Limbah Plastik – Hasta Karya dari Barang Bekas Bernilai Ekonomi Tinggi

Ilustrasi hasta karya dari barang bekas

 

Plastik merupakan limbah yang tidak bisa diurai oleh tanah. Sampah ini pun menjadi penyumbang sampah terbesar di dunia. Sifat bahan plastik yang solid menjadikannya sebagai material yang sulit terurai dalam waktu singkat. Sekalipun dapat terurai, plastik hanya akan berubah bentuk menjadi serpihan-serpihan dan tidak dapat hilang sama sekali. Berbeda dengan sampah organik yang mudah membusuk. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika dijadikan sebagai salah satu komponen dalam hasta karya dari barang bekas.

Limbah plastik yang tidak sedap dipandang mata ini rupanya bisa dijadikan hasta karya dari barang bekas yang bernilai ekonomi tinggi. Limbah plastik yang sering dijumpai adalah bekas pembungkus makanan ringan, bekas pembungkus deterjen, dan botol-botol plastik bekas air mineral. Limbah plastik seperti itu bisa dikreasikan menjadi hasta karya dari barang bekas berupa barang-barang yang dapat digunakan, sekaligus bisa dijadikan sebagai ladang bisnis baru.

Limbah plastik bekas deterjen dan makanan ringan, biasanya, dapat dibuat berbagai kreasi hasta karya dari barang bekas, yaitu bentuk tas, dompet, tatakan gelas. Bahkan, bisa juga dimanfaatkan untuk membuat hasta karya dari barang bekas berupa bingkai foto. Sementara limbah plastik jenis botol bekas air mineral, biasanya, banyak diciptakan menjadi hasta karya dari barang bekas seperti souvenir-souvenir cantik berupa bunga plastik yang sebelumnya telah diberi pewarna.

Hasta Karya dari Barang Bekas – Memanfaatkan Limbah Menjadi Berguna

Siapa bilang limbang plastik tidak bisa disulap menjadi hasta karya dari barang bekas? Anda pernah melihat dompet yang dibuat dengan cara melipatlipat pembungkus permen atau minuman serbuk yang kemudian di satukan dengan dijahit bagian ujung-unjungnya? Nah, itu merupakan salah satu produk hasta karya dari barang bekas. Belum lagi ada limbah plastik yang dibuat menjadi tas atau kantong, itu juga termasuk dalam hasta karya dari barang bekas.

Terkadang tidak banyak yang terpikir dari limbah plastik, selain hanya sebatas onggokan sampah saja. Padahal limbah plastik bisa kita buat menjadi hasta karya dari barang bekas. Bahkan limbah plastik yang disulap menjadi hasta karya barang bekas akan menjadi barang yang bernilai jual tinggi. Banyak peluang usaha yang bisa kita lihat memilih menggunakan limbah sebagai bahan untuk membuat sebuah hasta karya dari barang bekas. Mungkin Anda pernah melihat ada yang memproduksi celengan dan tong sampah dari kaleng bekas? Demikian juga halnya dengan limbah plastik yang bisa sulap menjadi barang yang ekonomis.

Pemanfaatan limbah plastik menjadi berbagai hasta karya dari barang bekas merupakan salah satu langkah yang sangat bijaksana dalam menangani pengendapan limbah plastik yang bisa membahayakan bumi kita. Seperti yang kita ketahui, limbah plastik akan bisa terurai selama 300 tahun. Bisa kita bayangkan jika setiap hari ada sampah plastik yang dibuang membuat semakin lama limbah plastik tersebut bisa terurai. Jadi, daripada mengendap dan berbahaya bagi bumi lebih baik diolah menjadi hasta karya dari barang bekas.

Membuat hasta karya dari barang bekas ini tidaklah sulit, terutama jika kita sudah memiliki keterampilan mengolah limbah menjadi barang yang bermutu tinggi. Orang-orang kreatif bisa mengolah limbah plastik menjadi hasta karya dari barang bekas yang unik dan menarik, dan tentu saja memiliki fungsi yang baik dan berguna. Bila dibandingkan membuat sebuah produk dari bahan jadi, membuat hasta karya dari barang bekas bisa lebih menguntungkan karena biaya produksinya tidak semahal menggunakan bahan jadi.

Hasta karya dari barang bekas bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan. Asalkan Anda bisa menuangkan limbah plastik ke dalam ide-ide segar untuk menciptakan hasta karya dari barang bekas yang unik, barang hasil ciptaan Anda akan diburu orang. Ke dapannya jika Anda ikut mengolah limbah plastik menjadi aneka hasta karya dari barang bekas, Anda akn ikut andil dalam menyelamatkan bumi dari efek global warming. Siapa lagi yang akan menjaga dan merawat bumi ini jika bukan kita?

Hasta Karya dari Barang Bekas – Pembuatan Hasta Karya Limbah Plastik

Anda tertarik untuk mengembangkan usaha membuat hasta karya dari barang bekas? Atau ingin mengikuti jejak mereka yang lebih dahulu sukses mengembangkan bisnis pembuatan hasta karya dari barang bekas? Anda bisa memulai membuat hasta karya dari barang bekas berupa limbah plastik. Sebagai awal Anda mungkin perlu melakukan survei untuk menentukan jenis plastik mana yang akan Anda sulap menjadi hasta karya dari barang bekas. Setelah itu baru mencari-cari ide untuk dibuat menjadi apa limbah plastik tersebut.

Pembuatan hasta karya dari limbah plastik ini memiliki proses dan bahan yang tergolong sederhana. Usaha yang bergerak di bidang pemanfaatan barang-barang bekas rata-rata juga hanya berskala kecil atau rumah tangga. Jadi, pada dasarnya siapa pun bisa mengembangkan usaha pembuatan hasta karya dari barang bekas. Peluang bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar, jika Anda sudah memiliki keterampilan menjahit saja misalnya, limbah plastik bisa Anda sulap menjadi hasta karya dari barang bekas berupa tas atau kantong.

Anda masih bingung menentukan hasta karya dari barang bekas mana saja yang akan Anda jadikan sebagai produk andalan Anda? Anda bisa mencarinya di buku-buku keterampilan mengolah bahan limbah menjadi barang yang berguna, atau bisa Anda berdiskisu dengan mereka yang lebih dahulu terjun di bidang pengolahan limbah plastik. Jika masih bingung juga, berikut ada beberapa ide yang bisa Anda kembangkan untuk membuat produk hasta karya dari barang bekas limbah plasik, yaitu sebagai berikut:

1. Tas dan Dompet

Limbah plastik bekas deterjen atau makanan ringan dibersihkan terlebih dahulu, kemudian dikeringkan dan dijahit agar membentuk lembaran-lembaran plastik. Setelah itu, bentuk pola berdasarkan kebutuhan.

Setelah pola selesai dibentuk, barulah proses menjahit dilakukan. Setelah melalui berbagai proses, tas dan dompet dari limbah plastik bekas dapat dipasarkan. Untuk memasarkan hasta karya dari barang bekas berupa tas dan dompet bisa Anda distribusikan ke pengrajin tas dan dompet dari bahan jadi terlebih dahulu, sebelum dijual bebas.

2. Tatakan Gelas

Limbah  plastik juga bisa dimanfaatkan untuk membuat hasta karya dari barang bekas berupa tatakan gelas. Biasanya tatakan gelas ini dibuat dari rajutan anyaman bambu atau stainless, nah sekarang Anda ganti bahan mentahnya menjadi limbah plastik atau plastik bekas. Bagaimana mengolah limbah plastik menjadi hasta karya dari barang bekas? Pertama-tama sampah plastik yang telah dicuci dan dikeringkan di gunting memanjang dan dianyam. Pola anyaman tentu saja disesuaikan dengan permukaan gelas yang rata-rata bundar.

Untuk variasi atau aplikasinya, tatakan gelas dari limbah plastik ini bisa Anda kombinasikan dengan pita atau bordiran benag dibagian pinggirnya. Bisa juga dengan menambahkan efek warna –warni atau glossy di permukaan tatakan gelasnya, sehingga lebih menarik orang untuk membelinya.

3. Bingkai Foto

Selain tas, dompet, dan tatakan gelas, bisnis hasta karya dari barang bekas ini juga bisa menciptakan beberapa variasi bingkai foto. Bahan pembuatan bingkai yang jamaknya terbuat dari kayu bisa digantikan oleh sampah plastik. Bahan yang digunakan untuk membuat hasta karya dari barang bekas ini sangat sederhana, cukup menambahkan kardus atau karton bekas. Kreasinya pun bebas, bergantung ide-ide kreatif dari para pembuat kerajinan hasta karya dari barang bekas tersebut.

Peluang Bisnis Hasta Karya dari Barang Bekas

Bisnis ini sangat menarik untuk digeluti. Bahan baku yang tergolong mudah didapat, bisa disulap menjadi hasta karya dari barang bekas yang bernilai ekonomi tinggi. Keuntungan yang didapat dari berbagai olahan limbah plastik ini juga cukup menggiurkan, mengingat bahan baku pembuatannya yang bisa didapatkan di mana saja.

Manfaat lain yang diperoleh apabila kita menekuni bisnis ini adalah terciptanya lingkungan yang bersih dan tanpa limbah plastik. Selain itu tentu saja dengan mengembangkan usaha hasta karya dari barang bekas ini bisa membantu masyarakat menengah ke bawah menemukan mata pencahariannya untuk melawan pengangguran. Dengan kata lain, melalui usaha hasta karya dari barang bekas ini bisa memberdayakan masyarakat sekitar tempat tinggal kita. Dengan begitu kita juga ikut mengurangi angka pengangguran.

Usaha dari memanfaatkan limbah menjadi hasta karya dari barang bekas ini sudah mulai marak berkembang dalam masyarakat kita. Bahkan saat ini konsumen lebih memilih menggunakan barang-barang hand made yang terbuat dari limbah atau pemanfaatan limbah menjadi barang yang lebih berguna dan tentu saja bernilai jual yang tinggi.

Speak Your Mind

*