Memilih Baju Pengantin

Ilustrasi pengantinSetujukah Anda bahwa menjadi pengantin adalah impian setiap orang? Ah, mungkin satu dua orang tidak setuju.

Pada umumnya, hampir setiap orang ingin menikah. Siapapun yang menikah sudah pasti menjadi pengantin.

Pernikahan adalah momen yang sangat berharga dalam kehidupan manusia, selain kelahiran. Tidak heran, pada semua pernikahan, calon pengantin selalu menginginkan hal terbaik yang bisa diupayakan untuk merayakan kebahagiaan mereka.

Pernikahan tidak melulu berurusan dengan salon dan penata rias terbaik, gedung terbaik, hiasan kamar pengantin terbaik, hidangan terbaik, dan lain-lainnya. Bahkan, tak jarang calon pengantin menempatkan baju pernikahan dalam urutan yang paling penting.

Baju Pernikahan

Ada berbagai cara bagi calon pengantin untuk memilih baju pernikahan. Baju pernikahan bisa saja sudah ada dalam paket salon kecantikan yang disewa.

Bisa juga baju pernikahan yang digunakan merupakan warisan turun-temurun dalam tradisi keluarga atau baju yang dirancang khusus sesuai impian. Biasanya, dipesan pada seorang penjahit atau desainer.

Desain baju pengantin sangat beragam. Calon pengantin tinggal menyesuaikannya dengan konsep pernikahan yang akan dipakai. Anda bisa memilih konsep tradisional, gaya keraton atau kerajaan yang mewah, atau konsep pesta ekstravaganza yang modern, semua terserah Anda.

Pesta pernikahan tradisional tetap menjadikan baju kebaya sebagai pilihan utama. Banyak desainer di Indonesia yang piawai dalam memodifikasi beragam model baju kebaya dengan sentuhan pada model, bahan, maupun detailnya.

Sementara itu, pada pernikahan berkonsep modern, calon pengantin lebih menyukai gaun-gaun dengan sentuhan internasional.

Sebelum membeli baju pengantin, sebaiknya Anda menyesuaikan dengan konsep pernikahan yang akan dipakai. Berikut ini merupakan beberapa tips bagi Anda dalam memilih baju pengantin.

  1. Sesuaikan konsep baju dengan konsep pesta pernikahan.
  2. Jika Anda ingin menjahit sendiri, Anda bisa segera hunting rancangan baju pernikahan di majalah-majalah atau situs-situs pernikahan. Selain itu, Anda bisa mempertimbangkan design dari kerabat Anda yang jago mendesain atau memesan khusus jasa seorang desainer.
  3. Luangkan waktu untuk sharing ide dengan desainer yang Anda percaya. Catatlah detail yang dibicarakan karena akan berpengaruh pada hasil dan budget yang akan Anda keluarkan.
  4. Anda harus sudah memesan baju pernikahan Anda jauh-jauh hari sebelum hari ‘H’ dan melakukan fitting beberapa saat sebelum digunakan untuk menghindari kesalahan ukur atau perubahan bentuk tubuh Anda.
  5. Jika Anda memutuskan untuk membeli jadi, jangan lupa memastikan model, ukuran, dan warna yang diinginkan.
  6. Jika dana terbatas, Anda bisa menyewa baju pengantin daripada membeli karena biasanya baju itu hanya digunakan sekali saja.

Tipe Tipe Baju Pengantin

Mereka mengatakan bahwa pernikahan adalah jalinan dibuat di surga dan dua orang yang akan menikah terikat oleh benang cinta yang abadi, entah dalam saling kepercayaan dan saling pengertian. Ups, saya tahu ini adalah sedikit berlebihan saat ini. Tapi kemudian, itu adalah bagaimana seharusnya atau lebih besar dari kami berharap untuk, bukan?

Namun, kembali ke pernikahan, hari pernikahan adalah salah satu hari yang paling penting dalam hidup kita. Dressing dengan baik dengan penampilan memesona untuk hari d-tidak bisa dibandingkan dengan apapun.

Pernikahan Kristen

Sebuah pernikahan Kristen klasik dalam gaun pengantin tampak benar-benar menakjubkan dalam gaun pengantin putih. Itu bisa menjadi gaun jenis A-line atau rok, berenda penuh dan panjang, atau gaun Ballerina. Gaun juga disebut gaun pesta atau gaun negeri dongeng. Ini benar-benar mempesona dan memberikan pengantin terlihat bagai Cinderella yang klasik.

Lalu ada gaun pengantin kolom, pas dekat dengan tubuh. Untuk pengantin luar sana, jika Anda ramping dan tinggi dan ramping, ini adalah cara untuk membuat pria Anda tampak ikut menawan! Empire line dress, gaun putri duyung, baju lengan pendek dan lain-lain termasuk berbagai gaun pengantin untuk wanita.

Untuk pria, mereka akan terlihat gemilang di Tuxedo klasik. Tergantung pada waktu dan tempat dan bentuk tubuh mereka, pria juga dapat memilih untuk setelan formal, jaket stroller, rompi, celana bergaris, dasi kupu-kupu dan jaket tua yang baik ekor hitam dan sebagainya. Bagi seorang pria tidak ada seperti tux klasik atau jaket makan malam bergaya dan pas untuk mengesankan istrinya. Ini adalah gaya gaun pengantin utama untuk pasangan Kristen.

Pernikahan gaya Afrika

Orang Afrika jangan dibayangkan menikah tanpa sehelai benang, Anda kena tipu stereotip film barat yang memandang orang Afrika sebagai orang bar bar. Kebalikannya orang Afrika memiliki gaun pengantin yang paling tertutup, dan sejauh ini, gaun pengantin yang paling etnis dari yang etnis.

Dari Dashiki yang panjang dan berwarna putih dan emas, yang terdiri dari tiga potong untuk Kente set dasi, pengantin pria Afrika sangat tradisional dan berakar dengan budaya mereka.

Para wanita memiliki lebih banyak pilihan ketika datang untuk berpakaian dalam berbagai gaya untuk pernikahan.

Perempuan Afrika terlihat sempurna dan anggun dengan warna merah dan emas gaun buba atau gaun ashoke gaya ungu dan emas. Dan ada pula gaun hitam dengan pernik ratusan hiasan dan gaun emas cape-verde merupakan pilihan lain yang besar untuk kedua mempelai pengantin Afrika.

Pilihan lain yang indah untuk pengantin Afrika adalah gaun putih dan emas yang elegan, disertai dengan bungkus kepala gele. Ini gaya berpakaian sesuai dengan cita rasa Afrika.

Pernikahan India

Nah, pernikahan India, apa yang harus saya katakan tentang mereka? Tentu saja satu hal di kepala adalah penggunaan Sari. Itu benar dan salah. India memiliki gaun pengantin yang paling berwarna-warni dari semua gaun pengantin di dunia!

Cerah, warna segar dan hidup adalah karakteristik dari pernikahan India. Pakaian pengantin India adalah semua tentang pola yang berbeda, indah dan gaun berdesain dirancang dan tentu saja Sari.

Bicara tentang pernikahan India, dan yang paling menonjol adalah Hindu dan pernikahan Islam. Dalam pernikahan tradisional Hindu, para wanita di sebagian besar bagian memakai indah dirancang dari untaian Sari.

Dan perempuan India tampak sangat mempesona dalam Sari nya, dilengkapi dengan perhiasan pengantin emas mengagumkan. Biru, merah marun, hijau, kuning, atas daftar warna ketika datang ke pernikahan Hindu.

Sementara wanita terlihat menakjubkan dalam sari, pria pun tidak kurang menawannya. Pria bisa pergi semua keluar dan bahkan memakai dhoti dan kurta atau salwar kurta atau sherwani stylish. Dalam berbagai daerah di India, mereka mengenakan pakaian yang berbeda, tetapi ini adalah gaya pengantin gaun dasar Hindu.

Kaum Muslim di sisi lain bisa disebut lebih kompak, ketika datang ke gaya berpakaian dan jelas bukan warna. Seperti pernikahan Muslim adalah sama indah nya dan sama berwarna-warni karena mendapat sentuhan budaya yang sama.

Sedangkan pengantin wanita mengenakan ghagra atau salwar kameez yang warna warni, para pria akan memakai sutra kurta dan salwar.

Sherwani menjadi tujuan utama dari busana pernikahan yang umum dari semua tema pernikahan India, pun pernikahan muslim tidak terkecuali. Dalam baju memilih pengantin pilihan baju India, tidak harus sedramatis dalam filmnya. Campuran dengan etnik lokal Indonesia pun tak bermasalah.

 

Speak Your Mind

*