Makanan & Minuman

Makanan dan minuman adalah salah satu bagian terpenting dalam dalam kehidupan. Tanpa makanan dan minuman, manusia tentu saja tak bisa hidup dan akan mati. Di zaman yang serba modern seperti saat ini, makanan serta minuman memiliki banyak jenis. Selain banyak ragamnya, rasanya pun lezat-lezat.

Perlu diketahui bahwa tak semua produk makanan atau minuman itu terjamin kesehatannya. Produk-produk pangan yang lezat dan sedap di lidah belum tentu termasuk makanan sehat. Nah, memilih makanan atau minuman sehat itu adalah hal yang sangat penting sebab akan memberi manfaat baik untuk tubuh.

Anda mungkin masih bingung seperti apa makanan serta minuman sehat itu. Oleh sebab itulah, berkut ini akan dijelaskan secara mendetail tentang makanan atau minuman sehat sehingga kita semua akan tahu betapa sangat pentingnya mengonsumni makanan serta minuman sehat untuk kesehatan.

Makanan dan Minuman Sehat

Sebenarnya, makanan sehat adalah makanan yang mempunyai zat-zat penting dan juga bermanfaat untuk tubuh. Makanan sehat pun mempunyai kandungan gizi seimbang (makanan yang baik bila dikonsumsi tubuh). Mengapa manusia penting mengonsumsi makanan serta minuman sehat? Tujuan mengonsumsi makanan atau minuman sehat sebenarnya untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan juga seluruh organ tubuh bisa berfungsi dengan baik.

Makanan sehat dan bergizi seimbang tidak selalu merupakan makanan enak atau berharga mahal. Makanan sehat adalah makanan dengan kandungan nilai gizi yang dibutuhkan tubuh sehingga perkembangan otak sekaligus pertumbuhan tubuh pun akan menjadi lancar. Anak yang tak mengonsumsi makanan bergizi dan asupan gizinya kurang biasanya pertumbuhannya lambat. Selain itu, si anak pun akan rentan terhadap berbagai penyakit.

Untuk memperoleh tubuh yang tumbuh normal, seseorang tak diharuskan makan secara berlebih sebab mengonsumsi makanan secara berlebihan bisa menyebabkan tubuh menjadi gendut.  Mempunyai tubuh gendut sebenarnya tak baik sebab orang yang bertubuh gendut cenderung malas beraktivitas dan kurang lincah. Tubuh gendut pun bisa membuat aliran darah kurang bekerja secara maksimal sehingga membuat jantung bekerja lebih berat.

Berkaitan dengan makanan serta minuman sehat, kita sebagai konsumen haruslah selektif memilihnya di pasaran untuk dikonsumsi sebab tak semua yang dijual di pasaran bermanfaat bagi tubuh. Produk makanan serta minuman yang tak sehat bisa menjadi sumber toksin yang cukup membahayakan kesehatan tubuh. Oleh sebab itulah, penting sekali untuk mengetahui seperti apa makanan serta minuman sehat itu sehingga kita tak salah pilih.

Perlu diketahui bahwa ada banyak jenis penyakit yang bisa menyerang tubuh hanya karena seseorang mengonsumsi makanan atau minuman enak. Disadari atau tidak disadari, makanan enak dan banyak disukai orang tersebut mungkin mengandung toksin yang akan terakumulasi dalam tubuh sehingga memicu munculnya penyakit. Timbulnya penyakit ini tentunya membahayakan kesehatan atau bahkan membahayakan nyawa manusia.

Makanan serta minuman yang kurang sehat dan banyak dijual di pasaran adalah makanan kaleng, fastfood, mie instan, makanan berpengawet, makanan yang mengandung pewarna, daging olahan, gorengan, dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana cara memilih makanan serta minuman yang dijual di pasaran? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Tip Memilih Makanan dan Minuman Sehat di Pasaran

Makanan dan juga minuman adalah sumber nutrisi penting untuk menghasilkan energi dan juga kesegaran tubuh kita. Mengonsumi makanan serta minuman yang proporsional akan lebih menjamin tubuh memperoleh asupan gizi seimbang sehingga daya tahan tubuh akan juga lebih tahan dari serangan penyakit.

Menyiapkan makanan atau minuman sehat bukanlah pekerjaan mudah sebab dibutuhkan waktu yang cukup untuk menyiapkannya. Karena beragamnya aktivitas serta terbatasnya waktu, banyak konsumen, mungkin termasuk Anda, sering tak sempat mengonsumsi makanan alami. Kondisi yang tak bisa dihindari seperti ini membuat para konsumen tersebut mencari makanan olahan.

Di pasaran, makanan serta minuman olahan beredar dijual dalam berbagai bentuk seperti platik, kaleng, botol, dan lain sebagainya. Tapi, tak semua produk pangan tersebut terjamin kesehatannya. Oleh sebab itulah, informasi lengkap seputar makanan atau minuman olahan tersebut wajib diketahui para konsumen seperti kandungan gizi, keamanan makanan atau minuman untuk kesehatan, dan lain sebagainya.

Berikut ini informasi penting yang wajib diketahui oleh para konsumen makanan atau minuman.

1. Harga

Harga sebuah produk mungkin saja berbeda-beda antara satu tempat dan tempat lainnya. Harga sebuah produk yang sama mungkin saja berbeda antara satu pasar dan pasar lainnya atau antara sebuah toko dengan toko lainnya. Oleh sebab itu, kita sebagai konsumen memiliki hak untuk memperoleh informasi sebanyak-banyaknya lalu membandingkannya dengan informasi lainnya sehingga akan bisa membeli dengan harga yang sesuai daya beli masing-masing.

Harga produk makanan dan minuman pun menentukan tingkat kesehatan produk tersebut. Jika sebuah produk yang dijual di tempat berbeda memiliki perbandingan harga sangat signifikan, tentunya kita harus hati-hati. Kita harus tahu kenapa sebuah produk tersebut dijual dengan harga murah. Bisa saja produk tersebut dijual murah karena telah kadalaursa. Jika membeli makanan yang telah kadaluarsa, tentunnya akan mengacam kesehatan.

2. Label

Sebelum membeli dan mengonsumsi makanan atau minuman dalam kemasan, konsumen harus memerhatikan informasi pada kemasan atau label produksi yang mencakup nama produk, daftar bahan yang dipakai, nama serta alamat produsen, berat atau isi bersih, dan tanggal kadaluwarsa. Pemberian label di makanan kemasan tersebut memiliki tujuan agar para konsumen memperoleh informasi yang jelas dan benar seputar produk tersebut.

3. Kemasan dan Perubahan Fisik

Hati-hati dengan kemasan makanan yang sudah rusak dan perubahan fisik produk makanan. Produk makanan atau minuman dengan keadaan kemasan yang telah rusak tak layak dikonsumsi. Dengan kondisi seperti itu, isi dari makanan atau minuman itu pun dipastikan sudah rusak karena terkontaminasi.

Makanan atau minuman yang telah terkontaminasi tentunya berbahaya sekali jika dikonsumsi. Orang yang mengonsumsinya akan mengalami keracunan sehingga keselamatan jiwanya akan terancam. Oleh sebab itulah, perhatikan dengan saksama bila ada bau tak sedap, perubahan bentuk, dan perubahan rasa. Perubahan-perubahan tersebut adalah tanda-tanda makanan atau minuman dalam kemasan tersebut sudah rusak.

4. Kadaluwarsa

Di setiap label produk makanan dan minuman olahan haruslah tercantum tanggal kadaluwarsa. Artinya, makanan dan minuman kemasan tersebut memiliki batas akhir yang aman untuk dimakan atau diminum sekaligus terjamin mutunya. Tentunya, hal ini harus ditunjang juga dengan penyimpanan yang sesuai petunjuk dari produsen.

Makanan atau minuman kadaluwarsa berarti sudah melewati batas akhir tanggal kadaluwarsa. Perlu diketahui bahwa makanan dan minuman yang sudah rusak, baik itu sebelum ataupun  setelah melewati tanggal kadaluwarsa, dianggap sebagai produk berbahaya. Bila sampai dikonsumsi, tentu akan membahayakan kesehatan atau bahkan akan mengancam keselamatan kita. Sebaiknya, para konsumen mengonsumsi makanan atau minuman kemasan sebelum batas akhir tanggal kadaluwarsa.

5. Teliti Memilih Makanan dan Minuman dalam Kaleng

Sebelum membeli makanan atau minuman dalam kaleng, pilihlah produk kaleng yang baik, yaitu tidak berkarat, tidak penyok, dan tidak cembung. Selain itu, pilih produk yang sudah terdaftar di Departemen Kesehatan dan perhatikan juga tanggal kadaluwarsanya. Jangan membeli produk yang tak mencantumkan nama serta alamat produsen dengan jelas.

Perhatikan juga dengan saksama bahan baku serta bahan tambahan yang dipakai. Lalu, bandingkan harga dan juga isinya. Ingat, konsumsilah dan simpan di tempat yang sesuai dengan petunjuk penyimpanan.

Itulah tip memilih makanan dan minuman sehat. Semoga bermanfaat!

 

Speak Your Mind

*