Memilih Krim Sunblock Untuk Renang

Ilustrasi Krim SunblockSebagian besar orang menyukai olah raga renang. Selain olah raga ini menyenangkan, berenang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Anda dapat melatih kebugaran tubuh, membentuk otot dan mendukung pertumbuhan tulang dengan baik, serta memperlancar sistem pernapasan dengan melakukan olah raga renang secara teratur.

Namun, meskipun berenang merupakan olah raga yang menyenangkan dan menyehatkan, sebagian orang juga tak menyukai olah raga renang terutama berenang di luar ruangan ataupun di laut.

Kegiatan berenang yang dilakukan di air dan di siang hari dapat menyebabkan kulit menghitam ataupun terbakar dengan mudah. Selain itu, kandungan kaporit yang biasanya terdapat pada air kolam renang juga dapat mempercepat proses penghitaman atau bahkan ditambah dengan iritasi pada permukaan kulit.

Untuk membuat olah raga renang lebih bisa dinikmati serta tidak menyebabkan kulit terbakar, Anda harus mengusapkan krim sunblock pada permukaan kulit yang tidak tertutup pakaian renang.

Zat yang terkandung dalam krim sunblock tersebut akan melindungi kulit secara efektif dari sengatan Ultra violet yang dapat menyebabkan kulit terbakar, kusam, kering, menghitam, atau bahkan mengalami penuaan dini. Itulah mengapa Anda harus menggunakan krim sunblock untuk menghalangi sinar ultraviolet merusak jaringan kolagen kulit Anda serta mengurangi kecantikannya.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang krim sunblock agar Anda dapat memilih yang terbaik dan tepat untuk memenuhi kebutuhan kulit Anda selama Anda menikmati olah raga renang. Berikut beberapa informasi yang perlu Anda ketahui;

    1. Sunblock atau sunscreen tidak hanya tersedia dalam bentuk krim. Anda juga dapat menemukan sunblock dalam bentuk losion, spray dan gel. Masalah keefektifan jenis – jenis sunblock tersebut, Anda dapat memilih jenis apapun asalkan mereka mengandung jumlah kandungan sunblock sebagaimana yang Anda perlukan.Jenis – jenis tersebut memberikan pilihan pada pengguna tentang bagaimana mengoleskan sunblock pada permukaan kulit. Apabila Anda terbiasa mengoleskan sunblock di seluruh tubuh; sunblock dalam bentuk spray adalah pilihan tepat untuk mempermudah pengaplikasiannya.
    1. Untuk digunakan selama berenang, Anda harus memilih sunbock yang anti air atau tidak mudah larut dalam air sehingga ketika Anda menggunakannya untuk berenang selama beberapa saat, kulit Anda tidak akan kehilangan perlindungan karena sunblock yang telah terkikis air.
    1. Sunblock dalam bentuk gel atau krim merupakan satu jenis yang dapat meresap ke dalam kulit dengan cepat. Apabila Anda tak ingin menunggu lama; sunblock jenis ini merupakan pilihan tepat.
    1. Perhatikan tentang kandungan yang terdapat dalam krim sunblock yang akan Anda beli. Masing – masing merek sunblock menawarkan tingkat perlindungan yang berbeda – beda. Akan lebih baik jika Anda memilih sunblock dengan kandungan SPF yang tinggi. Semakin terik matahari yang akan Anda hadapi, Anda harus memilih sunblock dengan kandungan SPF yang tinggi pula, seperti SPF 15, SPF 20, atau SPF 30.
    1. Memilih sunblock yang dapat melindungi dari sinar UV A dan UV B sangatlah direkomendasikan. Sinar ultraviolet A dan B dapat memberikan efek yang berbeda pada kerusakan kulit. UVA dapat membuat kulit terbakar dan merusak kolagen kulit sehingga kulit akan terlihat kusam. Sedangkan UVB dapat membuat kulit menghitam dengan efek lain yang lebih berbahaya, yaitu pengrusakan DNA.
  1. Bedakan sunblock yang Anda pilih untuk wajah dan seluruh tubuh. Tidak semua sunblock dapat digunakan untuk wajah karena kandungan moisturizer yang berbeda serta karakter jenis kulit wajah yang sangat berbeda dengan kulit badan. Jadi, Anda juga harus memiliki krim sunblock khusus untuk wajah sehingga tidak terjadi iritasi.

Apabila kulit Anda termasuk kulit yang sensitif, memilih sunblock dengan extra moisturizer adalah sebuah keharusan untuk menghindari iritasi. Moisturizer yang cukup akan memberi perlindungan lebih pada kulit Anda dari kekeringan setelah berenang.

Speak Your Mind

*