Majalah Perempuan: Dunianya Kaum Perempuan

Perempuan adalah makhluk Tuhan yang diciptakan dengan segala keindahan dan kebutuhan. Jika boleh dibandingkan, jumlah produk yang disediakan di pasaran untuk perempuan jauh lebih banyak memiliki variasi dibandingkan dengan barang kebutuhan bagi kaum lelaki. Hal itu sepertinya disebabkan karena perempuan adalah makhluk terkompleks yang pernah diciptakan Tuhan.

Bisa dikatakan bahwa perempuan sebenarnya tidak terlalu paham dengan apa yang dibutuhkannya. Maka dari itu, perempuan seringkali membutuhkan waktu lama untuk memilih atau menentukan sesuatu. Mereka seringkali membolak-balik halaman majalah perempuan untuk berkali-kali memastikan hal apa yang sebenarnya ia butuhkan.
Majalah Perempuan

Majalah perempuan merupakan satu dari sekian banyak media yang dirasa cukup mampu mengcover hal-hal yang dibutuhkan wanita. Ketika membuka majalah perempuan, mereka seolah menemukan hal yang selama ini dicari. Majalah perempuan juga seringkali menjadi wadah eksistensi para wanita dari hiruk-pikuk kehidupan sosial yang cenderung lebih banyak diperankan oleh para lelaki.

Namanya saja sudah majalah perempuan, isi majalah tersebut tentu saja semuanya berhubungan dengan perempuan dan seluk-beluknya. Dalam majalah perempuan, sisi kompleks perempuan seolah terurai dan perlahan mulai terlihat jelas. Hal apa saja yang dibutuhkan wanita juga diuraikan secara “wanita”.

Ibarat dalam dunia khayal, ketika seorang perempuan membaca majalah yang dikhususkan bagi perempuan, ia seolah-olah tengah memasuki dunia yang berbeda. Sebuah dimensi ruang yang dirasa sangat mewakili dirinya. Dunia perempuan.

Majalah Perempuan untuk Remaja Putri

Berdasarkan segmen pasar, majalah perempuan terbagi dalam dua rentang usia pembaca. Remaja dan dewasa. Untuk majalah perempuan yang memiliki sasaran remaja, isi majalah disesuaikan dengan kebutuhan mereka yang masih belia. Isi majalah meliputi pemilihan bahasa yang lebih santai serta pilihan warna di setiap halaman yang cerah dan menyenangkan.

Perempuan harus selalu tampil cantik, minimal bersih. Jargon seperti itu banyak digaungkan oleh para penikmat kecantikan. Wanita yang tampil cantik dipercaya dapat menarik perhatian lawan jenis dengan mudah. Akibatnya, rubrik mengenai tips-tips kecantikan seolah menjadi hal wajib ada di setiap edisi majalah perempuan yang beredar di pasaran. Baik majalah perempuan untuk remaja maupun dewasa.

Rubrik tips kecantikan dan fesyen pada majalah perempuan khusus remaja putri tentu saja berbeda dengan rubrik kecantikan dan fesyen pada majalah perempuan khusus wanita dewasa. Rekomendasi gaya untuk remaja putri masih sangat mengacu pada perubahan model pakaian dari zaman ke zaman. Tips kecantikan pun akan dibuat sesederhana mungkin.

Majalah Perempuan untuk Perempuan Dewasa

Majalah perempuan untuk perempuan dewasa sebenarnya tidak terlalu memiliki perbedaan cukup jauh dengan majalah khusus remaja putri. Rubrik yang disediakan pun cenderung sama. Indikasi perbedaan antara keduanya bisa dirasakan lewat pemilihan bahasa yang lebih resmi serta pemilihan warna di setiap halaman yang lebih teduh.

Hal yang dirasa dapat membedakan keduanya, selain pilihan bahasa dan warna, adalah adanya rubrik lain yang khusus bagi perempuan dewasa. Misalnya, tips menjaga hubungan rumah tangga agar harmonis, tips menjadi ibu dan istri yang baik bagi keluarga, serta tips menjadi wanita karier yang baik.

Tips-tips dewasa tersebut tidak jarang juga ditemui pada majalah perempuan khusus remaja putri. Namun, tentu saja pembahasan tersebut tidak berkisar pada hubungan rumah tangga. Rubrik tersebut biasanya berisi tips-tips menjaga hubungan yang baik dengan teman atau kekasih.

Berbagai Konten dalam Majalah Perempuan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perempuan lebih banyak memilih, membaca hal yang sama secara berulang-ulang, dan tentu saja mempertimbangkan kembali pilihan mereka.

Oleh karena itu, majalah yang khusus diterbitkan dan disajikan untuk perempuan biasanya akan memuat berbagai macam konten berita, dari mulai fashion sampai tips tertentu untuk menunjang karir supaya lebih mapan dan memiliki jam terbang yang tinggi dalam bidang pekerjaan. Berikut adalah beberapa konten yang biasanya dihadirkan khusus dalam majalah perempuan.

1.    Tentang Cover Girl dalam Majalah
Bagi sebagian orang, terutama laki-laki, penampilan seseorang yang menghiasi sampul majalah tidaklah penting. Yang penting adalah bagaimana majalah tersebut mampu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh mereka, serta bermanfaat bagi kelangsungan hidup mereka.

Akan tetapi, hal tersebut tidak sama dengan apa yang dirasakan kebanyakan perempuan. Mayoritas perempuan sangat senang jika melihat penampilan seseorang dalam sebuah sampul majalah sehingga mereka seringkali menerka-nerka bagaimana kehidupan pribadi yang dimiliki oleh si gadis sampul tersebut.

Maka dari itu, majalah perempuan biasanya menampilkan rubrik khusus yang di dalamnya membahas berbagai tetek bengek si gadis sampul. Dari mulai biodata lengkap, hobi, sampai hal-hal yang disukai oleh si gadis sampul tersebut.

Adanya rubrik tersebut merupakan salah satu cara yang bisa membuat pembaca perempuan memilih untuk mengikuti tren yang diciptakan atau dicitrakan oleh si gadis sampul tersebut.

2.    Tentang Pria
Rubrik kedua yang biasanya muncul dalam majalah khusus perempuan adalah rubrik yang membahas mengenai lawan jenis alias pria. Rubrik ini juga sepertinya merupakan rubrik favorit yang akan dibuka terlebih dahulu oleh sebagian besar kaum perempuan.

Di dalam rubrik ini, perempuan bisa mengetahui lebih dalam mengenai karakter yang dimiliki oleh bermacam-macam pria. Lantas, jika sudah tahu bagaiman tipe dan karakter pria idaman, barulah dibaca tips dan trik untuk bisa menghadapi sifat-sifat pria tersebut.

Rubrik seperti ini juga biasanya membahas bagaimana membina hubungan yang sehat antara perempuan dan si dia alias kekasih pujaannya. Oleh sebab itu, dalam rubrik ini juga sering disuguhkan berbagai cara untuk bisa meluluhkan hati para lelaki.

3.    Fashion
Ini dia rubrik yang seringkali diincar oleh para pecinta fashion. Remaja perempuan pada umumnya lebih sering membuka majalah pada rubrik ini karena di rubrik ini, perempuan bisa mendapatkan pengalaman serta pelajaran mengenai tata cara menggunakan pakaian dan aksesoris yang sesuai dengan tren mode saat ini.

Sesuai dengan zamannya, para perempuan diajak untuk bisa mengikuti mode yang ada, namun tetap sesuai dengan karakter kepribadian masing-masing.

Bukan hanya itu, rubrik ini juga biasanya menampilkan berbagai tips mengenai cara merawat pakaian dan aksesoris kesayangan kita. Tidak heran jika dalam majalah khusus perempuan, rubrik ini punya banyak halaman dibandingkan dengan rubrik yang lain.

4.    Kecantikan
Rubrik berikutnya yang menjadi incaran para wanita adalah rubrik kecantikan. Berbagai tips mengenai cara merawat tubuh dari ujung kaki sampai ujung kepala ada di rubrik ini.
Selain itu, tips kecantikan juga biasanya memuat berbagai pilihan untuk mengonsumsi makanan sehat serta menjaga pola hidup agar tetap sehat dan cantik secara alami.

5.    Seks
Dalam majalah khusus perempuan dewasa, rubrik ini biasanya disajikan secara khusus. Berbagai hal mengenai masalah seksual dibicarakan di sini. Dari mulai hubungan intim yang terjadi antara suami isteri, posisi yang tepat untuk melakukan hubungan intim, waktu yang tepat untuk mendapatkan kenikmatan seksual, sampai masalah psikologis dan fisik yang berhubungan dengan masalah seksual.

6.    Karir dan Pengetahuan
Rubrik ini biasanya muncul pada majalah yang menyajikan tema cerdas dan inovatif bagi para perempuan modern sehingga perempuan tidak hanya dituntut untuk tampil cantik dan menarik, tapi juga berwawasan luas dan mampu menghadapi berbagai peluang karir yang menghampirinya.

Rubrik-rubrik tersebut merupakan sebagian besar rubrik yang dipilih oleh para wanita untuk bisa tampil cantik, sesuai dengan mode, menarik perhatian lawan jenis, dan tetap sehat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Speak Your Mind

*