Melepas Jenuh ke Pantai Karang Bolong Anyer

Ilustrasi karang bolong anyerUntuk Anda warga Jakarta yang tiap hari selalu jenuh dengan rutinitas atau pun kemacetan, Anda punya alternatif tempat melepas stres lagi selain Ancol. Anda yang tinggal di luar kota pun tidak ada salahnya mengunjungi pantai yang unik ini. Perbukitan karang dan panorama indah yang mengelilinginya bisa Anda manfaatkan sebagai sarana berlibur dengan keluarga. Namanya pantai Karang Bolong Anyer.

Pantai Anyer

Sebelum pergi ke Anyer, pastikan Anda tahu bahwa letak Anyer adalah di Kabupaten Serang. Memang ketika hendak ke Anyer Anda harus melintasi kota Cilegon. Hal inilah yang membuat banyak wisatawan lokal mengira bahwa Anyer terletak di Kota Cilegon. Padahal masih masuk ke pemerintahan Kabupaten Serang.

Dari Jakarta atau Tangerang, Anda harus menempuh jarak sekitar 4 sampai 5 jam agar bisa sampai di pantai Anyer. Kalau menggunakan mobil pribadi, Anda bisa lebih hemat waktu dengan waktu tempuh 3 jam saja. Tetapi, kalau menggunakan patas, Anda harus berkali-kali naik angkutan kota.

Sejak tahun 1980, pantai Anyer oleh pemerintah daerah (waktu itu masih ikut Jawa Barat) ditetapkan menjadi tujuan wisata andalan Jawa Barat. Melihat potensi sumber daya alam di Anyer, dibukalah pintu investasi untuk mengembangkan Anyer menjadi objek wisata yang lebih respentatif dan nyaman dikunjungi oleh turis. Maka dibangunlah prasarana untuk menunjang objek wisata, seperti restoran, sentra penjualan souvenir, hotel, dan berbagai resort di Anyer.

Sekarang Anyer sudah berbenah menjadi tempat wisata pantai yang tak kalah menariknya dengan Bali. Pantainya pun bersih. Penataan PKL diatur sedemikan rupa hingga tak mengganggu kenyamanan pengunjung. Kini, sudah banyak bermunculan hotel bintang 4 di tepi pantai, seperti Sol Elite Marbella, Mambruk Hotel, Patra Jasa Hotel, dan hotel lainnya.

Di Anyer Anda bisa bebas memilih cottage atau hotel yang Anda inginkan sesuai dengan budget. Setiap hotel atau Cottage didirikan di pinggir pantai langsung. Jadi, posisi pantai yang indah memengaruhi harga cottage/hotel tersebut. Kalau tidak ingin masuk hotel atau sekadar berlibur di pantainya saja, Anda harus pandai-pandai dahulu memilih pantai.

Resort di Anyer pun banyak pilihan dari yang mahal, tarif ekonomis, hingga yang terjangkau oleh backpacker pun ada. Selain pantai yang landai, Anyer menawarkan banyak permainan yang mengasyikan, seperti banana boat, flying fish, dan paralayang yang ditarik oleh boat. Permainan yang menguji adrenalin ini bisa Anda jajal dengan harga tiket yang murah. Berikut ini beberapa tips berlibur ke pantai Anyer.

  • Jika ingin bermalam di Anyer, disarankan untuk memesan hotel jauh-jauh hari sebelum kedatangan.
  • Perbekalan yang wajib dibawa, yaitu tabir surya (sun block), kacamata hitam (sun glass), handuk, celana pendek, baju ganti secukupnya.
  • Obat-obatan yang wajib dibawa, yaitu obat antidiare, obat pusing, dan obat pereda alergi.
  • Sebaiknya, bawalah uang cash secukupnya. Selebihnya persiapkan kartu ATM dan kartu kredit sebagai cadangan dana. Jangan khawatir, di Anyer sudah banyak ATM dari berbagai bank ternama.
  • Resort di Anyer adalah pilihan tepat untuk menginap jika Anda datang berombongan. Pilihlah lokasi yang dekat dengan pantai agar tak capek jalan kaki.
  • Tetap waspada dan hati-hati jika menaiki banana boat, flying fish dan paralayang. Agar lebih aman mintalah untuk didampingi operator. Selalu kenakan pelampung agar Anda tak tenggelam.
  • Anda yang hobi memancing, siapkan bekal dan peralatan memancing dari rumah, bawalah pancing atau joran cadangan. Sebaiknya membawa lebih dari satu joran.
  • Hindari saat-saat puncak hari libur (peak season) karena akan ramai oleh wisatawan.

Anyer mempunyai banyak sekali pantai. Jika bersedia sedikit merepotkan diri, Anda harus pergi berpuluh-puluh kilo meter lagi untuk bisa menemukan pantai yang diinginkan. Jika ingin pantai yang sepi, masih bersih, dan nyaman untuk bermain pasir, tentu letaknya lebih jauh.

Pantai umum yang terletak di sekitar hotel memang sudah tidak begitu menarik karena pantai umum itu sudah penuh dengan sampah dan sesak oleh manusia. Ada juga bagian dari pantai Anyer yang penuh dengan karang dan saung-saung yang bisa disewa dengan harga sekitar 30 ribu.

Karena begitu banyaknya pantai yang bisa dijelajahi, maka Anyer pun dikenal baik oleh banyak wisatawan. Lokal maupun internasional. Salah satu minat wisatawan berlibur ke Anyer adalah ingin melihat karang bolong yang namanya sudah tersohor. Selain itu, juga untuk melihat anak gunung Krakatau di kejauhan.

Bahkan banyak juga yang menyeberang ke anak gunung Krakatau untuk menikmati keindahan anak gunung yang legendaris itu. Namun, bila kondisi anak gunung Krakatau dalam keadaan aktif, tidak ada satu pun yang diizinkan untuk pergi ke sana.

Di Anyer begitu banyak terdapat pepohonan kelapa, nyiur melambai. Angin pantai yang sehat untuk dihirup, serta banyaknya aneka makanan khas pantai yang bisa dinikmati. Seperti ikan bakar, cumi-cumi, udang, kepiting, dan aneka seafood lainnya.

Menikmati Keindahan Goa dan Ombak Karang Bolong

Karang Bolong Anyer sendiri tidak jauh letaknya dari Jakarta. Jaraknya sekitar 140 kilometer atau kira-kira 2 jam perjalanan. Anda yang memakai mobil, bisa menuju ke tempat ini lewat pintu tol di Cilegon Timur dan Anda akan berada di Jalan raya Anyer. Teruslah bergerak ke arah selatan.

Sepanjang perjalanan, Anda juga tidak perlu khawatir dengan kondisi jalan yang rusak dan berlubang karena pemerintah setempat sudah memperbaikinya. Karang Bolong sendiri, sesuai namanya, berarti karang yang berlubang. Di pantainya, Anda memang akan melihat semacam goa dari karang yang berlubang dan tembus ke sisi pantai lainnya.

Hati-hati dengan ombak besar yang sering menghantam dinding-dinding goa, terutama untuk anak kecil. Dengan membeli tanda masuk seharga lima ribu rupiah per orang saja, Anda sudah bisa puas menyaksikan panorama goa dan laut yang indah ini.

Untuk Anda yang hobi berfoto, bisa mengambil gambar dari depan goa karang saja. Sebab akhir-akhir ini muncul peringatan untuk tidak masuk ataupun bersandar pada goa itu karena struktur karang goa yang mulai rapuh dan dikhawatirkan runtuh terkena ombak.

Tapi, Anda tidak perlu risau karena masih tetap bisa menikmati keindahan pantai ini dari sisi lainnya, di antaranya dari atas tebing atau ketinggian tertentu. Anak kecil atau orang yang takut ketinggian kurang disarankan mendaki permukaan tebing ini. Kalau sduah di atas, stres Anda seketika akan hilang melihat panorama laut lepas dengan deburan ombaknya yang menghantam karang.

Alternatif Taman Buatan dan Patung Binatang

Kalau ingin lebih menghabiskan waktu bersama putra-putri, Anda juga bisa manfaatkan taman buatan dan berbagai patung binatang yang ada di sekitar kompleks Karang Bolong Anyer. Taman-taman ini sudah dilengkapi dengan tempat bersantai atau pun wahana permainan anak-anak. Anda juga bisa mengajak putra-putri Anda berfoto dengan patung-patung binatang ini, lho!

Kalau kebetulan Anda tidak membawa bekal piknik, tidak perlu khawatir. Berbagai penjual makanan yang menjual beragam menu sangat mudah dijumpai di area ini. Di sekitar pantai juga banyak villa yang disewakan untuk wisatawan yang ingin menginap.

Tarifnya beragam, mulai 400 sampai 800 ribu per malamnya. Dengan jarak yang relatif dekat dari kota padat, seperti Jakarta dan Serang Banten, Karang Bolong Anyer memang bisa menjadi alternatif tempat berlibur yang menyenangkan.

Pariwisata di Indonesia belum begitu banyak diekspos selama ini dan hanya beberapa tempat wisata saja. Tugas kitalah untuk memperkenalkan pada masyarakat dunia bahwa Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang sesungguhnya tak hanya itu-itu saja, seperti pantai Anyer ini.

Tempat-tempat wisata tersebut dapat kita promosikan ke kancah Internasional. Agar menarik perhatian para wisatawan asing, sebagai pribumi, kita harus dapat melestarikan dan menjadikan tempat wisata tersebut menarik perhatian para wisatawan asing.

Ayo tunggu apalagi, angkat koper. Ajak keluarga dan kawan-kawan. Mari main banana boat di Anyer. Bagilah pengalaman Anda berlibur di pantai Anyer melalui internet, sehingga dapat mempromosikan tempat wisata pantai Anyer ini ke kancah internasional.

Nah, selamat berkemas dan siapkan anggaran untuk liburan ke Anyer. Persiapkan fisik Anda di perjalanan menuju Karang Bolong Anyer. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Selamat berlibur.

Speak Your Mind

*