Membantu Keuangan Keluarga dengan Usaha Jahitan Baju

Ilustrasi jahitan baju

Ketrampilan menjahit akhir-akhir ini menjadi pilihan kegiatan di rumah yang cukup produktif. Ibu-ibu rumah tangga dan remaja putri banyak yang berusaha meningkatkan ketrampilan mereka dengan mengikuti berbagai kursus atau pelatihan. Dengan ketrampilan itu mereka dapat menerima pesanan jahitan baju, untuk sekedar mengisi waktu luang ataupun menambah penghasilan keluarga.

Pelatihan Menjahit

Lihat saja berbagai tempat kursus atau pelatihan menjahit yang diselenggarakan dinas pendidikan luar sekolah ataupun sanggar kegiatan belajar di berbagai daerah. Kaum perempuan, para remaja putri, maupun ibu-ibu rumah tangga terlihat bersemangat berlatih menjahit. Tempat kursus yang diselenggarakan pemerintah itu pun seakan tak pernah sepi dari antusias masyarakat untuk meningkatkan keterampilan hidupnya.

Pemerintah memang tengah menggalakkan berbagai program pemberdayaan masyarakat. Ada pemberdayaan untuk ibu rumah tangga dan kaum perempuan maupun pemberdayaan ekonomi keluarga mandiri. Program ini terutama dilakukan untuk menekan jumlah kemiskinan yang ada dan juga untuk mengikis jumlah pengangguran yang makin meningkat. Melalui subsidi anggaran dari pemerintah pusat dan daerah, tak sedikit pelatihan yang diberikan secara gratis, ataupun membayar dengan murah.

Bisnis Sambilan

Menjahit merupakan ketrampilan dasar yang cukup potensial dijadikan sebagai sumber penghasilan. Apalagi di tengah meningkatnya kebutuhan hidup serta naiknya berbagai harga kebutuhan pokok, mendorong setiap keluarga mendayagunakan berbagai sumber daya yang ada. Para istri dan ibu-ibu rumah tangga memang menjadi sasaran utama program pemberdayaan ini agar dapat memberikan penghasilan tambahan untuk keluarga.

Untuk menjalankan hobi atau ketrampilan menjahit menjadi sumber penghasilan juga bukan hal yang sulit. Usaha semacam ini bisa dilaksanakan di rumah, sehingga bisa disambi dengan kegiatan domestik rumah tangga lainnya seperti memasak, mencuci, atau menjaga anak. Begitu juga dengan peralatannya berupa mesin jahit, saat ini tersedia beragam jenis dengan harga yang cukup terjangkau. Hanya dengan bermodalkan sebuah mesin jahit, seorang ibu sudah dapat menjalankan usaha ini.

Perkumpulan Sosial

Begitu juga untuk pemasarannya, bukanlah hal yang sulit. Ibu-ibu rumah tangga yang sering berkumpul dalam berbagai pertemuan kampung, seperti pengajian, arisan, hingga pertemuan PKK, biasanya lebih cepat dikenal bila ada kegiatan usaha yang muncul. Order jahitan baju pun bisa dengan mudah diperoleh melalui perkumpulan sosial tersebut.

Para ibu biasanya memang justru lebih mampu menjalankan fungsi ganda dari bisnis sampingannya tersebut. Selain sebagai pekerja, ibu-ibu juga piawai dalam memasarkan dan mencari order. Selain itu, mereka juga mampu mengelola keuangan usaha agar lebih berkembang.

Anda tak perlu menutup mata terhadap kenyataan banyak ibu rumah tangga yang menjalankan dan menerima order jahitan di rumah mampu mengembangkan usahanya hingga omsetnya melebihi gaji suami. Apalagi saat musim panen seperti pada tahun ajaran baru atau menjelang Lebaran, order jahitan baju pun biasanya dibagi dengan ibu-ibu penjahit rumahan lainnya karena banyaknya pesanan yang ada. Inilah ketrampilan produktif yang mampu memberikan penghasilan tambahan untuk keluarga secara nyata.

Membangun Bisnis Ghost Tailor

Dengan tengah menjamurnya dunia bisnis, saat ini bisnis ghost tailor mulai terdengar. Ghost tailor adalah usaha bisnis yang dibangun oleh para pemilik usaha jahitan yang sudah terkenal dan siap menerima orderan cepat. Jika Anda ingin mengetahuinya, berkunjunglah ke tukang jahit yang terkenal dan populer di daerah Anda. Maka tak akan pernah tampak di dalam ruang menerima orderan jahitan mesin jahitnya.

Yang Anda lihat hanyalah susunan pakaian yang sudah dijahit. Para pemilik usaha ini kelihatan sekali seperti orang yang menunggu datangnya pemberi orderan jahitan saja. Mereka hanya mengukur saja. Dan akan lebih terlihat lagi, ketika Anda mengambil jahitan baju yang ditempat di tokonya. Ia tak pergi mencari pakaian, tapi ia cukup menelpon dan datanglah seseorang mengantarkan baju yang sudah dijahit.

Inilah yang terjadi di dunia pengusaha jahit. Ia siap menerima jumlah jahitan yang banyak, karena ia memiliki orang-orang yang siap bekerja untuknya. Sungguh, ini adalah keuntungan yang didapat oleh siapa saja yang membangun bisnis menjahit melalui agen usaha dari sebuah toko terkenal.

Masalah biaya tentu saja berbeda dengan orang yang langsung memesan kepada Anda. Karena jika orang memesan, Anda sendiri yang menentukan harganya. Sedangkan melalui agen tukang jahit terkenal, maka mencari untung dibalik jahitan Anda.

Bedanya lagi, jika Anda membangun usaha jahit sendiri, maka semuanya tergantung orang yang menjahitkan baju kepada Anda. Berbeda dengan usaha jahitan melalui agen, Anda tak akan pernah kehilangan orderan. Karena para agen yang membangun usaha jahitnya selalu berusaha mencari konsumen yang siap menjahit di tempatnya. Sehingga, terkadang, belum selesai orderan jahitan Anda, sudah datang orderan jahitan yang lain.

Selain itu, menjadi ghost tailor Anda bisa menjahit di rumah. Anda tak perlu pasang iklan, karena Anda sendiri hanya tinggal menunggu tawaran orderan dari agen.

Plus minus dari menerima orderan dari agen jahitan tetap ada. Jika Anda tergolong orang yang ingin terus menerima jahitan, penulis menyarankan jadilah sebagai ghost tailor. Anda tak akan pernah berhenti bekerja, plus Anda selalu mendapatkan informasi terkini tentang model-model terbaru. Selain itu, Anda tak perlu sibuk-sibuk mengukur orang yang ingin pakaiannya dijahit. Anda tinggal hanya menjahit berdasarkan ukuran yang ditawarkan oleh agen..

Namun jika Anda termasuk orang yang tidak suka tertekan, maka menjadi ghost tailor bukanlah hal yang tepat bagi Anda. Pasalnya, menjadi ghost tailor Anda mesti siap bekerja dengan tekanan waktu. Semakin cepat Anda menyelesaikan pakaian maka menjadi nilai plus. Yaitu, Anda pun terus kebanjiran order. Setiap ada pakaian yang mesti disiapkan dengan segera, maka Anda yang menjadi target agen tersebut.

Namun penulis menyarankan, jika Anda menjadi ghost tailor, pilihlah satu agen saja. Jangan banyak-banyak, karena bisa membuat Anda menjadi kebingungan nantinya. Namun, jika Anda sendiri punya anggota yang banyak, maka tidak ada salahnya Anda memiliki banyak agen. Maksudnya, jika memiliki anggota lagi dibawah Anda, maka terimalah orderan sebanyak-banyaknya.

Akan lebih baik, bila anggota yang bekerja dengan Anda dipekerjakan di rumah Anda. Sehingga Anda bisa melihat lebih detail apa yang mereka kerjakan. Meski bukan Anda yang mengerjakan, namun ketika agen menanyakan kepada Anda tentang pakaian tertentu sudah selesai sampai di mana, maka Anda dengan mudah bisa menjelaskannya.

Di sinilah indahnya menjadi ghost tailor. Apalagi jika Anda membuka kursus jahitan pakaian, lalu siswa yang sudah berhasil bisa Anda gunakan sebagai tes atau ujian kelulusannya dengan mengerjakan proyek pekerjaan Anda. Atau, Anda bisa dengan langsung merekrutnya. Yang paling penting, Anda tak usah mencari keuntungan sebanyak-banyaknya dari setiap potongan baju yang dijahit, tapi berpikirlah bagaimana menerima orderan sebanyak-banyaknya lalu dikerjakan oleh orang-orang yang bekerja dengan Anda.

Namun penulis berpesan, usahakanlah bekerja dengan prinsip senang sama senang. Jangan mencari keuntungan dengan menyiksa orang lain bekerja lebih ekstra. Pasalnya, Anda berbagi rezeki dengan orang lain. Dengan tetap memperhatikan kebutuhan dan kemampuan orang yang bekerja dengan Anda.

Sungguh, membangun usaha ghost tailor adalah usaha yang baru dan terkesan tidak menyusahkan. Yang paling penting, Anda memiliki tim yang siap bekerja. Demikian halnya jika Anda menjadi penjahit yang berada di bawah agen. Anda mesti pintar membagi waktu dan menyiapkan jahitan yang dipesan. Silahkan memiliki dua agen, tapi penulis menyarankan untuk satu saja.

Pasalnya, dengan fokus pada satu saja, maka Anda bisa meningkatkan kecepatan dan bisa dengan mudah menerima orderan baru. Jika memiliki dua agen, dikhawatirkan pikiran Anda akan bercabang. Jika bercabang, hasil jahitan yang dikerjakan bakal kurang sempurna.

Tak ada orang yang tak ingin menerima hasil yang maksimal. Oleh karena itu, bekerjalah dengan fokus dan berikanlah hasil yang maksimal. Ingat, masih banyak jahitan yang lain yang bakal Anda terima bila mau bekerja dengan fokus. Anda tak perlu sibuk-sibuk mencari konsumen, agen yang bakal siap mencarinya untuk Anda. Bila pekerjaan Anda bagus, maka agen akan memberikan jahitan-jahitan yang mesti dikerjakan dengan bagus. Di sinilah nilai plusnya. Anda bakal mendapatkan ilmu baru, yaitu desain jahitan baju yang baru.

Bekerjalah dengan maksimal, maka orderan yang Anda dapatkan bakal memuaskan.

Speak Your Mind

*