Memanjakan dan Merawat Kamera Anda

Anda yang mempunyai hobi fotografi ataupun berprofesi sebagai fotografer pastinya selalu bersama kamera kesayangan setiap hari. Kamera menjadi bagian hidup yang sangat berharga bukan? Apalagi seni fotografi adalah salah satu seni keindahan dan hasilnya disukai oleh semua orang di seluruh dunia. Apresiasi masyarakat terhadap seni tersebut juga semakin membuat hobi satu ini disukai oleh banyak orang.

Fotografi termasuk hobi unik serta menyenangkan bagi fotorgafer. Fotografi menjadi bagian hidup dan bukan hanya menjadi profesi. Akan tetap, juga menjadi sahabat dicintai sang fotografer. Adanya ketertarikan pada objek tertentu untuk diabadikan, akan membuat insting art seorang fotografer untuk semakin tajam dalam setiap pengambilan gambar. Selain itu, pemahaman akan dunia fotografi, tentu saja harus dimiliki termasuk dalam hal memilih “senjata” yang kita diperlukan. Selain itu, mengetahui bagaimana cara merawatnya.

Kamera Sebagai Senjata Utama Fotografi

“Senjata utama dalam dunia fotografi adalah kamera. Senjata tersebut menjadi alat yang kini dapat kita temukan dalam bentuk dan spesifikasi beragam. Masing-masing orang tentu memiliki kebutuhan kamera tidak sama. Sebelum memilih kamera, sebaiknya mengumpulkan berbagai informasi berkaitan dengan hal itu. Jangan sampai salah memilih karena nantinya malah tidak dapat digunakan secara maksimal dan mempengaruhi hasil gambar.

Sebelum membeli kamera, seharusnya memiliki tujuan penggunaan kamera tersebut. Hal ini penting untuk menentukan kamera seperti apa kebutuhan pemakainya. Bagi yang masih pemula dan berniat ingin membeli kamera, maka diperlukan perhatian secara spesifikasi kamera yang akan dibeli. Spesifikasi kamera yang dimaksud meliputi resolusi, flash, layar LCD, self timer, daya baterai, koneksi, dan kalkulasi harga. Hal lainnya bisa dipertimbangkan dengan bertanya kepada rekan-rekan yang sudah ahli.

Hal lain yang juga perlu menjadi perhatian yaitu treatment terhadap kamera. Jika salah menggunakan kamera tersebut, tentu akan membuat kamera cepat rusak dan hasil foto tidak akan memuaskan. Tentunya, seorang fotografer atau pemula pun tak ingin kamera kesayangannya rusak karena perawatan salah. Berikut ini adalah tips berguna untuk Anda seputar bagaimana perawatannya.

Tips Penting Seputar Cara Merawat Kamera

Merawat kamera bisa jadi gampang-gampang susah. Akan menjadi susah jika tidak mengetahui caranya. Selain itu, gampang jika mengerti bagaimana cara memperlakukan kamera mulai dari penyimpanan, cara membawa, hingga memakainya. Berikut ini terdapat sejumlah tips penting seputar cara perawatan kamera. Hal-hal berikut ini bisa saja sepele tapi sangat penting untuk diperhatikan. Alasannya yaitu karena inilah perawatan dasar kamera agar awet dan memiliki kualitas tetap terjaga.

 

1. Menjaga Kebersihan

Kamera terdiri atas komponen-komponen yang sangat sensitif. Ketelatenan dalam menjaga kebersihan masing-masing bagian sangat dibutuhkannya. Untuk perawatan dengan sifat mandiri antara lain menjaga kebersihan lensa. Lensa dibiarkan kotor karena debu atau percikan air akan mempengaruhi tajam tidaknya hasil foto.

Berusaha secara rutin membersihkan dengan cairan khusus yaitu dengan cara menggunakan pembersih lensa serta kain lembut. Tujuannya yaitu agar tidak meninggalkan goresan. Menjaga seluruh bagian kamera dengan mengelapnya menggunakan kain lembut sehingga noda-noda yang di sana tidak tertinggal. Selain itu, bertujuan agar kamera tidak berdebu, berjamur, bahkan berkarat.

2. Menyiapkan Kotak Penyimpanan

Menempatkan kamera pada kotak khusus setelah selesai digunakan. Jangan meletakkannya di sembarang tempat. Kotak penyimpanan kamera kedap udara penting untuk dimiliki agar kamera tidak dihinggapi debu maupun jamur akibat suhu terlalu lembab.

Selain itu, Anda bisa memakai stoples diisi dengan gel silica untuk menyerap kelembaban. Silakan memastikan posisi penyimpanan dengan aman dan jauh dari jangkauan anak-anak maupun hewan peliharaan. Jangan menggunakan kotak penyimpanan tersebut untuk menyimpan barang lain selain kamera. Intinya, kotak tersebut memang disiapkan khusus untuk kamera.

3. Menyimpan Di Tempat Teduh

Paparan sinar matahari pada kamera dapat merusak komponen dalam maupun luar. Oleh karena itu, silakan memastikan kamera tidak “berjemur” terlalu lama. Jika sedang memotret di ruangan terbuka, silakan menyimpannya di dalam tas saat tidak dibutuhkan. Pergunakan payung untuk menahan sinar matahari langsung mengenai kamera.

4. Melindungi Dari Benturan Keras

Benturan keras bisa menyebabkan kamera rusak dan juga beresiko menggores lensa. Tali sebaiknya dipegang dengan benar atau mengalungkannya di leher (jika cukup panjang) untuk menjaga kamera tidak jatuh ketika tanpa sengaja terlepas dari tangan. Jika Anda bepergian ke daerah dengan medan yang sulit dan jalanan tak beraspal, maka alangkah baiknya disimpan dalam tas khusus dengan bantalan untuk meredam guncangan.

5. Waspada Air Laut

Setelah memakai kamera di pantai, sebaiknya kamera dibersihkan dari bekas-bekas percikan air laut karena kandungan garamnya bisa menyebabkan karat. Jangan lupa untuk memastikan komponen besi pada kamera jauh dari resiko tersebut. Bersihkan pula lensa agar tidak menyisakan noda yang mengganggu.

6. Menggunakan tas khusus kamera

Saat bepergian, Anda harus membawanya dengan tas khusus kamera. Selain itu, saat membawanya, silakan menggunakan strap agar tidak terjatuh dan tetap aman. Kebersihan tas juga perlu dijaga agar kamera tetap bersih dan beanr-benar terlindung di dalam tas.

7. Mewaspadai terhadap hal yang berbahaya bagi kamera

Embun adalah salah satu musuh utama kamera. Hindari embun yang akan membasahi kamera dengan cara menyimpan bungkus silica gel dalam tas kamera. Silica gel ini berfungsi untuk menyerap kelembaban saat berada di suhu yang berubah-ubah. Pada suhu lembab selalu usahakan agar membersihkan kamera.

Debu juga berbahaya bagi kamera. Debu biasanya menyerang sensor gambar dan akan mengakibatkan kerusakan. Jangan lupa membersihkan sensor kamera dari debu dengan menggunakan sensor cleaner. Selain itu, sahabat debu yang lebih berbahaya bagi kamera yaitu pasir.

Untuk membersihkan kamera dari pasir yang masuk ke dalam kamera, gunakan sikat pembersih khusus. Selain itu, hindari menggunakan kamera di tempat berpasir dan berdebu banyak. Hal berbahaya lain bagi kamera adalah zat kimia seperti krim dan lotion, meliputi lotion anti nyamuk, body lotion, salep, dan sebagainya. Cucilah tangan setelah menggunakan krim dan lotion tersebut sebelum menyentuh kamera.

8. Matikan kamera sebelum mengambil baterai atau memorycard

Sebelum mengambil baterai atau memorycard dari kamera, pastikan kamera sudah dalam keadaan mati. Begitu pula jika akan menghubungkan kamera ke komputer.

9. Jangan meletakkan kamera di sembarang tempat

Meletakkan kamera di tempat yang terkena matahari langsung akan merusak kamera. Apalagi jika menaruhnya terlalu lama, seperti di dekat jendela dan di dalam mobil.

10. Jangan melakukan hal lain di luar aturan penggunaan

Jika kesulitan menggunakan kamera, misalnya mengambil memory card, mengatur focusing ring dan putaran zoom atau menekan tombol, jangan sekalipun melakukannya dengan paksa. Jika hal tersebut sulit dilakukan terutama karena macet. Memutar dan membuka secara paksa akan menyebabkan bagian dalam kamera patah dan rusak.

Hal Lain Yang Perlu Diperhatikan Dalam Merawat Kamera

1. Jangan Menimpa Kamera dengan Benda Lain

Perhatikan tempat untuk meletakkan kamera. Jangan sampai terhimpit maupun tertimpa benda lain karena beresiko merusak komponen kamera. Terlebih lagi saat menaruhnya di dalam tas. Alat-alat keras lain bisa merusak kamera. Apalagi jika kamera berjubel dengan barang lain. Itu akan sangat berbahaya.

2. Lepas Lensa (Khusus Kamera D-SLR), Baterai, dan Kartu Memori

Jika kamera tidak digunakan, lepaslah baterai dan juga memory card. Simpan di tempat yang aman. Untuk baterai, jauhkan dari api. Jangan melepas baterai maupun memory card dalam keadaan kamera menyala karena ini akan menyebabkan kerusakan pada memory card dan juga hasil foto.

3. Servis Kamera

Ini merupakan rangkaian perawatan kamera yang sangat vital. Pastikan kamera diservis 1–2 kali setiap tahun. Ini berfungsi untuk memperpanjang usia kamera dan menghindari kerusakan komponen dalam kamera akibat pemakaian. Pilihlah tempat servis sesuai dengan merk kamera dan pastikan resmi serta memberikan garansi. Servis kamera digunakan untuk mencegah kerusakan kamera yang mungkin terjadi.

Demikianlah ulasan mengenai merawat kamera. Semoga memberikan tambahan informasi dan pengetahuan yang aplikatif bagi pembaca. Selamat mempraktekkan.

Speak Your Mind

*