Macam Macam Browser di Internet

Jika Anda ingin mencari suatu informasi di dunia maya, apa yang Anda butuhkan? Ya, sebuah browser. Browser yang cepat dan tidak terlalu susah digunakan serta diunduh. Anda bisa memilih satu dari macam macam browser yang sudah diciptakan oleh para ahli komputer. Browser tersebut akan membuat berinternet ria menjadi semakin mengasyikan. Apalagi bila kecepatannya memang tidak diragukan lagi. Para pembuat browser sangat tahu kalau mereka berlomba menarik perhatian para pengguna internet.

Pengertian

Browser adalah software yang bisa digunakan untuk menjelajah sebuah web yang ada di internet. Sejak bertahun-tahun lalu, ada macam macam browser yang bermunculan.untuk memudahkan para pengguna internet. Semua jenis browser dikembangkan dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Awalnya memang ada browser dari Microsoft yang begitu menguasai dunia internet. Namun, kemudian keadaan ini sedikit bergeser dan digantikan oleh Mozzila. Microsoft bahkan harus puas menjadi sedikit pecundang di dunia browser.

Macam Macam Web Browser

Browser telah menjadi satu kebutuhan yang mau tidak mau harus diketahui oleh orang-orang yang berusaha terus mengikuti perkembangan teknologi. Bila mereka tidak peduli dengan perkembangan browser, mereka mungkin tidak akan tahu bahwa ada browser baru yang lebih menarik dan bekerja dengan lebih cepat dan tepat. Pengetahuan ini selain akan mempercepat pekerjaan juga akan membuat kerja komputer tidak terlalu berat. Keberadaan virus juga bisa ditangkal karena adan browser yang malah membahayakan penggunanya.

Berikut ini adalah lima macam browser yang sering digunakan di dunia maya.

• Internet Explorer
Nama web browser yang satu ini jelas tidak asing bagi pengguna internet. Walau saat ini sudah jarnag digunakan, Internet Explorer merupakan browser populer sejak tahun 1990-an. Browser IE ini sendiri muncul pada 16 Agustus 1995, penciptanya adalah perusahaan software terkenal bernama Microsoft.

Walau sempat populer dan menjadi browser utama para pengguna internet, IE lama-lama ditinggalkan oleh penggemarnya karena adanya “lubang” pada software browser ini yang membuat IE tidak aman untuk digunakan. Para netizen tentu saja tidak mau merugi ketika berselancar di dunia maya. Untuk itulah mereka memilih browser yang lebih bisa memberikan rasa aman dengan fasilitas yang lebih baik daripada IE.

• Opera
Salah satu dari browser yang diproduksi tahun 1990-an dan masih digemari sampai saat ini adalah Opera. Opera mulai dibuat tahun 1994 oleh sebuah perusahaan bernama Telenor.  Namun karena sesuatu hal, pada tahun 1995 terjadi perpecahan pada perusahaan tersebut, dan salah satu pecahannya mendirikan perusahaan bernama Opera Software yang kemudian mengembangkan browser Opera.

Dua tahun kemudian setelah peluncuran browser ini, Opera Software mulai menciptakan browser khusus untuk perangkat mobile, contohnya ponsel. Salah satu browser khusus ponsel yang diciptakan Opera Software adalah Opera Mini yang muncul pada 10 Agustus 2005. Walau begitu, tidak semua orang mau menggunakan browser ini di ponsel mereka. Masih banyak yang memilih menggunakan browser lain yang diyakini lebih nyaman.

• Mozilla Firefox
Jika Anda mengaku telah mengenal banyak jenis browser, Anda juga pasti telah mengenal Mozilla Firefox. Bisa dibilang ini adalah browser yang paling digemari saat ini, selain memiliki kelebihan yang cukup banyak, browser ini relatif tidak terlalu memberatkan komputer atau PC. Browser ini diciptakan oleh Mozilla Corporation, dilempar ke pasaran pada 9 November 2004. Baru 15 hari setelah peluncurannya, browser ini sudah diunduh sebanyak 6 juta kali. Ini membuktikan bahwa antusiasme masyarakat pada Mozilla Firefox sangat baik.

Sekali tersentuh oleh Mozilla, para netizen seolah tersihir. Apalagi Mozilla sering juga memperbarui produknya sehingga terus mengikuti perkembangan dunia internet yang semakin hari semakin mencengangkan. Kalau tidak mengikuti apa yang dilakukan oleh banyak orang di dunia maya, dunia teknologi menjadi mesin pembunuh produk yang sangat efektif.

• Google Chrome
Selain Mozilla Firefox, salah satu web browser yang dianggap ringan dan tidak memberatkan kinerja komputer adalah Google Chrome, inilah sebabnya kenapa banyak pengguna internet yang menyukai web browser yang satu ini. Ketika ada website tidak bisa dibuka dengan menggunakan Mozilla, pengguna internet bisa mencoba membuka website tersebut dengan menggunakan Google Chrome.

Google Chrome sendiri muncul pada 2 September 2008, penciptanya tentu saja Google. Namun saat pertama kali diluncurkan, Google Chrome masih dalam tahap percobaan (web browser versi beta). Kini penggemar browser satu ini semakin banyak. Mozilla patut memberikan perhatian lebih kepada browser satu ini agar tidak tergilas seperti InternetExplorer.

• Safari
Sebenarnya browser Safari adalah browser bawaan dari komputer dengan jenis sistem operasi Mac OS. Web browser ini sendiri diciptakan oleh Apple Inc, perusahaan komputer yang sangat terkenal.  Karena sampai saat ini banyak sekali pengguna sistem operasi komputer berjenis Windows, akhirnya Apple Inc. mengembangkan browser ini agar bisa digunakan pada komputer yang memakai sistem operasi ini, seperti Windows XP atau Windows Vista.

Itulah  ragam browser yang patut untuk Anda ketahui. Anda tinggal memilih browser mana yang paling Anda suka untuk menjelajahi web, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Browser dari Beberapa Pandangan

Browser dari Berbagai Kategori
Saat pertama kali diciptakan, tampilan browser kurang menarik karena masih berupa teks. Karena itu kita pantas berterimakasih kepada Marc Andressen, seorang mahasiswa Amerika. Dialah yang menciptakan web browser pertama dengan tampilan gambar hingga sekarang kita dapat menjumpai browser dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal memilih browser mana yang kira-kira memang tepat untuk masing-masing pengguna.

Browser Berdasarkan Tampilan
Ada beberapa browser yang bisa kita gunakan untuk menjelajahi internet. Ragam  browser ini bisa digolongkan berdasarkan tampilan antar mukanya yaitu browser dengan tampilan teks dan macam-macam browser dengan tampilan gambar.

1. Browser Tampilan Teks
Untuk browser tampilan teks ini, hanya akan menampilkan isi dari suatu halaman web berupa teks saja. Tombol-tombol perintah juga hanya berupa teks.  Untuk membedakan teks biasa dengan suatu link ke halaman lain, biasanya teks yang berupa link ini akan diberi warna yang berbeda dan kursor mouse juga akan berubah bentuk. Macam-macam browser yang masih menggunakan tampilan teks antara lain Lynx, Links, eLinks, w3m, dan Netrik.

2. Browser Tampilan Gambar
Seperti telah disebutkan di awal, browser dengan tampilan gambar merupakan penyempurnaan dari browser dengan tampilan teks saja. Dengan tampilan gambar ini akan menghilangkan rasa bosan yang ada pada pengguna ketika menjelajah internet. Perintah-perintah bisa dimunculkan dalam bentuk gambar yang lebih menarik daripada sekedar teks, walaupun ada juga sebagian perintah seperti link ke suatu halaman web yang masih ditampilkan dalam bentuk teks.

Browser dengan tampilan gambar ini antara lain Mozilla Firefox, Internet Explorer, MSN Explorer, Salamander, Google Chrome, Comodo Dragon, dan masih banyak lagi browser dengan tampilan antar muka grafis yang lain.

Browser berdasarkan Perangkat yang Digunakan
Berdasarkan perangkat yang digunakan, ada dua  jenis browser yaitu browser komputer yang digunakan untuk komputer dan browser handphone yang digunakan untuk handphone.

1.  Browser Komputer
Banyak sekali browser yang khusus diciptakan untuk komputer, baik itu komputer dengan sistem operasi Windows, Linux, maupun Macintosh. Masing-masing browser ini mempunyai spesifikasi khusus yang tidak bisa dipakai untuk Sistem Operasi lain.
Bermacam-macam browser untuk komputer antara lain Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera, Safari, dan masih banyak lagi macam-macam browser yang lain.

2. Browser untuk Handphone
Kebanyakan browser saat awal diciptakannya memang dikhususkan untuk digunakan pada komputer. Tetapi seiring dengan berkembangnya teknologi handphone, maka browser untuk handphone ini juga mengalami perkembangan yang cukup pesat. Ragam browser untuk handphone ini antara lain Opera Mini, Bolt, UCWeb, Firefox, Tea Shark,  dan masih banyak lagi macam-macam browser handphone yang lain.

Selain dari segi tampilan, sebenarnya masih ada beberapa kategori dari browser ini. Misalnya saja berdasarkan bahasa pemrograman yang digunakan, berdasarkan mesin yang digunakan, dan berdasarkan fitur-fitur yang ada di dalam browser. Sedangkan berdasarkan banyaknya jumlah pemakai browser, untuk browser komputer yang paling banyak digunakan adalah Mozilla. Awalnya,  Internet Explorer menjadi primadona. Sedangkan untuk browser handphone yang paling banyak digunakan adalah Opera Mini.

Speak Your Mind

*