Manfaat Madu Demi Kesehatan Kulit Anda

Ilustrasi manfaat madu bagi kulitMadu memang luar biasa. Tak heran jika madu sering disebut sebagai makanan dewa. Hal ini tentu saja karena Manfaat Madu untuk Kulit dan khasiatnya yang luar biasa bisa menjadikan tubuh mengambil segala macam kebaikan dari madu.

Mengenal Manfaat Madu bagi kesehatan

Ada beberapa manfaat madu bagi kesehatan, termasuk penggunaannya untuk sakit tenggorokan, luka bakar dan alergi. Madu juga dapat menyediakan seseorang dengan ledakan energi dalam tubuh, menjadikannya lebih berkonsentrasi berkerja. Madu dapat bekerja sebagai antiseptik, pelembab, dan sebagai obat untuk diare. Zat perekat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang dan dapat membantu mencegah jenis kanker tertentu dari pembentukan.

Manfaat kesehatan dari madu telah dikenal selama bertahun-tahun. Di antaranya adalah kemampuan madu untuk memberi energi yang cepat seseorang tanpa menyebabkan penambahan berat badan yang signifikan. Hal ini karena glukosa dalam madu dengan cepat diserap ke dalam tubuh seseorang. Fruktosa dalam madu kemudian memungkinkan energi ini berlangsung untuk waktu yang lama. Telah terbukti bahwa madu dapat meningkatkan daya tahan dan kinerja dan menurunkan jumlah kelelahan bahwa otot pengalaman, khususnya bagi para atlet.

    1. Energi yang berasal dari madu murni memiliki manfaat lain bagi tubuh, juga. Ini membantu tubuh untuk membentuk darah yang dibutuhkan dan juga membersihkan darah itu. Energi dari madu juga dapat membantu dengan sirkulasi darah.
    1. Satu lagi manfaat kesehatan dari madu adalah dapat membangun sistem kekebalan tubuh seseorang. Ini berarti tubuh seseorang akan memiliki waktu lebih mudah melawan penyakit dan penyakit. Madu juga dapat mengembangkan cara pencernaan seseorang kerja sistem, yang memungkinkan orang tersebut untuk tetap sehat.
    1. Penyakit ringan dapat diobati dengan madu. Menelan 1 atau 2 sendok makan (15 atau 30 ml) madu dapat mengurangi rasa sakit akibat sakit tenggorokan, dan juga dapat menyingkirkan bakteri yang menyebabkan sakit tenggorokan. Ketika madu diterapkan untuk luka dan luka bakar, memungkinkan mereka untuk menyembuhkan sekaligus menjaga luka bersih dan bebas bakteri. Salah satu manfaat kesehatan dari madu adalah menurunkan jumlah rasa sakit seseorang merasa dari luka atau luka bakar sementara itu membantu mencegah bekas luka dan mengurangi pembengkakan.
    1. Diare, sakit perut dan muntah juga dapat diobati dengan madu. Madu akan cepat rehydrate tubuh seseorang sementara menyingkirkan bakteri yang menyebabkan diare. Hal ini juga dapat membantu untuk mencegah dan mengobati bisul.
    1. Meskipun belum terbukti untuk menyembuhkan semua jenis kanker, banyak yang percaya bahwa mencegah kanker adalah salah satu manfaat kesehatan dari madu. Madu mengandung sifat karsinogen mencegah dan anti-tumor yang dapat membantu untuk mencegah tumor dari pembentukan. Beberapa tumor juga dapat dikurangi melalui penggunaan madu.
    1. Salah satu khasiat itu adalah sebagai bahan yang bisa dipakai untuk mempercantik kulit.

Bagi Anda yang Senang Perawatan Kulit

Manfaat utama dari fasial wajah dengan ramuan madu adalah karena seberapa baik madu mengelupas kulit mati. Bahkan kebiasaan ini sudah berlangsung sejak zaman Mesir kuno, manfaat madu,  menghilangkan kulit mati dan membuat kulit mereka lebih halus. Manfaat menggunakan madu masih dieksplorasi, tetapi penelitian menunjukkan madu menenangkan kulit dan dapat mempercepat penyembuhan beberapa luka. Selain itu, ramuan fasial wajah dapat dibuat di rumah, mengurangi kebutuhan untuk membeli produk kecantikan mahal.

Banyak mengoles wajah dengan madu alami, bisa sangat bermanfaat bagi orang dengan kulit sensitif. Misalkan.. Exfoliating dengan madu yang merupakan upaya menggosok wajah di kulit, sehingga menghilangkan kulit mati. Sementara pengelupasan sementara iritasi kulit tidak peduli apa bahan yang digunakan, kemerahan akan hilang dan membuat kulit halus. Exfoliating juga merupakan cara untuk mengurangi jerawat, karena jerawat yang sering disebabkan kulit kotor. Secara umum, seseorang harus fasial setiap minggu untuk setiap dua minggu, tergantung pada kebutuhan pribadi. Exfoliating terlalu sering atau dengan madu yang terlalu abrasif bisa merusak kulit.  Nah berikut ini, manfaat lain madu bagi perawatan kulit.

  1. Madu bisa melembutkan dan melembapkan kulit wajah normal (madu murni). Anda bisa mendapatkan khasiat ini dengan cara mengoleskan madu langsung pada permukaan kulit wajah (sebagai masker). Diamkan sekitar 30 menit dan kemudian dibersihkan dengan air dingin. Lakukan minimal seminggu 2 kali.
  2. Madu bisa dijadikan bahan masker untuk kulit kering. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan madu dengan pisang matang. Campurkan keduanya hingga rata (bila perlu menggunakan blender). Kemudian, usapkan di permukaan kulit wajah hingga merata. Diamkan sekitar 30 menit dan bersihkan dengan menggunakan air dingin. Pemaskeran ini bisa dilakukan minimal 2 kali seminggu.
  3. Madu bisa menghaluskan kulit kaki yang kering dan pecah-pecah. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan 2 gelas susu hangat dengan segelas madu (perbandingan 2 : 1) ke dalam baskom. Kemudian, masukkan kedua kaki ke dalam baskom tersebut. Diamkan selama 15 menit sambil diurut-urutkan. Cara-cara ini juga bisa dipakai dalam perawatan kulit lutut, siku, tangan, atau bagian-bagian tubuh Anda yang lain yang ingin menjadi lebih lembut.
  4. Madu bisa dibuat lotion alami untuk perawatan kulit sehari-hari. Lotion ini bermanfaat dalam menjaga kehalusan kulit. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan satu sendok teh madu, satu sendok teh minyak biji anggur, satu sendok teh jus lemon, dan tiga tetes minyak lavender. Aduk semua bahan hingga rata dan usapkan di seluruh permukaan kulit tubuh setiap setelah mandi pagi.
  5. Madu bisa dibuat pembersih kulit dan wajah. Pembersih ini bermanfaat menjaga kebersihan dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan mencampurkan satu sendok madu, satu sendok serbuk biji almond, satu sendok teh jus lemon atau jus jeruk, dan beberapa tetes minyak aromaterapi. Semua bahan diaduk hingga rata kemudian diusapkan di seluruh permukaan kulit tubuh setiap 2 hari sekali sebelum mandi.
  6. Madu bisa membersihkan kulit tubuh, kulit kepala, dan rambut. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara melarutkan segelas madu di dalam air mandi. Gunakan air mandi ini untuk membilas tubuh, kepala, dan rambut Anda setiap mandi.
  7. Madu bisa dibuat sebagai penyegar kulit untuk kulit normal. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan madu pada cuka apel (vinegar) dengan perbandingan 5 (madu) : 1 (cuka apel). Campuran bisa diusapkan pada kulit wajah minimal seminggu sekali.
  8. Madu bisa digunakan sebagai eksfolian (pembersih sel-sel kulit mati dan kotoran) Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan satu sendok madu pada 2 sendok sereal oatmeal. Campuran ini bisa diusapkan ke permukaan kulit wajah minimal seminggu sekali.
  9. Madu bisa digunakan sebagai obat jerawat dan penghilang noda bekas jerawat. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan sesendok madu dengan sedikit bubuk kayu manis. Kemudian, usapkan campuran ini pada bagian yang berjerawat atau noda berjerawat. Diamkan selama satu malam dan bersihkan di pagi hari. Lakukan hal ini berulang-ulang minimal selama satu minggu.

Cara-cara perawatan madu untuk kecantikan kulit di atas cukup menjelaskan manfaat madu untuk kulit dengan sangat mudah dan sederhana. Siapkah Anda untuk mempunyai kulit cantik dengan menggunakan madu?

 

Speak Your Mind

*