Membuat Dekorasi Modern Pada Rumah Lama Anda

Ilustrasi dekorasi modern:

Terkadang, penampilan rumah yang telah lama didiami menjadi begitu membosankan. Solusi untuk mengubah rasa bosan tersebut, adalah merenovasi rumah lama Anda. Namun bila yang dilakukan adalah merenovasi dalam arti merubah desain dan letak tata ruang rumah dengan membongkar dan membangun kembali, maka biaya yang dibutuhkan akan sangat besar. Cara lain yang lebih mudah adalah, dengan merenovasi desain interior tata ruang dalam atau dekorasinya menjadi lebih modern. Dekorasi modern pada rumah lama tak hanya mengubah penampilan rumah, namun juga dapat mengubah aura rumah lama Anda menjadi baru kembali.

Dekorasi Modern Ruang Tamu

Ruang pertama yang akan sangat terlihat jika dilakukan perubahan desainnya adalah ruang tamu rumah Anda. Dekorasi modern akan membuat ruang tamu terlihat lebih fresh dan minimalis, sebab dekorasi modern biasanya mengutamakan kepraktisan fungsi.

Langkah pertama yang dapat membuat ruang tamu terlihat baru adalah mengganti desain gorden. Desain gorden sebaiknya serasi dengan tema ruang yang akan Anda terapkan. Misalnya tema yang jadi pilihan baru Anda adalah hitam putih, maka sesuaikan desain gorden baru dengan tema hitam putih tersebut.

Desain gorden yang Anda pilih, sekaligus juga berfungsi sebagai hiasan pada ruang tamu. Sebab jendela ruang tamu biasanya berbentuk besar dan dominan serta menjadi pusat dari sisi dinding tertentu. Artinya ia pun berfungsi sebagai hiasan. Sehingga pemilihan warna, jenis dan desain serta model akan mempengaruhi penampilan ruang tamu secara khusus dan rumah Anda secara umum.

Setelah desain gorden Anda tentukan, langkah selanjutnya untuk merenovasi ruang tamu adalah mengganti cat warna ruang tamu Anda. Anda bisa putuskan apakah hanya sekedar mengganti warna cat, atau merubah menjadi wall paper dengan tema yang sesuai dengan gorden. Hal tersebut berkaitan sebab gorden dan warna dinding sangat erat hubungannya.

Kemudian, putuskan apakah furnitur yang ada di ruang tamu, misalnya sofa yang lama, akan Anda ganti atau tidak. Bila Anda masih menyukai sofa di ruang tamu itu, alternatif lain adalah mengganti cover sofa saja. Anda bisa pilih warna cover yang sesuai dengan warna desain gorden dan cat tembok di ruang tamu. Dengan cara mengganti cover sofa, biaya untuk merenovasi ruang tamu akan lebih murah dibanding bila Anda harus mengganti sofa dengan yang baru.

Dekorasi Ulang Dapur

Untuk memanjakan istri di rumah, maka ada baiknya pula renovasi dapur menjadi salah satu prioritas Anda. Ini untuk menambah kenyamanan istri saat sedang mengolah makanan bagi keluarga. Jika sebelumnya tema dapur rumah Anda adalah minimalis, mengapa tak dirubah menjadi natural? Tema natural adalah tema yang sedang trend saat ini. Tema ini lebih mengutamakan kembali ke alam, dengan tumbuhan dan warna alam seperti batu dan coklat dominan pada furniture, cat dan gordennya.

Tema natural juga cocok dipadukan dengan hampir semua tema desain rumah. Selain itu, kelebihan lain tema natural adalah ia terlihat sederhana, nyaman dan membuat betah penghuninya. Memang untuk memadukan dekorasi modern dengan natural dalam sebuah dapur, dibutuhkan keahlian memadukan permainan warna. Diskusikan terlebih dahulu dengan istri tercinta Anda, warna apakah yang ia sukai, dan apakah tema natural modern menjadi kesukaannya pula.

Selanjutnya, pilihlah kabinet atau kitchen set yang sesuai dengan tema yang Anda putuskan tersebut. Ingat, sebuah dapur yang sehat adalah dapur yang mudah dibersihkan, sehingga tidak menyimpan banyak serangga dan kuman yang bisa menimbulkan penyakit bagi Anda dan keluarga. Pikirkan pembuangan air, pembuangan sampah dan kran air yang baik.

Dekorasi Modern Ruang Tidur

Ruang tidur atau kamar tidur adalah ruang pribadi yang menjadi kunci nyamannya Anda beristirahat dari segala aktifitas yang seharian telah Anda lakukan. Bila Anda hendak merenovasi ruang tidur pribadi dengan dekorasi modern, bisa dengan mulai mengganti cat dinding atau wall paper lama Anda. Lalu gorden, dan bed cover. Tema yang sesuai akan menambah keserasian.

Mengganti beberapa perabot dengan model yang lebih futuristik, pasti akan lebih sesuai untuk dekorasi modern kamar tidur. Atau televisi keluaran terbaru untuk menemani istirahat Anda, silahkan saja.

Bila yang hendak Anda renovasi adalah desain kamar putra atau putri Anda, mengajak mereka berbicara dan berunding tentang kamar mereka, akan lebih baik. Biarkan mereka mengungkapkan apa yang ingin mereka terapkan pada kamar pribadinya. Dengan begitu ada rasa memiliki dan tanggung jawab untuk turut menjaga serta memelihara kebersihan kamar tersebut nantinya.

Pemilihan meja belajar serta lemari yang praktis dan tidak terlalu besar untuk kamar anak dan remaja akan lebih baik. Perawatan dan membersihkan perabot tersebut tidak akan membuat anak menjadi lelah atau malas. Pemilihan warna-warni ceria sebaiknya juga diprioritaskan, sebab ini mempengaruhi kenyamanan dan suasana hati anak-anak yang lebih banyak bermain.

Taman Modern

Selain dekorasi untuk bagian dalam rumah, bagian luar rumah seperti taman dan teras pun turut mempengaruhi keindahan secara keseluruhan. Melakukan renovasi taman tidak terlalu sulit, namun juga tidak segampang membalik telapak tangan.
Yang harus diperhatikan saat merenovasi taman adalah penggantian desain, pemilihan warna, dan pemilihan jenis tanaman. Tambahan berupa batu-batuan untuk pengganti tanah, atau membuat sebuah kolam kecil di salah satu sudut taman, juga dapat membantu membuat taman Anda terlihat berbeda.

Jenis tanaman pakis kecil, bonsai, juga beberapa kaktus adalah contoh yang menambah kesan modern. Bila Anda punya pilihan lain, bisa konsultasikan pada arsitek Anda. Tambahan kursi besi dengan desain futuristik, atau penutup atap yang sedikit nyentrik, adalah jenis aksesoris penambah rasa modern. Punya pilihan lain? Silahkan berkreasi.

Dekorasi Apartemen

Tidak seperti rumah tinggal dengan banyak ruang dan halaman untuk taman, apartemen merupakan hal yang berbeda. Bila Anda hendak melakukan dekorasi ulang atau renovasi, maka mungkin akan sedikit sekali hal bisa Anda lakukan. Bentuk apartemen yang permanen tidak memungkinkan Anda melakukan renovasi ulang secara frontal.

Namun jangan khawatir, sebab walau sedikit, sebuah perubahan dekorasi di dalam apartemen akan membuat suasananya tetap terlihat berbeda, kok. Misalnya mengganti tata lampu atau pencahayaan setiap ruangan. Caranya dengan mengganti jenis lampu, menambah lampu meja, menambah watt dari lampu yang biasanya temaram, dan berbagai hal lain. Kemudian mengganti letak beberapa ornamen dan perabot di dalamnya. Atau mengganti warna beberapa dinding. Perubahan seperti itu sudah cukup membuat apartemen Anda terlihat berbeda dan baru.

Dekorasi sebuah rumah tinggal atau apartemen, memang berpengaruh terhadap suasana rumah dan keakraban penghuninya. Terutama juga terhadap suasana hati atau mood semua penghuni. Namun yang paling utama adalah bagaimana penghuni rumah dapat menanamkan rasa syukur atas karunia rumah dan tempat tinggal yang telah dimiliki tersebut kepada Yang Maha Kuasa. Bukan begitu?

Speak Your Mind

*