Memilih Jenis Make Up

Adalah hal wajar seorang wanita ingin terlihat cantik. Dan kecantikan itu sebenarnya adalah relatif. Jenis make up juga ternyata mempengaruhi penampilan dan hoki seseorang. Benar tidaknya tidak ada data akurat yang meyakinkan tentang hal ini. Ternyata masalah kecantikan ini tidak hanya milik para wanita, para laki-laki juga telah banyak yang sadar kecantikan. Bagi mereka penampilan itu akan menaikan ‘harga’ di tempat kerja dan juga dipandangan lawan jenis.

Tidak Hanya Wanita

Semakin berkembangnya dunia, semakin banyak hal-hal yang bergeser dari peradaban. Kalau dahulu dapur dipandang sebagai wilayah wanita saja, ternyata kini tidak sedikit laki-laki yang mengabdikan dirinya ke sejahteraan dapur. Mereka pandai memasak dan sangat pintar meramu makanan. Bahkan ahli masak dunia atau koki hebat itu kebanyakan berjenis kelamin laki-laki. Begitupun dengan dunia dandanan. Kalau dahulu orang mengira hanya wanita yang peduli, kini para lelaki pun sangat peduli dengan penampilan.

Hal ini tentu saja dimanfaatkan oleh para pengusaha yang bergerak dibidang kecantikan. Bila da sampo khusus wanita, sampo khusus laki-laki pun ada. Begitu juga yang pembersih wajah dan peralatan make up yang lain. Semua ada untuk laki-laki. Melihat peluang yang luar biasa ini, para penjual juga tidak tinggal diam. Lihatlah para model laki-laki yang memamerkan peralatan untuk laki-laki, mereka melakukannya dengan sangat santai dan tidak canggung.

Pasha Ungu dan Christiano Ronaldo adalah di antara laki-laki yanmg menjadi model yang mempromosikan peralatan khusus laki-laki. Penampilan mereka yang menarik dengan wajah yang rupawan ternyata mampu memberikan pengaruh positif kepada konsumen sehingga kini banyak laki-laki yang tidak canggung menggunakan peralatan mandi, bedak, alas beda, bahkan lipstik khusus untuk laki-laki. Memang tidak semua laki-laki peduli, namun, ternyata wanita senang dengan laki-laki yang bersih dan menarik ini.

Adanya kontes Abang-None atau Bujang-Gadis yang dimaksudkan sebagai duta pariwisata juga menambah banyak laki-laki yang berusaha menjaga penampilan mereka. Mereka tak ingin hanya menjual tampang dengan wajah mulus, kulit dan bau badan pun harus harum. Mereka sangat sadar kecantikan demi penampilan yang lebih prima. Inilah yang menopang industri kecantikan Indonesia. Tidak heran kalau produk yang menggunakan sistem MLM pun marak diikuti oleh kaum laki-laki.

Mereka merasa bahwa kebersihan itu bagian dari pencitraan diri. Namun, merek tetap memilih prosuk yang tidak membuat mereka menjadi terlihat seperti wanita. Kalaupun mereka berbedak, mereka tidak ingin menggunakan bedak dengan ketebalan yang cukup mempermalukan mereka di depan umum. Ternyata, keadaan ini tidak hanya didominasi oelh kaum pria berusia matang, anak-anak remaja laki-laki juga mengikuti tren make up untuk laki-laki.

Jangan katakan para pekerja seni. Make up ini adalah urusan yang sangat penting yang akan menjadi salah satu nilai jual yang cukup tinggi. Tidak ada yang mau menggunakan artis yang tidak menjaga penampilan kecuali kalau ia memang benar-benar mempunyai nilai jual yang lain yang tidak dimiliki oleh artis lain yang mempunyai wajah lebih menarik dengan panampilan yang lebih merangsang orang lain untuk melihatnya.

Inilah mengapa banyak artis Korea baik laki-laki maupun wanita yang melakukan operasi plastik. Mereka tetap ingin terlihat tampan dan cantik dalam usia berapapun. Menjaga penampilan seperti sesuatu yang wajib dilakukan. Kalau tidak, maka mereka tidak akan tampil algi. Hal ini pasti akan membuat depresi. Semua kosmetik yang digunakan sangat lengkap. Mulai dari krim untuk penghalus tangan hingga untuk rambut.

Tujuan Make Up

Pada dasarnya urusan make up pada zaman sekarang adalah bukan dominasi kaum wanita saja. Kaum Adam pun ada yang membutuhkan dalam aktifitasnya sehari-hari. Bila wanita membutuhkan make up sebagai kebutuhan rutin dan keharusan yang sudah menjadi rahasia umum, maka kaum adam membutuhkan hanya pada waktu tertentu saja. Biasanya hanya terbatas pada kalangan entertainer saja. Orang awam pun ingin tampil menarik.

Tujuan make up adalah mengubah penampilan wajah seseorang. Pengubahan penampilan wajah itupun tergantung pada kebutuhan pula. Apakah make up untuk sehari-hari, pesta ataupun make up dengan kebutuhan khusus. Melihat apa yang dilakukan oelh Dedi Corbuzier, orang bisa membayangkan berapa lama untuk mendapatkan penampilan seperti itu. Tentunya dibutuhkan ketrampilan khusus agar mendapatkan penampilan yang khas. Tanpa make artis yang mumpuni, rasanya keadaan itu tidak akan didapatkan.

Kenali Wajah Anda Sebelum Bermake Up

Kulit wajah Anda terbagi beberapa jenis. Sebelum melakukan make up, sebaiknya Anda mengetahui jenis kulit wajah. Hal ini membantu pemakaian make up yang merata dan sesuai apabila diaplikasikan pada wajah. Kalau tidak tahu jenis wajah, bertanyalah kepada yang ahlinya agar tidak salah langkah ketika melakukan make up sendiri.

Jenis kulit wajah tersebut adalah:

1. Normal
2. Kombinasi
3. Berminyak
4. Kering
5. Sensitif

Penjelasannya adalah sangat sederhana. Kulit Normal adalah kulit yang bertekstur permukaan kenyal, lembab dan halus. Kadar minyaknya sedang atau cenderung sedikit. Jarang bermasalah dengan urusan jerawat. Kulit Kombinasi yakni kulit yang cenderung kering di daerah dagu dan pipi namun mengkilap di daerah T (hidung, dan kening). Sering timbul komedo di hidung dan kening.

Kulit Berminyak memiliki ciri-ciri mengkilap hampir di seluruh wajah. Apabila ditekan dengan kertas minyak akan meninggalkan bekas di atasnya.  Kulit Kering yaitu kulit yang permukaanya kesat, seperti ditarik dan mudah berkerut. Kadang terlihat kusam dan tak terang.

Kulit Sensitif adalah kulit yang mudah memerah dan iritasi. Tidak tahan debu atau perubahan cuaca. Menghadapi jenis kulit wajah yang berbeda maka harus menerapkan cara berbeda untuk jenis make up. Setidaknya Anda akan dapat memilih dengan pasti pelembab wajah, pembersih wajah, foundation wajah hingga jenis make upnya.

Tahapan Melakukan Make Up

Urusan make up memerlukan pendidikan khusus dan ada sekolahnya. Itu sebabnya banyak orang mengambil jalan pintas untuk urusan make upnya  kepada ahlinya. Misalnya ke salon atau penata rias langganan. Namun untuk kebutuhan sehari-hari saja, Anda tetap dapat melakukannya sendiri. Asalkan Anda mengetahui dasar-dasar melakukan tata rias atau make up. Langkah-langkah atau tahapan melakukan make up adalah sebagai berikut:

* Pembersihan secara rutin
Lakukanlah pembersihan wajah secara rutin. Dari mulai melakukan facial foaming sendiri pada wajah untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati. Kemudian membersihkan wajah dengan susu pembersih atau cairan pembersih, pada saat sebelum mandi ataupun ketika akan tidur.

* Perawatan rutin
Dengan mengunakan cream khusus dan jangan lupa untuk menyesuaikan jenis kulit wajah. Aplikasikan kebutuhan cream khusus pada saat siang atau malam. Dan bila dibutuhkan, Anda dapat menambahkan dengan vitamin kulit.

*  Perawatan berkala
Pada waktu tertentu Anda dapat melakukan facial dengan dibantu oleh ahli yang professional. Misalnya dengan pergi ke salon atau memanggil penata rias.
* Memilih dan mengaplikasikan make up
Anda dapat memilih make up yang Anda butuhkan, sesuai dengan tema, nuansa, waktu dan jenis make up itu sendiri.

Jenis Make Up

Ada beberapa jenis make up yang dapat Anda terapkan atau Anda pilih. Di antara berbagai jenis make up tersebut, seperti:

a. Make up Karakter
Yakni make up yang umumnya dipakai untuk memberi kesan suatu karakter, atau menguatkan suatu karakter tertentu. Misalnya make up pada seorang bintang film, yang dimaksudkan untuk memberi kesan tua atau, terlihat sakit.

b. Make up Tematik
Adalah make up yang bertema dengan pilihan tema tertentu. Sebagai contoh dari jenis make up tematik adalah make up yang diaplikasikan oleh para peserta karnaval Jember Fashion Carnaval (JFC) yang biasa diselenggarakan tiap tahun.

c. Make up Artis
Yaitu make up yang digunakan seorang artis, dalam keperluan untuk shooting atau membawakan berita.

d. Make up Minimalis
Adalah gaya make up yang lebih menonjolkan pada kesan natural, soft dan tidak berlebihan atau menor. Sapuan-sapuannya amat tipis, dan pilihan warna make up-nya (eye-shadow, blush on) amat netral.

e. Make up Pesta
Karena tujuannya adalah memang untuk pesta. Maka aplikasinya jelas agak lebih daripada yang biasa. Karena bertujuan untuk memberikan kesan beda, glamour dan mewah.

f. Make up sehari-hari
Yang diaplikasikan sebatas untuk kebutuhan sehari-hari. Setidaknya untuk sekadar menjaga penampilan saja.

Semoga informasi dapat membantu Anda, ya!

Speak Your Mind

*