toko kelontong, bisnis alat tulis kantor, bisnis buah-buahan, dan masih banyak lagi. Dalam berbisnis, banyak duit yang mengalir setiap harinya, mulai dari skala kecil hingga skala yang besar. Duit yang mengalir tersebut tetunya akan masuk kantong kas kita setiap harinya.

Namun, satu yang perlu diingat adalah ketika memutuskan untuk memulai berbisnis, maka kita akan terjun ke dalam dunia yang penuh persaingan. Saingan tersebut tentu akan terasa nyata kala kita banyak meraih sukses dalam mencari duit yang menjadi sumber utama.

Tetapi, semua itu tidak perlu dijadikan sebagai sebuah batu sandungan yang akan membuat kita terjerembab ke lubang yang dalam tanpa bisa bangkit kembali. Jadikanlah saingan tersebut sebagai daya pacu untuk bisa membuat bisnis yang kita kembangkan menjadi sesuatu yang bernilai.

2. Bisnis Jasa

Selain bisnis yang telah dijelaskan sebelumnya, masih ada bisnis lainnya yang bisa dikatakan aplikasinya susah-susah gampang. Seperti halnya bisnis yang timbul tenggelam karena kebanyakan masyaraat memang antara butuh dan tidak butuh. Namun, di sini kita akan bermain dan mencari duit dengan profesi bisnis jasa.

Apa itu bisnis jasa? Jasa merupakan sebuah pekerjaan yang dibutuhkan oleh orang lain agar beban mereka berkurang. Banyak yang bisa didapatkan dari bisnis jasa ini. Kita bisa membuka layanan pengiriman barang antarkota atau antarpulau, jasa membersihkan hewan peliharaan, jasa pijat, dan masih banyak lagi jasa yang bisa kita lakukan.

Dengan melakukan bisnis jasa ini, banyak keuntungan yang bisa kita peroleh, salah satunya kita akan semakin matang dalam mengenal karakter orang atau karakter lainnya yang kita layani. Itu pun yang akan menguatkan kita dalam menjalani kehidupan ini.

Bisnis jasa ini dpaat kita lakukan di mana saja kita memiliki tempat, baik itu di rumah, di kontrakan, di lapangan, dan lainnya. Sarana bukanlah menjadi sesuatu penghalang dalam melakukan berbagai aktivitas bisnis jasa ini. Dengan sulitnya dalam menentukan sarana, maka itu akan menjadi tantangan yang harus diselesaikan.

3. Kerja

Bidang inilah yang sangat umum dan bisa dikatakan cukup mudah dan teratur dalam mencari duit. Duit tersebut akan datang dengan sendirinya kepada kita tanpa harus ditunggu-tunggu. Semua itu akan tercipta dengan keuletan kita sebagai karyawan, kerajinan kita sebagai seseorang yang ingin berkembang dalam mendapatkan keuntungan finansial.

Profesi pekerjaan yang ditekuni adalah salah satu jawaban jika ingin mendapatkan duit dengan waktu yang teratur. Memang semua yang terjadi dalam profesi ini tidak semuanya mudah, namun bisa dikatakan tidak sesulit jika harus melakukan bisnis.

Duit yang kita dapatkan akan cair pada waktu yang telah ditentukan, seperti awal bulan, tengah bulan, atau akhir bulan, dan duit tersebut dikenal dengan nama gajian.

Dengan melakukan profesi inilah, kita akan menjadi sosok pekerja yang tidak kenal dengan lelah dan pastinya akan dituntun untuk mencapai target yang ditentukan. Namun, semua itu akan terasa enjoy kala kita menjalaninya dengan penuh ikhlas.

Menjadi seorang karyawan bisa menjadi salah satu solusi dalam mencari duit bagi yang merasa mentok dengan bisnisnya. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika kita melakukan keduanya secara berdampingan, yakni dengan bekerja sebagai karyawan, tetapi mendapat penghasilan lain dari berbisnis.

4. Olahraga

Bidang ini pun dapat dijadikan sebagai sarana untuk mendapatkan sejumlah duit. Banyak yang bisa dilakukan dalam mencari duit dengan berolahraga, di antaranya dengan menjadi guru olahraga, membuka privat, atau dengan memperlihatkan kemampuan di hadapan orang banyak. Hal yang terakhir ini bisa diambil contoh dengan melakukan juggling dengan bola.

Cari duit dengan menggunakan sarana olahraga merupakan suatu kegembiraan yang akan dirasakan oleh kita. Selain tentu akan mendapatkan kesehatan, juga yang pasti akan memperoleh apa yang kita butuhkan dalam bentuk duit. Dengan begitu, dua hal yang penting akan bisa didapatkan hanya dalam satu kali mendayung.

5. Hobi

Poin yang terakhir ini merupakan langkah yang paling menyenangkan untu dilakukan, baik itu tidak dalam komersil ataupun dengan cara yang komersil. Melakukan sesuatu berdasar kepada hobi sangatlah dianjurkan karena ketika kita tidak memperoleh sepeser pun, maka tidak ada rasa kecewa yang meliputi, yang ada hanyalah rasa senang. Hal itu disebabkan karena yang dilakukan adalah kesenangan untuk kita.

Mencari duit dengan cara seperti ini bisa diaplikasikan dengan berbagai cara, seperti membuat gambar atau lukisan untuk dijual/dipamerkan, membuat karya tulis untuk diterbitkan, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, sebelum memulai langkah ini, tanyalah kepada diri sendiri hobi apa yang disenangi untuk selanjutnya menuju langkah dalam mencari duit.

Pada dasarnya, ketika kita ingin melakukan sesuatu, maka lakukanlah apa yang kita senangi. Dengan begitu, lama-kelamaan tujuan kita dalam mencari duit akan lahir dari apa yang telah kita lakukan dengan perasaan senang. Efek terakhir yang akan didapat adalah perasaan bahagia dalam hati karena telah mendapatkan apa yang kita butuhkan.

Peluang ini tidak bisa diremehkan jika kita ingin memperoleh apa pun, termasuk kesuksesan. Selama apa yang kita lakukan adalah sesuatu yang masih berada dalam media yang seharusnya, maka itu layak dilakukan. Kita bisa cari duit dengan langkah yang halal agar semuanya tidak bermasalah.

Speak Your Mind

*