Manfaat Jus Buah dan Sayuran

Ilustrasi jus buah dan sayuranJika ingin hidup sehat, perbanyaklah makan buah dan sayuran. Mengapa? Karena buah dan sayuran mengandung serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Nah, Salah satu olahan  buah dan sayuran tersebut bisa disajikan dalam bentuk jus.

Jus buah dan sayuran bisa kita dapatkan di mana-mana. Di restoran, cafe, warung-warung penjual makanan, atau stand khusus yang bisa kita temui di pinggir jalan.

Tentu cara ini sangat efektif untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita akan serat. Serat  merupakan salah satu unsur pembentuk pola makanan sehat yang harus kita konsumsi setiap hari, yaitu yang biasa kita kenal dengan empat sehat lima sempurna. Serat bisa kita peroleh dari buah dan sayuran.

Serat kita perlukan agar proses di dalam tubuh dapat berjalan dengan sempurna. Jika kita tidak mengonsumsi serat dalam waktu yang lama, maka akan menyebabkan berbagai hal terjadi pada tubuh kita. Di antaranya konstipasi atau susah buang air besar. Bahkan, bisa juga menyebabkan wasir atau ambeien.

Solusi Mudah Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

Namun, banyak orang kurang suka mengonsumsi buah dan sayuran. Mereka lebih menyukai masakan yang berbahan ikan dan daging karena memang lebih lezat dan nikmat. Maka untuk orang-orang seperti ini, serat dapat kita olah menjadi jus buah dan sayuran dengan tambahan beberapa rasa yang membuat mereka menjadi lebih suka. Bisa juga diolah dalam bentuk masakan yang lain. Tidak harus dikonsumsi secara alami.

Menjaga Zat Gizi Tetap Utuh

Tetapi, pengolahan buah dan sayuran ini pun sebaiknya diperhatikan pula. Karena, di samping serat, buah dan sayuran juga mengandung mineral dan vitamin yang juga diperlukan oleh tubuh. Pengolahan yang tidak tepat akan menyebabkan zat-zat tersebut menjadi rusak. Jus buah dan sayuran merupakan cara yang efektif untuk menjaga agar zat-zat yang terkandung di dalam buah dan sayuran tidak hilang atau rusak.

Membuat Awet Muda

Manfaat lain yang bisa kita dapat dengan mengonsumsi jus buah dan sayuran adalah dapat membuat kulit kita menjadi awet muda, karena kandungan vitamin E dan zat antioksidan didalamnya. Banyak mengonsumsi buah dan sayuran membuat kulit tetap kencang dan elastis tanpa perlu mengonsumsinya dalam bentuk suplemen yang diproses secara tidak alami.

Manfaat Jus Buah dan Sayuran

Buah-buahan memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Buah-buahan adalah jenis makanan yang dapat langsung dimakan atau bisa juga diolah, misalnya menjadi kripik, manisan, atau jus.

Bagi Anda yang sudah menjadikan minum jus buah dan sayuran sebagai gaya hidup, itu adalah pilihan yang tepat. Anda dapat menghabiskan sebutir apel dalam waktu sekejap jika diolah menjadi jus. Bahkan, Anda bisa menghabiskan 2–3 buah sekaligus dalam satu waktu. Adapun manfaat jus adalah sebagai berikut:

Membantu Pertahanan Tubuh

Konsumsi makanan yang masuk dalam tubuh harus berimbang, yaitu memperhatikan berbagai kebutuhan tubuh seperti vitamin, mineral, kalsium, kalori dan lain-lain. Di era yang semakin cepat ini, banyak didapatkan berbagai produk makanan yang cepat saji. Tentu umumnya makanan yang cepat saji atau isntan tersebut mengandung kalori yang tinggi dan serat yang tidak banyak. Karena memang sayuran jarang menjadi menu makanan cepat saji.

Mengatasi kekurangan vitamin dan serat dapat memanfaatkan jus sebagai pengimbangnya. Dengan begitu tubuh tidak akan kekurangan zat yang diperlukannya dalam menjaga keseimbangan berbagai organ.

Mengendalikan Kolesterol dalam Tubuh

Banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa kolesterol dapat dilawan dengan makanan yang bersumber dari nabati. Salah satu adakah jenis buah-buahan. Menghilangkan kolesterol yang melekat pada tubuh memang pekerjaan yang tidak gampang, diperlukan olahraga yang rutin serta pola makan yang benar dan sehat.

Konsumsilah jus setiap hari untuk melawan kolesterol dalam tubuh. Untuk mengatasi kebosanan, Anda dapat mengatur jadwal jus setiap harinya agar enak di lidah.

Menjaga Pencernaan

Serat didapatkan dari makanan dari nabati seperti roti, nasi, sayuran dan buah. Dengan meminum jus buah setiap hari akan memastikan jumlah serat yang masuk tubuh terpenuhi dengan baik.

Mencegah Kanker

Buah apel misalnya yang dipercaya sebagai buah dengan kandungan antioksidan yang baik dapat menjadu menu jus kita setiap beberapa hari sekali.

Mempercepat Proses Pemulihan

Bila sedang mengalami sakit, dokter atau ahli medis tentu menyarankan kita untuk rutin memakan buah dan sayuran. Karena dari kedua bahan makanan tersebut dapat memulihkan tubuh dengan cepat setelah masa sakit.

Menjaga Kulit Awet Muda

Banyak wanita dan kaum mudi yang percaya bahwa jus buah dan sayuran dapat mengencangkan kulit dan menghambat keriput muncul di kulit, terutama pada wajah. Kalau dipikirkan masuk akal juga karena jus buah mengandung berbagai vitamin, mineral, antioksidan yang berguna untuk menjaga dan mengganti sel yang rusak pada jaringan kulit.

Aneka Jus Buah dan Sayuran bagi Pengobatan

Jika buah-buahan di atas merupakan buah yang rasanya sangat enak dan nikmat dikonsumsi dalam bentuk apa saja, maka sekarang ini kita akan membahas aneka jus buah yang berkhasiat mengobati penyakit tertentu.

Beberapa jus buah yang baik untuk pengobatan memiliki rasa yang sama enaknya dengan jus buah yang bisa kita makan untuk menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh. Buah-buahan tersebut adalah buah sirsak, buah jambu biji, buah salak, buah mangga, dan buah pepaya.

Jus buah sirsak dipercaya mampu mencegah dan mengobati penyakit tumor dan kanker. Kandungan antioksidannya mampu menghalangi sel kanker untuk berkembang biak dan menjadikan tubuh kita sebagai sarang penyakit tersebut. untuk mendapatkan khasiatnya, kita bisa mengonsumsi jus buah sirsak dua kali sehari, yakni pagi dan sore setelah makan.

Jika Anda mengalami sakit perut yang berlebihan atau diare, Anda bisa menggunakan jus buah salak sebagai alternative pengobatan alami. Jus buah ini mampu menghentikan intensitas feses yang berlebihan.

Nah, kalau Anda merasa sakit kepala, pegal-pegal, atau merasakan nyeri lainnya, Anda bisa meminum jus buah mangga untuk mengobati rasa sakit tersebut. Jus buah mangga ini dipercaya mampu menghilangkan rasa sakit yang terjadi pada tubuh karena mampu menstabilkan pembuluh darah yang menyempit atau yang melebar sehingga menjadi normal kembali.

Lantas jika Anda memiliki masalah kesulitan dalam buang air besar, konsumsi saja jus buah papaya yang kaya akan serat dan vitamin C sehingga memudahkan Anda untuk membuang semua kotoran dan sisa makanan yang terdapat di dalam saluran pencernaan Anda.

Jika aneka jus buah tersebut memberikan khasiat bagi penyakit yang menghampiri tubuh Anda tanpa memberikan rasa yang tidak enak, sekarang giliran kita mencoba alternative pengobatan tradisional lainnya dengan menggunakan jus buah yang memang benar-benar obat.

Salah satu jus buah yang memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh adalah buah mengkudu. Buah yang memiliki bau yang khas dan rasa yang pahit tersebut sangat ditakuti banyak orang.

Akan tetapi, khasiatnya yang ajaib mampu membuat banyak orang berhasil mengalahkan ketakutan mereka pada rasa dan bau dari buah tersebut. Jus mengkudu berkhasiat untuk menghilangkan pegal-pegal, menghilangkan rasa sakit, mengobati penyakit tumor dan kanker, serta penyakit lain yang berhubungan dengan antioksidan dan sistem kekebalan tubuh.

Untuk mendapatkan khasiat yang mampu menyegarkan tubuh dan membuat kita semakin refresh, kita bisa memilih buah-buahan yang banyak mengandung air untuk dibuat aneka jus buah.

Beberapa buah yang banyak mengandung air adalah buah melon, buah semangka, buah jeruk, buah mangga, dan buah naga. Semua buah tersebut bisa dimakan langsung, tapi bisa juga dioleh menjadi jus buah atau salad dan koktail buah.

Untuk membuat jus buah, gula yang ditambahkan jangan terlalu banyak karena kandungan gula yang terlalu banyak juga tidak terlalu baik untuk kesehatan tenggorokan dan saluran pencernaan.

Lalu, untuk mendapatkan khasiat dalam membuat perut kenyang, Anda bisa membuat aneka jus buah yang mengandung protein dan karbohidrat. Buah-buahan yang bisa membuat kita kenyang adalah buah alpukat, buah pisang, dan buah salak.

Sementara itu, untuk menjaga kesehatan kulit dan mata, kita bisa mengolah aneka jus buah dan sayuran yang terbuat dari bahan dasar buah tomat, buah wortel, buah mangga, buah jambu biji, dan buah-buahan lain yang mengandung beta karotene.

Selain mengobati berbagai jenis penyakit di dalam tubuh, jus buah mengkudu juga berkhasiat membuat kulit dan tubuh Anda menjadi halus sehingga tampak lebih awet muda.

Speak Your Mind

*