Mau Pilih Kitchen Set Minimalis yang Mana?

Memilih kitchen set minimalis pada saat pertama kali berumah tangga memang menjadi salah satu alternatif yang baik untuk memperindah rumah mungil kita. Apalagi jika rumah yang kita tempati masih berstatus “kontrakan”.

Sayangnya, mencari kitchen set minimalis itu susah-susah gampang. Terkadang, model yang ditawarkan oleh produsen furnitur hampir sama dan tidak ada variasi khusus yang membuat kita jatuh cinta pada modelnya. Oleh karena itu, banyak juga orang yang lebih memilih untuk menunda pembelian dan pemakaian kitchen set. Hal ini disebabkan karena belum menemukan model, kualitas, dan harga yang cocok dengan mereka.

Beberapa model kitchen set bisa kita temukan di tempat khusus yang menjual aneka furnitur rumah tangga. Mulai tempat tidur, meja belajar, meja televisi, meja hias, sampai kebutuhan furnitur dapur. Akan tetapi, ada juga produsen khusus yang menjual furnitur dapur.

Dari mulai furnitur dapur berkonsep minimalis, mewah, elegan, seksi, sampai klasik ada di sini. Tergantung berapa budget yang kita miliki untuk bisa mendapatkan barang tersebut. Untuk mendapatkan kitchen set minimalis dengan harga yang tidak terlalu mahal, kita bisa mencoba berbelanja furnitur di swalayan serba ada yang jaraknya dekat dengan rumah kita.

Selain irit pengeluaran bensin, kita juga punya banyak waktu untuk memilih kitchen set mana yang akan ditempatkan di dapur idaman kita. Harga furnitur kitchen set yang dijual di swalayan biasanya berkisar antara 2 juta hingga 5 juta rupiah. Dengan konsep minimalis sederhana atau minimalis mewah.

Model yang ditawarkan untuk konsep minimalis yang sederhana biasanya berupa satu set meja plus lemari makan bagian bawah (2 pintu) dan satu set lemari kecil bagian atas (2 pintu). Sementara itu, untuk konsep kitchen set minimalis yang bernuansa mewah, pintu lemari yang disediakan ada 3 sehingga bisa memuat barang lebih banyak dibandingkan dengan kitchen set minimalis sederhana.

Harga yang ditawarkan bergantung pada kualitas barang yang dipilih. Pilih saja harga yang cukup mahal untuk barang berkualitas bagus. Harga tidak akan bohong di tempat-tempat seperti ini (swalayan dengan akreditasi baik di mata masyarakat).

Tips Membeli Kitchen Set Minimalis

Jika akan membeli kitchen set dengan harga mahal, tentu saja kita tidak perlu pusing memilih mana yang murah dan yang tidak. Kita bisa memilih model dan warna kitchen set  mana yang cocok untuk diletakkan di dapur kesayangan kita.

Pastinya, dalam membeli kitchen set dengan harga mahal, kita juga tinggal membeli furnitur dapur tersebut dengan kualitas brand dan harga yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Akan tetapi, jika budget yang kita punya sangat terbatas, maka kita bisa mengikuti tips-tips berikut. Hal ini dimaksudkan agar tidak menyesal setelah membeli kitchen set minimalis yang kelihatannya pas dan sesuai dengan selera kita.

  • Pilihlah model dan warna yang sesuai dengan pilihan kita.
  • Tengok atau tanya harganya untuk memastikan bahwa uang yang kita miliki cukup untuk membayar kitchen set minimalis yang sudah dipilih.
  • Lihatlah baut di samping lemari kitchen set. Jika baut yang terpasang berada di tiap sisi lemari, maka furnitur tersebut memiliki kualitas yang cukup baik.
  • Bila baut yang terpasang hanya terdapat di bagian atas dan bawah saja, maka cepat-cepat singkirkan produk tersebut meskipun modelnya sangat menarik. Membeli barang hanya dari modelnya saja hanya akan membuat kita menyesal telah membelinya.
  • Bukalah pintu lemari. Jika ada bunyi gesekan, itu tandanya pemasangan engsel pintu lemari tidak dilakukan dengan benar. Apabila tidak bersuara, maka pilihlah lemari tersebut sebagai partner memasak Anda.

Jika sudah menemukan kitchen set minimalis yang pas dan sesuai dengan selera, tidak mungkin ‘kan kita malas untuk pergi ke dapur lagi? Oleh karena itu, pilihlah barang yang pas dengan model dan selera kita. Tapi tetap pentingkan kualitas saat memilih barang.

Sebaliknya, jika barang yang ditawarkan berkualitas tapi gagal menarik perhatian kita, sebaiknya tunda dulu membeli kitchen set minimalis untuk dapur Anda. Hal itu akan membuat Anda menyesal nanti-nanti. Pilihlah cara lain selain membeli kitchen set untuk bisa mempercantik dapur sesuai dengan selera kita. Jika perlu, libatkan juga suami untuk mempercantik dapur kesayangan keluarga.

Produksi Sendiri Kitchen Set Minimalis Pilihan Anda!

Salah satu alternatif yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan kitchen set menarik yang sesuai dengan selera dan luas ruangan dapur yang kita miliki adalah dengan membuatnya sendiri. Selain lebih irit pengeluaran, barang yang dibuat sendiri biasanya lebih kuat dan tahan lama jika dibandingkan barang yang dibeli di swalayan atau tempat-tempat furnitur lainnya.

Pasalnya, selain bahan-bahan yang kita pilih merupakan bahan dengan kualitas baik, kita juga enggan membuang hasil kerja keras kita dan suami. Apalagi jika yang membuat kitchen set idaman tersebut adalah suami Anda bukan?

Nah, untuk membuat kitchen set, kita sebaiknya memilih bahan baku kayu jati karena kekuatannya lebih baik dibandingkan kayu jenis lain. Akan tetapi, jika budget yang kita miliki tidak cukup untuk membeli bahan tersebut, kita bisa menggunakan bahan kayu lain yang kualitasnya masih terbilang bagus.

Buatlah desain kitchen set minimalis yang kita inginkan. Jika tidak bisa menggambar, minta saja pada teman yang memang bisa menggambar. Jangan sampai orang yang membuat kitchen set jadi bingung karena gambar kita tidak bisa dimengerti (kecuali jika yang membuatnya adalah suami Anda!).

Pilihlah warna yang sesuai dengan furnitur lain yang ada di rumah. Jika benda-benda lain berwarna peach, maka pilihlah warna yang senada agar tidak terlihat ‘numpang’ dibandingkan benda-benda furnitur lain yang didapatkan dari toko-toko.

Jika sudah jadi, rawatlah kitchen set minimalis buatan Anda itu dengan melapnya menggunakan pembersih khusus untuk kayu. Hal ini bertujuan agar tidak melepuh karena terkena barang yang tidak sesuai untuk bahan jenis kayu.

Jagalah Kitchen Set  Minimalis Anda dengan Penuh Perhatian!

Jika kita beranggapan bahwa hanya manusia saja yang butuh perhatian dan kasih sayang, Anda salah besar! Salah satu ruh yang didapatkan ketika seorang perempuan memasak adalah nuansa dapur yang nyaman. Hal ini membuat acara masak-memasak pun jadi lebih asyik.

Itulah sebabnya, kitchen set menjadi salah satu bagian yang paling diidam-idamkan oleh kaum hawa ketika mereka menjadi seorang istri sekaligus ibu yang baik bagi keluarga mereka. Meskipun kitchen set yang dimiliki dapur Anda berkonsep sederhana, jika Anda bisa menjaganya dengan baik dan benar, dapur akan tetap terlihat istimewa di mata keluarga.

Oleh sebab itu, jagalah kitchen set  Anda setiap sebelum dan sesudah melakukan kegiatan di dapur. Dengan dapur yang bersih, makanan yang dihasilkan pun akan higienis dan tidak tercampur dengan bau-bau lainnya.

Hindari menyimpan sampah dekat kitchen set karena hal itu akan menyebabkan timbulnya bakteri dan binatang-binatang jorok lainnya. Oleh karena itu, buanglah sampah dapur ke dalam lubang bioppori untuk membuat dapur dan rumah kita menjadi semakin nyaman dan bersih.

Tidak ingin ‘kan jika kitchen set minimalis yang sudah Anda pilih hanya akan menjadi sarang binatang-binatang dapur menjijikkan? Maka dari itu, anggaplah dapur dan barang-barang Anda sebagai bagian dari diri Anda. Selamat menikmati nuansa dapur yang nyaman!

Speak Your Mind

*