Manfaat Internet di Bidang Pendidikan

Manfaat internet di bidang pendidikan – Internet atau jaringan luas yang melingkar dan membawa setiap orang ada di dalamnya, merupakan satu produk teknologi yang menjadikan dunia bulat ini menjadi datar. Kita dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan banyak orang untuk berbagai keperluan hidup. Begitu juga halnya dengan kegiatan pendidikan, maka kita sangat mengakui manfaat internet di bidang pendidikan sangatlah besar.Dengan adanya internet, maka proses pendidikan semakin terbuka dan memungkinkan eksplorasi secara maksimal. Internet dan jaringannya dapat dirangkai di sekolah sebagai warnet sekolah. Dan ini berawal dari teknologi komputer itu sendiri.

Komputer telah mengubah cara kita bekerja, baik itu profesi apa pun. Oleh karena itu, adalah wajar bahwa peran komputer dalam pendidikan telah diberi banyak penting dalam beberapa tahun terakhir. Komputer memainkan peran penting dalam segala bidang.

Komputer membantu proses industri, mereka menemukan aplikasi dalam kedokteran, dan merupakan alasan mengapa industri perangkat lunak yang dikembangkan dan berkembang dan mereka memainkan peran penting dalam pendidikan. Ini juga mengapa sistem pendidikan telah membuat pendidikan komputer merupakan bagian dari kurikulum sekolah.

Mengingat penggunaan teknologi komputer hampir menyeluruh setiap bidang kehidupan, penting bagi setiap orang untuk memiliki setidaknya pengetahuan dasar menggunakan komputer. Mari kita lihat apa peran teknologi komputer bermain di sektor pendidikan.

Komputer dalam Pendidikan

Teknologi komputer telah memiliki dampak yang mendalam pada sektor pendidikan. Berkat komputer, pendidikan menanamkan telah menjadi lebih mudah dan jauh lebih menarik dari sebelumnya. Karena kapasitas memori komputer, potongan besar data dapat disimpan di dalamnya.

Komputer memungkinkan pengolahan data secara cepat dengan peluang sangat kurang atau tidak ada kesalahan dalam pengolahan. Jaringan komputer membantu komunikasi cepat dan memungkinkan akses web. Menyimpan dokumen di komputer dalam bentuk soft copy, bukan yang keras, membantu menghemat kertas. Keuntungan dari komputer dalam pendidikan terutama meliputi:

  • Penyimpanan informasi
  • pengolahan data
  • Audio-visual dalam mengajar
  • penyajian informasi
  • Akses ke Internet
  • komunikasi antara siswa, guru dan orang tua

Komputer memainkan peran penting dalam sistem pendidikan modern. Siswa merasa lebih mudah untuk merujuk ke Internet daripada mencari informasi dalam buku lemak. Proses pembelajaran telah melampaui belajar dari buku teks yang ditentukan.

Internet sendiri adalah gudang jauh lebih besar dan lebih mudah-untuk-akses informasi. Ketika datang untuk menyimpan informasi yang diambil, lebih mudah dilakukan pada komputer daripada mempertahankan catatan tulisan tangan.

Pendidikan online telah merevolusi industri pendidikan. Teknologi komputer telah membuat impian pembelajaran jarak jauh, kenyataan. Pendidikan tidak lagi terbatas pada ruang kelas. Ia telah mencapai jauh dan luas, berkat komputer. Lokasi fisik jauh lebih dekat karena aksesibilitas internet.

Jadi, jika siswa dan guru tidak berada dalam tempat yang sama, mereka dapat berkomunikasi dengan baik dengan satu sama lain. Ada banyak program pendidikan secara online, dimana siswa tidak diharuskan untuk menghadiri kelas-kelas atau hadir secara fisik untuk kuliah. Mereka dapat belajar dari balik kenyamanan rumah mereka dan menyesuaikan timing sesuai kenyamanan mereka sendiri.

Gerak Stimultan di Sekolah

Manfaat internet di bidang pendidikan juga dapat kita rasakan ketika kita menghadapi permasalahan atas materi atau proses pendidikan dan pembelajaran yang kita jalani saat itulah, kita dengan mudah dapat memperoleh bantuan atau dukungan untuk menyelesaikan masalah.

Ketika kita mendapat kesulitan mengenai materi pelajaran, maka kita dapat mencari tambahan informasi di internet. Jika internet dan jaringannya kita jadikan media pembelajaran, maka proses dapat lebih praktis. Tetapi, kita berbenturan pada keterbatasan sarana dan prasarana pendukung. Keterbatasan yang kita miliki bukan satu halangan untuk meningkatkan kemampuan secara cepat dan tepat.

Ketika materi perihal internet menjadi salah satu bagian dari kompetensi keahlian, maka semua orang berusaha untuk menguasai dan memahaminya. Berbagai pelatihan dasar diikuti untuk dapat memperoleh pengetahuan atau keterampilan terkait dengan internet.

Dalam proses pembelajaran, kita selalu memberikan informasi apa dan bagaimana dengan internet. Harapan kita, jika siswa memahami eksistensi dari internet, maka mereka segara dapat bersikap terhadap internet tersebut.

Bahwa internet dan jaringannya merupakan satu wahana pembelajaran dan pendidikan yang efektif. Beberapa manfaat internet di bidang pendidikan dapat kita ungkapkan sebagai berikut:

Internet sebenarnya jika kita analisa kasar saja, adalah sebuah perpustakaan online yang  luar biasa besarnya. Apapun yang kita inginkan dapat kita temukan dan peroleh secara cepat dan tepat., jika guru atau buku tidak mampu memberikan informasi secara tepat atau kita merasa kurang puas dengan penjelasan yang diberikan oleh guru, maka kita dapat menambah pengetahuan tersebut dari internet.

Misalnya, dengan memencet Anneahira, maka kita dapat memperoleh berbagai macam artikel terkait dengan berbagai macam aspek kehidupan. Jika kita browsing ke Anneahira, maka kita diberikan berbagai menu, termasuk dalam hal ini pendidikan.

Dalam waktu yang sangat cepat, kita dapat memperoleh apa yang kita perlukan, dari masalah yang dianggap remeh sampai pada masalah yang rumit dan besar. Dengan demikian, maka jelas bagi kita manfaat internet di bidang pendidikan.

Tempat Eksplorasi Kemampuan

Internet itu merupakan tempat mengeksplorasi kemampuan diri. Dengan internet, maka kita dapat menunjukkan kepada khalayak atas kemampuan yang ada di dalam diri kita. Seperti kita ketahui, sangat banyak siswa kita yang mempunyai kemampuan terpendam. Keterpendamannya adalah karena mereka belum menemukan tempat atau wadah menuangkan kreativitasnya.

Salah satu bentuk eksplorasi internet dalam kegiatan pendidikan adalah blogger. Dengan memanfaatkan blogger, maka siswa dapat mengaktualisasikan kemampuan dirinya, terutama dalam bidang tulis menulis, setidaknya membuat catatan harian. Anak-anak yang mempunyai potensi dapat menggunakan fasilitas blog ini untuk menuangkan karya tulisnya. Dan, guru dapat melakukan penilaian setiap saat.

Internet juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran interaktif, artinya  jika guru dan siswa online secara bersama-sama, maka pada saat itulah mereka dapat saling sharing. Tentunya dalam kondisi seperti ini, maka tingkat keikutsertaan siswa lebih tinggi. Mereka juga mengikuti proses secara ringan sebab tidak berhadapan langsung dengan guru.

Kita harus mengakui bahwa banyak anak yang ‘takut’ saat berhadapan dengan guru. mereka merasa takut, enggan, malu jika pada saat proses belajar tidak dapat. Tetapi dengan cara online ini, maka mereka terbebas dari semua itu. Anak-anak dapat belajar secara bebas dan bertanya tanpa batasan. Ini merupakan manfaat internet di bidang pendidikan, yang masih belum digarap secara maksimal.

Media Kewirausahaan

Terkait dengan pembekalan seutuhnya bagi siswa, maka internet dapat dimanfaatkan sebagai media kewirausahaan. Hal ini karena kita dapat melakukan proses usaha melalui internet. Ada banyak orang yang sukses dengan memanfaatkan internet secara maksimal. Ini merupakan peluang usaha yang masih terbuka luas. Oleh karena itulah, guru harus dapat memproyeksikan proses pendidikan dan pembelajarannya kearah ini.

Guru yang berpandangan luas ke depan, pasti mampu menerjemahkan kurikulum dan menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Dan, manfaat internet di bidang pendidikan memang sangat luas dan terbuka untuk setiap orang. Jika mereka memanfaatkan internet secara efektif, maka pendidikan dan pembelajaran kewirausahaan dapat dilakukan di sini.

Jika para civitas pendidikan benar-benar mengksplorasi kemampuan yang dimiliki, maka manfaat internet di bidang pendidikan benar-benar dapat dijadikan sebagai wadah kegiatan efektif dalam kehidupan. Internet dan jaringannya harus dimanfaatkan semaksimalnya, khususnya dalam dunia pendidikan agar proses dan hasil proses dapat maksimal.

Speak Your Mind

*