Leah Dizon, Si Seksi Bersuara Emas

Ilustrasi leah dizon

Leah Dizon, yang bernama lengkap Leah Donna Dizon, adalah penyanyi dan model terkenal di Jepang. Ibunya berdarah Prancis-Amerika, sedangkan sang ayah keturunan Filipina-Cina. Leah lahir dan dibesarkan di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Pada 2006, ia pindah ke Tokyo, Jepang, untuk merintis karir di dunia hiburan. Upayanya tidak sia-sia, Leah berhasil mendapat kontrak rekaman dengan perusahaan Victor Entertainment pada tahun itu juga.

 

Gadis yang lahir pada 24 September 1986 ini menggemari musik rock dan R&B sejak kecil. Ia juga belajar menari secara rutin. Sebelum hijrah ke Jepang, ia sempat menetap di Los Angeles, California, untuk mengikuti kuliah tentang film meski hanya sebentar. Kepindahannya ke Negeri Sakura dipicu oleh tawaran agensi bakat dari Jepang untuk membintangi iklan perusahaan telepon. Majalah-majalah kemudian tertarik untuk memuat fotonya. Maka, berangkatlah Leah ke Tokyo.

Buku Kumpulan Foto

Pada Oktober 2006, Leah meluncurkan buku kumpulan foto pertamanya yang diberi judul “Petite Amie”. Buku tersebut laris manis dan menduduki posisi ketiga dalam penjualan tertinggi selama 2006 dan 2007. Kemudian, pada Februari 2007, lagu pertamanya dilepas ke pasaran oleh Victor Entertainment. Single berjudul “Softly” itu menempati nomor tujuh dalam tangga lagu Oricon Weekly. Di saat yang persis sama, Leah juga memperkenalkan buku kumpulan foto yang kedua, bertitel “Hello! Leah”, yang menduduki posisi kedua terlaris tahun 2007.

Lagu kedua Leah yang berjudul Koi Shiyo dirilis Mei 2007 dan langsung populer di kalangan anak-anak muda. Musik dalam Koi Shiyo digambarkan sebagai “mengundang untuk berdansa”. Lagu ini digunakan dalam iklan televisi Lotte dan Leah sendiri sebagai bintangnya. Single ketiga, Love U, menyusul pada bulan Agustus 2007 sebelum akhirnya Leah menghasilkan album utuh pada September di tahun yang sama.

Album perdana yang disebut Destiny Line itu dikeluarkan dalam bentuk CD+DVD dan CD saja. Di dalamnya terdapat 14 lagu, 10 di antaranya ditulis sendiri oleh Leah.

Menutup tahun 2007, Leah Dizon kembali memanjakan penggemar dengan buku kumpulan foto keempat, yaitu Heaven. Edisi ini memiliki bonus DVD.

Meski kesuksesan buku-buku kumpulan foto telah membuat Leah Dizon cukup sibuk dan bergelimang uang, ia tetap berupaya mengembangkan karir menyanyi. Leah merekam single keenam berjudul Love Paradox pada Maret 2008. Lagu ini sarat nuansa Barat. Side-B dari single ini adalah lagu Under the Same Sky yang merupakan balada.

Seperti saat peluncuran single pertama, bersamaan dengan Love Paradox, Leah juga mengeluarkan buku kumpulan foto berjudul Pure Leah.

Soudtrack

Kabar baik menghampiri Leah Dizon di bulan April 2008 ketika diumumkan bahwa salah satu lagunya, Under the Same Sky” akan digunakan sebagai lagu tema untuk drama Tokyo Prom Queen. Wajah cantiknya pun tampil sebagai bintang tamu yang memerankan tokoh Naomi, ratu pesta tahun sebelumnya.

Karir musiknya semakin kokoh dengan single kelima, “Vanilla”, yang dilepas pada Juni 2008 disusul album kedua yang bertitel “Communication!!!” di bulan Agustus. Sebagai pelengkap, Leah juga mengeluarkan “DVD konser Live Communication!!!” yang berisi penampilan-penampilannya saat menyanyi secara langsung pada berbagai kesempatan.

Penampilan Leah Dizon yang sangat menarik terbukti sangat komersil di dunia periklanan. Sejauh ini, ia telah mempromosikan banyak produk, mulai dari elektronik (kamera Sony Cybershot), aneka makanan ringan, dan kosmetik. Ia pun membintangi iklan-iklan televisi untuk Recruit, Lotte, Playstation 3, JVC, Coca Cola, Fuji, dan Kao Corporation.

Selain sukses di dunia hiburan, Leah Dizon juga meraih kebahagiaan dalam kehidupan pribadinya. Ia menikah dengan seorang penata gaya Jepang pada Oktober 2008 dan langsung mengandung anak pertama. Kedua kabar tersebut ia sampaikan kepada penggemar ketika menggelar tur konser untuk album “Communication!!!” Leah kemudian melahirkan anak perempuannya pada bulan April 2009.

Speak Your Mind

*