Memilih Makanan Sehat untuk Diet Sehat

Ilustrasi makanan sehat untuk dietSalah satu petaka yang ditakuti kaum hawa terhadap kondisi tubuhnya adalah bertambah gemuk. Karena itu diet menjadi langkah praktis untuk mengatasi penambahan berat badan. Namun tak jarang diet sekadar dipahami sebagai mengurangi jumlah atau porsi makan. Padahal diet bisa dilakukan tanpa harus mengurangi jumlah makan, apalagi kalau Anda termasuk orang yang sibuk dan pekerja keras.

Kebutuhan kalori setiap orang tentu berbeda-beda, baik karena perbedaan usia, jenis kelamin, maupun jenis aktifitas hariannya. Namun secara umum kebutuhan kalori wanita lebih rendah dari pria. Kalau kebutuhan kalori pria rata-rata 2.500 kalori per hari, wanita hanya 2.200 kalori perhari.

Dengan memperhatikan kebutuhan tubuh, diet dapat dilakukan dengan mengganti sejumlah jenis makanan dengan makanan pengganti. Namun makanan pengganti ini tetap harus mengandung gizi yang cukup untuk mendukung kegiatan sehari-hari.

Kuncinya, cermat memilih Makanan Sehat Untuk Diet yang sehat. Jangan sampai diet dilakukan tapi malah membuat tubuh loyo dan mengganggu aktifitas dan pekerjaan.

Dan bilamana aktivitas terganggu, Anda tidak akan dapat meraih hasil yang maksimal padanya, namun kekhawatiran untuk kegemukan pun juga tidak dapat dihindari, oleh karena itulah orang cenderung memilih melawan kegemukan dengan jalan makan.

Tentu saja melawan kegemukan dengan jalan diet tidak selalu berpantang dan berpuasa saja, asal kombinasinya bagus, Anda bisa menjadi pemakan segala yang tidak perlu khawatir.

Jeli Memilih

Beberapa jenis makanan sehat untuk diet yang baik di bawah ini dapat dipilih, diantaranya :

    1. Zat TenagaUntuk mengganti beras sebagai sumber zat tenaga tak ada salahnya memilih ubi jalar ungu sebagai menu makanan sehat untuk diet. Makanan khas Indonesia ini ternyata mengandung banyak gizi yang sangat bermanfaat untuk program diet. Ubi jalar ungu diketahui rendah kolesterol (bahkan mendekati nol), rendah sodium, rendah gula, namun kaya vitamin A.

Ubi jalar ungu juga mengandung beta karoten yang sangat bermanfaat dalam membantu pertumbuhan tulang, gigi, rambut dan kulit. Selain itu makanan ini juga mengandung zat anti oksidan yang sangat baik dalam meningkatkan system imunitas tubuh, memperlambat proses penuaan, serta mencegah dan menanggulangi penyakit jantung dan kanker.

  1. Zat PengaturUntuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin sebagai zat pengatur, buah apel dan wortel sangat baik untuk dimasukkan sebagai menu diet.  Apel diketahui mengandung pektin, hidrat arang, protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B, dan vitamin C, dan rendah kalori. Begitu juga dengan wortel yang dikenal rendah kalori namun kaya vitamin, protein, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C.
  2. Zat PembangunUntuk memenuhi kebutuhan zat pembangun, sebaiknya pilih makanan dari jenis kacang-kacang yang kaya serat, serta susu dan produk turunan hewani namun yang rendah lemak. Namun karena lemak juga dibutuhkan tubuh, pilih makanan yang mengandung lemak baik dan hindari lemak jenuh.

Aturan Kombinasi Makanan dalam Diet

Konsep food combining adalah inovasi oleh Dr William Howard Hay pada abad ke-20, yang menekankan pada makan makanan tertentu bersama-sama dan dalam makanan tertentu, untuk pencernaan yang tepat dan penurunan berat badan yang cepat.

Oleh karena itu, di bawah ini diberikan beberapa makanan dasar menggabungkan peraturan yang menyatakan jenis makanan yang sebaiknya dimakan bersama-sama atau secara terpisah.

  • Karbohidrat dengan Asam dan Protein: makanan pertama menggabungkan menyatakan aturan bahwa orang harus menghindari makan makanan tinggi karbohidrat atau pati (termasuk roti, nasi, kentang, sereal, dll) dengan makanan yang kaya asam (termasuk lemon, limau, jeruk, grapefruits, nanas, tomat dan semua buah jeruk) atau protein (seperti ikan, daging, telur, tahu, susu, dll). Karena protein dan karbohidrat memerlukan enzim asam dan basa, masing-masing, untuk pencernaan mereka, ketika dikonsumsi bersamaan, mereka menetralisir satu sama lain dan menghambat pencernaan.
  • Protein dengan Protein dan Lemak: Ketika datang ke protein, yang merupakan blok bangunan dari tubuh kita, menghindari makan lebih dari satu protein di makan. Demikian pula, hindari lemak dan protein makan bersama-sama, karena beberapa makanan berlemak memerlukan lebih banyak waktu untuk pencernaan. Juga makanan tinggi protein dan asam harus dimakan secara terpisah sebagai asam dari makanan asam menghambat sekresi asam pencernaan yang diperlukan untuk pencernaan dan penyerapan protein dalam tubuh.
  • Buah dan Sayuran: Meskipun buah-buahan dan sayuran selalu menguntungkan kita, di kali, kombinasi mereka dapat mengakibatkan beberapa masalah pencernaan. Sayuran berdaun hijau cocok dengan hampir semua jenis makanan, tapi menghindari mereka dengan buah-buahan seperti melon, yang lebih dari 90% cair dan sebagainya harus dikonsumsi secara terpisah. Juga buah yang berfungsi sebagai makanan terbaik selama diet penurunan berat badan, tidak boleh dimakan dalam kombinasi dengan makanan yang kaya pati dan protein.
  • Gula dan Desserts: Desserts, menjadi bagian yang paling menarik dari makanan, harus dihindari sejauh mungkin. Mereka tidak menawarkan manfaat bagi tubuh kita, bukan berat pada perut dan fermentasi ke alkohol, asam asetat dan cuka. Demikian juga, makanan yang tinggi gula dan lemak seperti daging lemak, asam apel, kacang-kacangan, kacang tanah, kacang polong, sereal, roti dan selai, atau kue panas dan madu atau sirup, juga harus dihindari, karena mereka memperlambat proses pencernaan.

Contoh Menu Kombinasi Makana

Sebuah makanan sehat untuk diet, semisal vegan khas menggabungkan menu sarapan harus mencakup buah-buahan, salad sayuran yang terdiri dari makan siang, sayuran hijau dimasak dan satu makanan yang kaya pati, dan makan malam yang terdiri dari salad, dua dimasak non-pati sayuran dan item makanan pati. Namun, di bawah diberikan adalah contoh menu untuk beberapa food combining yang akan membantu Anda dalam merencanakan makanan Anda dengan baik.

Contoh menu # 1

  • Sarapan: Sebuah bubur oatmeal atau cornflake dengan yogurt dan kismis.
  • Makan siang: Buah segar atau salad sayur, kentang panggang atau kentang bawang putih panas dan salad, pisang.
  • Makan malam: Ayam panggang dengan beberapa akar dan sayuran daun, krim lemon atau ikan rebus dengan pilihan sayuran dan puding apel.

Contoh menu # 2

  • Sarapan: roti gandum Mixed, panggang atau roti panggang dan selai.
  • Makan siang: Kembang kol dan kentang sup, salad buah segar atau salad pasta dengan pesto dan salad buah kering.
  • Makan malam: Sosis dengan pilihan sayuran atau keju biru dan saus kenari dengan pilihan sayuran dan buah segar.

Singkatnya, kita dapat mengatakan bahwa dengan membuat pilihan makanan sehat dan makan mereka dalam proporsi yang tepat dan konsentrasi dapat membantu kita untuk mengontrol berat badan dan menjaga kesehatan pencernaan dengan tinggal jauh dari komplikasi pencernaan berbagai.

Untuk manfaat yang optimal, bersama dengan mengikuti panduan yang diberikan dalam artikel ini, pastikan bahwa Anda minum cukup air, mengunyah makanan Anda dengan benar dan berolahraga secara teratur.

Speak Your Mind

*