Memilih Perlengkapan Renang Anak

Ilustrasi Perlengkapan RenangRenang. Olahraga yang satu ini adalah salah satu olahraga yang sangat menyenangkan baik itu buat orang dewasa ataupun anak -anak. Tetapi untuk melaksanakan olahraga seperti ini hanya biasa dilakukan di waktu liburan saja.

Karena untuk melakukan olahraga renang dibutuhkan waktu dan persiapan yang tidak mudah dan gampang. Padahal manfaat yang akan dirasakan jika melakukan olahraga renang dengan rutin akan dirasakan langsung oleh tubuh.

Banyak orang yang belum mengerti manfaat dari olahraga. Banyak penyakit yang bisa diperoleh akibat dari tidak pernah melakukan olahraga. Diantaranya adalah : penyakit jantung, obesitas, arthritis dan hipokolesterolemia.

Olahraga renang selain baik juga untuk anak-anak dari umur 4 bulan sampai kepada orang dewasa baik yang sedang hamil, atau sudah lanjut usia sekalipun. Mengapa olah raga renang bisa begitu bermanfaat? Karena ketika seseorang sedang berenang seluruh berat badan akan mengapung jadi sendi-sendi yang ada di tubuh tidak terlalu berat dalam menopang beban badan. Mengenalkan olah raga renang sejak dini akan membuat mereka menyukai olahraga ini.

Satu satunya olah raga yang tidak akan membuat Anda berkeringat dan bepanas-panasan adalah olahraga renang. Bagaimana dengan perlengkapan renang? Tentu saja banyak yang harus dipersiapkan sebelum melakukan olahraga ini.

Bila anak Anda masih berusia 0 bulan sampai 1 tahun, mungkin masih belum berani buat nyemplung langsung ke dalam kolam renang umum. Anda bisa mencoba membeli kolam sendiri yang ukurannya di sesuaikan oleh keadaan anak, ruangan yang akan ditempati.

Sekarang sudah banyak pilihan yang sudah disediakan, kolam berbagai ukuran dengan berbagai fasilitas. Pilih bahan yang kuat agar tahan lama. tinggal pompa, Anda akan mendapatkan kolam renang di rumah Anda sendiri. banyak pilihan yang bisa diambil. Bila anak Anda belum berani untuk terkena air, coba dulu di isi dengan bola, yang penting bagaimana membuat buah hati dalam keadaan ceria.

Pakaian renang

Perlengkapan yang satu ini yang paling penting. Banyak orang mengira, pakaian renang bisa digantikan dengan pakaian biasa. Terlebih lagi buat anak-anak. Banyak orang tua yang mengenakan anak-anak mereka hanya kaos dan celana pendek saja untuk berenang buat anak-anak mereka. padahal dengan menggunakan pakaian renang yang baik akan menunjang kegiatan olahraga tersebut menjadi lebih maksimal.

Berikut tips untuk memilih pakaian renang yang baik buat anak :

  • Pilih bahan pakaian renang yang nyaman agar anak Anda terhindar dari alergi.
  • Pastikan ukurannya pas di badan. Jangan terlalu kecil dan juga jangan terlalu longgar juga.
  • Warna yang dipilih sebaiknya warna terang dan ceria agar anak-anak semakin menyukai olahraga ini.
  • Untuk perawatannya, setelah di cuci jangan di setrika dengan suhu yang tinggi karena akan merusak pakaian renang Anda. biasanya bahan pakaian renang terbuat dari nylon, jadi tidak bisa di setrika.

Kaca mata renang

Perlengkapan ini baru bisa dipakai untuk anak yang usianya 2 tahun ke atas. Berguna untuk menghindari masuknya air ke dalam mata anak. Pilih bahan yang nyaman dan tidak membuat anak justru merasa risih dalam menggunakan kaca mata renang. Banyak merek yang sudah menyediakan kaca mata renang. Tinggal Anda yang menentukan bahan yang terbaik buat buah hati Anda.

Pelampung

Perlengkapan renang ini juga penting. Jika anak Anda belum mahir untuk berenang, pelampung wajib dikenakan. Pilih sesuai dengan umurnya dan berat badan. Pastikan anak Anda nyaman mengenakan pelampung. Warnanya juga disesuaikan dengan selera anak-anak.

Baju Handuk

Perlengkapan bisa digunakan ketika anak Anda merasa lapar dan haus ketika berenang. Mereka bisa mengenakan handuk renang ini untuk makan ataupun minum, lalu mereka bisa melanjutkan berenang kembali.

Tips Renang Aman untuk Anak

Anak-anak merasa senang ketika datang untuk belajar setiap kegiatan yang berhubungan dengan air. Hanya menyebutkan berenang set mereka ke dalam tindakan dan mereka selalu siap untuk mengambil Royal. Menjaga sisi menyenangkan terpisah, renang mungkin salah satu latihan yang melenturkan sehat setiap bagian dari tubuh Anda.

Tapi, Anda harus menyadari teknik yang benar dan pedoman keselamatan berkaitan dengan berenang, sebelum anak-anak Anda mengambil terjun ke dalam kolam!

Catatan untuk Orangtua: Anda harus cukup bertanggung jawab untuk mengawasi anak-anak Anda saat mereka belajar berenang, bahkan di kolam renang rumah Anda. Ini juga akan menjadi pengalaman menyenangkan, ketika Anda menemani mereka di kolam. Bahkan mengirim anak-anak Anda ke sekolah renang yang tentu saja ide yang lebih baik karena mereka akan menerima bimbingan penuh sampai ke tingkat lebih pro, dan di sana mereka juga akan belajar lebih cepat.

Idealnya, seorang anak harus diajarkan berenang setelah ia sampai di usia empat tahun. Tidak ada alasan untuk terburu-buru sampai sangat mendesak. Sebagai orangtua, Anda juga harus menyadari langkah-langkah keamanan kolam renang. Dorong anak Anda untuk belajar berenang dan membantunya sebisa mungkin.

Tips untuk Anak Anak

Mereka harus cukup bertanggung jawab untuk mengurus keselamatan mereka sendiri selama fase pembelajaran. Patuhi aturan yang diberikan oleh pelatih dan mendengarkan orang tua. Dan di sini kita, untuk membantu dengan beberapa tips keamanan saat berenang.

  • Selalu pelampung. Buat mengambang di seluruh kolam sehingga mereka dapat menangkap bila pelampung bila diperlukan.
  • Selalu memastikan kedalaman kolam yang akan mengakses. Pastikan bahwa kolam renang tidak cukup dalam untuk menenggelamkan Anak.
  • Jika si Anak berencana untuk mengambil pelajaran renang, kemudian di mulai saat musim panas dan bukan musim hujan. Musim hujan bukanlah waktu yang tepat untuk mulai belajar berenang.
  • Pastikan bahwa Anak pergi ke kolam renang dilengkapi dengan alarm bahaya dan bahwa Anak tahu bagaimana mengoperasikannya.
  • Pegang tangan pelatih Anak dan berjalan dalam air terlebih dahulu.
  • Buatlah diri si Anak nyaman di lingkungan kolam renang dan berteman dengan air!
  • Tetap dekat dengan sisi kolam renang awalnya, jangan buru-buru berenang di tengah-tengah itu.
  • Awalnya Anak akan diminta untuk menendang air dengan kaki dan secara bertahap lalu Anak  Anda akan belajar untuk mengapung di tubuhnya.
  • Membuat ringan tubuh dan merasa tubuh mengapung. Anak perlu mengatasi rasa takut tenggelam, untuk bisa berenang.
  • Periksa konsentrasi bahan kimia kolam renang dengan pelatih dan mengambil tindakan perlindungan sesuai.
  • Cobalah untuk mengenakan kostum renang lengkap dan menghindari mengekspos tubuh telanjang di kolam.
  • Pijat tubuh Anak dengan almond atau air kelapa dan melembabkan wajah sebelum memasuki air.
  • Pelajari mekanisme pernapasan seperti yang diajarkan oleh pelatih. Bisa mengatasi air untuk tidak membiarkan hal itu masuk ke hidung atau mulut.
  • Pelatih akan membantu sang Anak belajar bagaimana mempertahankan irama di dalam air. Cobalah untuk memahami teknik dalam cara terbaik mungkin.
  • Dibutuhkan setidaknya 2 bulan untuk belajar berenang sepenuhnya. Jangan terburu-buru, bukan lanjutkan secara bertahap untuk mencapai kesempurnaan.
  • Memakai topi renang dan kacamata saat berenang. Goggle akan melindungi mata Anak dari air kolam renang dan sekaligus rambut Anak juga akan dijaga terhadap bahan kimia.
  • Anak harus memeriksa suhu air. Jangan berenang di air dingin selama musim penghujan karena Anak lebih mungkin untuk terkenan demam. Lebih memilih berenang di air hangat selama musim hujan.

Itu adalah panduan untuk beberapa tips yang berguna untuk anak-anak berenang. Belajar berenang pasti akan menjadi pengalaman yang menyenangkan ketika Anak menyadari pedoman keselamatan dan perlengkapan renang yang diperlukan.  Berlatih secara teratur dan Anak akan melihat perbedaannya. Pedoman yang telah kami sediakan dalam artikel ini mudah dimengerti dan mudah diikuti.

 

 

Speak Your Mind

*