Layanan Unggulan Rumah Sakit Pluit

Rumah Sakit Pluit bisa dikategorikan sebagai rumah sakit baru. Keberadaannya menjawab kebutuhan masyarakat Jakarta dan sekitarnya dan juga masyarakat Indonesia yang membutuhkan pelayanan kesehatan lebih baik. Tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis dalam bidang kesehatan ini cukup menjanjikan. Bisnis dibidang ini tidak bisa dikatakan mengambil keuntungan dari orang yang tak berdaya. Tetapi kenyataannya memang masyarakat membutuhkan.

Di antara Menjamurnya Rumah Sakit Modern

Rumah Sakit Pluit bisa dikategorikan sebagai rumah sakit yang cukup modern dengan konsep pelayanan yang cukup bermutu. Mengingat semakin menjamurnya keberadaan rumah sakit di Jakarta dan persaingan pelayanan kesehatan di tingkat internasional, tidak salah kalau rumah sakit ini mengusung konsep modern. Masyarakat Indonesia yang semakin maju dan mempunyai uang cukup banyak, menginginkan pelayanan kesehatan yang prima.

Masyarakat kelas atas ini malah sering ke Singapura atau ke Malaysia untuk sekedar memeriksa kesehatannya. Mereka seolah tidak percaya dengan semua dokter Indonesia. Mungkin hal-hal yang berbau Indonesia itu selalu dianggap tidak bermutu. Bisa dimengerti apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh orang-orang yang telah melihat dunia itu. Apalagi dengan adanya beberapa kasus malpraktik yang cukup mengerikan yang dialami oleh masyarakat kelas atas itu.

Salah satunya kesalahan pemeriksaan yang dialami oleh anak Rinto Harahap. Akhirnya Cindy berangkat ke Singapura dan mendapatkan perawatan yang lebih baik setelah adanya kesalahan diagnosa dari salah satu rumah sakit di Jakarta. Peristiwa yang dialami oleh Prita yang bermasalah dengan rumah saki Ommi, juga membuat banyak orang berpikir bahwa ada yang kurang benar dengan pelayanan rumah sakit di Indonesia. Setiap rumah sakit besar pasti tidak menginginkan hal ini terjadi. Mereka ingin melakukan semuanya dengan baik.

Ketidakpercayaan masyarakat itu juga ditambah dengan mudahnya masuk ke Fakultas Kedokteran dengan jalur mandiri dengan membayar sebesar ratusan juta rupiah. Bagaimana kalau calon dokter itu tidak bermutu? Apa yang akan terjadi kalau suatu saat ia membuka praktik? Semua permasalahan yang menyangkut dunia kedokteran memang menrik untuk disimak. Berbagai kemajuan dibidang kesehatan ini juga menjadi satu perhatian tersendiri dari kalangan masyarakat.

Pelayanan Prima

Rumah Sakit Pluit adalah rumah sakit swasta yang berdiri pada 28 Agustus 1996. Lokasinya berada di Jalan Raya Pluit Selatan Nomor 2, Penjaringan, Jakarta Utara. Rumah sakit ini dapat diakses melalui Jalan Gedong Panjang, lalu ke kiri masuk ke jalan Pluit Raya Selatan. Tempat parkirnya agak sempit dengan kontur tanah yang naik turun. Tapi bangunannya bagus seperti sebuah hotel. Memasuki gerbang rumah sakit, yang terlihat adalah lobby rumah sakit yang besar. Kesannya cukup megah dengan kebersihan yang cukup.

Bau rumah sakit tidak terlalu tercium dari lobby. Baru memasuki bangsal rumah sakit, akan tercium aroma khas rumah sakit. Tetapi aroma ini tidak mengganggu karena keberadaan taman yang indah dengan bunga yang memesona. Kebersihan cukup terjaga di ruamh sakit ini. Memang berbeda bila dibandingkan dengan rumah sakit pemerintah yang ada di daerah. Rumah sakit yang dikelola oleh swasta memang biasanya mengandalkan pelayanan yang prima.

Lain dengan rumah sakit milik pemerintah. Bukannya mereka tidak mengutamakan pelayanan prima tetapi mungkin cara pemeliharaan dan orang-orang yang memanfaatkan pelayanannya berbeda. Kesan kurang rapi dan kurang disiplin sering terlihat di rumah sakit milik pemerintah. Misalnya saja, sangat mudah menemukan orang yang merokok di sepanjang koridor atau di sepanjang perjalanan dari satu bangsal ke bangsal lainnya. Tidak bisa dimengerti mengapa tidak ada petugas yang patroli mencegah orang agar tidak merokok di rumah sakit milik pemerintah itu.

Di rumah sakit yang dikelola oleh swasta, ketegasan itu terlihat nyata. Tidak hanya masalah rokok. Jam jenguk juga diperketat. Bila tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, maka siapapun yang tidak mengenakan tanda pengenal sebagai keluarga pasien, tidak boleh masuk. Di rumah sakit milik pemerintah, terkadang para penjenguk bebas mau berkunjung pada pukul berapapun. Hal ini cukup disayangkan karena bagaimanapun pasien perlu istirahat.

Petugas rumah sakit juga membutuhkan waktu-waktu tertentu untuk memeriksa pasien dengan saksama dan tidak terganggu oleh apapun. Ini juga yang membuat banyak orang yang mempunyai uang dan mempunyai asuransi, tidak mau dirawat di rumah sakit milik pemerintah. Menurut mereka, pelayanan di rumah sakit milik pemerintah itu, sangat kurang memuaskan dari segi apapun. Tidak jarang dokter juga tidak terlalu mumpuni dalam memeriksa pasiennya.

Semua tanggapan itu mungkin tidak semuanya benar. Pasti ada ruamh sakit milik pemerintah yang bagus. Tetapi memang tidak mudah untuk mengubah apa yang telah tertancap di benak masyarakat. Kenyataan inilah yang membuat banyak rumah sakit swasta yang terus berjaya. Mereka memberikan pelayanan yang sebaik mungkin. Keuntungan memang dari kunjungan dan kepercayaan para pasien. Dokter dan tenaga medis yang dipekerjakan biasanya adalah orang-orang pilihan.

Tanpa memberikan pelayanan terbaik dengan tenaga dokter dan karyawan yang terbaik, ruamh sakit swasta bisa bangkrut. Bila tidak mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, maka ruamh sakit tidak bisa berkembang dan tidak bisa memperbarui peralatan mereka. Hal ini sangat diperhatikan oleh semua pengelola rumah sakit swasta di seluruh Indonesia.

Fasilitas

Rumah Sakit Pluit berkapasitas 177 tempat tidur dengan harga kamar berkisar 70 ribu sampai 2 juta rupiah. Rawat Inap terdiri dari Kamar Eksekutif, Super VIP, VIP, Kelas 1, Kelas 2, Kelas 3, Kamar Utama Anak, Kamar Kelas II anak, Kamar Isolasi dan Kamar Perawatan Khusus. Kamar Perawatan Khusus memiliki 5 unit yaitu Critical care Unit (CCU), High Care Unit (HCU), CCU Anak (PICU), CCU Bayi (NICU), dan One Day Care (ODC).

Rumah skit yang berada di Pluit ini menawarkan beberapa layanan yang menjadi keunggulan, antara lain, Green Light Laser, yaitu cara pengobatan prostat yang menggunakan energi laser tingkat tinggi. Extracorporeal Shock Wave Lithorispy (ESWL), yaitu alat canggih untuk menghancurkan batu ginjal tanpa tindakan operasi sehingga menekan risiko, dan menghemat waktu untuk perawatan inap, karena tidak memerlukan pembiusan.

Ada juga Gastric Banding. Gastric Banding ini merupakan metode untuk mengatasi kegemukan yang berisiko terhadap kesehatan (Morbid Obesity). Caranya dengan memasang semacam ikat pinggang (Gastro-Belt) guna memperkecil bagian atas lambung secara laparoskopik (melalui lubang kecil yang dibuat pada dinding perut). Pasien yang dipasangi alat ini akan cepat kenyang dan tidak bisa makan banyak sehingga berat badannya akan turun sekitar 5-10 kg dalam satu bulan.

Bedah Laparoskopi, yaitu pembedahan dengan alat khusus melalui lubang di tubuh pasien yang kecilnya kurang lebih hanya 2 mm. Jenis pembedahan ini banyak dipilih orang karena rasa nyeri yang dirasakan setelah pembedahan cenderung lebih ringan. Secara estetik-kosmetik lebih indah karena tidak banyak meninggalkan bekas, dan perawatan di rumah sakit juga lebih pendek sehingga bisa cepat beraktivitas lagi.

Intensive Pulsed Light (IPL) dan Laser untuk kecantikan kulit. Dengan teknik ini, berbagai masalah kulit seperti kulit wajah yang tampak kendor serta menggantung, bercak-bercak penuaan, kemerahan, pelebaran pori serta kerutan halus, dapat diatasi sehingga kulit akan kembali tampak muda dan sehat. Perawatan ini juga dapat dilakukan di sela kesibukan sehari-hari (Lunchtime Skin Rejuvenation).

Magnetic Resonance Imaging (MRI) dan Open MRI. MRI mampu menghasilkan foto tubuh kita secara detail. Alat ini memanfaatkan medan magnet dan gelombang frekuensi radio. Tidak perlu takut akan efek samping alat ini, karena MRI dioperasikan tanpa menggunakan sinar X maupun bahan radioaktif ataupun pembedahan. Sedangkan Open MRI merupakan generasi lanjutan dari MRI untuk orang yang takut masuk ke mesin yang berupa lorong sempit dan bersuara keras.

Selain di atas masih ada lagi layanan unggulan di Rumah Sakit Pluit seperti Klinik Alergi Biorosonance, Klinik Nyeri & Rematik, Hemorrhoid Stappler, Akupuntur, dan layanan lainnya. Tersedia juga macam-macam Medical Check Up (Diamond, Saphire, Top Eksekutif, dan Eksekutif), Cardiac Heart Screeening, Corporate Type Screening, paket Screening Payudara, Paket Screening Prostat, dan Paket Pencegahan Dini Stroke.

Dengan semua pelayanan dan teknologi yang cukup memadai itu, tidak mengherankan kalau rumah sakit ini menjadi rujukan banyak orang yang membutuhkan perawatan ekstra.

Speak Your Mind

*