Make Up Artist dalam Dunia Entertaiment

Ilustrasi make up artist

Make up artist ada dan penting dalam dunia entertaiment, bukan sekedar untuk mempercantik dan memperindah penampilan.Make up untuk artist diperlukan untuk mendukung cerita dalam peran yang akan dimainkan.

 

Sebuah cerita film atau sinetron akan kurang lengkap jika tanpa di dukung peran make up artis. Memerankan karakter orang yang berwatak keras misalnya, maka wajah pemain perlu di make up dengan memunculkan wajah yang memiliki sifat keras misalnya rahang dibuat agak menonjol atau segi empat.

 

Berperan tua, padahal pemain terpilih masih muda, maka make up artis akan memberi sentuhan khusus agar kelihatan seperti orang berumur dengan gurat-gurat di kening dan sebagainya.Dengan Make up artis maka jalan cerita yang ditampilkan dapat saling mendukung.

 

Make Up Artist Wanita

 

Make up tidak bisa dipisahkan dengan wanita dalam penampilannya.Apalagi wanita tersebut adalah seorang artis atau publik figur tentu sangat membutuhkan make up artis. Pekerjaan menjadi make up untuk artist ada berbagai macam.

 

Make up untuk artist dalam rumah produksi film atau sinetron dan make up untuk artist wanita yang lebih sebagai perias wajah artis secara pribadi.Dibutuhkan keahlian berbeda meskipun sama-sama menangani make up untuk artist.

 

Menjadi make up untuk artist di rumah produksi berarti harus ahli merias atau make over wajah dengan berbagai macam karakter, misalnya sedih,seram,lugu,tua dan sebagainya. Make up artist pribadi lebih dikhususkan pada spesial wajah yang menjadi kliennya.

 

Misalnya artis yang menjadi klien pribadi adalah seorang penyanyi maka dalam setiap penampilan artis tersebut akan dirias dengan menonjolkan ke khasan penyanyi tersebut dengan disesuaikan kebutuhan penampilan.

 

Make Up Artist Pribadi

 

Artis wanita terkenal baik film,sinetron, atau penyanyi dalam kesehariannya pasti membutuhkan jasa make up artis.Mereka tidak selalu bisa dan punya waktu untuk me make over wajah dan penampilannya sendiri.Sehingga tidak aneh jika seorang artis terkenal akan memiliki make up untuk artist pribadi.

 

Mereka para make up untuk artist pribadi ini akan siap bersama sang artis kemana pun sepanjang diperlukan.Misalnya sang artis harus promo tour keliling Indonesia, maka dia harus ikut karena pada saat itulah jasanya diperlukan.

 

Seorang artis wanita biasanya tidak mau dan tidak selalu cocok dengan make up untuk artist sembarangan. Mereka takut kosmetik yang dipakai tidak cocok atau sang make up cabutan tidak memahami karakter wajahnya. Resiko wajah rusak atau penampilan wajahnya menjadi aneh dan membuatnya tidak pede yang berimbas merusak keseluruhan penampilan.

 

Bagi artis terutama wanita penampilan adalah utama, apalagi wajah sebagia salah satu modal dalam melakukan pekerjaan. Untuk itulah make up untuk artist sangat diperlukan.

 

Di balik Make Up Artist, yang Dianggap Bukan Sekadar Perlu tapi Penting

 

Bagi artis wanita memiliki make up untuk artist pribadi bukan sekedar perlu namun penting. Memiliki make up untuk artist memang mahal namun hasil yang diperoleh memuaskan.Dalam setiap kesempatan tampil dapat merias wajah dengan cepat dan hasilnya bagus karena dikerjakan oleh ahlinya.

 

Memiliki make up untuk artist pribadi menguntungkan karena artis akan tampak sempurna setiap kesempatan sehingga dapat membantu meningkatkan karier sebagai artis. Sebagai artis memiliki wajah sempurna dan terawat adalah salah satu keuntungan tersendiri selain kompetensi khusus yang dimiliki sebagai artis.

 

Make up untuk artist bagi wanita yang bergelut dibidang seni merupakan hal wajib.Tanpa make up artis seorang wanita yang berprofesi artis akan nampak anggun dan cantik serta elegan sehingga tidak menutup kemungkinan dapat menjadi trend setter bagi wanita lainnya.

 

Itulah memang yang ada di dalam kehidupan kita sat ini. di mana artis yang sering sekali muncul di layar televisi kita dianggap sebagai suri tauladan atau contoh bagi masyarakat secara real. Apa yang ditampilkan di dalam televisi akan dianggap sebagai sebuah hal yang benar sehingga akan menginspirasi orang lain yang melihatnya untuk meniru atau mencontoh apa yang ada.

 

Termasuk juga bagaimana seorang artis memake up dirinya sehingga tampak lebih cantik dan menarik lagi. Banyak artis yang melakukan segala macam hal untuk membuat dirinya tampak lebih cantik. Dan ini pula yang dilakukan atau dicontoh oleh kebanyakan wanita yang ada di masyarakat.

 

Namun dalam melakukan hal ini, sepatutnyalah untuk dipahami bagaimana hakikat memakai make up itu sendiri atau bagaimana sejatinya berdandan atau menghias diri itu.

 

1. Menghias diri atau mempercantik diri hanya untuk dilihat oleh mahram terutama oleh suami. Justru ini jika dilakukan akan membuat ridho atau senang suami maka akan menambah pahala yang ada bagi si wanita tersebut.

 

Seperti apa yang ada di dalam hadist Nabi berikut ini, “Sebaik-baik isteri adalah yang menyenangkan jika engkau melihatnya, taat jika engkau menyuruhnya, serta menjaga dirinya dan hartamu di saat engkau pergi.” Menyenangkan suami ini dapat dengan cara menghias diri sehingga ketika suami melihatnya maka akan senang dengan keadaan dari si istri.

 

2. Sedangkan ketika seorang wanita mempercantik dirinya untuk dilihat atau ditunjukan kepada pria ajnabi atau pria lain yang bukan mahrom, hal ini adalah hal yangs angat dilrang dan bahkan akan menyebabkan menerima dosa.

 

Dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain tudung kedadanya dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka …..” Al Quran Surat An Nur ayat 31.

 

Jadi memang seorang wanita tidak boleh untuk memperlihatkan apa yang sebenarnya harus ia tutupi atau yang tak boleh ia perlihatkan. Terutama dalam hal berhias. Sejatinya islampun telah memberikan batasan mengenai apa saja yang diperolehkan atau apa saja yang dilarang dalam hal berhias ini.

 

1. Kewajiban muslimah

 

Allah sebagai pencipta manusia telah menentukan aturan mengenai pakaian yang harus dikenakan oleh muslimah. Ada dua jenis pakaian yang disyariatkan untuk dipakai. Yaitu kerudung dan juga jilbab.  Hal ini sesuai denga apa yang sudah difirmankan Allah di dalam Al quran.

 

Dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain tudung kedadanya dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka …..” Al Quran Surat An Nur ayat 31.

 

‘’Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya[1232] ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.’’ Al Quran Surat Al Ahzab ayat 59

 

Kedua jenis pakaian inilah yang wajib atau mau tak mau harus dipakai oleh wnaita muslimah.

 

2. Dilarang menunjukan hal yang seharusnya ditutupi

 

Ini adalah kewajiban wanita muslimah yang dapat dilakukan dengan memakaikan kedua hal yang telah disebutkan di poin pertama. Namun ketika wanita muslimah tidak memakai jilbab dan kerudung maka ia akan melanggar aturan ini karena telah memperlihatkn auratnya kepada pria lain yang seharusnya tidak diperbolehkan untuk melihatnya.

 

Hal ini sesuai dengan hadist nabi yang berbunyi, “Ada dua golongan manusia yang menjadi penghuni neraka, yang sebelumnya aku tidak pernah melihatnya; yakni, sekelompok orang yang memiliki cambuk seperti seekor sapi yang digunakan untuk menyakiti umat manusia; dan wanita yang membuka auratnya dan berpakaian tipis merangsang berlenggak-lenggok dan berlagak.  Mereka tidak akan dapat masuk surga dan mencium baunya.  Padahal, bau surga dapat tercium dari jarak sekian-sekian.” [HR. Imam Muslim]

 

Sehingga memang ketika wanita memakai pakaian yang tipis atau menunjukan auratnya maka itu adalah termasuk pelanggaran hukum syara’. Selain itu wanita muslim juga dilarang untuk memakai parfum atau wewangian.

 

Siapapun wanita yang memakai wewangian kemudian melewati suatu kaum agar mereka mencium baunya, berarti ia telah berzina.”[HR. Imam al-Nasaaiy]. Karena memang parfum yang dipakai ini dapat merangsang atau memunculkan nafsu birahi dari siapa saja yang menciumnya.

 

Sebagai muslimah yang menginginkan untuk mendapatkan surgaNya Allah maka pastilah mau untuk tunduk dan patuh kepada semua aturan Allah yang ada untuk dirinya dan seluruh muslimah yang ada di dunia ini.

 

Termasuk dalam hal berdandan atau memakai make up ini atau make up artis yang banyak memberikan inspirasi untuk berdandan. Kalau begitu berdandan saja yang secantiknya untuk suami tercinta. Dan ini malah akan mendatangkan banyak pahala bagi diri si wanita.

Speak Your Mind

*