Memilih Perusahaan Asuransi Jiwa Yang Tepat

Ilustrasi Perusahaan Asuransi JiwaHidup penuh dengan ketidakpastian. Salah satu jenis ketidakpastian yang tak seorangpun tahu kapan datangnya adalah kematian.

Kematian adalah sesuatu yang pasti akan datang. Yang tidak pasti adalah kapan datangnya. Dan hal tersebut tak akan pernah diketahui oleh manusia, siapapun dia.

Disebabkan oleh ketidakpastian hidup tersebut, banyaklah orang-orang yang tinggal di kota terutama mengikuti program asuransi jiwa.

Asuransi jiwa memang membuat hidup beberapa orang lebih aman. Misalnya dalam sebuah keluarga, kepala keluarga mengasuransikan dirinya. Maka bila kepala keluarga tersebut meninggal dunia, keluarganya tidak akan takut menjadi terlantar karena sudah ada asuransi jiwa. Keluarga akan mendapatkan sejumlah uang tertentu.

Itulah salah satu keuntungan dari asuransi jiwa, di samping juga masih banyak keuntungan yang lainnya.

Namun demikian, seseorang tak boleh gegabah dalam menentukan asuransi jiwa yang akan dipilih. Belakangan ini, banyak sekali kasus penipuan berkedok asuransi. Perusahaan-perusahan yang tidak terlalu terkenal dan tidak terlalu produktif banyak sekali yang menawarkan jasa asuransi jiwa. Hal itu memerlukan kajian lebih mendalam, apakah perusahaan tersebut benar-benar bisa dipercaya.

Oleh sebab itu, beberapa hal di bawah ini merupakan tips-tips yang bisa dilakukan dalam memilih perusahaan asuransi jiwa.

Definisi mengatakan bahwa polis asuransi jiwa adalah kontrak yang sah antara pemilik kebijakan dan perusahaan asuransi, dimana perusahaan asuransi setuju untuk membayar jumlah akumulasi uang untuk para calon / penerima manfaat (dicalonkan oleh pemilik kebijakan) pada kematian individu tertanggung atau penyakit.

Sebagai imbalan atas manfaat ini, pemilik kebijakan diharuskan membayar asuransi jumlah yang telah ditentukan tertentu (premium) secara berkala atau dalam jumlah benjolan. Hal ini penting untuk dicatat di sini, bahwa sementara pemilik asuransi menunjuk penerima manfaat dengan kontrak asuransi jiwa, penerima mungkin atau mungkin tidak benar-benar menjadi pihak dalam kontrak.

Kontrak biasanya panjang, karena mereka memuat ketentuan berbagai ketentuan khusus, termasuk tanggal pembelian kebijakan, tanggal jatuh tempo, premi ditentukan, dll Tanpa masuk ke rincian dari berbagai jenis klausa kontrak atau jenis kontrak, mari kita bergerak pada esensi artikel.

Term Term Umum Antara Anda dengan Pihak Asuransi

Mari kita mencoba untuk menjawab pertanyaan – bagaimana kehidupan kerja asuransi.

1. Memilih perusahaan asuransi jiwa yang tepat hendaknya dilihat dari umur dan juga nilai perusahaan tersebut di mata public. Tak dapat dipungkiri bila umur perusahaan juga menjadi pertimbangan seseorang dalam meletakkan kepercayaannya untuk mengambil asuransi. Semakin lama umur perusahaan tentunya pengalaman yang dimiliki oleh perusahaan itu akan semakin banyak.
Pengalaman yang banyak tersebut membuat perusahaan tersebut memiliki nilai plus dibandingkan dengan perusahaan asuransi yang baru berdiri. Di samping umur, dilihat juga masalah nilai perusahaan di mata public.
Kita bisa mengetahuinya dengan bertanya pada teman atau saudara yang berlangganan asuransi di perusahaan tersebut, apakah perusahaan asuransi tersebut berkualitas ataukah tidak. Dari opini public tersebut kita bisa mengambil hipotesis sementara mengenai kualitas yang dimiliki oleh perusahaan asuransi tersebut.

2. visi dan misi yang dimiliki oleh perusahaan asuransi tersebut.

Visi dan misi perusahaan bisa kita lihat dari situs yang perusahaan asuransi tersebut miliki. Bila perusahaan tersebut tidak memiliki situs, berarti perusahaan tersebut masih baru dan belum berpengalaman. Oleh sebab itu, kita takkan tahu visi dan misinya.

Visi dan misi perlu kita ketahui sebelum menyerahkan sejumlah uang tertentu dan menandatangani kontrak, karena bagaimanapun juga seorang klien berhak tahu akan dibawa kemana di masa depan nanti bila ia menyerahkan “hidup” nya sebagai jaminan kepada perusahaan asuransi tersebut.

Perusahaan asuransi yang bagus tentunya akan menjelaskan tentang visi dan misi atau tujuan dari perusahaan asuransi tersebut. biasanya agen asuransi akan menjelaskannya atau kita juga bisa bertanya baik dari pihak asuransi sendiri maupun melihat situs perusahaan asuransi tersebut.

3. Prestasi perusahaan Prestasi perusahaan atau rangking perusahaan juga perlu kita perhatikan sebelum memilih perusahaan asuransi untuk asuransi jiwa kita. Tentunya sebagai klien kita memilih perusahaan asuransi yang berkualitas bagus bukan dan tidak sembarangan.

Memilih perusahaan asuransi yang tepat pada dasarnya mudah bila kita tidak mudah tergoda dengan janji manis yang diucapkan oleh agen asuransi ketika berpromosi.

Bagaimanapun juga bukti lebih baik daripada janji, oleh sebab itu sekuat apapun agen asuransi berjanji bila tidak disertai bukti, misalnya saja perusahaan asuransi masih tidak jelas, maka sebagai calon klien kita diperkenankan untuk menolak menjadi salah satu klien asuransi.

Memilih perusahaan asuransi yang tepat adalah langkah utama dan pertama yang harus dilakukan oleh calon klien. Bila salah pilih di awal maka di belakang akan menimbulkan masalah yang mungkin akan merugikan.

Bagaimana Kebijakan Kerja Asuransi Jiwa?

Hal ini penting untuk terlebih dahulu tahu apa saja masukan informasi yang berfungsi sebagai dasar untuk kontrak asuransi jiwa.

Aktuaris profesional dan ahli statistik profesional mengharuskan Anda untuk mengirimkan semua rincian gaya hidup Anda kepada mereka, jika Anda melamar untuk kontrak asuransi jiwa.

Statistik menunjukkan bahwa orang-orang yang mengikuti pola gaya hidup tertentu, seperti mereka yang merokok secara teratur atau mereka yang makan junk food banyak, kemungkinan meninggal lebih cepat daripada yang lain yang tidak.

Jadi, mengambil semua informasi gaya hidup dan pas mereka ke rumus estimasi kompleks mengungkapkan premi bahwa orang tertentu akan harus membayar untuk polis asuransi nya.

Dengan demikian jelas bahwa seseorang yang gemuk atau seseorang yang sudah menderita masalah kesehatan banyak akan harus keluar jumlah yang lebih besar sebagai premi asuransi dari orang lain yang sudah sehat walafiat.

Selain informasi ini, informasi lain juga dikumpulkan dari pemeriksaan kesehatan wajib yang dilakukan pada individu tertanggung setelah seseorang telah diterapkan untuk polis asuransi.

Dengan asumsi bahwa tes medis keluar dengan baik dan orang tersebut dianggap sebagai ‘diasuransikan’, premium yang tepat individu dihitung berdasarkan kategori risiko bahwa ia jatuh ke dalam. Seperti telah disebutkan sebelumnya, kategori ini didasarkan pada banyak hal seperti, gaya hidup, ras jender pola,, pekerjaan (apakah berbahaya atau tidak), dll

Pertimbangan oleh Tertanggung

Individu tertanggung harus yakin dalam pikirannya mengenai jumlah dia ingin penerima untuk menerima atas kematiannya. Pertimbangan Jumlah dapat didasarkan pada hal-hal seperti, persyaratan pelunasan kredit, utang hadiah, dll juga. Idenya adalah bahwa tertanggung setidaknya harus mencakup sekitar 8 sampai 10 kali gaji tahunan saat itu.

Sebagai penerima manfaat Anda akan diselidiki secara menyeluruh oleh perusahaan asuransi, itu adalah kepentingan individu tertanggung terbaik untuk memilih dengan hati-hati. Jika motif Anda mencurigakan atau penerima manfaat yang telah Anda pilih cerdik dan menempatkan Anda di bawah scanner, ada kemungkinan hidup yang tinggi aplikasi asuransi Anda ditolak.

Sebagai pemohon, jika Anda membutuhkan ketelitian di setiap detil yang diperlukan dalam formulir aplikasi, perusahaan asuransi berhak untuk menolak Anda membayar apapun. Anda juga tidak berhak menerima apa pun untuk perusahaan asuransi jiwa jika Anda telah melakukan bunuh diri atau dibunuh oleh penerima manfaat.

Juga, sebagai pemohon, Anda akan diminta untuk menyediakan beberapa informasi pribadi yang cukup tentang kehidupan dan riwayat medis dari perusahaan asuransi jiwa dan meskipun ada kode kerahasiaan yang ketat dikenakan pada perusahaan asuransi, Anda mungkin merasa tidak nyaman tentang mengungkapkan rahasia hidup. Namun, mereka adalah aspek penting ketika datang untuk menentukan jumlah premi yang hendak di buat.

 

Speak Your Mind

*