Liburan Bermanfaat Bagi Anak: Membuat Prakarya Mengisi Waktu Liburan Sekolah

Ilustrasi Membuat prakaryaLiburan sekolah telah tiba, anak-anak Anda pasti akan jenuh jika tak ada kegiatan yang dapat mengisi waktu liburnya. Apalagi Anda adalah tipe orangtua yang sangat sibuk diluar rumah. Mungkin Anda akan berfikir keras, bagaimana caranya agar si kecil dapat dengan enjoy menikmati waktu liburnya tanpa mengganggu aktifitas yang Anda lakukan.

Tak usah pusing jika waktu liburan sekolah datang, mungkin kegiatan membuat prakarya bisa membantu Anda menyelesaikan semuanya.

Jenis Jenis Prakarya

Dalam membuat prakarya, sebenarnya tidak ditentukan harus membuat apa, namun inilah beberapa ide yang bagus untuk membuat prakarya.

kertas lentera

Jika Anda seorang penggemar dari kap lampu dan serba serbi lentera, Anda dapat menggunakan cara ini untuk membuat beberapa prakarya. Cobalah beberapa ide yang benar-benar kreatif dan Anda dapat di buat dengan mudah di kelas! Cari yang sederhana, sampai ke tingkat yang rumit, dan bisa dirankai dari warna-warni, sampai dengan polos dan berkelas.

Cobalah berbagai macam materi yang tersedia untuk membuat kertas lampion atau lentera, dan melihat apa yang terbaik dan bisa disukai banyak orang. Kertas, logam, kaca, keramik, dll ada berbagai jenis begitu banyak hal yang dapat di coba dengan semua ini.

Perhiasan Manik Manik

Pembuatan perhiasan adalah salah satu jalan terbaik yang Anda dapat menjelajahi jika Anda ingin serius bermain prakarya . Anda dapat melakukan percobaan dengan berbagai jenis kalung manik-manik seperti, ikatan sederhana, mutiara, batu mewah dan liontin seperti kupu-kupu, malaikat, bunga, dll

Untuk gelang, Anda dapat mencoba gelang rami yang berbeda, gelang wol rajutan, gelang pesona, perhiasan manik-manik kaca, dll Anda juga dapat membuat satu set lengkap menggunakan ide yang disebutkan di atas dan pasangan mereka dengan anting-anting yang cocok! Perhiasan buatan tangan yang unik terlihat dan terasa luar biasa karena ada cerita di balik masing-masing rajutannya.

Bingkai

Bingkai bekas bisa di cari di pasar loak atau di lingkungan Lalu denan sedikit menggunakan imajinasi untuk mengubah bingkai bingkai itu menjadi karya baru yang bagus! Gunakan kerang, manik-manik, payet, pasir, cermin, kain dicetak, pita, dll untuk merancang bingkai foto dengan sentuhan pribadi. Begitu mereka mulai terlihat menjual, Anda akan mendapatkan ide lebih banyak lagi.

Kemudian, Anda dapat mulai menyesuaikan bingkai foto sesuai permintaan klien bila hendak di jual hasilnya. Dan bagi anak anak, kerajinan ini bermanfaat untuk menambah kesan akan kenangan.

Aneka Lilin

Siapa yang bisa menolak sekelompok cantik, aromatik, lilin meditasi! Hampir tidak ada! Jadi, jika Anda sudah tahu bagaimana membuat lilin, dan sanggup membuat beberapa yang pilihan cantik dalam berbagai ukuran, bentuk, dan warna. Tambahkan aroma wangi untuk beberapa paket yang dirangkai dengan Indah. Sudah wangi, dan bermanfaat untuk meditasi.

Bunga rampai

Bunga Rampai merupakan tambahan yang bagus untuk setiap rumah. Ini menambah nilai estetika dari dekorasi, dan pada saat yang sama juga membuat aroma mendayu-dayu ke udara dimanapun ia ditempatkan. Apa yang lebih indah tentang hal itu adalah bagaimana mudahnya untuk membuat dan menjualnya!

Anda dapat membuat Bunga Rampai dengan bunga tumbuhan dan membuatnya harum dengan rempah-rempah yang Anda inginkan. Cobalah kombinasi yang berbeda dari bunga dengan bumbu dan rempah-rempah bersama dengan fiksatif yang berbeda dan minyak esensial untuk membuat resep sendiri.

Pastikan Anda mencoba nya gumpalan kapas sebelum menggunakan bunga dan daun yang telah dengan susah payah dikeringkan. Setelah campuran Anda sudah siap, Anda bisa menjualnya di berbagai stoples kaca berukuran. Pilihan lain adalah untuk berkemas dan menjual bunga rampai Anda dalam kantong yang terbuat dari kain yang mudah bernapas. Namun, pada saat penjualan, ini kantong harus dibungkus dalam orang-orang yang tidak bernapas, sehingga untuk melestarikan aroma.

Test Membuat Prakarya

Dalam membuat prakarya pun perlu diperhatikan betul komposisi dan bahan dasarnya. Agar aman dan tidak berpengaruh negative bagi anak Anda.

Pilih bahan dasar yang mudah di dapat dan sangat terjangkau sekali harganya, sehingga walaupun libur tiba, uang Anda tidak terlalu banyak keluar untuk hal-hal yang tidak terduga. Berikut adalah contoh kretifitas kecil untuk si kecil yang dapat Anda contoh untuk kemudian Anda terapkan pada waktu hari libur.

Bahan dasarnya terbuat dari tepung maizena. Mudah didapat bukan? Selain tepung maizena Anda dapat membeli bahan dasar lilin (clay), tapi kalau Anda ingin berhemat cukup membeli tepung maizena saja. Sebenarnya bahan tepung maizena ini dapat dibuat pernak-pernik kerajinan unik seperti : tempat lilin, hiasan dinding, kotak pensil, pigura, lukisan yang menarik, gantungan kunci dan lain-lain. Tetapi kali ini kita buat yang lebih spesifik, yaitu Figura Foto :

Bahan baku yang diperlukan adalah :

  1. Tepung Maizena curah, 400 gr
  2. 2. Lem fox 200 gr
  3. Air dan minyak goreng secukupnya

Bahan Penunjang :

  1. Kertas karton
  2. Pewarna makanan

Alat kerja :

  1. Pisau kecil
  2. Serutan buah
  3. Cetakan kue
  4. Plastik untuk alas mencetak
  5. Gunting

Langkah-langkah pembuatan :

  • Campurkan lem dan tepung ke dalam wadah/toples kemudian tambahkan air dan minyak sedikit demi sedikit sambil diremas-remas menggunakan tangan sampai adonan pulen. Pada saat meremas-remas, Anda dapat mencontohkan teknik yang tepat agar anak Anda tidak membuat kesalahan di dalamnya.
  • Ajarkan anak Anda untuk membuat pola pada karton dan sesuaikan dengan bentuk foto, misalnya Anda ingin membuat bingkai untuk foto ukuran 3R. maka ukuran bingkai tidak lebih besar dari ukuran 3R.
  • Selanjutnya buat pola bingkai foto, dan beri ketebalan seimbang pada tiap sisinya. Jangan terlalu kecil karena hiasan pasti tidak dapat ditempelkan.
  • Ambil adonan sebesar ibu jari sebesar ibu jari kelingking bentuk bulat-bulat sebanyak 3 buah dan keringkan. Lalu buat 12 adonan pipih untuk membuat kelopak bunga. Sambil menunggu kering buat juga dengan bentuk model lainnya, tali yang dipilin misalnya. Bintang atau bentuk-bentuk lain yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Dan jangan lupa beri warna yang menarik untuk model-model hiasannya. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya jangan lakukan pengeringan menggunakan oven.
  • Setelah kering Anda dapat mengajarkan anak untuk dapat mulai mengkreasikan bentuk untuk hiasan figuran foto. Atau sesuaikan dengan kreatifitas anak Anda. Disini biarkan anak Anda berkreasi sendiri,Usahakan jangan menggurui agar anak Anda tidak terlihat bosan.
  • Alangkah baiknya jika proses pengeringan dengan menggunakan panas matahari. Untuk efektifnya pengeringan dilakukan selama 1 hari. (tergantung mendung/panas). Nah setelah kering benar artinya Figura foto sudah jadi, tinggal diberi lapisan pelindung dibelakangnya.

Mudah bukan, cara membuatnya? Coba bayangkan, seandainya Anda tidak kreatif dalam mengolah waktu liburan sekolah si kecil, berapa banyak dana dan berapa banyak waktu yang harus Anda keluarkan untuk menghiburnya agar si kecil merasa betah dirumah. Tips diatas hanyalah segelintir dari banyak tips yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu liburan.

Speak Your Mind

*