Membuat Template Blogger untuk Pemula

Membuat template blogger untuk pemula – Tidak menguasai bahasa html? CSS? PHP? MySql? JavaScript? Tenang. Jangan khawatir. Semua pengetahuan tersebut ‘tidak dibutuhkan’ dalam membuat template blogger, asalkan Anda tahu caranya. Berikut sedikit tips bagaimana membuat template blogger untuk pemula.

Membuat Template Blogger

Membuat Template Blogger

Salah satu keunggulan dari blog yang ber-platform blogger adalah kemudahan dalam memodifikasi atau bahkan mengubah template yang disediakan. Bahkan, kita sebagai pemilik blog dapat membuat template blogger sendiri.

Khususnya di blogger dengan sistem terbaru. Meski kita tidak memiliki pengetahuan tentang bahasa html, CSS, dan lain sebagainya, dengan menu template editor, sebuah template dapat diciptakan dalam hitungan detik. Cepat sekali, bukan?

Jika Anda pengguna blogger, perhatikan menu baru yang ada di fitur design. Lihat tab paling atas di samping edit html. Perhatikan tulisan template editor. Nah, di menu tersebut kita bisa mengedit atau bahkan menyesuaikan template sesuai dengan kehendak kita.

Lantas, apa yang harus dilakukan? Mudah. Pertama-tama log in ke blogger terlebih dahulu. Masukkan username serta password seperti biasa. Kemudian klik enter. Kedua, masuk ke design. Jika sudah, klik template editor.

Nah, di dalam menu template editor ini akan tersedia pelbagai fitur terkait dengan modifikasi template. Misalkan mengubah layout, mengubah warna, mengubah gambar latar belakang, mengubah footer, dan masih banyak lagi.

Selain itu, di menu template editor disediakan banyak template standar yang dapat dimodifikasi. Artinya, kita dapat memilih template tersebut. Kemudian jika tidak puas dengan template tersebut, entah itu di menu atau tampilannya, kita dapat mengubahnya. Asyik, bukan?

Satu lagi kelebihan dari template editor blogger adalah adanya preview atau pratinjau yang ditayangkan secara langsung. Dengan demikian, kita dapat mengetahui segala perubahan yang ada di blog kita ketika memodifikasinya. Perubahan yang terjadi akan ditampilkan secara real time di bagian bawah menu template editor. Jika terdapat sebuah kesalahan atau kejanggalan, kita dapat akan segera mengetahuinya.

Membuat Template Blogger dengan Firdamatic

Firdamatic adalah salah salah satu template generator yang sengaja dirancang sebagai desain template. Apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan template generator? Template generator adalah salah satu tool yang sengaja didesain untuk template blog yang diinginkan. Dengan menggunakan tool tersebut Anda tak perlu menggunakan kode-kode pemograman web seperti HTML, CSS, XML dan lain-lain.

Cara untuk membuat template bloggger dengan menggunakan firdamatic dengan mengisi formulir yang terdapat di dalam situs http://www.wannabegirl.org/firdamatic.  Di dalam tool ini ada diberikan pilihan. Apakah ingin memilih template dengan desain dua kolom atau tiga kolom.

Dalam pembuatan tamplate blogger dengan menggunakan firdamatic Anda hanya  membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 menit saja. Kenapa begitu cepat? Jawabannya disesuaikan dengan mottonya The Design Tool for The Uninspired Webloggers.

Agar lebih meyakinkan Anda, penulis akan memberikan contoh untuk pembuatan template blog dengan menggunakan tiga kolom.

  • Setelah Anda membuka situs firdamatic yang penulis jelaskan di atas, maka pilihnya Generate A 3 Column Layout
  • Setelah terbuka data formulir yang mesti diisi, maka pada
  1. Enter Your Name yang diisi adalah nama Anda atau nama pengguna blog
  2. Enter Your Name Address, maka yang dimasukkan adalah alamat email yang difungsikan sebagai verifikasi atau konfirmasi dari Firdamatic
  3. Enter Your Weblog Title, maka yang diisi adalah judul blog.
  4. Weblog Address, maka yang dimasukkan adalah alamat lengkap blog
  5. Blogging Tool Machine, maka yang diisikan di dalam formulir tersebut adalah blogging toolnya, yaitu blogger
  6. Blogging Tool Website Address, untuk formulir ini dikosongkan saja.
  • Untuk membuat headernya, maka Anda mesti mengisi formulir
  1. Enter the URL Image, maka masukkan foto yang Anda simpan di dalam situs photo hosting seperti picasa atau photobucket
  2. Would you like a Title Text? Jika Anda pilih Yes, I do, maka maksudnya adalah jika Anda ingin meletakkan title pada header. Jika tidak, maka piih no.
  3. Header Font, maka isikan jenis huruf yang ingin digunakan di dalam teks header
  4. Header Background Colour, maka isikan warna header blog Anda.
  5. Header Font Colour, maka Anda diminta memilih warna font header blog Anda.
  • Untuk memilih warna body blog, Anda bisa mengisinya pada formulir text font colour, background colour, link colour, border colour, dan credit box colour.
  • Bila sudah diisi semuanya, maka kliklah tombol Generate, maka Anda bakal melihat seperti apa tampilan template yang telah Anda buat.
  • Untuk bisa dimasukkan ke dalam blog Anda, maka perhatikan kolom Firdamatic Update, lalu klik link Copy Paste Here untuk mengambil kode program templatenya.
  • Bila sudah terbuka jendelanya, Ctrl + A atau  blok semua kode yang terdapat di dalamnya, lalu klik kanan pilih kata Copy.
  • Bukalah Notepade, lalu pastekan kode template tersebut ke dalamnya
  • Untuk memasang template ke dalam blog, maka langkah yang mesti Anda kerjakan adalah login ke blogger. Setelah jendela Dashboardnya terlihat, pilih layout.
  • Lalu pilih Edit HTML..
  • Karena Firdamatic Template masih tergolong Classic Template, maka Anda mesti mengubah template menjadi classic template. Caranya dengan klik Revert to Classic Template yang terdapat di bagian bawah kolom HTML
  • Setelah itu, Ctrl +A, lalu klik kanan dan pilihlah Delete. Atau setelah di select seluruh kode yang ada, kemudian klik tombol delete di keyboard.
  • Setelah itu, bukalah Notepade yang berisi tentang kode-kode template blog yang Anda buat dengan Firdamatic. Klik kanan dan pilih copy. Lalu buka kolom HTML yang telah Anda bersihkan dari kode-kode template sebelumnya, lalu pastekan ke dalamnya kode template firdamatic yang Anda buat.
  • Setelah itu, klik tombol Save Template Changes.
  • Maka blog Anda kini sudah berubah memiliki template dengan 3 kolom.

Sejatinya, masih banyak cara membuat template blogger dengan mudah dan tanpa dipungut biaya. Yang penting tugas Anda  mendaftar dan memasukkan email yang dimiliki. Di antara situs yang membuat template blogger adalah, Psycho dan Trix. Cara mendaftar tetap sama. Begitu juga cara mempostingnya ke dalam blogger milik Anda juga sama.

Nah, jika Anda telah mampu membuat template sendiri dengan pengalaman nol sama sekali di bidang html atau CSS, mengapa tidak mencoba hal yang lain? Yaitu bisnis online!

Blog dan Bisnis Online

Sebuah blog atau web jika tidak digunakan untuk berbisnis online, sangat disayangkan. Ibarat punya lapak di pasar, namun tidak digunakan untuk jualan. Jika Anda punya blog, namun hanya digunakan untuk media penyaluran hobi menulis, sungguh disayangkan.

Coba tengok AsianBrain.com. Sebuah situs komunitas bisnis online terbesar di tanah air. Di situs yang beralamat di http://www.asianbrain.com/ ini Anda akan mendapatkan segala sesuatu terkait dengan bisnis online. Seperti bagaimana memanfaatkan sebuah blog, bagaimana mengoperasikannya, bagaimana mengubah blog menjadi mesin uang, dan lain sebagainya.

Jika blog yang telah dibuat tadi dengan susah payah dan hanya digunakan sebagai sarana ’corat-coret’, jangan biarkan itu terjadi. Corat-coretlah yang ‘menghasilkan’ dengan bisnis online di blog Anda.

Dengan belajar di Asian Brain.com, Anda bakal diajarkan bagaimana membuat pembaca tertarik untuk membaca tulisan Anda. Tak hanya itu, Anda pun bakal diajarkan bagaimana membuat blog Anda berada pada posisi teratas saat ada yang searching melalui mesin pencari.

Masih banyak yang bisa dipelajari di Asian Brain. Anda tak akan merasa rugi, bahkan Anda bakal beruntung. Karena Anda secara otomatis juga bakal bergabung dalam komunitas orang-orang yang sudah lama berkecimpung dalam bisnis online. Sehingga Anda dengan sangat gampang belajar. Karena itu, jangan tunggu lama-lama lagi segaralah mendaftar. Selamat mencob

Speak Your Mind

*