Memilih Tata Ruang Rumah Minimalis

 

Tata ruang rumah minimalis itu mempunyai beberapa aturan. Tujuannya adalah agar terlihat tetap bagus dan tidak hanya seperti kotak-kotak yang disusun di suatu ruangan.

Walaupun desain interior minimalis ini lebih banyak diterapkan pada rumah ukuran kecil dengan tipe 36 atau tipe 21. Namun, rumah dengan tipe lebih besar pun, banyak juga yang menggunakan konsep minimalis.

Tetap Menarik dengan Modifikasi

Mulai ada gerakan untuk tidak menerapkan desain interior yang terlalu minimalis, walaupun rumahnya berdesain minimalis. Apalagi sejak tren minimalis ini terangkat ke permukaan dan banyak disenangi orang.

Perabotan rumah yang dikatakan minimalis, tidak lagi murah. Beragam desain itu kini harganya cukup mahal, melebihi apa yang dibayangkan orang dengan penghasilan pas-pasan.

Misalnya, untuk meja ruang tamu yang dikatakan model minimalis, harganya 1,5 juta. Meja tersebut mempunyai tempat penyimpanan yang unik dan bisa dilipat.

Bahan dasarnya biasa saja. Warna putih. Dijual di toko perabotan yang cukup ternama. Itu baru untuk mejanya.

Belum kursi tamu yang dikatakan minimalis juga tidak murah. Satu buah kursi dipatok pada angka 450 ribu hingga 2 jutaan, bergantung pada bahan pembuatnya. Sehingga satu set bisa mencapai 6 jutaan.

Meskipun ada tren yang mulai bergerak dari desain minimalis seutuhnya menjadi minimalis modern tradisional. Masih banyak juga orang yang menginginkan desain yang sederhana saja.

Kalau dahulu penggunaan aneka warna cukup dominan. Kini, ada gerakan kembali ke kata ‘sederhana’ yang sebenarnya. Rumah minimalis yang dahulu minimal mempunyai 3 warna. Kini, mulai menggunakan satu atau dua warna saja.

Kembali ke alam, sepertinya tetap menjadi satu inspirasi yang menarik sehingga warna coklat dan kecoklatan menjadi warna dasar yang mulai dipakai lagi. Warna abu-abu yang identik dengan minimalis, sekarang mulai ditinggalkan.

Minimalis walaupun masih dipakai, sudah agak membosankan. Orang mulai menggunakan kayu lagi, dan bukan model yang seperti kayu.

Bisa dikatakan bahwa model desain minimalis ini tetap menarik, tetapi harus dengan modifikasi agar tidak membosankan. Bentuk-bentuk perabotan yang ramping, memanjang, dan banyak bukaan, mulai dimodifikasi dengan rangkaian bentuk yang lebih berkarakter.

Misalnya, rak buku yang ditempel di dinding tidak lagi dibuat datar dengan warna yang menyolok. Rak buku dibuat dengan bentuk yang tidak terlalu monoton. Ada ornamen seperti bentuk ukiran yang tidak terlalu rumit.

Dengan demikian, rak buku yang ada di ruang tamu tidak seperti rak buku yang ada di toko buku atau yang ada di perpustakaan. Meja televisi pun begitu. Kalau biasanya dibuat seperti bangku yang memanjang. Kini, tempat TV ini dibuat seperti meja dorong sehingga bisa dipindahkan dengan mudah.

Walaupun tampak menyatu dengan meja untuk buku atau untuk interior yang lain. Dengan bisa dibongkar pasang, tempat meja yang kosong bisa digunakan untuk tempat duduk. Perabotan yang fungsional memang tetap menjadi andalan untuk rumah minimalis.

Dapur Minimalis

Kalau dahulu tempat kompor, mencuci, semuanya dibuat tidak portable. Tren yang ada sekarang berbeda. Karena makin banyak orang yang tinggal di rumah kontrakan, perabotan dapur juga dibuat mudah dipindahkan.

Tempat mencuci piring (sink) dibuat mudah dipindah-pindah. Tidak terlalu berat karena bahannya dari aluminium. Begitu juga dengan tempat piring dan peralatan masak. Ada kitchen set yang bisa dipindahkan.

Harganya cukup beragam, sesuai dengan panjang dan besarnya. Harga itu mulai dari 900 ribu hingga 3 juta rupiah. Orang-orang yang masih belum mempunyai rumah karena alasan tertentu, biasanya lebih memilih perabotan dapur seperti ini.

Ada banyak pilihan warna keramik yang menarik. Bahkan, ada yang menyediakan kitchen set bekas. Harganya tentu saja tidak terlalu mahal dibandingkan dengan kitchen set baru.

Inovasi dalam hal perabotan rumah tangga ini disambut sangat baik oleh para ‘kontraktor’ alias orang-orang yang masih mengontrak rumah. Mereka tidak harus membuat dapur baru atau tidak harus banyak mengeluarkan biaya kalau harus pindah rumah lagi.

Meja makan, ada juga yang dibuat menyatu dengan perangkat kitchen set. Walaupun tinggal di rumah kontrakan, tidak menghalangi untuk mempunyai desain rumah yang menarik.

Tidak perlu menunggu mempunyai rumah sendiri untuk banyak berkreasi di dalam rumah. Terkadang, banyak orang yang tidak mau banyak keinginan karena merasa masih tinggal di rumah kontrakan. Mau membeli sesuatu ditahan agar nanti kalau pindah tidak susah dan tidak banyak mengangkat barang.

Itu pemikiran yang telah usang. Rumah tetap harus nyaman sehingga perabotannya pun harus yang menarik. Untuk pernak-pernik yang kecil-kecil memang seharusnya dibatasi agar rumah tidak seperti museum.

Apalagi kalau harus mengeluarkan uang banyak demi mengecat rumah kontrakan sesuai dengan selera. Kecuali, kalau memang berniat tinggal di rumah kontrakan itu pada jangka waktu yang lama, misalnya 5 tahun.

Ornamen Minimalis

Ruang minimalis itu katanya tidak banyak ornamen yang membuat kotoran banyak tersimpan. Anggapan ini benar adanya.

Tetapi, kalau sekedar lukisan dengan gambar bunga atau buah-buahan serta pemandangan dengan kehijauan, masih bisa diterima. Jadikan gambar berupa tanaman atau pemandangan itu menjadi sentral atau fokus penglihatan pada satu ruangan.

Misalnya, kamar tidur dibuat indah dengan adanya satu lukisan yang cukup mencolok. Cukup gambar itu saja. Dan tidak perlu ada gambar atau ornamen dinding lainnya.

Usahakan bukan gambar manusia. Bunga akan lebih indah. Kesegaran bunga yang sedang mekar itu akan menambah energi positif.

Misalnya, bunga teratai satu tangkai dengan daun yang sedang terbuka lebar. Atau, bunga mawar biru yang sedang mekar.Kalau satu rangkaian bunga, mungkin terlalu ramai.

Konsep minimalis yang tidak banyak menampilkan hal-hal yang berbau kelompok. Hal tersebut tetap harus diperhatikan. Untuk warna dinding, menyesuaikan dengan gambar lukisan.

Foto-foto keluarga tidak perlu ditempelkan agar tidak seperti display yang ada di pertokoan. Cukup dimasukan ke dalam album. Tidak perlu ada album pun tak apa. Karena kini telah begitu banyak fasilitas penyimpanan foto secara digital.

Kalau bisa, jangan banyak barang kecil-kecil yang mengganggu penglihatan dan akan banyak menyimpan debu ketika lama tidak dibersihkan. Rumah yang terkesan lapang itu akan memberikan nilai lebih pada kualitas oksigen dalam rumah.

Bila tingkat oksigen tidak mencukupi, rumah akan terasa pengap. Rumah yang pengap akan mempengaruhi tingkat emosi orang-orang yang tinggal di dalamnya. Pertengkaran biasanya akan lebih sering terjadi.

Untuk itulah, rumah harus dibuat agak lapang tanpa banyak perabotan yang tidak perlu. Sekat antarruangan pun kalau bisa terbuat dari anyaman rotan atau dinding yang terbuat dari gypsum.

Tingginya sekitat 2 meter atau hanya 1,5 meter saja. Rumah minimalis yang tidak terlalu besar seharusnya tidak terbanyak disekat. Tujuannya agar terlihat lebih lapang.

Barang-barang yang digunakan pun tidak terlalu besar sehingga tidak banyak makan tempat. Apakah ingin perubahan pada rumah Anda? Silakan praktikkan penjelasan di atas. Semoga bermanfaat.

Speak Your Mind

*