Membuat Toko Online Sendiri

Membuat toko online merupakan hal yang marak orang gunakan untuk menjual dagangannya. Karena disamping para pembeli juga begitu mudah untuk melihat barang kita, juga karena jumlah pengguna internet di indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Toko online ini terdapat bermacam-macam mulai barang elektronik, makanan serta pakaian.

membuat toko online

Anda ingin memiliki toko untuk menjual produk usaha Anda tapi terbentur modal? Jangan khawatir, Anda masih bisa memilikinya tanpa mengeluarkan biaya banyak, bahkan boleh dikatakan dengan modal 0 rupiah! Caranya adalah dengan membuat toko online gratis. Bila berminat, Anda bisa membuat toko online dengan wordpress, karena di wordpress menyediakan jasa pembuatan web secara gratis.

Nah, marilah kita mulai membangun toko online Anda.

Langkah-Langkah Membuat Toko Online Dengan WordPress

1. Persiapan Toko Online

untuk membuat toko online anda harus mempersiapkan beberapa hal untuk menarik peminat yang ingin membeli barang yang anda jual. Adapun perlengkapan yang dibutukan antara lain:

a. Siapkan WordPress Anda

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus memiliki wordpress yang ter-install di komputer Anda ataupun hosting di server tertentu. Dan tidak lupa, Anda pun harus memiliki akun terlebih dahulu di wordpress. Bila belum punya, silakan instal dulu dan buat dulu blog-nya.

Cara membuat blog di wordpress bisa Anda pelajari di www.asianbrain.com. Sementara, bagi Anda yang sudah siap perlengkapannya, langsung saja login ke akun wordpress Anda.

b. Siapkan Plugin e-Commerce

Aksesoris utama lain untuk menjadikan blog wordpress Anda menjadi sebuah toko online adalah fasilitas e-Commerce. Melalui Plugin e-Commerce inilah toko online Anda bisa ditata dan dikontrol dengan baik. Boleh dikatakan, plugin e-Commerce-lah yang menjadi nyawa dari toko online Anda.

Banyak sekali plugin yang berfungsi sebagai e-Commerce (toko online). Dalam kesempatan kali ini, kita akan gunakan salah satu plugin yang sudah cukup dikenal oleh para pemilik toko online, yaitu WP e-Commerce.

c. Siapkan Template e-Commerce

Perlengkapan lain yang harus Anda siapkan untuk toko online Anda adalah template wordpress khusus untuk penggunaan toko online. Banyak sekali template yang gratis, silahkan Anda cari di Google.

d. Sediakan foto barang yang ingin anda jual

Sediakan foto-foto barang yang ingin ada jual. Saya sarankan agar anda memfoto sendiri barang yang ingin anda jual. Agar pembeli mengetahui bagaimana kondisi fisik dari barang yang anda jual. Agar nantinya jika ada pembeli yang membeli barang dari anda, pembeli tak kan kecewa dengan barang yang telah dibeli.

Karena kepuasan pelanggan dalam toko online ini adalah modal utama anda agar toko online ini menjadi besar serta memiliki kredibilitas dimata pelanggan. Sehingga pelanggan tak kan kuatir untuk membeli di toko online anda.

2. Langkah-langkah Membuat Toko Online

a. Masuk ke Akun WordPress Anda.

Bukalah www. WordPress.com kemudian login pada tempat login yang telah disediakan. Jangan sekali-kali mencetang tanda remember password karena toko anda ini harus anda sendiri yang mengetahui. Agar tidak disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertangung jawab.

b. Install Plugin WP e-Commerce.

Klik menu “plugin“, “add new“, “upload“, lalu “browse“. Silakan masukkan file plugin WP e-Commerce yang sudah Anda download sebelumnya, kemudian “install now“.

Alternatif lain, Anda bisa gunakan fasilitas “search” pada halaman plugins/add new tadi. Pada kolom “search“, ketik “wp e-commerce“, nanti Anda akan melihat banyak sekali plugin wp e-commerce dari berbagai author. Rekomendasinya, pilih plugin WP e-Commerce dari Instinct Entertainment. Bila sudah Anda temukan, langsung download.

c. Aktifkan Plugin WP e-Commerce

Di menu “plugins“, klik “plugins“, di sana Anda akan melihat plugin WP Shopping Cart, lalu klik “activate“.

d. Aktifkan Template e-Commerce

Masuk ke menu “appearance“, klik “themes“, “install themes“, “upload“, lalu “browse“. Masukkan file template yang sudah Anda download sebelumnya, kemudian klik “install now“.

Untuk mengaktifkannya, Anda lihat di “themes“, di sana akan muncul template yang Anda download, silakan Anda aktifkan.

Sampai tahap ini, toko online Anda sebetulnya sudah jadi. Berikutnya Anda hanya tinggal mengisinya dengan produk-produk yang mau Anda jual. Caranya cukup mudah, Anda masuk ke menu “store“, lalu klik “products“. Masukkan informasi produk, seperti nama, gambar, harga, ukuran dimensi, berat, biaya pengiriman, dll. Silakan, Anda bebas mengaturnya, karena itu adalah toko online Anda sendiri.

Keuntungan Berjualan Mengunakan WordPress

Banyak sekali keuntungan yang anda dapatkan dari berjualan di toko online. Disamping dari beaya yang murah serta gratis dalam hal promosi. Terdapat beberapa keuntungan lain dari anda mengunakan wordpress sebagai toko online. Adapun keuntungan tersebut antara lain:

  1. WordPress merupakan salah satu penyedia website yang gratis anda pakai untuk selamanya. Sehingga anda dapat mengunakannya tanpa berbayar.
  2. Anda bisa mencoba dan mensetting atau meng-customize wordpress anda dalam keadaan offline. Jadi walau anda tidak dalam keadaan online anda bisa merubah-rubah bentuk wordpress atau toko online anda sesuai keinginan, anda bisa mengugunakan bantuan software Xampp
  3. Tersedia banyak sekali pilihan tema yang disediakan oleh wordpress. Mulai dari tema yang gratisan maupun tema yang berbayar. Tapi sebaiknya anda memakai tema yang gratisan saja. Untuk menghemat biaya. Walaupun gratisan anda tidak perlu kwatir karena tema gratisan tak kalah dari tema yang berbayar.
  4. Dengan adanya tema pada wordpress ini anda dapat membuat toko online semenarik mungkin agar pelanggan tertarik untuk sekedar meliat website atau toko online anda atau bahkan membeli barang dari toko online anda.
  5. WordPress banyak sekali menyediakan plugin yang sudah siap kita gunakan. Dengan adanya berbagai macam plugin ini, maka kegiatan kita dalam pembuatan dan pendesignan toko online bisa lebih mudah dan menyenangkan.
  6. Karena wordpress merupakan sebuah script cms yang di instal dihosting sendiri, maka kita bisa lebih mudah dan leluasa untuk merubah script atau pun setingannya sesuai dengan keinginan kita sendiri.
  7. WordPress merupakan salah satu penyedia jasa web terbesar di dunia. Jadi secara tidak langsung web yang anda gunakan akan dihubungkan dengan mesin pencarian. Jadi bisa anda bayangkan apa hasil dari mesin pencarian?? Web anda bisa dilihat dan dicari oleh berbagai macam orang. Jadi apa jadinya jika pelanggan tertarik dengan barang yang anda jual?
  8. WordPress akan selalu dikembangkan oleh pihak wordpress. Karena perkembangan internet yang cepat maka sudah bisa dipastikan bahwa wordpress ini takkan ketinggalan jaman. Mungkin dengan pengembangan wordpress akan ada fitur yang disediakan oleh wordpress dan bermafaat untuk toko online anda

Tips agar Toko Online WordPress Anda Bisa Menjadi Besar

  1. Gunakan media jejaring sosial untuk mempromosikan toko online anda. Karena saat awal anda membuat toko online pasti toko anda belum banyak dikenal oleh orang lain.
  2. Kepuasan pelanggan adalah tujuan utama, keuntungan adalah hasil yang didapat. Jika anda menerapkan prinsip ini maka toko anda akan memiliki kredibialitas dimata pelanggan. Jadi, nanti pelanggan mungkin akan bercerita dimana ke orang-orang sekitar bahwa toko anda merupakan toko yang benar-benar berkualitas
  3. Gunakan REKBER (rekening bersama) yang memiliki reputasi bagus. Maraknya kasus penipuan toko online membuat pelanggan berfikir dua kali untuk berbelanja online. Jadi untuk mendapat kepercayaan dari pelanggan gunakan Rekber sebagai sarana untuk menarik kepercayaan pelanggan.
  4. Harga yang relatif murah. Mungkin ini bisa menjadi daya tarik yang paling tinggi bagi pelanggan untuk membeli barang yang anda jual.

Selamat berjualan di wordpress, berjualanlah untuk kepuasan pelanggan, ingat untuk menjadi toko yang besar kepuasan pelanggan adalah hal utama dan keuntungan adalah hasil yang anda dapat dari berjualan. Semoga sukses di toko online, berjualan yang benar dan jangan menipu pelanggan karena itu merupakan tindakan kriminal.

Speak Your Mind

*