Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Kulit

Ilustrasi manfaat kunyit untuk kulitKunyit adalah tumbuhan Asia Tenggara, dan hanya dapat tumbuh didaerah tropis. Kunyit tidak dapat tumbuh didaerah dingin, karena hanya dapat tumbuh dengan temperatur 200-300 C. Untuk dapat tumbuh, daerah tersebut harus mempunyai curah hujan yang normal dan tidak berlebih.

Manfaat Kunyit untuk Kulit merupakan bagian dari kelebihan kunyit selain kelebihan nya sebagai varian tumbuhan banyak digunakan untuk menyedapkan makanan (bumbu dapur) atau memberi warna pada makanan. Selain itu, kelebihan kunyit yang lain adalah untuk menyehatkan kulit dan menjadi daya tahan tubuh.

Beragam Manfaat Kunyit

Simak resep berikut dan praktekkan dalam kehidupan sehari-hari Anda.

    1. Kunyit dapat mencegah panas dalam. Ambil 1 biji kunyit yang agak besar, lalu bersihkan kunyit sampai tidak tersisa lagi bekas tanah yang menempel. Kuliti sampai bersih, parut kunyit sampai mempunyai bagian-bagian yang kecil. Sisihkan. Ambil gula merah dan potong secukupnya, campurkan keduanya bersamaan dengan menggunakan air panas. Aduk dan sampai terlihat mengental, lalu parutan kunyit tadi Anda saring, dan minum selagi hangat. Lakukan terus, sampai panas dalam Anda hilang.
    1. Kunyit dapat mencegah keputihan. Ambil 2 ruas kunyit, satu genggam daun beluntas, satu gagang asam, sepotong gula aren. Bersihkan dulu semua bahan, lalu bahan direbus secara bersamaan sampai air mendidih, jika sudah mendidih, saring bahan dan minumlah secara rutin, satu gelas per hari.
    1. Mencegah gatal-gatal dan penyakit kulit. Ambil 1 ruas kunyit, bersihkan lalu parut kunyit. Ambil biji cengkeh lalu ditumbuk, parutan kunyit tadi Anda campurkan dengan tumbukan biji cengkeh dan bunga melati. Remas-remas, lalu balurkan pada tubuh yang gatal. Untuk mencegah luka, Anda cukup mencampurkan parutan kunyit dan asam kawak, balurkan sampai luka mongering dan tidak terasa sakit lagi.
    1. Mencegah rasa tidak nyaman dimulut seperti sariawan, bengkak pada mulut, dan gatal-gatal pada tenggorokan. Bersihkan kunyit terlebih dahulu, lalu parut kunyit dan campurkan air perasannya dengan sedikit garam. Lakukan terus sampai rasa sakit hilang.
    1. Akar kunyit dipercaya dapat menyembuhkan penyakit rematik dan bengkak-bengkak pada tubuh Anda.

Karena kunyit mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, kunyit dipercaya dapat menurunkan kolesterol, dan menyempitkan arteri, selain itu kunyit dapat mencegah penyakit serangan jantung mendadak.

Kunyit yang mempunyai kandungan vitamin C dan E yang tinggi juga karatenoid ini adalah sejenis makanan herbal yang dapat menghalangi oksigen berlebih yang masuk dalam badan. Oleh karena itulah, selain meningkatkan daya tahan tubuh, kunyit juga dapat mencegah masuk angin.

Manfaat Kunyit – Penggunaan Obat

    • Kunyit adalah agen antiseptik dan antibakteri alami dan karenanya digunakan secara teratur sebagai disinfektan untuk luka dan luka bakar.
    • Kunyit juga dikenal untuk digunakan sebagai ekspektoran untuk batuk. Kunyit bubuk dilarutkan dalam susu hangat adalah obat yang terkenal untuk batuk.
    • Kunyit ini dikatakan memiliki kemampuan untuk membersihkan dahak dan mengurangi kejang asma dan karenanya digunakan sebagai obat untuk penderita asma.
    • Kunyit bubuk yang dikombinasikan dengan biji jintan atau gulma uskup membuat obat yang efektif untuk flu biasa.
    • Kunyit juga digunakan untuk mengobati gangguan perut. Kunyit dicampur dengan buttermilk atau yoghurt diencerkan sebagai obat untuk gangguan lambung.
    • Pasta Kunyit juga dikenal memiliki efek peremajaan pada hati.
    • Perasan rimpang kunyit mentah merupakan obat yang efektif untuk mengusir cacing usus.
    • Kunyit juga sedang diselidiki untuk pengobatan penyakit alzheimer. Baca informasi lebih lanjut tentang penggunaan kunyit dalam penyakit Alzheimer.

Manfaat Kunyit – Kecantikan dan Perawatan Kulit

    • Kunyit memiliki beberapa kegunaan di bagian kesehatan dan kecantikan. Baca tentang manfaat kunyit.
    • Kunyit adalah obat yang sangat efektif untuk gangguan kulit seperti bintik-bintik, jerawat kering, atau perubahan warna.
    • Kunyit sering digunakan dalam kombinasi dengan cendana, dan susu sebagai paket wajah yang membantu meremajakan untuk meningkatkan kulit ketika dipakai secara teratur.
    • Kunyit juga digunakan dalam produksi lotion tabir surya serta beberapa produk pemutih herbal.
    • Dan hebatnya kunyitpun di gunakan untuk memperbaiki saraf kulit bagian dalam tubuh, sebagaimana yang akan dijelaskan dengan lebih lengkap di bawah ini.

Perbaikan Saraf pada Kunyit

Kenyataan bahwa kunyit bekerja sebagai pereda nyeri yang hebat dan anti-inflamasi agen bukanlah satu yang tidak diketahui. Perda seperti susu kunyit digunakan dalam banyak kebudayaan etnik yang eksotik untuk mempercepat penyembuhan luka dan untuk memberikan bantuan dari demam dan infeksi bakteri.

Jadi, apa itu tentang kunyit yang memberikan semua sifat obat? Nah, seperti yang bisa Anda pelajari lebih lanjut, adanya senyawa kimia yang disebut curcumin yang menjadi senjatanya kunyit. Curcumin adalah polifenol alami. Polifenol alami adalah kelompok organik antioksidan yang memiliki efek menguntungkan yang besar pada tubuh ketika dikonsumsi.

Laboratorium penelitian dan percobaan telah membuktikan tanpa keraguan bahwa kurkumin memiliki sifat anti-inflamasi, antibiotik dan anti kanker yang sangat ampuh. Memang, sistem pengobatan tradisional budaya Oriental banyak (seperti Cina, India, dll) melakukan mempertahankan bahwa penggunaan rutin kunyit dan rempah-rempah lain yang mengandung kurkuminoid (seperti jahe) dalam memasak sehari-hari adalah cara yang bagus untuk menjaga berbagai jenis kanker dan tumor pergi.

Sekarang, pertanyaannya adalah, bagaimana kurkumin mengobati neuropati? Bagaimana cara mengobati atau menyembuhkan saraf yang rusak? Nah, sedangkan sifat anti-inflamasi dan analgesik kunyit yang berkontribusi terhadap memberikan bantuan gejala, sifat antioksidan kurkumin diyakini untuk memperlambat dan membalikkan neurodegeneration.

Nah, neuropati, yang berarti kerusakan pada saraf, dapat menyebabkan banyak rasa sakit, hipersensitivitas regional dan ketidaknyamanan fisik secara keseluruhan dalam diri seseorang.  Neuropati perifer disebabkan oleh kerusakan pada saraf dari sistem saraf perifer dan kerusakan tersebut baik hasil dari penyakit yang mendasari atau penyakit atau merupakan konsekuensi dari trauma fisik atau cedera.

Sementara sebagian besar dari pengobatan utama tindakan dilakukan untuk meringankan pekerjaan ketidaknyamanan saraf secara simtomatik, pengobatan alternatif terapi tertentu dan telah terbukti lebih efektif dalam mengurangi kelainan saraf yang mendasari.

Walaupun kebanyakan dari kita sudah familiar dengan efektivitas berbagai bumbu dan rempah-rempah alami dalam menyembuhkan dan mengobati banyak penyakit fisik, saya yakin sebagian besar dari kita akan terkejut dengan gagasan ramuan dan rempah-rempah yang sangat mampu untuk mengobati sesuatu yang kompleks sebagai suatu penyakit atau cedera pada saraf.

Kunyit adalah salah satu rempah-rempah alami seperti yang tampaknya cukup efektif dalam menangani neuropati perifer – pikiran Anda, itu tidak hanya mengurangi rasa sakit dan kepekaan tetapi mengoreksi kerusakan saraf untuk sebagian besar!

Alasan di balik kemanjuran mengobati nyeri neuropatik dengan kunyit dapat ditelusuri ke suatu senyawa kimia yang sangat signifikan, curcumin, yang mengandung kunyit. Segmen berikut memberikan wawasan yang rumit menjadi fakta-fakta tentang penggunaan kunyit untuk neuropati.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Pusat UCLA on Aging selama bagian akhir dari abad ke-20, para peneliti berhasil menunjukkan kemanjuran kurkumin dalam mengurangi degenerasi saraf, deposisi plak di kerusakan, otak untuk jaringan saraf akibat oksidasi, dll Semua temuan ini menunjukkan. terhadap fakta bahwa kurkumin dan turunannya dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan yang potensial untuk kondisi neurodegenerative seperti penyakit Alzheimer.

Jadi, jika kurkumin dapat menjadi agen kuratif kemungkinan kondisi neurodegeneratif yang kompleks dan serius seperti penyakit Alzheimer, itu pasti masuk akal bahwa kunyit dapat digunakan untuk secara efektif mengobati gejala serta mendasari kerusakan saraf yang mencirikan neuropati perifer.

Oleh karena itu, kemungkinan keberhasilan yang terlibat dalam penggunaan kunyit untuk mengobati neuropati dan nyeri saraf tidak bisa, dan tidak boleh, dikesampingkan. Dan inipun menjadi bagian dari manfaat kunyit untuk kulit pula.

Speak Your Mind

*