Manga, Si Unik dari Jepang

Ilustrasi mangaBanyak orang belum mengerti apa sebenarnya yang disebut dengan manga. Ini hal yang wajar, apalagi jika mereka bukan termasuk penggemar komik. Manga (dibaca sebagai man-ga atau ma-ng-ga) berarti komik dalam bahasa Jepang, Sedangkan pembuat manga disebut mangaka (dibaca sebagai man-ga-ka atau ma-ng-ga-ka).

Saat ini, di Indonesia sendiri sudah banyak sekali beredar komik ala Jepang ini. Manga memang memiliki ciri khas yang unik dalam penggambaran karakternya dan mudah sekali membedakannya dengan jenis komik yang lain, misalnya dengan komik dari negara barat.

Ciri Khas Manga

Ciri khas paling menonjol dari penggambaran manga ini terletak pada wajah para tokohnya. Mata dari karakter manga digambar dengan ukuran yang besar, hidungnya digambar seminimalis mungkin, dan bibir dari si tokoh selalu terlihat kecil. Hal yang juga menarik dari penggambaran manga ini adalah rambut para tokohnya selalu berwarna-warni. Hasilnya memang kurang realistis, tapi gaya penggambaran manga ini ternyata cukup disukai di Indonesia, terbukti oleh banyaknya komik-komik Jepang yang selalu terpampang di toko-toko buku.

Walau tokoh manga digambarkan dengan sangat unik, background dari manga itu sendiri digambarkan semirip mungkin dengan dunia nyata. Gedung-gedung, pepohonan, suasana jalan raya, semua hal digambarkan sedetail mungkin dan tampak sangat realistis, kecuali untuk manga bergenre fantasi.

Manga Populer

Beberapa manga yang sangat diminati di Indonesia contohnya adalah Naruto, Bleach, atau One Piece. Ketiga contoh manga itu sangat populer dan buku komiknya selalu diburu di berbagai toko buku. Selain ceritanya yang unik, penggambaran tokohnya yang punya ciri khas tertentu ternyata mampu menarik minat para pembaca komik, mereka pun betah berlama-lama membaca manga yang ceritanya seolah tidak pernah tamat.

Jenis-Jenis Manga

Ada hal unik lain di balik manga ini. Ternyata, manga punya banyak jenis:

  • Shoujo: manga yang khusus dibuat untuk pembaca remaja perempuan. Umumnya memiliki tokoh utama seorang gadis berwajah cantik, ceritanya pun seputar cinta yang penuh dengan romantisme ala anak muda. Kebanyakan bercerita tentang seputar pacaran para remaja.
  • Shonen: manga yang khusus dibuat untuk pembaca remaja laki-laki. Biasanya memakai tokoh laki-laki dan ceritanya cenderung ke genre petualangan dan action. Kadang di dalam manga jenis ini, bisa didapati adegan-adegan seru pertarungan antar tokoh.
  • Kodomo: manga yang khusus dibuat untuk pembaca anak-anak. Cerita manga jenis ini sangat ringan dan biasanya lebih ke arah genre fantasi yang dikemas unik dan lucu.
  • Seinen: manga yang khusus dibuat untuk pembaca pria. Di manga jenis ini, ceritanya bisa dibilang cukup kompleks dan terkadang banyak ditemukan adegan kekerasan yang sangat vulgar.
  • Josei: manga yang khusus dibuat untuk pembaca wanita. Hampir sama dengan shoujo, tema cinta yang romantis masih dipakai di manga jenis ini, hanya saja ceritanya bukan lagi tentang cerita cinta ala gadis muda, tapi cerita cinta yang lebih kompleks pada wanita dewasa.
  • Hentai: manga yang mengandung unsur pornografi. Di manga jenis ini bisa ditemukan banyak adegan seksual yang vulgar.
  • Jidaigeki: manga yang mengandung unsur sejarah. Ceritanya ber-setting masa lampau dan terkadang ditemukan adegan-adegan perkelahian atau peperangan zaman kuno.
  • Mecha: manga yang banyak bercerita tentang robot. Banyak adegan pertempuran antar robot di dalam manga jenis ini.

Itu adalah jenis-jenis manga yang banyak beredar di Indonesia. Tiap jenisnya memiliki ciri unik yang bisa langsung kita kenali. Kita tinggal memilih jenis manga mana yang kita suka untuk dibaca.

Manga-Manga Terbaik

Manga (komik) Jepang terkenal karena keberagaman temanya. Misalnya, Detective Conan yang bertema detektif, One Piece dan Naruto yang bertema petualangan, Shoot! yang berlatarkan sepak bola, dan Samurai X yang mengisahkan “sejarah yang terlupakan” pada masa sebelum dan sesudah Restorasi Meiji.

Namun, ada beberapa manga yang meski tidak terlalu terkenal seperti manga-manga yang sudah disebutkan di atas, layak dicermati oleh penggemar manga. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Kekkaishi

Kekkaishi berkisah tentang Yoshimori dan Tokine, yang berasal dari dua keluarga penguasa Kekkai yang tak pernah akur, dan harus menghadapi monster-monster yang datang silih berganti. Yoshimori yang memiliki Kekkai kuat berpadu dengan Tokine yang punya Kekkai tepat (Yoshimori tidak bisa mengontrol kekuatannya dan Tokine tidak sekuat Yoshimori).

Kisah cinta mereka yang tersirat sepanjang manga (termasuk ketika Tokine menampar Yoshimori karena takut Yoshimori mati, lantas memeluknya) membuat manga ini sangat menarik; tidak hanya sekadar petualangan melawan monster yang biasa.

Get Backers

Secara singkat, Get Backers mengisahkan hidup Ban dan Ginji, duo yang tugasnya mengembalikan barang (get back dalam bahasa Inggris). Meskipun usaha mereka kerap berhasil, Ban dan Ginji selalu bernasib apes berkaitan dengan uang bayaran mereka.

Lambat laun, kisah dalam manga ini berkisar pada masa lalu tokoh-tokohnya terutama Ginji dan misteri Mugenjou. Satu hal yang perlu dicatat, Hevn, tokoh seksi dalam manga ini, yang mungkin berguna untuk “penghibur ketegangan”, kadang dipaksakan untuk muncul.

Shanaou Yoshitsune

Dalam manga ini dikisahkan ada seorang pengamen jalanan bernama Hyota yang diminta menggantikan Ushiwaka, seorang anak bangsawan yang kelak akan menggulingkan pemerintahan yang dipimpin oleh Kiyomori. Setelah beberapa perjalanan, ketika mereka sama-sama 16 tahun, Ushiwaka dan Hyota sama-sama memanah ibu kota (Rokuhara) sebagai perjanjian agar kelak Hyota akan menemani Ushiwaka dalam hal apa pun.

Sayangnya, Ushiwaka meninggal dan Hyota menggantikan posisinya sebagai “Ushiwaka baru”. Dalam surat terakhirnya, Ushiwaka meminta Hyota mengumpulkan lima orang yang akan membawanya menaklukkan Kiyomori. Dari sinilah kisah perjalanan perang Ushiwaka, yang bukan Ushiwaka, dimulai.

Kunimitsu

Kunimitsu adalah anak penjual mie soba yang datang berkunjung ke rumah seorang calon walikota untuk belajar politik. Kunimitsu yang tolol, egois, polos, sekaligus memiliki ide-ide cemerlang menjadi sekretaris, yang artinya berdampingan dengan sosok Azuma yang sama sekali bertentangan dengannya (Azuma sangat cerdas dan cermat).

Kehidupan Kunimitsu yang dekat dengan geng-geng motor (bahkan Yakuza) menjadi parodi sekaligus ironi politik di Jepang. Bagi siapa pun yang tertarik dengan politik, manga ini sangat layak dibaca karena mampu membuat suasana politik yang berat dan licik menjadi lebih segar. Kunimitsu juga dipenuhi kritik terhadap perpolitikan Jepang.

Naruto

Dapat dikatakan saat ini manga yang paling populer dan digandrungi banyak penggemar komik adalah Naruto. Komik Naruto sudah tersedia dalam bahasa Indonesia, sehingga tidak mengherankan banyak anak kecil dan remaja yang membaca komik ini setiap hari. Naruto bercerita tentang petualangan seorang ninja kecil yang berimpian menjadi seorang Hokage atau pemimpin desa.

Naruto mempunyai banyak teman sekaligus rival dalam menjalani pendidikan ninjanya di desa Konoha. Salah satu teman dan rivalnya adalah Sasuke. Dia merupakan ninja jenius yang berasal dari klan Uciha. Nama Sasuke sangat terkenal di kalanganan para cewek, berbeda dengan Naruto yang banyak dibenci cewek karena ulahnya yang sangat nakal.

Komik Naruto masih tetap berlanjut hingga tahun 2013 ini, maka bila Anda belum menyimak komik ninja satu ini pasti akan rugi

Speak Your Mind

*